situs freelance indonesia

Freelance merupakan jenis pekerjaan yang banyak diminati beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan pekerjaan freelance menawarkan fleksibilitas terutama terkait waktu kerja. Sedulur yang tertarik untuk mencoba pekerjaan freelance bisa mencari lowongan di berbagai situs freelance Indonesia maupun global.

Diketahui, saat ini ada banyak situs yang menayangkan lowongan pekerjaan freelance di berbagai bidang. Mulai dari pembuatan website, desain, fotografi, hingga penerjemahan dan penulisan artikel.

Agar Sedulur tidak bingung, pada artikel kali ini akan diulas 18 rekomendasi situs freelance terbaik dan terpercaya. Selain itu, juga ada informasi singkat tentang pekerjaan freelance beserta kelebihan dan kekurangannya yang perlu Sedulur ketahui. Yuk, langsung disimak artikel selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Freelance adalah Pekerja Lepas, Ketahui Konsep & Caranya

-->

Mengenal pekerjaan freelance

situs freelance indonesia
iStock

Sebelum mencari tahu rekomendasi situs freelance terbaik, ada baiknya Sedulur memahami jenis pekerjaan satu ini terlebih dahulu.

Menurut Cambridge Dictionary, freelance adalah melakukan pekerjaan tertentu untuk beberapa organisasi atau perusahaan yang berbeda. Hal ini membuat pekerjaan freelance berbeda dengan pekerjaan lain di mana kebanyakan seorang pekerja akan bekerja dengan satu perusahaan untuk jangka waktu yang lama.

Pekerjaan freelance biasanya dilakukan dengan perjanjian atau kesepakatan antara seorang pekerja dengan klien sebagai pemberi kerja. Klien dalam pekerjaan freelance ini bisa merupakan individu ataupun perusahaan yang membutuhkan jasa tertentu. Sementara, pekerja freelance biasa disebut sebagai freelancer atau pekerja lepas.

Lantaran melakukan pekerjaan dengan sistem freelance, seorang pekerja tidak terikat dengan peraturan perusahaan, termasuk masalah jam kerja. Hal ini sekaligus menjadi salah satu alasan banyak orang tertarik untuk bekerja secara freelance. Kondisi tersebut juga sekaligus menunjukkan bawah bukan tidak mungkin seorang freelancer bekerja dengan beberapa perusahaan. Selain itu, pekerja freelance biasanya hanya mengerjakan suatu proyek tertentu sehingga ketika proyek tersebut selesai, maka hubungan kerja dengan kliennya juga berakhir.

BACA JUGA: Apa itu Digital Nomad? Berikut Penjelasan dan Tipsnya

Kelebihan dan kekurangan bekerja dengan sistem freelance

iStock

Sedulur yang tertarik untuk menjadi freelancer alias pekerja lepas juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan pekerjaan freelance. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Sedulur peroleh dengan bekerja sebagai freelancer.

  1. Tidak terikat dengan satu perusahaan

Keuntungan yang pertama adalah Sedulur tidak terikat dengan satu perusahaan. Dengan demikian, Sedulur bisa mendapat relasi kerja dari berbagai institusi yang tentunya akan memberikan dampak baik bagi karier Sedulur.

  1. Jam kerja fleksibel

Bekerja sebagai freelancer artinya Sedulur tidak terikat dengan peraturan perusahaan, terutama terkait jam kerja. Sehingga Sedulur bisa bekerja kapan saja. Namun hal ini juga menjadi tantangan tersendiri karena Sedulur harus secara cermat mengatur waktu untuk bekerja dan beristirahat.

  1. Bisa bekerja dari mana saja

Selain jam kerja yang fleksibel, bekerja freelance juga memungkinkan Sedulur untuk bekerja dari mana saja. Dengan kata lain, Sedulur tidak diwajibkan untuk datang ke kantor seperti karyawan perusahaan.

  1. Berpeluang memperoleh penghasilan besar

Karena tidak terikat dengan satu perusahaan, Sedulur bisa membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari beberapa klien sekaligus. Selain itu, pekerja freelance juga bisa mendapatkan penghasilan besar atas keahlian yang dimiliki. Untuk itu, meningkatkan skill dan membangun personal branding penting dilakukan agar Sedulur menjadi freelancer yang banyak diincar klien.

  1. Tidak terikat aturan yang ketat

Menjadi freelancer sebenarnya mirip dengan membuka bisnis berupa penawaran jasa atas keahlian yang dimiliki. Sedulur bebas menentukan harga atas pekerjaan yang dilakukan hingga waktu pengerjaan yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah proyek. Tentunya dalam hal ini Sedulur perlu memiliki kemampuan negosiasi yang baik agar menemukan kesepakatan yang saling menguntungkan dengan klien. Tak hanya itu, Sedulur juga bebas menentukan waktu kerja hingga masa libur tanpa perlu menunggu tanggal merah ataupun mengambil cuti yang jumlah terbatas jika menjadi karyawan.

Berbagai keuntungan yang sudah dipaparkan di atas tentu akan membuat Sedulur tergiur untuk terjun sebagai freelancer. Namun sebelum itu, Sedulur juga perlu mengetahui kekurangan pekerjaan freelance.

  1. Penghasilan tidak tetap di setiap bulan

Sebagai pekerja freelance, Sedulur memang berpeluang untuk mendapatkan penghasilan besar. Sayangnya, penghasilan Sedulur boleh jadi tidak akan sama di setiap bulannya. Hal ini dikarenakan setiap proyek maupun klien mungkin akan memberikan upah yang berbeda. Belum lama jika Sedulur tidak lincah mencari lowongan pekerjaan. Boleh jadi hanya sedikit proyek yang bisa dikerjakan. Oleh karena itu, pekerja lepas biasanya memiliki kondisi keuangan yang tidak stabil dibandingkan dengan karyawan perusahaan.

  1. Tidak mendapat benefit selain upah

Seorang pekerja freelance biasanya mendapatkan bayaran untuk pekerjaan yang dilakukan tanpa ada tambahan seperti tunjangan dan biaya asuransi. Untuk itu, Sedulur perlu mengurus dan membayar asuransi sendiri jika bekerja sebagai freelancer.

  1. Menggunakan barang pribadi untuk bekerja

Selain tidak mendapat jaminan kesehatan maupun tunjangan lainnya, seorang freelancer juga kerap kali harus menggunakan peralatannya sendiri untuk bekerja. Misalnya adalah laptop atau komputer dan koneksi internet. Demikian juga jika terjadi kerusakan pada peralatan tersebut, Sedulur harus menanggung biaya perbaikan tanpa mendapatkan uang ganti kecuali terdapat garansi dari produsen alat terkait.

  1. Tidak mudah mendapat pekerjaan sebagai pemula

Bagi Sedulur yang telah memiliki banyak pengalaman di bidang yang digeluti mungkin akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan dari klien. Namun hal berbeda jika Sedulur merupakan seorang pemula. Sebab, pengalaman ini menjadi daya tarik sekaligus pertimbangan klien untuk memberikan proyek kepada Sedulur. Oleh karena itu, memulai pekerjaan sebagai freelancer kerap menjadi tantangan tersendiri.

BACA JUGA: Tujuan Beserta Keuntungan dan Sasaran SMART

Perbedaan pekerja freelance dan karyawan

iStock

Berdasarkan uraian tentang pekerjaan freelance beserta kelebihan dan kekurangannya di atas, bisa dipahami bahwa ada sejumlah perbedaan antara pekerja freelance atau freelancer dengan karyawan. Berikut rangkumannya.

  • Pertama, seorang freelancer memiliki kebebasan terkait jam kerja hingga tempat untuk bekerja. Sementara kebanyakan karyawan terikat dengan aturan jam kantor, misalnya masuk pukul 9 pagi dan pulang pada pukul 5 sore (atau biasa dikenal 9 to 5). Selain itu freelancer juga tidak harus datang di kantor seperti karyawan pada umumnya.
  • Kedua, freelancer tidak memiliki hierarki jabatan seperti karyawan di kantor. Sehingga freelancer tidak memiliki atasan ataupun senior dalam pekerjaannya.
  • Ketiga, masa kerja seorang freelancer dengan perusahaan yang menjadi klien hanya terbatas hingga proyek selesai sehingga cenderung pendek. Sementara karyawan akan bekerja untuk jangka waktu yang lama dengan pekerjaan yang sama.
  • Terakhir, freelancer tidak mendapat gaji di setiap bulan, melainkan dibayar atas proyek yang diselesaikan. Hal ini membuat kondisi keuangan seorang freelancer cenderung tidak stabil jika dibandingkan dengan karyawan perusahaan yang mendapatkan gaji di setiap bulan.

BACA JUGA: Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha Yang Perlu Dipahami!

Rekomendasi situs freelance Indonesia dan global

Setelah memahami berbagai hal tentang pekerjaan freelance, mulai dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangannya, kini Sedulur bisa mulai mencari lowongan untuk pekerjaan tersebut sesuai bidang yang dikuasai. Sedulur bisa mencari lowongan pekerjaan di situs freelance Indonesia maupun global, berikut ini.

1. Freelancer Indonesia

situs freelance indonesia
Freelancer.co.id

Rekomendasi yang pertama adalah Freelancer Indonesia yang merupakan bagian dari situs Freelancer. Sekadar diketahui, Freelancer merupakan sebuah situs rintisan startup yang berasal dari Australia. Situs yang menjadi rujukan para pekerja lepas untuk mendapatkan pekerjaan itu kemudian dikembangkan hingga akhirnya ada situs regional untuk Indonesia, yaitu Freelancer Indonesia.

Sebagai situs yang sudah cukup populer di kalangan freelancer, Freelancer Indonesia memiliki banyak pilihan pekerjaan di berbagai bidang. Tak hanya itu, Sedulur juga berkesempatan untuk terhubung dengan klien yang berada di wilayah ataupun negara yang berbeda.

2. Projects.co.id

Projects.co.id

Situs freelance Indonesia yang bisa Sedulur kunjungi berikutnya adalah Projects.co.id. Situs ini juga cukup populer di kalangan freelancer Indonesia. Sedulur bisa menemukan banyak lowongan pekerjaan dari berbagai bidang, di antaranya programming, desain, hingga jasa penulisan.

Selain itu, situs Projects.co.id juga terkenal dengan fitur jual beli produk digital. Sedulur yang ingin menjual produk digital buatan sendiri, seperti template website, ebook, atau desain pakaian bisa mencoba situs satu ini.

3. Fastwork.id

Fastwork.id

Fastwork.id memiliki branding sebagai situs freelance online terpercaya nomor 1 di Indonesia. Sama seperti situs freelance lainnya, Fastwork.id juga hadir sebagai platform yang dapat menghubungkan paar freelancer dengan calon klien maupun Sedulur yang menjalankan bisnis atau perusahaan dengan freelancer profesional. Ada beragam bidang pekerjaan yang bisa Sedulur temukan di situs Fastwork.id, di antaranya adalah grafis dan desain, penulisan dan penerjemahan, web dan pemrograman, serta visual dan audio.

Menariknya lagi, Fastwork.id tidak hanya hadir dalam bentuk website. Melainkan juga aplikasi yang bisa diunduh melalui Apple App Store dan Google Play Store.

4. Sribulancer

Portal Dekave

Rekomendasi situs freelancer Indonesia yang selanjutnya adalah Sribulancer. Situs yang diluncurkan pada 2014 ini memiliki banyak pilihan lowongan pekerjaan dari berbagai bidang, seperti jasa pembuatan website, pembuatan konten, hingga menjadi asisten toko online.

Keunggulan lain dari situs Sribulancer adalah terdapat pilihan pembayaran melalui transfer bank. Hal ini tentu akan memudahkan Sedulur yang tidak memiliki kartu kredit. Selain itu juga mendukung pembayaran dalam mata uang dolar (USD) maupun rupiah. Hal ini sekaligus memungkin Sedulur untuk terhubung dengan klien di luar negeri.

5. Sribu

Sribu

Sribu adalah situs freelance Indonesia yang berada di bawah manajemen yang sama dengan Sribulancer. Namun situs ini terutama menawarkan lowongan pekerjaan freelance di bidang desain dan grafis. Sehingga situs ini cocok menjadi rujukan bagi desainer grafis yang ingin mencari peruntungan dengan menjadi freelancer.

Selain mencari pekerjaan freelance, Sedulur juga bisa menemukan kontes desain di situs Sribu. Dalam sistem kontes ini, para pencari kerja harus mengunggah karya mereka yang kemudian dipilih oleh klien untuk suatu proyek. Selain berkesempatan mendapat pekerjaan, Sedulur juga bisa menambah portofolio.

6. 99Design, situs freelance untuk desainer grafis

99Design

Sedulur yang menggeluti bidang desain dan grafis bisa mengunjungi situs 99Design untuk mencari lowongan pekerjaan freelance. Sesuai namanya, situs ini menyediakan banyak lowongan pekerjaan untuk para desainer, seperti pembuatan logo hingga membuat desain antarmuka. Selain itu, ada juga sistem kontes di mana Sedulur bisa mengunggah karya untuk proyek yang ingin dilamar. Dengan begitu, Sedulur berpeluang menarik perhatian calon klien lewat karya yang dibuat.

Sekadar diketahui, 99Design merupakan situs yang diluncurkan pada 2008 dan berkantor pusat di Amerika Serikat. Meski begitu, sudah banyak freelancer dari berbagai negara yang bergabung di situs ini, termasuk dari Indonesia.

BACA JUGA: Mengenal Barista Beserta Tugas, Skill, Syarat dan Gajinya

7. Topkarir.com

situs freelance
Topkarir.com

Berikutnya ada Topkarir.com, sebuah situs yang banyak mengulas tentang masalah karier untuk anak muda Indonesia. Selain menyajikan informasi mengenai pengembangan karier, Topkarir.com juga bisa menjadi rujukan bagi Sedulur yang mencari lowongan pekerjaan termasuk untuk freelance.

Sedulur bisa menemukan berbagai lowongan pekerjaan freelance pada menu Lowongan Kerja di situs tersebut. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai tips untuk memulai karier sebagai freelancer di situs tersebut.

8. Gobann

Hipwee

Gobann merupakan salah satu situs freelance Indonesia yang cukup populer. Tak heran, banyak portal karier yang merekomendasikan Gobann sebagai situs freelance terbaik.

Berbeda dengan situs freelance lainnya, Gobann menampilkan lowongan pekerjaan dengan harga yang sama, yaitu Rp50 ribu. Hal ini membuatnya tampak unik dibandingkan dengan situs freelance lainnya. 

9. Guru

situs freelance
Guru

Selanjutnya ada guru, situs freelance terbaik berskala internasional yang diluncurkan pada 2001 lalu. Ada beragam jenis pekerjaan yang bisa Sedulur temukan di situs tersebut, mulai dari jasa menulis, pengembangan web, hingga jasa arsitektur.

Situs Guru juga memiliki keunggulan berupa metode pembayaran yang aman. Fitur tersebut dapat melindungi pengguna situs dari kejahatan penipuan. Selain itu juga ada sistem pencocokan profil yang membantu pengguna untuk menemukan klien yang tepat.

10. Upwork

Time Doctor

Upwork juga masuk dalam jajaran situs freelance yang sudah dipercaya sejak lama. Setidaknya ada lebih dari 12 juta pencari kerja dan 3 juta klien yang bergabung dengan Upwork.

Selain menyediakan banyak lowongan pekerjaan untuk para freelancer, Upwork juga memiliki banyak fitur yang mendukung kenyamanan hingga keamanan penggunanya. Di antaranya adalah fitur collaborative space dan pembuatan invoice. Selain itu juga ada jaminan keaslian dari klien sehingga Sedulur dapat terhindar dari risiko penipuan.

11. Fiverr

Campusnesia

Situs freelance yang patut Sedulur jelajahi berikutnya adalah Fiverr. Situs yang didirikan pada 2010 ini memberikan kesempatan bagi para freelancer untuk menemukan pekerjaan impiannya. Sebab, ada banyak lowongan dari berbagai bidang pekerjaan yang bisa Sedulur temukan, di antaranya desain grafis, penulisan, hingga musik. Adapun Sedulur bisa menjual keahlian yang dimiliki dengan mendapat upah mulai dari 5 dolar Amerika Serikat (USD). 

12. Toptal

Freelancing Labs

Rekomendasi berikutnya adalah Toptal, situs freelance yang terutama berfokus pada pekerjaan di bidang teknologi. Di antaranya yaitu software developers, product manager, hingga UI/UX designer.

Berbeda dengan situs freelance yang sederhana, Toptal menerapkan sistem seleksi yang cukup ketat. Sedulur mungkin harus mengikuti proses wawancara, tes proyek, hingga screening latar belakang sebelum akhirnya diterima untuk bergabung dalam sebuah proyek. Hal ini juga sekaligus membuat Toptal dikenal sebagai situs “elit” di kalangan para freelancer.

BACA JUGA: Contoh dan Cara Membuat Portofolio Kerja yang Menarik

13. College Recruiter, situs freelance untuk mahasiswa

Situs Freelance
College Recruiter

Sesuai dengan namanya, College Recruiter adalah situs freelancer yang terutama menyasar para mahasiswa dan lulusan baru yang ingin mencari pengalaman kerja. Oleh karenanya, situs ini bisa menjadi pilihan untuk Sedulur yang belum memiliki banyak pengalaman secar profesional di bidang yang digeluti.

Adapun Sedulur bisa menemukan beragam lowongan pekerjaan dari berbagai bidang. Di antaranya adalah bidang marketing, pengembangan web, akuntan, hingga bidang biologi.

14. PeoplePerHour

PeoplePerHour

Berikutnya adalah PeoplePerHour, situs pencarian kerja yang populer di berbagai negara. Lantaran memiliki pengguna yang cukup banyak, persaingan di situs PeoplePerHour juga terhitung cukup ketat. Untuk itu, Sedulur perlu memiliki kemampuan personal branding hingga negosiasi yang baik agar mendapatkan klien seperti yang diharapkan.

15. SimplyHired

TechCrunch

Rekomendasi situs freelance terbaik yang berikutnya adalah SimplyHired. Situs ini memiliki banyak variasi pekerjaan dari berbagai bidang. Sebut saja bidang teknologi, administratif, hingga pekerjaan konstruksi bisa Sedulur temukan di sana.

Selain itu, situs ini juga berskala internasional sehingga Sedulur bisa terhubung dengan klien di berbagai negara di dunia. Tak hanya menjangkau yang jauh, situs ini juga bisa membantu Sedulur menemukan pekerjaan dari klien terdekat melalui fitur lokasi pekerjaan terdekat.

16. Writer Access, situs freelance untuk penulis

YouTube

Jika dibandingkan dengan situs freelance lainnya, Writer Access memiliki keunikan dari segi bidang pekerjaan yang ditawarkan. Sesuai dengan namanya, situs ini memang ditujukan untuk Sedulur yang menggeluti bidang penulisan dan ingin berkarier sebagai penulis lepas alias freelance writer.

Tidak hanya menyediakan informasi lowongan pekerjaan, situs Writer Access juga memiliki sejumlah tools seperti optimasi keyword, content planner, hingga analytics. Sehingga situs tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan Sedulur sebagai penulis lepas.

17. CrowdSource

Uptown Serviced Office

Rekomendasi selanjutnya adalah CrowdSource. Situs freelance satu ini cocok untuk Sedulur yang menggeluti bidang pembuatan konten dan editing serta copywriting. Salah satu keunggulan situs ini adalah Sedulur akan mengerjakan pekerjaan kecil yang merupakan bagian dari sebuah proyek besar. Dengan begitu, akan mudah bagi Sedulur untuk mendapatkan pekerjaan dan menyelesaikannya.

18. Crowded

Situs Freelance
Crowded

Rekomendasi situs yang terakhir adalah Crowded. Situs freelance ini memiliki keunikan berupa penggunaan teknologi Artificial Intelligence yang akan menilai pengguna secara otomatis untuk kemudian dihubungkan dengan lowongan pekerjaan yang sesuai. Hal ini tentu akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Sedulur, terlebih jika tertarik dengan teknologi terkini.

Itu dia 18 rekomendasi situs freelance terbaik yang bisa Sedulur kunjungi. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan sekaligus memberikan manfaat bagi Sedulur, ya!