gaji freelance

Istilah pekerja lepas atau freelance sudah tidak asing terdengar di telinga. Jenis pekerjaan ini semakin banyak diminati di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini. Ditambah lagi gaji freelance terbilang cukup untuk tinggi untuk beberapa bidang tertentu. Bagi Sedulur yang berminat mencoba pekerjaan lepas atau freelance, berikut jenis pekerjaan freelance dengan gaji tinggi yang mungkin dapat Sedulur coba!

BACA JUGA: Purchasing Staff: Tugas, Tanggung Jawab, Gaji, & Jenjang Karier

Pengertian freelance

gaji freelance
Freepik

Freelance merupakan sebuah pekerjaan yang saat ini sedang banyak diminati terutama kalangan anak muda. Freelance atau yang juga disebut sebagai pekeja lepas merupakan pekerjaan yang dijalanan secara mandiri dan bukan pekerjaan jangka panjang atau tetap.

Seorang pekerja freelance tidak terikat dengan peraturan di sebuah perusahaan, mereka hanya taat pada kontrak kerja sama yang sudah disepakati. Dalam pengertian lain, freelance adalah part time worker atau pekerjaan sampingan yang dilakukan dalam jangka pendek berdasarkan waktu kerja yang disepakati.

Kelebihan freelancer

gaji freelance

Walaupun memiliki image sebagai pekerjaan tidak tetap, freelance tetap memiliki banyak keuntungan lho. Berikut kelebihan pekerjaan freelance yang perlu Sedulur ketahui.

1. Bebas menentukan waktu dan jam kerja

Keuntungan pertama  menjadi seorang freelancer adalah mempunyai kebebasan untuk menentukan jam kerja. Hal ini tentu berbeda dengan pekerja kantoran yang memiliki jam kerja rutin setiap harinya, yaitu 8 jam perhari yang dimulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Kebebasan memilih dan menentukan jam kerja ini membuat freelancer sangat fleksibel.

2. Bebas menentukan lokasi bekerja

Selain bebas menentukan jam kerja, kelebihan lain dari freelancer adalah bebas dalam menentukan lokasi kerja. Freelancer dapat bekerja di rumah, di warung kopi, di café atau dimanapun sesuka hati asal pekerjaan mereka dapat selesai tepat waktu.

3. Bebas menentukan penghasilan

Sebagai seorang freelancer, Sedulur juga dapat dengan bebas menentukan berapa penghasilan yang ingin didapatkan. Hal ini karena gaji seorang freelancer ditentukan oleh jumlah pekerjaan yang diselesaikan serta skill yang dimiliki. Tak hanya itu, seorang freelancer juga dapat mengambil lebih dari satu pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Asalkan dapat menyelesaikan semuanya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 

4. Bebas menjadi bos untuk diri sendiri

Keuntungan menjadi freelancer yang selanjutnya adalah dapat menjadi bos untuk diri sendiri tanpa ada yang mengatur dan tunduk terhadap peraturan perusahaan. Diri sendiri lah yang berhak untuk menentukan dan mengatur jadwal pekerjaan itu sendiri. Pekerjaan freelance ini cocok untuk para milenial yang lebih menyukai kebebasan tanpa terikat oleh atasan atau pimpinan dan peraturan perusahaan. 

BACA JUGA: 12 Contoh Pertanyaan Interview User dan Cara Menjawabnya

Kekurangan menjadi freelancer

Freepik

Tidak hanya kelebihan, menjadi freelancer tidak selamanya menyenangkan lho Sedulur. Berikut ini beberapa kekurangan freelancer yang harus Sedulur ketahui dan pahami.

1. Frekuensi pekerjaan tidak dapat diprediksi

Salah satu kekurangan menjadi seorang pekerja lepas adalah frekuensi pekerjaan tidak menentu dan tidak dapat diprediksi. Pekerjaan yang tidak stabil membuat  Sedulur lebih cemas apakah masih ada pekerjaan untuk masa mendatang atau tidak.

2. Penghasilan tidak stabil

Meski kerja freelance bisa mendatangkan gaji yang cukup besar, akan tetapi tentunya ada risiko dan kemungkinan lain yang bisa saj terjadi. Misalnya, seperti imbas dari poin pertama di atas adalah penghasilan yang tidak stabil. Frekuensi pekerjaan yang tidak menentu tentunya aka berpengaruh pada ketidakstabilan penghasilan freelancer.

3. Tidak mendapatkan fasilitas dari perusahaan

Seorang freelancer tidak perlu tunduk kepada peraturan perusahaan sehingga membuat freelancer juga tidak akan mendapatkan fasilitas serta benefit dari kantor. Semua kebutuhan untuk bekerja harus mampu disediakan sendiri. Selain itu freelancer juga tidak akan mendapatkan tunjangan dari perusahaan, program pensiun di hari tua dan fasilitas lainnya yang biasanya didapatkan oleh seorang karyawan kantoran.

4. Harus mempunyai manajemen diri yang baik

Menjadi seorang freelancer tentunya harus memiliki manajemen diri yang baik agar pekerjaan dapat selesai dengan baik dan tepat waktu. Sedulur harus dapat mengatur pekerjaan dan waktu sebaik mungkin agar semuanya dapat berjalan seimbang, Jika hasil pekerjaan baik, maka Sedulur aka berkesempatan untuk mendapatkan tawaran pekerjaan lain.

BACA JUGA: Contoh Surat Paklaring yang Tepat dan Cara Membuatnya

Pekerjaan freelance dengan gaji tertinggi

Ada beberapa jenis freelance yang cukup populer dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, seorang freelance bisa mendapatkan ratusan juta dari pekerjaan sampingannya tersebut. Apa saja itu? Coba simak pekerjaan freelance dengan gaji tinggi berikut ini.

1. Content writer

gaji freelance
Freepik

Content writer atau penulis konten merupakan pekerjaan freelancer yang sekarang ini banyak diminati, terutama anak muda. Perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini membuat banyak media menyediakan platform digital untuk berbagi informasi, berita, foto, video dan juga beberapa sarana komunikasi dan interaksi satu sama lain. Platform ini disebut sebagai media sosial.

Adanya media sosial ini tentu saja berpengaruh pada banyak hal. Seperti adanya perubahan dalam hal berkomunikasi, berinteraksi dan berbagi informasi. Banyaknya informasi yang dapat diakses secara digital, tidak lepas dari jasa seorang content writer. Inilah yang membuat pekerjaan sebagai content writer banyak dibutuhkan oleh perusahaan, baik startup maupun perusahaan besar sekalipun.

Lantas berapa sih sebenarnya gaji freelance content writer? Dihimpun dari beberapa sumber, gaji seorang penulis freelance berkisar di angka Rp2 hingga Rp4 juta per bulan tergantung pada perusahaan ia bekerja dan seperti apa kesepakatan dan kerja sama yang dibuat dengan perusahaan.

2. Fotografer

Freepik

Fotografer freelancer juga menjadi pekerjaan lepas yang cukup banyak diminati. Munculnya media sosial sebagai media untuk berbagi foto dan video membuat banyak orang ingin mengabadikan momennya dalam sebuah foto yang dapat diunggah ke media sosial.

Seorang freelancer fotografer umumnya akan mendapatkan bayaran kisaran Rp300 ribu hingga Rp500 ribu untuk sebuah foto pribadi dan Rp5 juta untuk kebutuhan acara seperti pernikahan, syukuran, dan acara besar lainnya. Nah, bagi Sedulur yang menyukai dunia fotografi, pekerjaan ini sangat cocok untuk dijadikan tambahan penghasilan.

3. Videogarafer

gaji freelance
Freepik

Sama halnya dengan fotografer, menjadi videografer atau video editor juga memiliki keuntungan yang besar, karena akan selalu di butuhkan untuk banyak kegiatan, bahkan untuk pembuatan konten video untuk pemasaran. Rata-rata gaji freelance videographer kisaran Rp1 juta hingga Rp5 juta per proyek. Semakin banyak proyek, tentu akan semakin banyak pula penghasilan yang akan dapatkan

4. Digital marketer

Freepik

Pekerjaan digital marketing adalah proses pemasaran atau promosi dari sebuah brand dengan menggunakan internet. Tugas utama dari seorang digital marketing adalah mempengaruhi serta menarik para konsumen atau calon konsumen dengan cara cepat melalui internet terutama media sosial.  

Biasanya pekerjaan ini hanya tersedia sebagai pegawai kontrak, akan tetapi kali ini banyak juga lowongan freelance di berbagai website freelance Indonesia.  Besaran gaji freelance untuk posisi digital marketing berkisar Rp. 2.5 juta, akan tetapi jika sudah senior bisa lebih dari Rp. 6 juta lho. Nah apakah Sedulur berminat menjadi digital marketer?

5. Desain grafis

Freepik

Designer grafis juga semakin banyak di lirik banyak perusahaan untuk pembuatan campaign. Hanya saja kerja freelance ini hanya ada untuk project tertentu saja.  Untuk gaji freelance design grafis kurang lebih kisaran Rp3 juta hingga Rp5 juta rupiah. Harga tersebut tentunya tergantung dari detail dan tingkat kesulitannya. Jam terbang seorang designer grafis pun sangat mempengaruhi besarnya upah kita sebagai freelance. 

6. Data entry

Freepik

Freelance sebagai data entry kini tengah populer di kalangan para generasi milenial. Meski terbilang cukup baru, ternyata pekerjaan freelance ini tergolong punya tingkat kesulitan yang tinggi lho Sedulur.

Jika sudah terampil menggunakan microsoft excel atau aplikasi lainnya untuk input data, maka Sedulur tidak akan kesulitan menjalani pekerjaan ini.  Apalagi jika Sedulur juga sudah terbiasa mengetik dengan 10 jari bisa menjadi nilai tambah juga. Gaji freelance data entry di Indonesia bisa menghasilkan pundi-pundi $10 Juta hingga $30 juta. Ini pun tergantung seberapa banyak data yang anda masukan.  Pekerjaan ini biasanya tersedia saat proyek tertentu saja, akan tetapi ada juga di bayar berdasarkan jam kerja nya.

7. Analis dan konsultan bisnis

gaji freelance
Freepik

Jika Sedulur  mempunyai pengalaman di bidang analisis dan konsultasi bisnis serta memiliki kemampuan bisnis yang cukup mumpuni, tidak ada salahnya mencoba untuk mengambil pekerjaan ini secara freelance yang gaji cukup lumayan. Untuk penghasilannya sendiri tergantung bagaimana kesepakatan dengan klien. Akan tetapi biasanya, besaran gaji yang diterima bisa mencapai ratusan juta per tahun.

8. Voice over

Freepik

Bagi Sedulur yang memiliki suara khas dan senang berekspresi melalui suara, menjadi voice over dapat menjadi pilihan. Voice over adalah seorang pengisi suara untuk keperluan tertentu. Biasanya voice over di butuhkan untuk kegiatan iklan, film kartun, drama asia atau anime. Kisaran gaji freelance voice over di bayar sesuai jumlah kata yang di ucapkan. Untuk voice over lepas bisa di bayar $10 hingga $100 dollar per 100 kata. Lumayan bukan? Apakah Sedulur tertarik?

BACA JUGA : Helper: Pengertian, Tugas, Jenis, Gaji dan Syaratnya

9. Data scientist

gaji freelance
Frepik

Salah satu jenis pekerjaan yang semakin berkembang dan banyak dibutuhkan adalah pekerjaan sebagai data scientist. Data scientist merupakan sebuah profesi di bidang pengolahan data yang berbasis digital. Oleh karena itu banyak sekali pekerjaan data scientist yang dikerjakan secara freelance. Untuk besaran gajinya cukup tinggi, dalam sebuah proyek, Sedulur dapat memperoleh income hingga Rp12 juta. Cukup fantastis bukan?

10. Perencana keuangan

Freepik

Job desk perencana keuangan yang utama adalah menentukan arah keuangan klien dengan cara mengevaluasi seluruh keuangan klien seperti besar hutang piutang klien, besar pendapatan, jumlah aset serta memberikan saran yang baik dalam hal financial planning. Dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang cukup besar, pekerjaan ini tentunya cukup menjanjikan dengan gaji freelance financial planner yang juga mampu mengurus accounting bisa mencapai hingga Rp1 Miliar per tahun. Kabar baiknya lagi, profesi perencana keuangan dapat dikerjaan secara freelance lho.

11. Penerjemah

Freepik

Penerjemah seringkali banyak di cari sebagai freelance. Karena terkadang banyak perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan asing.  Maka perusahaan juga sering mengalami kesulitan memahami dokumen-dokumen asing untuk keperluan pekerjaan.

Maka Sedulur pun dapat mencoba menjadi freelance penerjemah. Penghasilan penerjemah ternyata cukup menjanjikan lho. Gaji freelance penerjemah mulai dari Rp6 juta sampai dengan Rp10 juta per projek.

12. Web developer

gaji freelance
Freepik

Web developer atau pengembang web bertanggung jawab untuk membuat dan membangun situs web, mulai dari tampilan situs internet hingga kegunaannya. 

Jam kerja rata-rata pengembang web kurang lebih 35 jam per minggu dengan gaji rata-rata $35 per jam atau setara Rp525 ribu per jam. Jika di total, dalam satu minggu seorang freelance pengembang web bisa mengantongi kisaran Rp3 jutaa-an. Tak heran jika pengembang web masuk sebagai pekerjaan freelance dengan gaji tinggi. Karena besaran penghasilan bisa saja menyesuaikan dengan skill dan kemampuan serta jam terbang masing-masing. 

13. Copywriter

Freepik

Freelance Copywriter adalah penulis konten kreatif dengan tujuan untuk memperkenalkan produk dagang dari klien. Umumnya, copywriter bertugas untuk memproduksi konten persuasif untuk keperluan tulisan iklan digital, cetak, maupun bentuk pemasaran lainnya. Penghasilan seorang freelance Copywriter bisa mencapai $38 per jam atau setara dengan Rp560 ribu, asalkan sepadan dengan level pengalamannya dan kemampuannya.

14. Technical writer

Freepik

Technical writer atau penulis teknis bertugas dan bertanggungjawab untuk mendokumentasikan dan menulis materi teknis seperti panduan penggunaan peralatan atau petunjuk pengoperasian dan pemeliharaan secara runut.

Bentuk dari tulisan bisa berupa buku petunjuk, artikel jurnal, atau dokumen pendukung lainnya untuk menyampaikan informasi yang bersifat kompleks dan teknis secara lebih mudah.

Umumnya, seorang technical writer bisa menghabiskan 40 jam waktunya untuk bekerja dengan gaji rata-rata $41 per jam atau setara dengan Rp604 ribu. Jadi, dalam satu minggu saja mereka bisa meraup penghasilan Rp4 juta-an. Tentunya, besaran penghasilan menyesuaikan dengan jam terbang penulis serta berapa jam kerjanya dalam satu minggu.

15. Admin sosial media

Freepik

Di era teknologi yang terus berkembang, sosial media juga menjadi salah satu ranah yang digunakan sebagai media marketing hingga promosi. Untuk itu, pekerjaan lepas sebagai admin sosial media juga kini kian banyak dibutuhkan. Gaji freelance admin untuk sosial media juga beragam, ada yang kisarannya sebesar Rp700 ribu, dan ada pula yang mencapai Rp2.500.000 tiap bulannya.

 16. Guru les privat

Freepik

Ternyata guru les privat itu memiliki gaji yang jauh lebih besar dari guru sekolah lho. Gaji les privat tergantung pada jenjang Pendidikan muridnya. Biasanya untuk guru les privat anak SMA akan mendapatkan gaji Rp100 ribu /jam.

BACA JUGA: 12 Contoh Surat Tugas Berbagai Jenis dan Cara Membuatnya 

Tips menjadi freelancer

Freepik

1. Kerjakaan lebih dari satu proyek

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa penghasilan seorang freelance tidak menentu setiap bulannya. Jumlah penghasilan ini ditentukan oleh seberapa banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan. Jika ingin penghasilan yang lebih besar maka juga harus siap untuk bekerja lebih keras. Untuk itu, sebagai seorang freelancer sangat disarankan untuk mengambil lebih dari satu proyek untuk dikerjakan.

2. Pilih proyek jangka panjang

Memang ada freelancer yang lebih suka mencari lowongan kerja freelance dengan gaji harian. Akan tetapi, agar mendapatkan penghasilan yang lebih stabil, pilihlah proyek dengan jangka panjang. Pastikan Sedulur dan klien terikat kontrak secara tertulis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Tawarkan berbagai macam jasa

Sebagai seorang freelancer, Sedulur dapat menawarkan berbagai macam jasa. Ambil kesempatan sebanyak mungkin untuk mengerjakan berbagai macam proyek dengan penghasilan yang menggiurkan.

4. Promosikan diri ke orang-orang terdekat

Tidak ada yang dapat menjamin ada atau tidaknya pekerjaan setiap bulannya bagi seorang freelancer. Oleh karena itu, Sedulur harus aktif mempromosikan diri dan skill yang dimiliki ke teman atau orang terdekat agar selalu ada proyek yang dapat Sedulur kerjakan.

5. Buat deadline tiap proyek

Bagi seorang freelancer, kepercayaan klien merupakan kunci mutlak yang harus dimiliki. Agar tidak mengecewakan klien, sebisa mungkin kerjakan pekerjaan dengan hasil sebaik mungkin dan tepat waktu. Maka dari itu, Sedulur perlu membuat deadline tiap proyek agar ketika memiliki banyak proyek untuk dikerjakan, Sedulur dapat me-manage diri dan waktu sehingga pekerjaan dapat selesai dengan baik. Dengan manajemen yang baik, Sedulur juga akan dapat mengetahui mana proyek prioritas yang harus segera diselesaikan mana proyek yang akan masuk ke dalam antrian pekerjaan.

6. Mulai investasi

Berbeda dengan seorang pekerja tetap di sebuah perusahaan yang mendapatkan gaji tetap setiap bulannya serta mendapatkan jaminan kesehatan dan jaminan hari tua berupa dana pensiun, seorang freelancer tentu tidak akan mendapatkan fasilitas tersebut. Maka dari itu Sedulur harus bijak dalam mengelola keuangan. Arsipkan tiap slip gaji freelance, jika ada. Bayar pajak dengan displin. Selanjutnya, Sedulur dapat menabung dan dapat lanjut ke tahap memulai investasi sedini mungkin sebagai persiapan dana di masa yang akan datang. 

7. Ikuti Komunitas freelancer untuk perluas relasi

Sedulur juga bisa menjadi freelancer secara independen karena sudah banyak platform atau website freelance Indo yang menjadi perantara para freelancer individu. Akan tetapi, alangkah baiknya untuk tetap ikut komunitas freelancer. Pasalnya, tips ini bisa menjadi cara mendapatkan proyek di pekerjaan Sedulur sebagai freelancer karena semakin luasnya networking.

Demikianlah rangkuman infromasi tentang gaji freelance dan tips memulai pekerjaan freelance yang dapat Sedulur coba. Freelance ini sangat cocok untuk Sedulur yang ingin memiliki penghasilan sampingan karena waktu kerjanya sangat fleksibel. Nah, apakah Sedulur tertarik menjadi seorang freelancer?