Apakah Sedulur pernah mendengar pertanyaan dari sebuah wawancara kerja, “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”. Sebenarnya, pertanyaan tersebut sangat mudah untuk dijawab. Namun, bisa jadi menjebak apabila salah menjawabnya.

Supaya terhindar dari hal tersebut, jangan lupa untuk mempersiapkannya dengan matang, ya. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawaban mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami.

BACA JUGA: Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Menarik untuk Melamar Kerja

Mengapa pertanyaan tersebut sering diajukan?

mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami
Pexels

Meskipun terlihat mudah, pertanyaan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini sebenarnya menjadi penentu apakah Sedulur akan diterima atau tidak. Umumnya, pihak pewawancara ingin mengetahui apa tujuan karier dan persiapan dalam menghadapi wawancara. Pihak pewawancara ingin tahu apakah pelamar sudah melakukan riset mengenai perusahaan atau tidak.

Jika sudah melakukan riset yang mendalam tentang kantor yang dilamar, maka jawaban akan terlihat jelas dan tegas. Ini juga akan meyakinkan pihak pewawancara bahwa Sedulur merupakan tipe orang yang selalu menyiapkan semuanya dengan baik. Juga, mereka meyakini bahwa Sedulur sebagai pelamar merupakan tipe orang yang cerdas.

Dikutip dari Career Sidekick, pertanyaan ini juga bisa dilontarkan oleh pihak pewawancara untuk mengetahui apakah pelamar telah memikirkan karier seperti apa yang dicari. Mereka tentunya tidak ingin merekrut seseorang yang melamar semua pekerjaan yang terdapat di internet. Keinginan mereka adalah untuk mendapatkan seseorang yang memiliki karier dan tujuan yang spesifik.

Tips menjawab pertanyaan, “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami”

mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami
Pexels

Kini, Sedulur telah memahami pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami” fresh graduate atau untuk yang berpengalaman. Lalu, bagaimana cara untuk menjawabnya supaya Sedulur bisa menarik perhatian pewawancara? Berikut adalah beberapa tips untuk menjawabnya. 

1. Spesifik pada posisi yang dilamar dalam perusahaan

mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami
Pexels

Jelaskan alasan apa saja yang membuat Sedulur tertarik untuk melamar pekerjaan di bidang yang bersangkutan. Misalnya adalah karena spesifikasinya membuat pelamar ingin mencobanya karena merasa tertantang. Jelaskan pula dari mana posisi pekerjaan ini didapatkan. Misalnya adalah dari situs yang dimiliki, dihubungi konsultan, melihat iklan di media sosial, atau melalui LinkedIn.

BACA JUGA: Tugas Customer Service: Pengertian & Skill yang Wajib Dimiliki

2. Fokus pada keunggulan yang dimiliki perusahaan

mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami
Pixabay

Jika ada pertanyaan seperti “berikan alasan Anda tertarik bekerja di perusahaan kami”, maka Sedulur bisa memberikan jawaban yang berfokus pada keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan. Tentunya, perusahaan akan senang ketika Sedulur memang memiliki ketertarikan dengan bidang bisnis mereka. 

Jelaskan tentang ketertarikan Sedulur dengan industri sejenis, seperti transportasi online dan melihat bahwa masa depan dari industri ini sangat bagus. Sehingga, hal ini bisa menjadi alasan untuk melamar pekerjaan di sana.

Sedulur juga bisa menjelaskan tipe perusahaan apa yang diminati. Contohnya adalah perusahaan baru yang benar-benar sedang merintis. Dengan begitu, Sedulur akan menjadi multitasking namun bisa belajar banyak mengenai pengembangan diri.

Tentunya, preferensi ukuran perusahaan dari setiap pelamar itu berbeda. Ada yang memang ingin bekerja pada perusahaan yang sudah terjamin. Maka dari itu, tentukan preferensi untuk menjawab pertanyaan ini, ya.

3. Kaitkan antara keterampilan yang dimiliki

mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami
Pixabay

Cara untuk menjawab pertanyaan apa yang Anda harapkan dari perusahaan ini adalah dengan mengaitkan keterampilan yang dimiliki. Kedua hal ini sangat berpengaruh selama proses perekrutan kerja. Apabila ingin diterima, maka sebaiknya menyebutkan keterampilan apa saja yang dimiliki. Jangan lupa untuk menyebutkan prestasi apa saja yang pernah diraih.

Gunakan bahasa yang tegas, tenang, dan meyakinkan ketika sedang mengaitkan semuanya dengan posisi yang dilamar. Ini akan membuat pewawancara memiliki ekspektasi yang baik tentang pribadi yang dimiliki Sedulur.

Apabila belum memiliki pengalaman kerja, maka bisa dikaitkan dengan visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan. Usahakan untuk mengaitkan dan menggabungkan tujuan dengan visi misi yang dibawa oleh perusahaan. Sebelum menjawabnya, ada baiknya mempelajari visi dan misi perusahaan dengan seksama dan susun poin-poinnya menjadi suatu kalimat yang persuasif.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan kata-kata yang sopan ketika sedang berbicara dengan pihak pewawancara. Jangan terbata-bata dan tetaplah bersikap tenang. Jika tidak memiliki sikap seperti itu, maka pihak HRD bisa menilai Sedulur sebagai pribadi yang mudah gugup dan kurang mempersiapkan diri dengan matang. Jadi, akan lebih baik untuk menenangkan diri dulu sebelum melakukan wawancara kerja.

4. Hubungkan tujuan dengan profil perusahaan

mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami
Pixabay

Jawaban dari pertanyaan “Apa yang mendorong Anda ingin bekerja?” adalah dikaitkan dengan tujuan serta profil dari perusahaan. Ungkapkan tujuan yang mendorong untuk bekerja di kantor yang bersangkutan dengan rinci. Ketika selesai menjelaskan tentang hal yang diketahui mengenai kantor dan posisi yang dilamar, saatnya untuk memberikan kesimpulan yang menarik. 

Rekap semua jawaban yang sudah dilontarkan tadi dengan kata-kata penutup, misalnya adalah “itu dia alasan saya untuk bekerja dan melamar di kantor ini. Saya merasa bisa mengembangkan kemampuan dengan bekerja di kantor yang saya impikan.”

Apabila sudah memiliki pengalaman pekerjaan, maka itu bisa menjadi sebuah nilai tambah jika bisa menggabungkannya. Sehingga, Sedulur bisa berkontribusi menjadi lebih baik terhadap bidang pekerjaan yang dilamar.

BACA JUGA: Cara Membuat Kuesioner dengan Google Form untuk Penelitian

5. Jadilah diri sendiri

Pixabay

Biasanya, pertanyaan tersebut berkaitan dengan yang selanjutnya, seperti “Apa komitmen Anda jika diterima?” Ini bisa Sedulur jawab dengan menjadi diri sendiri ketika sedang diwawancarai. Jangan pernah menjadi orang lain atau membuat pesona baru demi terlihat bagus di depan pewawancara.

Jika melakukannya, maka itu sama saja dengan menipu pihak pewawancara. Ke depannya, jika Sedulur benar-benar diterima dan bekerja di sana, maka tidak bisa memenuhi ekspektasi dari kantor yang bersangkutan, tidak menutup kemungkinan bahwa citra yang dimiliki menjadi buruk untuk ke depannya. Tak hanya itu, jika membuat pesona baru, maka itu artinya Sedulur tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup dengan kemampuan yang dimiliki. Maka dari itu, tunjukkan dirimu apa adanya, ya.

Kesalahan umum ketika menjawab

Unsplash

Ketika diberikan pertanyaan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami, maka ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan. Supaya tidak mengulang kesalahan yang sudah-sudah, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari.

1. Terlihat belum melakukan riset

Unsplash

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, disarankan untuk menghubungkan keunggulan dari kantor dengan keunggulan yang dimiliki oleh diri sendiri. Apabila tidak melakukan riset terlebih dahulu, maka akan sulit untuk menemukan apa saja kelebihan dari kantor yang ingin dilamar.

Tak hanya itu saja, ada juga kemungkinan yang jauh lebih buruk. Jika tidak tahu sama sekali terkait kantor yang dilamar, maka sama saja merusak peluang untuk mendapatkan kerja.

BACA JUGA: Cara Membuat Footnote Mudah & Cepat dengan Gambarnya

2. Tidak terlihat antusias

Unsplash

Jika diberikan pertanyaan seperti “jelaskan mengapa kami harus menerima Anda di perusahaan kami”, usahakan untuk menjawabnya dengan antusiasme yang tinggi. Hindari menjawabnya dengan sikap yang cuek karena akan membuat pewawancara berpikir dua kali untuk merekrut Sedulur. 

Hindari jawaban seperti “perusahaan ini sedang membuka lowongan” dan “saya sedang dalam kondisi membutuhkan uang”. Usahakan untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin sebelum mengikuti sesi wawancara agar tidak grogi dan gelagapan ketika menjawab pertanyaan. Bekali diri sendiri dengan latihan wawancara dalam bahasa Inggris supaya bisa menjadi poin plus.

3. Jawaban yang diberikan terlalu umum dan monoton

Unsplash

Tentunya, jawaban seperti “perusahaan Anda memiliki prospek yang bagus dan terlihat menarik” sudah sering didengar oleh pihak pewawancara dari ratusan atau ribuan pelamar. Maka dari itu, usahakan untuk menjelaskannya lebih lanjut alasan ketertarikan dan mengapa berpikir kantor ini menjadi prospek yang bagus.

Bisa juga mengatakan kalimat yang manis seperti kantor yang dilamar merupakan kantor yang bagus. Walaupun demikian, jawaban ini bukan merupakan hal yang akan diingat oleh pewawancara. Mungkin juga mereka menganggap kalimatmu tidak bisa dipercaya.

Contoh jawaban “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami”

Unsplash

Jika masih belum terbayang cara menjawab pertanyaan, “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?,” maka bisa menyontek beberapa jawaban berikut dan memodifikasinya.

  • “Setelah lebih dari tiga tahun bekerja di bidang manajemen proyek, saya semakin tertarik untuk mengembangkan kemampuan memimpin dan bekerja dalam tim. Saya melihat kantor Bapak/Ibu menawarkan kesempatan untuk menangani berbagai proyek dan stakeholders. Sehingga, saya percaya diri dapat mengembangkan diri dan memberikan performa yang baik di perusahaan ini.”
  • “Saya membaca beberapa artikel belakangan ini yang mengatakan bahwa kantor ini memiliki masa depan yang baik. Selain itu, dengan latar belakang pendidikan di bidang keuangan yang saya miliki, saya yakin bisa berkontribusi dalam kemajuan kantor ini di masa mendatang.”
  • “Saya membaca di situs resmi perusahaan Anda, bahwa perusahaan Anda memiliki visi untuk menyediakan kosmetik yang aman dan terjamin.”

Pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami” adalah yang paling sering ditanyakan oleh pewawancara kerja. Maka dari itu, butuh persiapan dan kematangan untuk bisa menjawabnya dengan bagus dan lugas. Jadi, selalu persiapkan diri dengan matang sebelum sesi ini, ya. Semoga sukses!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.