Footnote atau catatan kaki adalah keterangan yang ditulis pada sebuah lembar jurnal atau karya ilmiah dan letaknya berada di bawah. Dalam hal ini footnote menjelaskan tentang keterangan informasi pada lembar di atasnya. Biasanya catatan kaki kerap ditemukan pada buku, jurnal, maupun artikel. Cara membuat footnote pun semua orang pasti bisa asalkan mengetahui prosedur yang ada. Namun, sebelum mengetahui cara membuat footnote, kamu harus tahu pengertian dari footnote itu  sendiri.

Nah supaya tak berlama-lama, mari simak ulasan lengkap mengenai pengertian dan cara membuat footnote sesuai kaidah penyusunan jurnal yang baik dan benar di bawah ini.

Apa itu footnote?

Footnote atau catatan kaki biasanya tertera di bawah selembar jurnal, artikel, hingga karya ilmiah. Namun sering juga ditemukan dalam buku novel ataupun buku. Catatan kaki banyak menjelaskan tentang keterangan informasi pada lembar di atasnya dan juga dapat dijadikan sebagai komentar atau memberikan keterangan sumber kutipan dari sebuah jurnah, karya ilmiah, hingga buku. Dalam penulisan catatan kaki sering dituliskan dalam bentuk simbol angka, huruf maupun tanda kurung dan ditulis berurutan dari awal sampai dengan seterusnya.

Pemberian sumber kutipan atau informasi tujuannya adalah membantu pembaca supaya mengetahui sumber kutipan dari jurnal tersebut. Penulisan catatan kaki tak hanya dilakukan pada karya ilmiah, artikel hingga jurnal. Namun dapat juga digunakan pada buku dan novel sehingga cakupan penggunaan catatan kaki semakin luas.

BACA JUGA: Tips dan Cara Membuat Artikel yang Baik, Menarik & Berkualitas!

1. Cara membuat footnote di word

cara membuat footnote
Suara

Dari pengertian dan cara penulisan footnote setelah titik atau sebelum, maka selanjutnya cara membuat catatan kaki pada software word. Tanpa perlu lama-lama mari simak langkah sederhana di bawah ini.

  • Letakkan kursor di belakang kata atau kalimat yang ingin ditambahkan footnote atau catatan kaki.
  • Klik menu References > AB1 Footnote
  • Setelah melakukan klik pada AB1 Footnote, maka Anda bisa langsung mengisi footnote di bagian bawah dokumen.
  • Jika ingin lebih ringkas, setelah meletakkan kursor di bagian belakang kata, anda bisa langsung menekan tombol Alt + CTRL + F untuk menambah footnote.
  • Untuk melakukan kustomisasi (semisal ukuran dan spasi pada footnote), anda bisa melakukan: Klik kanan pada area footnote > Style > Modify.

2. Cara membuat footnote dengan mendeley

cara membuat footnote
Selow Tekno

Selanjutnya ada cara lebih mudah dalam membuat catatan kaki selain MS Word, yaitu dengan menggunakan mendeley. Penasaran seperti apa caranya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Buka aplikasi microsoft word lalu pilih menu Reference, untuk membuat footnote maka style yang dipakkai adalah Modern Humanities Research Association (MHRA).
  • Lalu tempatkan kursor ke akhir text yang dikutip kemudian pilih menu Insert Citation.
  • Cari file yang dikutip, kita bisa mencari dengan mengetikkan nama pengarang atau judul dari text yang dikutip.
  • Kita juga bisa meng klik menu Go To Mendeley untuk melihat seluruh file yang ada di mendeley. Baru kemudian pilih yang sesuai dengan kutipan.

3. Cara membuat footnote dari jurnal

cara membuat footnote
99Co

Selanjutnya ada cara mudah dalam membuat footnote atau catatan kaki dalam karya ilmiah, artikel dan novel, yaitu dari jurnal. Nah, dari pada penasaran langsung saja simak ulasannya di bawah ini Sedulur.

  • Cara buat footnote atau catatan kaki melalui Jurnal adalah selesaikan tulisan. Biasanya footnote dicantumkan setelah satu gagasan dari sumber selesai untuk ditulis.
  • Kasih angka arab pangkat atas
  • Kasih 7 ketukan saat ingin menulis footnote
  • Tulis footnote sesuai unsur
  • Jarak antar nomor 1 spasi.

4. Cara membuat footnote dari artikel

cara membuat footnote
Like and Share

Referensi lain saat kamu akan membuat catatan kaki atau footnote untuk novel, buku hingga karya tulis adalah melalui artikel. Berikut langkah-langkah membuat footnote dari artikel, yuk simak dan pahami dengan seksama.

  • Pada bagian bawah halaman harus di setting ruang yang memadai untuk penulisan
  • catatan kaki (layout paper)
  • Secara system bisa menggunakan garis di bagian bawah baris terakhir dari teks di tiap halaman atau tanpa garis
  • Nomor penunjukkan di bawah garis akan secara otomatis muncul ketika diklik, tinggal diatur jarak yang cukup dan biasanya menjorok ke dalam 5-7 ketukan
  • Catatan kaki baris pertama dituliskan setelah nomor penunjukkan
  • Jika lebih dari 1 baris, dituliskan dari tepi margin, tanpa ikuti penjorokkan baris pertama 
  • Jarak spasi dalam catatan kaki 1 spasi, antarcatatan kaki 2 spasi kalau ada dalam halaman yang sama

5. Cara membuat footnote dari buku

cara membuat footnote
Google Site

Tak hanya melalui artikel saja, kamu bisa membuat catatan kaki dari buku. Pembuatan catatan dari sini lebih sederhana dan Sedulur bisa mempraktekannya sendiri. Penasaran seperti apa caranya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Nama depan penulis Nama belakang, Judul Buku, edisi. (Tempat publikasi: Penerbit, tahun), nomor halaman, URL.
  • Nama belakang penulis, Judul Buku yang Dipersingkat, nomor halaman.

Contoh: Stephen Covey, The 7 Habits of Highly Effective People , edisi ke-3. (New York: Free Press, 1989), 75–89.

Covey, 7 Habits , 75–7.

BACA JUGA: Panduan Akses Jurnal Google Scholar Gratis, Bisa Dicoba

6. Cara membuat footnote dari internet

cara membuat footnote
Zona Mahasiswa

Kemajuan teknologi di bidang internet akan memudahkan segalanya dalam hal penyusuhan artikel dan karya Ilmiah. Bahkan Sedulur pun bisa menggunakan internet dalam keperluan membuat catatan kaki. Penasaran bagaimana caranya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Nomor kutipan penulis Nama Penulis, “Judul Karya Tulis (dicetak miring)” (URL web, Tanggal akses, Tahun)
  • Hasilnya : ¹Surya Pratama, “Contoh CV”(https://namasitus.com/contoh-cv/Diakses pada 12 Desember 2017, 20:17)

7. Cara membuat footnote otomatis

cara membuat footnote
Aresmobile

Selain menggunakan internet dalam membuat catatan kaki atau footnote, ada lagi cara membuat catatan kaki secara otomatis. Penasaran seperti apa caranya, yuk simak penjelasan di bawah ini.

  • Letakkan kursor atau klik di mana Anda ingin merujuk ke catatan kaki atau catatan akhir. Bisa juga langsung menekan shortcut tombol Alt + CTRL + F.
  • Pada tab Referensi/ References, pilih Sisipkan Catatan Kaki atau Sisipkan Catatan Akhir.
  • Masukkan apa yang Anda inginkan di catatan kaki atau catatan akhir.

Istilah-istilah dalam footnote

Jika kamu adalah seorang pemula dan baru belajar membuat catatan kaki, maka harus mengetahui beberapa hal pada catatan kaki. Maka dari itu, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Ibid

Ibid atau ibidum merupakan kata dari bahasa latin dan mempunyai arti tempat yang sama. Ibid biasanya digunakan dalam penulisan footnote atau catatan kaki untuk merujuk kepada sumber yang sudah dikutip di dalam catatan kaki sebelumnya.

Cit

Selain Ibid, ada pula istilah kata pada footnote yaitu Op.Cit atau Opere Citato dan berasal dari bahasa latin. Maksud Op.Cit ini adalah menjelaskan jika kutipan yang ditulis pada catatan kaki berasal dari sumber yang sama dan sudah disebutkan sebelumnya.

Loc Cit

Loc.Cit atau Loco Citato merupakan kata yang berasal dari bahasa latin dan mempunyai arti “pada tempat yang sudah dikutip’. Maksutnya, Loc. Cit ini dipakai dengan teknis yang sama dengan Op. Cit. Penulisan Loc. Cit, adalah: nama pengarang, Loc. Cit., halaman. Jika satu pengarang ada beberapa buku rujukan yang dipakai, maka setelah nama harus diikuti judul bukunya.

Demikian ulasan mengenai footnote dan bagaimana cara membuat catatan kaki ini. Semoga ulasan ini menambah wawasan dan pengetahuan untuk Sedulur yang sedang membuat catatan kaki.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.