jurusan kuliah ipa

Jurusan kuliah IPA merupakan jurusan idaman sebagian besar siswa yang sekaligus bisa menjadi kebanggan bagi orangtua dan keluarga. Hal ini sangat jelas karena prospek yang dijanjikan sangat menggiurkan. Wajar jika orangtua dan siswa itu sendiri memilih IPA sebagai penjurusannya di SMA agar linier dengan jurusannya di bangku kuliah.

Berikut ini beberapa jurusan kuliah IPA yang terbukti memberikan prospek yang menjanjikan di dunia kerja. Meskipun perihal pekerjaan kembali lagi pada kemampuan dan kualitas diri masing-masing, tidak bisa dipungkiri jurusan dan rekam jejak dari universitas juga menjadi pertimbangan utama.

BACA JUGA: 20 Jurusan Kuliah IPS Terbaik dengan Prospek Menjanjikan

1. Ilmu Keperawatan

jurusan kuliah ipa Keperawatan
Universitas Padjadjaran

Ilmu keperawatan yang masuk dalam daftar jurusan kuliah IPA dan penjelasannya. Meskipun tidak begitu diminati seperti jurusan kedokteran, prospek pekerjaan dari jurusan ini sangat menjanjikan. Lulusan dari ilmu ini bisa menjadi tenaga medis di rumah sakit.

-->

Ditambah kebutuhan tenaga medis di Indonesia masih sangat jarang. Hal ini yang menjadikan jurusan ini sangat diminati dan menjadi pilihan. Kendati jurusan ini selalu berada di bawah bayang-bayang Ilmu Kedokteran, wajib disadari bahwa keduanya dibutuhkan dan bisa memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat.

2. Farmasi

Farmasi
Universitas Kader Bangsa

Jika ada yang bertanya jurusan kuliah IPA yang jarang diminati, jawabannya adalah ilmu farmasi. Jarang diminati dibandingkan jurusan seperti ilmu kimia dan niologi. Padahal, farmasi merupakan jurusan yang sangat dibutuhkan dalam industri kesehatan.

Pasalnya, para lulusannya akan bekerja di Apotek dan menjadi apoteker yang menyediakan obat yang dibutuhkan oleh pasien untuk sembuh. Juga, para alumninya dapat menjadi pembuat obat. Karena memang jurusan ini berkuliah untuk tujuan meracik obat yang dibutuhkan untuk kesembuhan pasien. Prospeknya tentu sangat menggiurkan, terutama jika berhasil bekerja di perusahaan obat internasional dan ternama.

3. Ilmu kedokteran dan kedokteran gigi

kedokteran
Tambah Pinter

Salah satu jurusan jurusan kuliah IPA yang menjadi favorit, yaitu kedokteran. Tentu saja menjadi favorit karena prospek pekerjaannya yang sangat menjanjikan, yaitu menjadi seorang dokter. Banyak spesialiasasi yang bisa dipilih dan ditempuh oleh setiap mahasiswa.

Selain itu, berkuliah di jurusan ini juga bisa membuat kita memberikan peran besar terhadap kesehatan masyarakat. Sedulur tentu tahu berapa gaji dan honor seorang dokter? Tidakkah hal tersebut sangat menggiurkan? Alasan ini menjadi alasan yang paling jelas menjadikan Kedokteran sebagai jurusan idaman.

Tidak sama dengan spesialisasi kesehatan lainnya, urusan gigi dan mulut sangat kompleks dan memiliki ilmunya sendiri. Hal ini membuatnya menjadi fakultas sendiri, yaitu Fakultas Kedokteran Gigi. Sama seperti kedokteran secara umum, kedokteran gigi merupakan jurusan kuliah IPA yang menjanjikan.

Namun untuk dapat menempuh kuliah di Kedokteran Gigi, biaya yang dibutuhkan lumayan tinggi. Karena biaya praktek dan peralatan untuk menunjang proses pemeriksaan gigi dan mulut sangat tinggi. Namun, jangan khawatir. Biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan prospek di masa depan dan keberkahan yang bisa dilakukan dalam tatanan masyarakat.

4. Teknik informatika

jurusan kuliah ipa Teknik informatika
Fakultas Teknik Unpas

Pada awalnya, teknik informatika merupakan jurusan kuliah IPA yang biasa, bahkan seringkali bukan menjadi pilihan banyak siswa SMA saat memilih jurusan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi infromatikan dan teknologi digital, industri teknologi dan kreatif bermunculan dan tumbuh sangat pesat.

Hal ini membuat lulusan dari teknik informatika sangat dibutuhkan di lapangan pekerjaan. Jurusan ini akan mempelajari penggunaan komputer secara optimal, mulai dari menangani transformasi hingga penggolahan data komputer. Berkaitan dengan meta data sebuah perusahaan, adalah salah satu contoh yang ditangani oleh jurusan ini.

5. Sistem informasi

Sistem informasi
Cermati

Agak mirip dengan jurusan kuliah IPA sebelumnya, jurusan sistem informasi akan mempelajari terkait perancangan sistem dalam komputer untuk keperluan perusahaan. Seperti jaringan data dan internet dan lainnya sebagainya. Jangan ditanya bagaimana prospek jurusan ini.

Karena perkembangan teknologi digital yang sangat pesat, membuat alumni jurusan ini tidak sulit mendapatkan pekerjaan. Karena hampir setiap perusahaan atau stratup sekarang menggunakan perangkat aplikasi untuk menjalankan bisnisnya. Salah satu yang menjadi garapan dari alumni jurusan ini adalah hal-hal terkait dengan aplikasi dan sistem informasi lainnya.

6. Ilmu komputer

Ilmu komputer
Maukuliah

Ilmu komputer adalah jurusan kuliah IPA yang menjadi induk dari jurusan teknik informatika dan sistem informasi. Mempelajari tentang komputer secara umum dan menyeluruh, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang sangat favorit dan banyak diminati.

Selain karena kebutuhan akan industri, jurusan ini juga dapat memberikan pekerjaan yang menjanjikan. Dalam perkuliahannya, jurusan ini akan mempelajari perihal programming serta pembuatan website dan aplikasi atau perangkat lunak lainnya untuk kebutuhan industri teknologi.

7. Psikologi

Psikologi
Universitas Esa Unggul

Psikologi tidak bisa dikatakan sebagai jurusan kuliah paling mudah, namun jika dibandingkan dengan jurusan lainnya di bidang IPA, psikologi memenuhi syarat sebagai jurusan yang paling mudah dalam rumpun ilmu pengetahuan alam. Pasalnya dalam perkuliahan ini jarang ditemui perhitungan, atau bahkan tidak akan menemukan perhitungan sama sekali.

Karena dalam psikologi yang akan dipelajari adalah terkait perilaku, karakter, tingkah laku, sifat serta kejiwaan seseorang. Biasanya para alumninya akan bekerja menjadi HRD (Human Resource Departement) dalam sebuah perusahaan yang bertugas melakukan rekrutmen dan seleksi pekerja.

Kemampuan psikolog dibutuhkan untuk membaca kepribadian seseorang yang melamar pekerjaan, apakah sesuai dengan visi misi dan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Maka dari itu, tidak usah ditanyakan lagi prospek dari jurusan satu ini.

8. Biologi

Biologi
Treat ID

Setiap menjawab pertanyaan jurusan IPA apa saja, Biologi pasti masuk dalam salah satu daftar pertama yang disebut. Karena dasar dari IPA adalah biologi itu sendiri, yang akan mempelajari terkait fenomena yang berkaitan dengan mahluk hidup, benda hidup, mulai dari sel, organisme, hingga segala hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

Alumni jurusan Biologi bisa bekerja di perusahaan penelitian dan bekerja di laboratorium meneliti terkait suatu fenomena yang terjadi yang berkaitan dengan alam. Ketika pandemi COVID-19 merebak, orang-orang yang berkuliah di Biologi menjadi salah satu ahli yang dibutuhkan untuk mengatasi situasi pandemi.

9. Kimia

Kimia
Biaya Info

Lebih spesifik dari Biologi, Kimia akan mempelajari tentang struktur, sifat, dan reaktivitas dari sebuah zat kimia secara mendalam. Jurusan ini juga berkaitan dengan Ilmu Farmasi. Setiap mahasiswa yang berkuliah di jurusan Farmasi, salah satu tuntutan yang harus dipenuhi yaitu menguasai Ilmu Kimia terlebih dahulu.

Kimia merupakan ilmu murni yang menjadi dasar Ilmu Farmasi yang adalah kembangan dari Ilmu Kimia dan secara spesifik menangani kebutuhan industri perobatan. Alumni jurusan ini bisa bekerja di perusahaan-perusahaan obat-obatan atau laboratorium kesehatan lainnya.

10. Matematika

jurusan kuliah ipa Matematika
Siedoo

Saat sekolah, mulai dari SD, SMP, hingga SMA, Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menyebalkan dan tidak disukai. Entah karena guru yang galak atau ketidakmampuan siswa mengikuti pelajaran Matematika. Hal ini tentu berpengaruh pada peminatan kuliah jurusan Matematika.

Salah satu ilmu penting dalam IPA yang tidak masuk jurusan favorit adalah Matematika karena alasan yang telah disebutkan di atas. Bagi mereka yang mencintai angka menyukai hitung menghitung, Matematika merupakan ilmu yang menyenangkan. Bagaimana prospek pekerjaan dari jurusan ini? Tidak perlu ditanyakan lagi karena Matematika bisa bekerja di bidang apapun selama industri tersebut membutuhkan perhitungan yang rumit dan kompleks.

11. Fisika

jurusan kuliah ipa fisika
Universitas123

Ilmu Fisika merupakan daftar jurusan kuliah IPA selanjutnya. Nasib sama dirasakan Ilmu Fisika, karena terlalu rumit dalam perhitungan dan penggunaan rumus yang sangat kompleks membuat seorang mahasiswa yang kuliah di Ilmu Fisika membutuhkan kemampuan eksak yang tinggi.

Dalam kuliah Fisika, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar dari gejala alam dalam lingkup ruang dan waktu secara mendalam. Jurusan ini merupakan jurusan yang sangat penting. Tanpa Fisika, saat ini kita tidak bisa mengetahui fenomena-fenomena alam yang sebelumnya tidak dapat dijelaskan.

12. Statistika

Statistika
LKBB Indonesian Collage

Jurusan ini merupakan turunan dari Ilmu Matematika dan berkaitan erat dengan Fisika juga. Dalam Statistika, kita akan belajar tentang pengolahan data, mulai dari mengumpulkan, menganalisis, serta menyajikan data ke khalayak dan masyarakat.

Biasanya, jurusan ini lebih dibutuhkan dibandingkan Matematika karena kemampuan spesifiknya dalam mengolah data menjadi statistik yang akan memudahkan untuk melakukan penghitungan dan pengukuran. Tidak seperti masa depan yang dijanjikan oleh jurusan ini, proses perkuliahan dari jurusan ini lumayan melelahkan.

13. Teknik Geologi

Teknik Geologi
Universitas Indonesia

Teknik Geologi merupakan jurusan kuliah IPA selanjutnya. Jurusan ini akan mempelajari tentang bumi dan melakukan penelitian seperti komposisi, struktur, sifat, serta proses pembentukan alam. Biasanya jurusan ini juga berkaitan dengan menemukan sumber daya alam dan mineral yang dimiliki suatu daerah yang dapat dijadikan potensi energi.

14. Teknik Sipil

Teknik Sipil
BukaReview

Jika ada yang bertanya jurusan kuliah IPA rasa IPS, hal tersebut biasanya akan dirasakan dalam jurusan Teknik Sipil. Jurusan ini akan mempelajarai tentang perencanaan, manufaktur, pengelolaan, dan konservasi dari sebuah wilayah di kota maupun desa atau daerah administrasi lainnya.

Karena perkuliahannya berkaitan dengan sebuah wilayah dan juga berkaitan dengan masyarakat sipil, hal tersebut memberikan jurusan ini karakter sosial yang tinggi. Wajar belaka jika dalam prosesnya, jurusan ini diisi oleh mahasiswa dengan jiwa sosial yang tinggi yang menjadikannya sebagai jurusan IPA rasa IPS.

15. Teknik Lingkungan

jurusan kuliah ipa yang menjanjikan
AKPRIND

Teknik lingkungan merupakan jurusan kuliah IPA yang saat ini sangat dibutuhkan. Di jurusan ini, kita akan mempelajari tentang lingkungan, mulai dari melestarikannya dan menjaganya. Mengingat kondisi lingkungan di Indonesia sangat mengkhawatirkan, menjadikan alumni dari jurusan ini sangat dibutuhkan.

16. Teknik Mesin

jurusan ipa apa saja
Hai Online

Teknik Mesin biasanya merupakan jurusan kuliah IPA yang sangat disegani dan dipenuhi oleh mahasiswa-mahasiswa yang tegas dan galak. Dalam tradisi ospek dan penyambutan mahasiswa baru pun, biasanya jurusan ini memiliki kebiasaan yang keras dan tegas.

Hal tersebut dibutuhkan karena alumni dari jurusan ini akan berkaitan dengan mesin yang menjadi pondasi utama jalannya sebuah industri. Apalagi mesin-mesin yang digunakan biasanya memiliki struktur yang rumit dan ukuran yang besar. Mental yang kuat merupakan pondasi penting agar dapat menjalankan kuliah di jurusan ini dengan baik. Oleh karena itu, tradisi keras dan tegas menjadi wajar di jurusan Teknik Mesin.

17. Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan
Makassar Terkini

Salah satu jurusan kuliah IPA yang sangat idaman, karena prospek pekerjaan yang jelas dan bergelimang dengan harta. Teknik Pertambangan berkaitan dengan minyak dan sumber daya alam lainnya. Tidak perlu dijelaskan lagi, bagaimana pertambangan dapat menghasilkan uang di negara ini. Jika mencari prospek masa depan yang sangat cerah, jurusan satu ini bisa jadi pilihan.

18. Teknik Elektro

Teknik Elektro
Detik Manado

Teknik Elektro merupakan jurusan kuliah IPA yang akan mempelajari pengaplikasian listrik dalam kehidupan sehari-hari. Akan dibekali pengetahuan seperti konsep, perancangan, dan produksi perangkat listrik. Alumni dari jurusan ini sangat dibutuhkan dalam industri yang menghasilkan alat yang berkaitan dengan listrik yang digunakan sehari-hari.

19. Teknik Pangan

jurusan kuliah ipa rasa ips
Hotcourses Indonesia

Jika di SMA kita mengenal IPA hanya dengan beberapa mata pelajaran saja, pada saat di bangku perkuliahan ternyata banyak sekali jurusan kuliah IPA yang tidak diketahui. Salah satunya adalah Teknik Pangan. Mungkin ada yang berpikir, untuk apa teknik pangan? Untuk membuat makanan (pangan) tidak perlu membutuhkan teknik dan perhitungan.

Betul memang jika ingin membuat sebuah pangan, kita tinggal membuatnya tanpa harus menggunakan teknik tertentu. Namun, jurusan ini dibutuhkan dalam industri makanan dengan skala besar. Seperti contohnya membuat mie instan yang diproduksi dalam jumlah besar menggunakan mesin.

Untuk dapat menghasilkan mie yang baik, bumbu yang pas dan waktu yang tahan lama, dibutuhkan alumni dari jurusan ini. Prospeknya di masa depan? Tentu saja sangat menjanjikan, karena kebutuhan dasar manusia adalah makan, dan makanan yang diproduksi dengan cepat dan tahan lama sangat dibutuhkan. Semua hal tersebut merupakan garapan dari alumni jurusan ini.

20. Meteorologi

Meteorologi
Liputan6

Adal juga jurusan kuliah IPA yang bernama Meteorologi. Banyak orang yang salah kaprah dengan jurusan ini, banyak yang mengira jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari tentang meteor yang bertebaran di angkasa raya. Padahal sebenarnya jurusan ini mempelajari tentang cuaca dan iklim.

Kita mungkin pernah dengan tentang BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) yang seringkali memberikan laporan dan ramalan cuaca. Nah, biasanya BMKG diisi oleh para alumni dari Meteorolgi. Dalam kuliah ini yang menjadi dasar keilmuannya yaitu fisika atmosfer. Mempelajari tentang pergerakan awan dan cuaca, hingga dapat menghitung cuaca yang akan dialami suatu daerah dengan menggunakan rumus tertentu.

BACA JUGA: 12 Daftar Orang Terpintar di Dunia, Albert Einstein Lewat

21. Aristektur

jurusan kuliah paling mudah
Hipwee

Salah satu primadona dari jurusan kuliah IPA yaitu Arsitektur. Kuliah jurusan ini memungkinkan alumninya bekerja untuk merancang sebuah bangunan agar sesuai dengan kondisi alam yang ada di tempat bangunan tersebut berdiri. Seperti kondisi angin, tanah dan lain sebagainya.

Jurusan ini juga memiliki spesifikasi khusus yaitu menata kota yang bernama Planologi. Kebutuhan akan alumni jurusan ini sangat tinggi, terutama dalam konteks menata kota dan merapihkan sebuah wilayah. Serta mulai mempertimbangkan kelestarian lingkungan dalam membangun sebuah bangunan.

22. Ilmu Kelautan

Ilmu Kelautan
Rencanamu

Terdapat juga Ilmu Kelautan yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi jurusan kuliah IPA. Saat ini beberapa Universitas Negeri telah memiliki jurusan ini. Dalam perkuliahannya, jurusan ini akan mempelajari tentang kehidupan laut, baik dalam konteks untuk kebutuhan nelayan atau tentang kelautan secara umum.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar dan terluas di dunia, dengan daerah laut yang sangat lebar. Dibutuhkan para ahli untuk menjaga dan mengawasi laut yang menjadi kedaulatan Indonesia. Para alumni jurusan ini, bisa memainkan peran tersebut. Jurusan ini juga berkaitan erat dengan pertahanan dan ketahanan serta kedaulatan negara.

23. Ilmu Perikanan

jurusan jurusan kuliah
Hipwee

Selanjutnya adalah Ilmu Perikanan yang merupakan jurusan kuliah IPA. Jurusan ini biasanya bersanding dengan Ilmu Kelautan dan seringkali bersatu dalam salah satu fakulitas, seperti misal Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Universitas Padjadjaran di Bandung.

Sedikit berbeda dengan Ilmu Kelautan, Ilmu Perikanan akan mempelajari secara spesifik tentan kehidupan mahluk bumi yang ada di laut, yaitu ikan, dan biota laut lainnya. Untuk berkuliah di jurusan ini, kita membutuhkan penguasaan lebih terkait pelajaran Biologi. Selain itu, jurusan ini juga berkaitan dengan nelayan dan proses pengambilan ikan di laut.

24. Ilmu Pertanian

daftar jurusan kuliah ipa dan penjelasannya
Universitas Wahid Hasyim

Kendati sebagai negara kepulauan terbesar dan luas laut yang membentang lebar, faktanya Indonesia merupakan sebuah negara agraris. Artinya sebuah negara yang masyarakatnya mengandalkan hasil pertanian untuk bertahan hidup, seperti padi, jagung, kedelai dan produksi pertanian lainnya. Oleh karena itu, Ilmu Pertanian bisa jadi jurusan kuliah IPA menjanjikan lainnya.

Dalam jurusan ini, kita akan mempelajari segala hal terkait pertanian, baik pertanian dasar, kaitan pertanian dengan kebudayaan dan sosiologi masyarakat, serta kebutuhan pertanian terhadap industri yang berkembang. Akibat luasnya spesifikasi dari jurusan ini. Memberikan prospek pekerjaan yang juga luas dan sangat menjanjikan.

25. Ilmu Peternakan

jurusan kuliah ipa yang jarang diminati
Universitas Tidar

Peternakan merupakan salah satu cara bertahan hidup yang dilakukan oleh umat manusia sejak dari zaman purba dahulu kala. Oleh karena itu, salah satu jurusan kuliah IPA yang bisa dijadikan pilihan adalah Ilmu Peternakan. Di jurusan ini, terdapat beberapa spesialisasi, seperti unggas, sapi, kambing dan jenis hewan lainnya.

Alumni jurusan ini juga sangat dibutuhkan untuk industri yang bergerak di bidang peternakan. Tidak sedikit juga alumni dari jurusan ini yang sukses membangun bisnis peternakan dengan skala yang luas.

Itu tadi daftar jurusan kuliah IPA yang bisa jadi rekomendasi bagi para siswa-siswi SMA yang saat ini tengah sibuk mempersiapkan perkuliahan. Daftar di atas sangat cocok bagi kamu yang sedang bingung menentukan jurusan kuliah, semoga salah satu jurusan di atas bisa memberi inspirasi dan motivasi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!