Ice Breaking online

Masa pandemi seperti ini memang kegiatan perkantoran masih banyak dilakukan secara work from home atau WFH. Berbeda dengan kegiatan offline yang bisa dengan mudah mencairkan suasana, ice breaking online memang lebih susah karena masalah jarak dan teknis.

Namun, dengan semakin berkembangnya zaman, para developer akhirnya menciptakan aplikasi yang bisa membantu dalam presentasi, talk show, dan juga webinar online.

Aplikasi-aplikasi tersebut tak hanya bisa membantu mencairkan suasana yang kaku tapi juga bisa menambah bonding dengan peserta presentasi maupun kolega kerja.

Lalu, seperti apa sih aplikasi dan ide ice breaking online yang menarik untuk dicoba kala WFH? Simak ulasannya berikut.

-->

Tujuan Ice Breaking

Ide ice breaking
Culture Amp

Sebelum kita membicarakan materi ice breaking online, mari kita pahami terlebih dahulu dari kata tersebut. Ice breaking merupakan istilah yang digunakan orang-orang untuk mengartikan kegiatan interaktif antar peserta satu dengan lainnya.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menghindari munculnya kejenuhan dan kebosanan dalam suatu acara. Sehingga para peserta bisa tetap enjoy dalam menerima semua materi meskipun waktu yang diperlukan cukup lama.

Kegiatan ice breaking biasanya dilakukan ditengah acara atau saat materi pertama selesai dan hendak berlanjut ke materi selanjutnya.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari ice breaking yang bisa dirasakan para peserta seperti:

  1. Meningkatkan keaktifan peserta sehingga munculnya interaksi dua arah
  2. Memberikan kesempatan bagi pembicara dan peserta untuk menyegarkan pikiran sehingga saat memasuki materi selanjutnya peserta dan pembicara tidak dalam keadaan stress
  3. Membangun suasana rileks dalam acara sehingga para peserta dan pembicara akan lebih nyaman

Baca Juga: 10 Fakta & Tips Bridal Shower Serta Cara Mempersiapkannya

Ide Ice Breaking Online paling seru

Momen acara yang dilakukan secara online memang perlu trik khusus agar bisa berjalan menarik dan asik. Ada 13 ide ice breaking seru yang bisa dilakukan saat acara online. Berikut ini daftarnya.

1. Tebak kalimat

Ide ice breaking online
Cozy Meal

Ide ice breaking online zoom pertama yang bisa kamu coba saat melakukan presentasi atau webinar adalah tebak kalimat.

Permainan tebak-tebakan memang paling mudah dan bisa menarik perhatian banyak orang. Apalagi kalau tebakannya merupakan kata out of the box, maka banyak peserta yang bisa ikut merasakan keseruannya.

Permainan ini pun cukup simple dimainkan, para fasilitator atau panitia harus mengumpulkan beberapa kalimat atau kata yang biasa dipakai masyarakat sekarang ini. Kata-kata tersebut bisa didapatkan dari melihat trending di media sosial.

Peserta pun bisa langsung menjawab lewat kolom chat atau menyalakan microphone saat permainan dilaksanakan.

2. Tebak tokoh

Ice breaking online
Glints

Nah, kalau materi ice breaking online satu ini memang perlu persiapan khusus sebelum acara dilakukan.

Cara memainkannya pun cukup mudah karena kamu tinggal menampilkan gambar atau tokoh sesuai dengan tema yang telah disepakati. Agar permainan lebih seru, jangan langsung berikan gambar tapi berilah klue sepotong demi sepotong agar peserta bisa lebih banyak berinteraksi.

Tebak tokoh juga sangat cocok dilakukan pada acara-acara formal sepert workshop dan talkshow karena permainannya lebih universal.

Selain itu, tebak tokoh juga jadi permainan ice breaking online Indonesia banget karena bisa mengangkat sejarah tanah air.

3. Tebak judul lagu

Ide ice breaking online
Pexels

Permainan tebak judul lagu jadi salah satu ice breaking online untuk anak SD, SMP, SMA sampai kuliah.

Hal ini tak lepas dari musik yang memang lebih banyak disukai oleh remaja dan anak-anak sehingga diharapkan permainan ini bisa memancing interaksi mereka.

Belum lagi, topik tebak judul lagu merupakan permainan yang ringan dan santai. Lagu yang diputarkan juga bisa memberikan hiburan tersendiri bagi peserta usai lelah mendengarkan materi.

Pengaplikasian tebak judul lagu ini pun bisa sangat beragam. Panitia bisa mencoba menyanyikan lagu dengan nada yang berbeda atau menyanyikan lirik dengan nada yang datar.

Tentu permainan ini akan sangat menantang dan bisa membuat para peserta penasaran dan mengikuti acara dengan antusias.

Baca Juga: 14 Tips Sederhana Cara Hidup Bahagia, Terhindar dari Stress

4. Tebak gambar

Cara mencairkan suasana meeting
Glints

Permainan tebak gambar mirip dengan tebak tokoh dan tebak lagu, tetapi topik yang digunakan biasanya lebih luas.

Permainan ini sangat cocok digunakan saat acara seperti webinar atau zoom meeting reunian. Dimana kumpulan gambar yang ditata bisa mengingatkan para peserta tentang momen atau acara yang sebelumnya pernah dilakukan.

Aturan permainan ini bila dilakukan secara online cukup harus diperhatikan, yakni para peserta diberikan waktu 30 detik setelah klue gambar keluar di layar.

Peserta nantinya bisa menjawab dengan menggunakan fitur raise hand atau melakukan komentar di kolom chat google meet atau zoom.

5. Sambung cerita

Cara mencairkan suasana presentasi
Ekrut

Sambung cerita jadi games ice breaking tanpa alat yang sangat direkomendasikan saat melakukan webinar atau meeting online.

Permainan ini nantinya bisa melatih kreativitas para peserta melalui kolom chat atau interaksi secara langsung.

Untuk memainkan sambung cerita, peserta harus memperhatikan huruf terakhir dari kata yang disebutkan sebelumnya.

Peserta akan diberikan waktu 10 detik untuk mengarang cerita dengan kata terakhir tersebut hingga menjadi sebuah satu kesatuan dengan orang sebelumnya.

Contohnya, tema yang dipilih adalah kegiatan sehari-hari. Kata pertama yang disebutkan adalah pagi, maka orang selanjutnya harus mencari kata dengan awalan ‘I’ seperti ikan. Permainan akan berlanjut terus sampai sebuah kalimat terbentuk.

Permainan ini selain bisa mengasah kreativitas para peserta juga bisa menunjukkan bagaimana komunikasi dan kerja sama antar peserta lho.

6. Pick one

Suasana presentasi
Pixabay

Permainan ini mengharuskan peserta untuk memilih satu di antara beberapa pilihan yang disediakan oleh panitia.

Permainan satu ini akan sangat cocok bila panitia ingin menonjolkan sisi kritis dari para peserta. Hal ini tidak lepas dari aturan permainan yang membuat para peserta bisa saling diskusi.

Permainan akan dimulai saat panitia memberikan satu topik dengan dua pilihan atau lebih. Bila telah memilih, peserta akan bercerita kenapa memilih topik tersebut dan alasannya.

Contoh permainan ini adalah memilih kata seperti makan nasi tanpa lauk seumur hidup atau makan lauk tanpa nasi seumur hidup.

Baca Juga: Cara Menggunakan Netflix Party dan Tips Seru Nobar di Rumah!

7. One word

Ide Ice breaking
GNFI

Dalam permainan ice breaking satu ini, peserta akan diminta untuk memperkenalkan diri dalam satu kata.

Permainan ini sendiri cocok untuk acara webinar saat seseorang atau banyak peserta yang belum mengenal satu sama lain. Sehingga sesi perkenalan akan menjadi lebih singkat dan seru.

Nantinya, ada beberapa peserta maupun panitia yang menyimpulkan kata tersebut untuk memperkenalkan si peserta.

Tidak jarang permainan ini akan mudah mencairkan suasana karena banyak beragam komentar lucu yang muncul dari peserta lain.

8. Mimpi masa kecil

Bercerita saat presentasi
GNFI

Ide aplikasi ice breaking online selanjutnya adalah menceritakan tentang mimpi masa kecil. Hal ini bisa membangun chemistry dan bonding antar peserta menjadi lebih dalam.

Biasanya ide permainan satu ini diambil ketika acara yang dilakukan lebih dari satu hari sehingga para peserta bisa saling bercerita dengan peserta lainnya.

Normalnya permainan ini membutuhkan waktu 10 menit untuk bisa selesai, jadi sangat cocok diterapkan dalam webinar santai.

9. Fun fact

Ide ice breaking seru selanjutnya adalah fun fact. Cara bermain games satu ini sangat mudah dimana para peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok lalu mereka diminta untuk membagikan keunikan mereka dalam 3 hal.

Keunikan ini bisa berasal dari makanan favorit, hobi, atau lagu yang disukai. Hal-hal tersebut nantinya bisa untuk topik cerita satu sama lain sehingga keakraban peserta terbangun.

Selain itu, permainan ini juga akan memperlihatkan konsentrasi dan pengamatan para peserta karena fasilitator atau panitia akan secara akan menyebutkan 3 hal unik dari salah satu peserta.

10. Harapan dan ketakutan

Games ice breaking tanpa alat yang bisa dimainkan dalam webinar atau zoom meeting adalah permainan ‘Harapan dan Ketakutan’.

Permainan ini sangat bermanfaat untuk bisa membuat para peserta saling toleransi satu sama lain. Permainan ini juga bisa membuat para peserta saling melengkapi.

Apabila ada peserta yang merasa terganggu dan tidak nyaman untuk menceritakan ketakutannya, maka fasilitator atau panitia harus sigap dengan menyiapkan lembar anonym dalam google form.

Harapan dan ketakutan para peserta nantinya akan diambil secara acak untuk dijadikan diskusi dengan peserta lainnya.

Baca Juga: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

11. Where in The World Game

Ide presentasi seru
Wolipop Detik

Permainan ini sangat cocok dicoba dalam acara workshop, webinar, zoom meeting, sampai presentasi karena bisa memberikan informasi khas dari suatu tempat.

Permainan ini juga jadi ide aplikasi ice breaking online yang sangat cocok diterapkan pada peserta saat jeda acara.

Cara memainkannya pun cukup mudah yakni dengan mempersilahkan peserta untuk memilih 1 tempat tujuan yang berkaitan dengan konteks acara.

Setelah lokasi dipilih, peserta akan memberikan clue untuk ditebak oleh peserta lainnya supaya jawaban tersebut ditemukan.

Dan di akhir sesi, peserta yang memberikan klue akan menceritakan kenapa dia memilih lokasi tersebut untuk disampaikan pada peserta lainnya.

12. Simon says

Permainan ini jadi salah satu ice breaking online untuk anak SD sampai kuliah karena tidak terlalu ribet dan simple.

Dimana panitia cupuk menggunakan kata ‘Simon says’ untuk memberikan instruksi kepada para peserta webinar. Para peserta akan menyalakan cameranya dan mengikuti seluruh gerakan atau perintah dari panitia.

Bila para peserta mengikuti aturan mereka menang, tapi ketika mereka tidak mengikuti sesuai instruksi maka mereka kalah.

Contoh permainan ini, missal panitia menyebutkan kata “Simon says pegang pundak” maka peserta harus memegang pundaknya masing masing.

Lalu, ketika fasilitator menyebut “gerakkan tangan” maka peserta yang menggerakkan tangan dianggap kalah karena panitia tidak menggunakan kata ‘Simon says’

13. Truth or dare

Presentasi seru anti bosan
Pixabay

Permainan ice breaking online terakhir yang cocok untuk acara webinar dan zoom meeting santai saat WFH adalah truth or dare.

Permainan ini memang sudah tidak asing lagi di telinga, untuk memainkannya cukup dengan membuat undian di zoom atau google meet.

Jika peserta memilih truth, maka dia tinggal menceritakan kejujurannya lewat presentasi. Sedangkan jika dia memilih dare, setiap tantangan yang diberikan harus ditampilkan dalam kamera meeting.

Nah, itu tadi 13 ide dan aplikasi ice breaking online yang bisa dicoba di rumah. Permainan di atas tak hanya seru tapi juga bisa menambah kekompakan antar peserta. Bagaimana seru bukan!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.