spg

Dalam menawarkan suatu produk, beberapa perusahaan biasanya akan menggunakan jasa SPG. SPG singkatan dari Sales Promotion Girl merupakan seorang wanita dengan kriteria tertentu yang ditugaskan oleh perusahaan untuk mempromosikan kepada konsumen mengenai suatu produk.

Mengingat pentingnya peran SPG dalam suatu industri, tak heran jika perusahaan akan mencari SPG dengan kriteria dengan kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini karena kemampuan komunikasi tidak hanya berguna untuk menawarkan produk, namun juga mempresentasikan produk serta membangun kepercayaan konsumen untuk membeli dan menggunakan suatu produk. Jika Sedulur sedang mencari informasi mengenai arti SPG, simak artikel berikut ini dengan baik, ya!

BACA JUGA: PIC: Pengertian, Tugas, Skill dan Tanggung Jawabnya

Pengertian

spg
iStock

Sales Promotion Girl atau yang lebih dikenal dengan SPG adalah seorang wanita dengan suatu kriteria tertentu yang disewa oleh sebuah perusahaan untuk secara langsung mempromosikan dan memberi tahu konsumen tentang suatu produk. Lokasi SPG bekerja biasanya adalah di tempat-tempat ramai, seperti pasar, pusat perbelanjaan, kantor atau tempat lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan produk yang ditawarkan.

Sales Promotion Girl juga dapat diartikan sebagai salah satu pendukung pemasaran sehingga mereka akan bekerja dengan mengiklankan suatu produk untuk menarik konsumen. Tidak hanya mengiklankan produk, SPG juga harus bisa memberikan informasi mengenai suatu produk dan biasanya menjadi sejenis perwakilan perusahaan untuk menjelaskan produk yang ditawarkan.

BACA JUGA: Community Manager: Pengertian, Skill & Tanggung Jawabnya

Tugas SPG

Sales Promotion Girl
iStock

Untuk mengetahui pekerjaan ini lebih lanjut, berikut adalah beberapa tugas SPG secara umum.

Mempromosikan suatu produk 

Sesuai dengan kepanjangannya, tugas Sales Promotion Girl  tentunya untuk mempromosikan produk. Promosi yang dilakukan biasanya bersifat interaktif sehingga harus dilakukan langsung di lapangan sesuai target konsumennya. Skill yang dibutuhkan tentunya adalah komunikasi yang baik sehingga dapat menarik konsumen untuk membeli. Tidak hanya itu, Sales Promotion Girl  juga harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat karena biasanya mereka akan menyebarkan brosur, membagikan sampel gratis, maupun mengelola sampel tester di berbagai toko.

Memberikan deskripsi produk ke konsumen

Selaras dengan tugas yang pertama, tugas Sales Promotion Girl  selanjutnya adalah memberikan deskripsi suatu produk kepada konsumen secara tepat dan persuasif. SPG harus bisa bersikap ramah dan mengambil hati konsumen sehingga produk yang ditawarkan akan dapat terjual.

Melakukan cek terhadap persediaan produk

Tugas Sales Promotion Girl  selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap persediaan produk yang akan ditawarkan. Dengan mengetahui informasi persediaan produk, SPG akan mampu menjawab segala keresahan konsumen maupun menawarkan produk dalam jumlah besar kepada konsumen yang potensial.

Melakukan penjualan

Meskipun tugas utama Sales Promotion Girl  hanya untuk melakukan promosi, namun pada beberapa keadaan, SPG juga dapat membuka jalan hingga tahap penjualan produk. Jika SPG mampu menarik konsumen untuk membeli suatu produk, maka mereka akan dengan mudah melakukan penjualan produk sekaligus.

Membuat catatan penjualan

Masih terkait dengan tugas melakukan penjualan, tugas seorang Sales Promotion Girl  juga harus membuat catatan penjualan. Catatan ini dapat menjadi informasi keberhasilan jika mereka dapat menjual banyak barang kepada konsumen. Catatan ini biasa berisi jenis produk apa yang terjual, berapa jumlahnya, dan berapa total uang yang dihasilkan dengan format yang disediakan oleh perusahaan.

Menjaga kepercayaan konsumen

Tugas terakhir seorang Sales Promotion Girl  adalah menjaga kepercayaan konsumen dengan tetap memberikan pelayanan prima. SPG harus bisa menjaga konsumen untuk tetap memilih produk perusahaan yang mempekerjakannya daripada produk dari perusahaan lain.

BACA JUGA: Data Scientist: Pengertian, Tugas, Gaji & Skills yang Dibutuhkan

Syarat menjadi SPG

Sales Promotion Girl
iStock

Syarat untuk menjadi seorang Sales Promotion Girl  biasanya tergantung pada kebutuhan perusahaan sehingga tidak ada patokan pastinya. Namun, beberapa syarat umum berikut dapat menjadi patokan jika Sedulur tertarik menjadi seorang Sales Promotion Girl

  1. Wanita. Syarat ini mutlak karena sales cowok dikenal sebagai SPB atau Sales Promotion Boy.
  2. Usia minimal 19 tahun dan maksimal 24 tahun.
  3. Pendidikan minimal SMA/SMK atau sekolah sederajat.
  4. Memiliki tinggi badan minimal 160 cm.
  5. Memiliki berat badan proporsional atau maksimal 56 kg.
  6. Berpenampilan menarik sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  7. Tertarik mempelajari cara menjadi SPG yang baik.
  8. Memiliki skill komunikasi yang baik, percaya diri, dan memiliki kemampuan menjelaskan produk yang mudah dipahami.
  9. Mampu beradaptasi di berbagai situasi dan kondisi.
  10. Mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan target yang telah ditentukan.
  11. Profesional dan cekatan dalam bekerja.

Gaji SPG

Sales Promotion Girl
iStock

Tak lengkap rasanya jika membahas pekerjaan tanpa menyinggung gaji. Menurut beberapa sumber, kisaran gaji SPG umumnya berpatokan pada UMR daerah masing-masing. Gaji juga dapat disesuaikan dengan jam kerja yang dilakukan.

Kisaran gaji juga bergantung pada status pekerjaan. Sales Promotion Girl  dapat dikontrak secara harian maupun diangkat menjadi karyawan sebuah perusahaan. Seorang Sales Promotion Girl  harian biasanya diberikan upah antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000 setiap harinya.

BACA JUGA: HRD: Pengertian, Fungsi, Tugas, & Kualifikasi untuk Karirnya

Fungsi SPG

Sales Promotion Girl
iStock

Sales Promotion Girl  bukan hanya menjadi sales yang mempromosikan suatu produk. SPG juga memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Memberikan jawaban ketika konsumen atau pelanggan bertanya dengan ramah.
  2. Menanggapi keluhan konsumen dengan tetap bersikap baik dan sopan.
  3. Memberikan informasi kualitas produk kepada konsumen melalui layanan pelanggan.
  4. Menjadi sosok yang dipercaya konsumen terhadap kinerja perusahaan dan kualitas produk yang ditawarkan.
  5. Menerapkan standar pelayanan dengan baik dan ramah pelanggan.

Wewenang dan tanggung jawab

Sales Promotion Girl
iStock

Sales Promotion Girl  juga memiliki beberapa wewenang dalam menjalankan tugasnya, antara lain:

  1. Memberikan suatu usulkan pembaruan sistem kerja, pengaturan maupun display barang yang akan dijual.
  2. Meminta struktur yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah saat melakukan tugas dan tanggung jawab.

Selain wewenang, Sales Promotion Girl  juga memiliki tanggung jawab terhadap perusahaan yang mempekerjakannya, antara lain:

  1. Mampu mencapai target penjualan.
  2. Menunjukkan produktivitas kerja yang maksimum.
  3. Menjaga tingkat angka kehilangan barang serendah mungkin.
  4. Memastikan area penjualan dan barang tetap bersih.
  5. Mengambil tindakan pencegahan terhadap bahaya kebakaran jika terjadi.
  6. Memberikan informasi yang benar kepada konsumen tanpa membeda-bedakan.

BACA JUGA: Telemarketing: Pengertian, Tugas, Karir & Skill yang Dibutuhkan

Larangan saat menjadi SPG

Sales Promotion Girl
iStock

Saat Sedulur memutuskan menjadi seorang SPG, maka beberapa larangan ini harus dipahami dengan baik.

  1. Memberikan evaluasi dan penilaian pelanggan.
  2. Tidak ramah dengan pelanggan.
  3. Meletakkan tangan di saku atau di belakang punggung saat melayani.
  4. Pergi ke ruang penjualan selama toko dalam keadaan buka.
  5. Menjanjikan “sesuatu” kepada pelanggan supaya membeli suatu produk.
  6. Bergerombol dengan teman dan mengobrol lama di area kerja.
  7. Membiarkan pelanggan menunggu terlalu lama.
  8. Bersandar di tembok, jongkok dengan tidak sopan, bertopang dagu, dan menguap saat melayani pelanggan.

Tips menjadi SPG yang baik dalam dunia perdagangan

Sales Promotion Girl
iStock

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menjadi SPG yang baik jika Sedulur tertarik terjun dalam dunia perdagangan.

  1. Memahami dengan baik produk apa yang akan ditawarkan. Dengan memahami produk yang akan ditawarkan sehingga dapat mempresentasikan dan mempromosikan produk dengan maksimal. Seorang SPG harus mengetahui komposisi produk, keunggulan produk, manfaat produk, dan apa pun mengenai produk.
  2. Berpenampilan sopan dan rapi. Kerapian dalam berpakaian menjadi modal utama seorang SPG dalam menarik konsumen. Dengan berpenampilan sopan dan rapi, konsumen akan percaya dengan promosi yang dilakukan.
  3. Memberikan tester dan bersikap cekatan. Konsumen biasanya akan tertarik dengan produk yang memberikan tester ketika melakukan promosi, oleh karena ini SPG harus siap memberikan tester dan bersikap cekatan sehingga produk semakin dikenal dan laris.

Sekian informasi mengenai pekerjaan SPG atau Sales Promotion Girl beserta tugas, syarat, fungsi, dan gajinya. Meskipun sering dianggap sebelah mata, namun pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan dan tidak semudah yang dibayangkan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.