Pernahkah Sedulur bertanya-tanya tentang gaji presiden? Presiden merupakan sebuah nama jabatan yang digunakan seorang pemimpin, baik itu dalam organisasi, perusahaan, perguruan tinggi, atau bahkan negara. Dalam pembahasan kali ini, Sedulur akan diajak untuk mengulik seberapa besar gaji seorang Presiden Indonesia setiap bulannya.

Selain gaji, seorang presiden pun biasanya menerima beberapa tunjangan atas kerja kerasnya memimpin suatu negara. Penasaran tentang berapa gaji Presiden Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Gratifikasi adalah? Ini Pengertian, Dasar Hukum dan Contohnya

Gaji Presiden dan Wakil Presiden Indonesia

gaji presiden
Alinea.ID

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, presiden merupakan sebuah nama jabatan yang digunakan seorang pemimpin. Dalam sebuah negara Republik, presiden menjadi pimpinan pelaksana perundang-undangan negara. Presiden pertama di dunia yang diakui secara internasional adalah Presiden Amerika Serikat yang dilantik pada masa revolusi Amerika Serikat yaitu George Washington. Di Indonesia, Soekarno menjadi presiden pertama yang membawa Indonesia lepas dari genggaman penjajah dan memimpin negara ini untuk pertama kalinya. Saat ini, Indonesia dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menjabat semenjak 2014 silam.

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, banyak masyarakat awam yang penasaran tentang berapa gaji Presiden Indonesia, Jokowi. Negara pun telah mengatur seberapa besar jumlah gaji yang diterima. Aturan tersebut tertera dalam Undang-undang No. 7 Tahun 1978 dan Peraturan Pemerintah No. 75 Tahun 2000. Berikut merupakan sekilas ulasan dari kedua peraturan tersebut.

1. Undang-undang No. 7 Tahun 1978

Undang-undang No. 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pada Pasal 2 Ayat 1 dan Ayat 2 dijelaskan, bahwa:

  • “Gaji pokok Presiden adalah 6 x (enam kali gaji) pokok tertinggi Pejabat Negara Republik Indonesia selain Presiden dan Wakil Presiden.”
  • “Gaji pokok Wakil Presiden adalah 4 x (empat kali) gaji pokok tertinggi Pejabat Negara Republik Indonesia selain Presiden dan Wakil Presiden.”

Selain gaji, mereka juga diberikan tunjangan jabatan serta tunjangan lain yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi seorang pegawai negeri. Undang-undang No. 7 Tahun 1978 juga menambahkan bahwa presiden dan wakil presiden diberikan seluruh biaya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas kewajibannya, seluruh biaya rumah tangga, dan seluruh biaya perawatan kesehatannya serta keluarga selain gaji maupun tunjangan.

2. Peraturan Pemerintah No. 75 Tahun 2000

Peraturan Pemerintah No. 75 Tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara Serta Uang Kehormatan Anggota Lembaga Tertinggi Negara. Dalam peraturan tersebut, dijabarkan tentang jumlah gaji-gaji Pejabat Negara Republik Indonesia. 

Beberapa Pejabat Negara Republik Indonesia tertinggi selain presiden dan wakil presiden adalah Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Ketua Dewan Pertimbangan Agung, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, dan Ketua Mahkamah Agung. Mereka mendapatkan gaji pokok Rp5.040.000 per bulan.

BACA JUGA: Pengertian Konstitusi Beserta Fungsi, Jenis dan Tujuannya

Besaran gaji

Berdasarkan aturan yang tertera dalam Undang-undang No. 7 Tahun 1978 dan Peraturan Pemerintah No. 75 Tahun 2000, maka besaran gaji Presiden dan Wakil Presiden Indonesia per bulan adalah sebagai berikut.

  • Gaji presiden adalah 6 x Rp5.040.000 = Rp30.240.000
  • Gaji wakil presiden adalah 4 x Rp5.040.000 = Rp20.160.000

Tunjangannya

gaji presiden
detikNews

Tunjangan yang didapatkan oleh presiden dan wakil presiden telah diatur dalam Keputusan Presiden (KEPPRES) tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden No. 168 Tahun 2000 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

KEPPRES tersebut mengatur tunjangan-tunjangan bulanan untuk Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ketua Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara, Menteri Negara, Jaksa Agung, Panglima Tentara Nasional Indonesia dan Pejabat lain yang setingkat dengan Menteri Negara, Wakil Ketua Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara, Ketua Muda Mahkamah Agung, Anggota Lembaga Tinggi Negara, Kepala Daerah Provinsi, Wakil Kepala Daerah Provinsi, Kepala Daerah Kabupaten/Kota, dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten/Kota.

Besaran tunjangan

Menurut Keputusan Presiden (KEPPRES) tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden No. 168 Tahun 2000 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu, dalam Pasal 1 Ayat 1, Presiden dan Wakil Presiden Indonesia mendapatkan tunjangan setiap bulannya. Besar tunjangan tersebut kemudian diatur dalam Pasal 1 Ayat 2, berikut merupakan besaran tunjangan-tunjangannya.

  • Tunjangan Presiden Indonesia adalah Rp32.500.000
  • Tunjangan Wakil Presiden Indonesia adalah Rp22.000.000

Bagi Sedulur yang bertanya kenapa gaji presiden kecil? Mungkin sudah terjawab sampai sini, bahwa gaji presiden termasuk kecil karena belum termasuk tunjangan yang akan didapatkannya. Tunjangan tersebut tentunya selaras dengan tanggung jawab yang diemban oleh seorang presiden.

BACA JUGA: Urutan Nama-nama Presiden Indonesia yang Perlu Diketahui

Fakta-fakta menarik gaji pemimpin negara

The New York Times

Pendapatan presiden memang menjadi sebuah topik yang sangat menarik untuk diulik lebih lanjut. Setelah membahas berapa besaran gaji dan tunjangan yang didapatkan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, saat ini Sedulur akan diajak untuk mengetahui tentang fakta-fakta singkat menarik tentang pendapatan presiden di seluruh dunia.

Posisi gaji presiden tertinggi di dunia ditempati oleh gaji Perdana Menteri Singapura. Walaupun berbeda nama jabatan, secara teknis tugas seorang Perdana Menteri Singapura mirip dengan presiden. Pendapatannya selama satu tahun ditaksir mencapai US$1.610.000 atau setara dengan Rp22,8 miliar.

Jumlah gaji tahunan Perdana Menteri Singapura tersebut ternyata mengalahkan gaji tahunan dari presiden negara adidaya nomor satu di dunia, Amerika. Presiden Joe Biden, yang resmi dilantik pada tahun 2021 lalu, mendapatkan sekitar US$400.000 atau Rp5,6 miliar dalam satu tahun.

Di sisi lain, gaji presiden terendah di dunia datang dari Presiden Uruguay, José Mujica, yang menjabat pada tahun 2010 hingga 2015. Menurut beberapa sumber, selama ia menduduki kursi presiden, ia hanya mendapat sekitar US$15.000 per tahunnya atau Rp204 juta saja. 

Dibalik kecilnya gaji yang didapatkan Mujica, sebenarnya gaji asli dari seorang Presiden Uruguay dapat mencapai US$114.000 per tahun atau sekitar Rp1,9 miliar. Tetapi, Mujica memutuskan menyumbangkan 90% dari gajinya tersebut untuk donasi. Ia dikenal sebagai presiden yang paling sederhana di dunia, tidak memiliki rekening bank dan memiliki utang yang sangat sedikit.

Di atas merupakan pembahasan dari gaji presiden per bulan dan tunjangan yang didapatkan. Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!