gaji pemuda pancasila

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan salah satu ormas yang identik dengan seragam berwarna orens dengan corak loreng ini yaitu ormas Pemuda Pancasila. Kehadiran Pemuda Pancasila memang kerap masyarakat jumpai di acara-acara besar seperti acara Natal. Lantas, berapa gaji Pemuda Pancasila? 

Meski sering mendapat stigma buruk dari masyarakat, akan tetapi keberadaan Pemuda Pancasila ini bertujuan untuk dapat menjaga masyarakat dari pihak yang ingin memperkeruh keadaan dan tetap menjada ideologi Pancasila. 

BACA JUGA : Helper adalah: Pengertian, Tugas, Jenis, Gaji dan Syaratnya

Apa itu Pemuda Pancasila?

gaji pemuda pancasila
Tempo

Dikutip dari laman Pemuda Pancasila Jakarta, Pemuda Pancasila adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang mempunyai tujuan untuk menjaga dan turut serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, tujuan organisasi Pemuda Pancasila ini adalah untuk dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan juga Undang-Undang Dasar 1945. Adapun slogan Pemuda Pancasila adalah: “Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang”.

-->

Perlu Sedulur ketahui bahwa Pemuda Pancasila mempunyai ikrar, yaitu:

  1. Bertanah air satu, Tanah Air Indonesia.
  2. Berbangsa Saru, Bangsa Indonesia.
  3. Berbahasa Saru, Bahasa Indonesia.
  4. Berideologi Saru, Ideologi Pancasila.

Sejarah Pemuda Pancasila

Harian Nasional News

Dikutip dari Pemuda Pancasila Jateng, cikal bakal organisasi ini adalah Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI). IPKI merupakan sayap politik dari para petinggi militer yang masih aktif dalam dunia kedinasan pada 1959. Sejumlah tokoh pendiri IPKI diantaranya adalah A Yani, A H Nasution, Gatot Subroto, dan masih banyak lagi lainnya. Pada saat itu, para tokoh tersebut tak bisa terjun ke dunia politik karena adanya larangan untuk ikut aktif dalam politik praktis. Oleh karena itu, IPKI kemudian lahir dengan tugas untuk melindungi NKRI dari rongrongan bahaya komunis saat itu yang dimotori oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pada masa tersebut, gerakan PKI selalu dibayang-bayangi oleh IPKI. Sehingga ketika PKI melakukan manuver politik dengan mendirikan organisasi Pemuda Rakyat, IPKI kemudian juga mendirikan organisasi Pemuda Pancasila (PP) pada 28 Oktober 1959. Sekitar tahun 965, saat PKI sering menelusup dalam sendi kehidupan masyarakat, maka Pemuda Pancasila juga kerap muncul. Tercatat ada sejumlah bentrokan fisik yang terjadi antara Pemuda Pancasila maupun Pemuda Rakyat

BACA JUGA : Gaji Perawat di Rumah Sakit, Klinik & Puskesmas Indonesia

Gaji Pemuda Pancasila

gaji pemuda pancasila
Hariansib

Apakah Sedulur penasaran dengan berapa gaji Pemuda Pancasila? Melansir dari pilihprofesi, sebenarnya anggota Pemuda Pancasila tidak menerima gaji sepeser pun. Anggota ormas ini memang bekerja sukarelawan demi kepentingan bangsa dan negara.

Akan tetapi, tidak diketahui secara pasti berapa bayaran yang didapatkan Pemuda Pancasila ketika turut serta membantu pengamanan dalam acara besar seperti Natal dan juga tahun. Namun, sama seperti ormas yang lainnya, keuangan Pemuda Pancasila juga diperoleh dari berbagai sumber. Diantaranya yaitu iuran anggota, usaha-usaha yang sah, hingga sumbangan yang tidak mengikat.

Melansir dari Kumparan, Sekjen Pemuda Pancasila yaitu Arif Rahman tak memungkiri jika sejumlah anggota Pemuda Pancasila ada yang mengelola pasar, parkir, tempat hiburan, dan lainnya. Ini berarti mereka akan mendapat gaji dengan menjadi keamanan di tempat tersebut sepanjang itu sah dan disepakati bersama. Dengan demikian, masyarakat pun dinilai akan lebih aman.

BACA JUGA : Contoh Surat Paklaring yang Benar Beserta Cara Membuatnya

Pemuda Pancasila Free Man bukan preman

Reportaseindonesia

Sebagian masyarakat menggap jika Pemuda Pancasila merupakan preman yang berkedok ormas. Hal ini dikarenakan Pemuda Pancasila sering melakukan aksi premanisme di pasar dan beberapa tempat parkir.

Menurut Arif, dibentuknya ormas Pemuda Pancasila memiliki tujuan salah satunya adalah agar dapat mengimbangi PKI (Partai Komunis Indonesia). Oleh karena itu, sejumlah anggota ormas ini berasal dari orang-orang yang bebas atau free man. 

Mereka yang jadi anggota PP adalah calo tiket, juru parkir, hingga jagoan pasar yang memiliki keberanian tinggi. Jadi, anggapan anggota PP adalah preman menurut Arif adalah sebuah hal yang keliru.

Sudah terjawab kan Sedulur perihal gaji Pemuda Pancasila. Perlu Sedulur ketahui jika Pemuda Pancasila tidak mendapatkan gaji sepeserpun. Mereka bekerja secara suka rela demi keamanaan bangsa Indonesia

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.