gaji manager cafe indonesia

Salah satu pekerjaan yang menarik banyak perhatian anak muda saat ini adalah pekerjaan yang ada di cafe. Terutama menjadi seorang barista, banyak anak muda yang ingin menjadi barista yang ditempatkan di cafe.

Namun selain barista, ada pekerjaa menarik lain di cafe dengan gaji yang bukan main, yaitu dengan menjadi manager cafe. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama berapa kisaran gaji manager cafe beserta dengan keuntungan bekerja sebagai manager cafe. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 13 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Karirmu!

Tugas manager cafe

gaji manager cafe
iStock

Seorang manager memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas dan memastikan apa yang terjadi dan berjalan di dalam cafe sesuai dengan rencana. Bukan hanya itu, manager cafe juga bertugas untuk mengurus karyawan. Termasuk mempekerjakan dan memberhentikan.

-->

Manager cafe juga berkewajiban untuk memperhatikan setiap keluhan dari pelanggan, menjalankan dan mengelola cafe sesuai dengan visi dan misi, serta mengurus ketersediaan bahan baku. Tidak selesai sampai itu, manager cafe juga harus membuat laporan keuangan sekaligus memikirkan tata cara meningkatkan hasil pendapatan.

Pekerjaan manager cafe juga bisa bertambah menyesuaikan dengan tingkat kemajuan dan juga kondisi kafe, misalnya ketika kafe mengadakan renovasi, bisa saja seorang general manager juga diberikan tugas untuk mencari ide tema cafe dan juga mengawasi cafe selama masa renovasi. Melihat tugas dan tanggung jawabnya yang tinggi, tentu ada bayaran yang sepadan dengan setiap pekerjaan manager cafe.

Gaji manager cafe

gaji manager cafe
iStock

Gaji manager cafe sebenarnya menyesuaikan dengan dimana tempat ia bekerja dan juga laku atau tidaknya kafe tersebut. Besar kecilnya ukuran cafe tentu mempengaruhi gaji. Selain itu, UMR juga mempengaruhi gaji yang diterima setiap pegawai.

Namun biasanya untuk kota-kota besar dengan UMR yang cukup tinggi, gaji yang didapat oleh seorang manager cafe berkisar pada Rp6.581.347 per bulannya. Sedangkan untuk kota-kota kecil dengan UMR yang lebih rendah, gaji yang didapat bisa berkisar pada Rp3.236.238 per bulannya.

Tentu bayaran yang diterima akan berbeda-beda di setiap cafe dan juga di kota atau tempat lokasi cafe tersebut. Namun, jika dihitung, bayaran bagi seorang manager cafe termasuk yang tinggi dan di atas UMR.

Gaji karyawan cafe

gaji manager cafe
iStock

Bukan hanya gaji manager cafe saja, namun di satu cafe biasanya terdiri dari berbagai karyawan. Namh dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar gaji karyawan cafe di Indonesia yang bisa jadi rekomendasi dan pilihan Sedulur. Berikut daftarnya:

  • Manager Cafe / Kepala Cafe Rp4.700.000 – Rp7.000.000
  • Admin Rp5.000.000 – Rp6.500.000
  • Chef Rp3.500.000 – Rp6.000.000
  • Barista Rp2.600.000 – Rp5.000.000
  • Resepsionis Rp2.600.000 – Rp4.800.000
  • Waiters Rp2.600.000 – Rp4.800.000
  • Pegawai Rp2.600.000 – Rp4.800.000
  • Pelayan Rp2.600.000 – Rp4.800.000
  • Kasir Rp2.600.000 – Rp4.800.000

Besar gaji diatas merupakan perkiraan, karena gajinya akan disesuaikan dengan UMR tempat berdirinya cafe ditambah dengan pengalaman yang karyawan punyai. Dalam sebuah pekerjaan, pengalaman menjadi sangat penting dalam penilaian gaji.

Ambil contoh gaji manager cafe dan karyawan lainnya yang ada di Jakarta misalnya, besaran gaji yang diterima adalah sebagai berikut:

  • Gaji Manager Cafe / Kepala Cafe Rp6.00.000 – Rp7.000.000
  • Chef Rp4.800.000 – Rp6.000.000
  • Barista Rp4.500.000 – Rp5.000.000
  • Resepsionist Rp4.000.000 – Rp4.800.000
  • Waiters Rp4.000.000 – Rp4.800.000
  • Pelayan Rp4.00.000 – Rp4.800.000
  • Kasir Rp4.000.000 – Rp4.800.000

Semakin tinggi UMR, maka semakin tinggi pula gaji setiap karyawan yang bekerja di cafe. Maka memilih tempat kerja dangan UMR tinggi merupakan sebuah strategi untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Sistem gaji cafe

iStock

Tidak seperti di pabrik, sistem gaji pelayan cafe agak sedikit berbeda, apalagi kalau yang cafenya baru merintis, bukan berasal dari perusahaan perusahaan ternama sekelas Starbucks. Maka gajinya mungkin tidak UMR.

1. Sistem gaji pelayan cafe UMR

Nah ini biasanya terdapat pada cafe cafe yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau PT, maka gajinya UMR. Jadi jika cafe tersebut berada di Jakarta maka akan mengikuti UMR Jakarta, Bila di Makassar maka akan sesuai UMR Makassar.

2. Sistem gaji cafe non UMR

Nah ini biasanya terjadi pada cafe cafe setara UMKM, terutama yang baru merintis. Maka biasanya gajinya tidak UMR, dan murni ditetapkan owner. Misal jika UMR-nya 4 juta, maka bisa saja Sedulur hanya akan mendapat gaji 3 juta untuk waiters, tapi dijamin boleh makan disitu.

Ada juga yang sistem pembagian omset. Biasanya besaran dana untuk gaji karyawan sekitar 20 – 30 % dari omset. Jadi misal omset cafe perbulan adalah 60 juta dan persentase yang di atur adalah 25% dengan 5 pegawai.

Maka jatah gaji perbulan untuk 5 orang adalah 15 juta yang akan di bagi berdasarkan jabatan. Jadi bisa saja akan ada yang mendapat gaji 3 juta lebih, ada juga yang malah tak sampai 3 juta.

BACA JUGA: Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer Profesional

Keuntungan bekerja di cafe

iStock

Nah sebagai motivasi dan dorongan lebih agar Sedulur bersemangat bekerja di cafe, bukan hanya dari sisi gaji dan penghasilan saja. Namun juga ada beberapa hal yang bisa Sedulur dapatkan dengan bekerja di cafe. Berikut ini beberapa keuntungannya:

1. Makan enak tiap hari

Sudah menjadi pengetahuan umum jika kerja di cafe memang seringnya boleh memakan makanan yang ada di cafe secara secukupnya. Sehingga dengan aturan tersebut, Sedulur mendapat kesempatan untuk makan enak dan gratis tiap hari.

Salah satu hal yang patut disyukuri ketika bekerja di cafe, hal sesederhana ini pun bisa merupakan keberkahan. Jika orang lain harus mengeluarkan uang untuk makan atau minum enak, Sedulur yang bekerja di café hanya tinggal menyantapnya saja. Tapi jangan sering-sering juga karena Sedulur di cafe merupakan seorang pekerja bukan pelanggan.

2. Bonus dan sampingan

Beberapa cafe ada yang memberi kebijakan untuk memberikan bonus kepada karyawannya ketika mendapatkan omset lebih dari yang telah ditentukan. Selain itu, karena hal ini cafe, biasanya antara owner dan karyawan akan sering berinteraksi satu sama lain.

Nah jika Sedulur mendapat bos yang baik dan bertemu dalam suasana yang baik, Sedulur bisa saja akan mendapat uang jajan/tambahan/sampingan langsung dari bos. Terutama jika Sedulur bisa membuktikan diri dengan memberikan pendapatan yang tinggi untuk cafe.

3. Lingkungan kerja yang menyenangkan

Biasanya jika kerja di café atau resto, maka suasana yang didapat akan menyenangkan. Pasalnya selain kita akan bertemu orang yang berbeda tiap saat. Kita juga tidak terlalu bekerja secara moraton. Karena saat jam jam sepi, maka kita bisa agak santai dalam bekerja.

Selalu bertemu orang berbeda dan orang-orang baru bisa memberikan banyak pengalaman dengan lingkungan kerja yang menyenangkan. Maka dari itu, wajar jika keuntungan bekerja di cafe atau resto adalah memiliki lingkungan kerja yang menyenangkan.

4. Menambah skill dan pengalaman

Apabila Sedulur berkesempatan mendapat jabatan chef/barista, maka Sedulur akan mendapat kesempatan untuk terus meningkatkan skill dan jam terbang Sedulur. Tentu saja skill dan pengalaman tersebut yang akan mempengaruhi penghasilan Sedulur dan yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk negosiasi gaji dan pembayaran. Sedulur bisa memperbanyak jam dan pengalaman untuk mengasah kemampuan agar lebih baik lagi.

5. Jenjang karir yang berkelanjutan

Biasanya, di cafe sangat membuka kesempatan bagi karyawan nya yang akan menambah skill dengan menaikan jabatan mereka. Maka dari itu, tidak heran banyak jenjang karir yang berkelanjutan saat bekerja di cafe.

Hal tersebut belum tentu bisa Sedulur dapatkan jika bekerja di tempat lain, terutama yang membutuhkan persyaratan yang cukup rumit. Maka dari itu, bekerja di cafe merupakan salah satu tempat bekerja yang menjanjikan.

BACA JUGA: Inspirasi Style Hijab untuk Wanita Karir yang Bisa Kamu Contek

Cara kerja di cafe

Unsplash

Setiap tempat yang menampung pekerjaan, tentu saja memiliki syarat yang wajib dipenuhi. Termasuk bekerja di cafe atau resto yang mengharuskan Sedulur untuk memiliki persyaratan tertentu.

Nah, bagi Sedulur yang memutuskan untuk bekerja di sebuah cafe. Lebih baik ketahui dahulu mengenai syarat bekerja di Cafe. Berikut ini beberapa persyaratan yang bisa dipenuhi, yaitu:

  • Usia minimal 18-28 tahun.
  • Pendidikan minimal SMK atau memiliki pengalaman kerja lebih diutamakan.
  • Berpenampilan bersih, menarik dan rapi.
  • Jujur, cekatan, bisa bekerja tim maupun individu.
  • Bersedia bekerja di akhir pekan dan libur nasional.

Apabila Sedulur memang berminat untuk bisa bekerja di sebuah cafe, maka ada beberapa tips agar bisa bekerja di tempat tersebut. Berikut adalah tipsnya:

  • Datang ke cafe langsung untuk melihat informasi lowongan
  • Temukan lowongan kerja di media sosial
  • Memiliki sifat suka berteman dan supel
  • Sering berpenampilan rapi dan trendi
  • Apabila mendapat panggilan dan diwawancara, gunakan pakaian yang sopan

Nah itulah penjelasan lengkap terkait gaji manager cafe beserta dengan berbagai penjelasan yang berkaitan dengan pekerjaan di cafe. Semoga penjelasan di atas membantu dan turut memotivasi Sedulur, ya!