gaji cyber security

Bagi Sedulur yang tertarik dalam dunia IT dan ingin bekerja di bidang tersebut, ada banyak pilihan karir yang bisa Sedulur pilih. Salah satunya yaitu menjadi seorang cyber security. Tentu terkait gaji cyber security juga perlu Sedulur ketahui.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama terkait gaji cyber security beserta dengan informasi penting lainnya yang perlu Sedulur ketahui. Untuk memulai pembahasan, kita mulai penjelasan tentang karir sebgai cyber security itu sendiri.

BACA JUGA: Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer Profesional

Karir dalam dunia cyber security

Harvard Extension Shoot

Istilah cyber security sendiri memiliki makna yang sangat luas. Cyber security mencakup perangkat, jaringan, aplikasi, maupun transaksi e-commerce. Tak hanya itu saja, istilah ini juga bisa Sedulur temukan dalam dunia otomotif, seperti autonomous vehicle (AV). Artinya, jika Sedulur berencana untuk berkarier di bidang ini, Sedulur juga perlu mengerucutkan fokus atau spesialisasi.

Di samping itu, cyber security juga bisa mencakup best practice dan best process. Dulunya, fungsi ini berada di bawah divisi IT dalam sebuah perusahaan. Hanya saja, seiring dengan perkembangan hardware dan software saat ini, dunia cyber security juga mengalami perubahan.

Sebagai contoh, adanya cloud platform dan paradigma “as-a-service” seperti Infrastructure-as-a-Service (IaaS) dan Software-as-a-Service (SaaS) menggeser tanggung jawab aspek keamanan kepada penyedia layanan atau provider. Dengan begitu, dibutuhkan yang namanya kebijakan cyber security.

Kebijakan cyber security dibuat tentu saja untuk melindungi data. Perlindungan data di sini berarti bahwa cyber security diimplementasikan untuk pengamanan jaringan, aplikasi, dan perangkat yang mengandung informasi penting dan rahasia, termasuk informasi data pribadi, data finansial, atau kekayaan intelektual.

Artinya, akses yang tidak terotorisasi atau adanya pengungkapan data — bahkan yang tidak disengaja sekalipun — dapat meningkatkan risiko timbulnya konsekuensi negatif. Misalnya tuntutan hukum, denda, hingga kebangkrutan.

Karena ada begitu banyak data yang perlu diamankan serta banyak teknologi yang dipergunakan untuk dalam penggunaan data, ada banyak pilihan jalur atau spesialisasi karier yang bisa Sedulur pilih di bidang cyber security.

Berapa besar gaji cyber security?

Pinterest

Nah, kali ini kita akan bahas topik utama terkait gaji cyber security. rata-rata gaji untuk skill cyber security di Indonesia adalah sebesar Rp 121 juta per tahun, dan angka tersebut masih berupa gaji pokok. Sedangkan untuk rata-rata gaji masing-masing profesi terkait cyber security per tahunnya, Payscale melaporkan data sebagai berikut:

  • Security Engineer: Rp 123 juta.
  • Chief Information Security Officer: Rp 690 juta.
  • Penetration Tester: Rp 150 juta.
  • Security Analyst: Rp 66,6 juta.
  • Cyber Security Analyst: Rp 144 juta.
  • Information Security Analyst: Rp 86,4 juta.
  • Information Technologi Auditor: Rp 180 juta.

Untuk angka pastinya, besar gaji cyber security bergantung pada berbagai faktor. Di samping kebijakan perusahaan, variasi angka gajinya juga dapat dipengaruhi oleh pengalaman, skill set yang dimiliki, dan faktor-faktor lainnya.

Gaji cyber security 2023

Pinterest

Selain informasi terkait gaji di atas, berikut ini beberapa informasi lain terkait posisi beserta gaji yang diterima yaitu:

  • Gaji cyber security consultant : Tak hanya mengatasi kejahatan cyber, seorang cyber security consultant juga harus melakukan konsultasi keamanan bagi klien. Gaji yang diterima sekitar $117,450 per tahun. Gaji yang diperoleh dari cybersecurityeducation.org.
  • Gaji cyber security engineering : Cyber security engineer termasuk salah satu dengan gaji paling tinggi diantara profesi IT lainnya. Menurut sebuah survei dari Amerika, gaji cyber security engineer mencapai angka $120.000 per tahunnya. Dengan gaji ini, Anda bahkan bisa bekerja di rumah secara fleksibel.
  • Gaji cyber security achitect : Cyber security architect merupakan bagian dari cyber security yang bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 8.000.000 – 12.000.000 per bulan. Gaji ini merupakan rata-rata gaji yang bekerja di daerah Jakarta dan sekitarnya.
  • Gaji chief information security officer : Karena posisi ini memiliki jabatan tinggi, maka gaji yang diperoleh pun jauh lebih besar dibandingkan posisi lainnya. Dalam sebulan, gaji yang diperoleh mencapai angka Rp. 55.000.000 – 90.000.000.
  • Gaji auditor security : Auditor security yang telah memiliki pengalaman sekitar 4-7 tahun bisa memperoleh gaji sekitar Rp. 7.000.000 – 18.000.000 per bulannya.

Tugas dan tanggung jawab cyber security

TOG Indonesia

Dengan gaji cyber security di atas, tugas dan tanggung jawabnya juga sangat tinggi. Berikut ini adalah daftar tugas dan tanggung jawab seorang cyber security itu sendiri, yaitu:

  • Menemukan cara untuk melindungi jaringan, perangkat lunak dan sistem data yang efektif.
  • Melakukan analisis risiko dari cara tersebut.
  • Mengedukasi staf lainnya untuk menghindari insiden yang serupa.
  • Membangun dan mengelola sistem keamanan perusahaan atau organisasi, seperti pengujian sistem keamanan, pemasangan firewal, dan mengembangkan skrip automasi.
  • Mengumpulkan dan menganalisis bukti kejahatan cyber seperti jaringan, perangkat penyimpanan data, maupun komputer.
  • Bertanggung jawab dalam riset, proses desain, dan arsitektur keamanan.
  • Melakukan pemeriksaan sistem keamanan cyber secara rutin. Sekaligus bertanggung jawab untuk memberikan solusi dari serangan cyber tersebut.

Jenjang karir cyber security

Pinterest

Selain informasi di atas dan informasi terkait gaji cyber security, Sedulur juga harus tahu daftar jenjang karir dalam pekerjaan ini. Berikut ini adalah daftarnya, yaitu:

1. Security engineer

Jenjang karir pertama yaitu menjadi seorang security engineer. Spesialis ini bertugas membuat dan mengelola sistem keamanan agar terhindari dari kejahatan cyber. Salah satu tahapan jenjang karir pertama dalam dunia cyber security.

2. Security analyst

Jenjang karir kedua yaitu security analyst. Jenjang karir ini merupakan tahapan kedua dari jenjang karir dalam dunia cyber security. Security analyst bertanggung jawab menganalisis ancaman serangan cyber dan melakukan pencegahan.

3. Security architect

Jenjang karir ketiga yaitu security architect yang merupakan jenjang karir ketiga yang bisa dilalui dalam profesi dunia kemana siber. Bagian ini bertugas melakukan pengawasan dan pengimplementasian sistem keamanan perusahaan dengan baik.

4. Auditor security

Jenjang karir selanjutnya yang paling penting yaitu auditor security. Auditor security bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan sistem kemanan yang telah dibuat secara berkala. Jenjang karir yang mengemban peran dan tanggung jawab lebih penting lagi

5. Developer software security

Selanjutnya yaitu developer software security yang bertugas untuk melakukan pengembangan pada software sistem keamanan. Jenjang yang tinggi dalam dunia karir di cyber security.

BACA JUGA: Desainer Grafis: Pengertian, Jenis, Tugas dan Prospek Karir

Profesi terkait cyber security

Pinterest

Secara umum, terdapat lima pekerjaan atau spesialisasi khusus untuk profesi cyber security specialist. Kelimanya merupakan pekerjaan yang terkait dan penting. Untuk membuat Sedulur lebih paham, berikut ini beberapa profesi yang dimaksud:

1. IT Security Consultant

Profesi IT Security Consultant adalah salah satu contoh dari peran cyber security specialist yang mensyaratkan kualifikasi lebih dari kualifikasi teknis saja. Soalnya, manajemen risiko juga merupakan bagian penting dalam profesi yang satu ini.

Secara garis besar, seorang IT Security Consultant bertugas untuk memastikan bahwa pembobolan data tidak terjadi di perusahaan atau kliennya. IT Security Consultant juga dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru, termasuk manajemen enkripsi dan beragam jenis ancaman terhadap data di berbagai platform yang berbeda-beda.

Tugas seorang IT Security Consultant meliputi identifikasi penilaian, pengembangan, dan penerapan solusi keamanan untuk perusahaan ataupun klien.

2. Information Security Engineer

Sementara itu, Information Security Engineer mengombinasikan skill teknis dengan analitis. Perannya adalah untuk melindungi jaringan dan sistem komputer dengan cara merencanakan dan melaksanakan tindakan keamanan untuk memonitor dan melindungi data dan sistem penting, termasuk implementasi dan testing.

Sebagai bagian dari tim IT yang melapor langsung ke manajemen tingkat atas, Information Security Engineer bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana dan kebijakan keamanan informasi.

Seorang Information Security Engineer juga menetapkan dan mengelola standar serta best practice untuk pencegahan insiden keamanan, sambil menjalankan rencana untuk mengatasi pembobolan saat terjadi. Di samping itu, profesi ini juga bertanggung jawab mengedukasi karyawan mengenai keamanan informasi.

3. Forensic Computer Analyst

Sebagai seorang Forensic Computer Analyst, Sedulur akan perlu mengombinasikan ilmu komputer dengan skill forensik dengan tujuan memulihkan informasi dari komputer ataupun perangkat penyimpanan. Profesi Forensic Computer Analyst juga dapat bekerja sama dengan penegak hukum.

Jika mayoritas profesi di bidang cyber security berkaitan dengan strategi pencegahan, Forensic Computer Analyst justru fokus pada penanganan pasca kejadian. Misalnya mencari file dan informasi yang disembunyikan, dihapus, atau hilang. Soalnya, Forensic Computer Analyst fokus untuk mencari cara agar data dapat dipulihkan dan mencegah kehilangan ataupun pembobolan data di kemudian hari.

BACA JUGA: Pahami Pentingnya Manajemen Waktu untuk Bisnis dan Karir

4. Chief Information Security Officer (CISO)

Peran seorang CISO ini berada di level atas untuk divisi atau fungsi cyber security dalam sebuah organisasi. Pada dasarnya, peran ini menjadi ujung tombak dalam tata kelola seluruh kebijakan, prosedur, desain, jaringan, penerapan aplikasi, dan implementasi keamanan organisasi secara keseluruhan.

Dalam menjalankan tugasnya, CISO tak hanya bekerja sama dengan para developer dan engineer terkait masalah keamanan jaringan dan project aplikasi, tapi juga harus memastikan bahwa strategi yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan begitu, aspek keamanan cyber perusahaan akan bisa membantu perusahaan mencapai tujuan dan targetnya.

Demikian tadi penjelasan singkat tentang profesi dan gaji cyber security. Dengan semakin berkembangnya dunia digital dan teknologi informasi, tentu keberadaan cyber security menjadi hal yang sangat penting. Jika Sedulur tertarik untuk menjalani karir sebagai cyber security, semoga informasi di atas bisa membantumu ya!