gaji cleaner terbesar di Indonesia

Cleaning service atau cleaner merupakan profesi yang memberikan layanan jasa kebersihan kepada entitas perusahaan atau perorangan. Di era yang mulai serba dinamis, kebutuhan cleaner memang terus meningkat. Alhasil. Gaji cleaner terbesar di Indonesia tidak bisa dianggap enteng.

Bagi Sedulur yang ingin mencari pekerjaan dan memiliki kemampuan bersih-bersih yang sangat baik. Mungkin pekerjaan ini bisa Sedulur coba. Namun, agar bisa semakin mantap dan yakin dengan profesi ini, simak ulasan lengkap terkait gaji cleaner terbesar di Indonesia berikut!

BACA JUGA: Supervisor Trainee: Pengertian, Tugas, Gaji dan Jenjang Karirnya

Mengenal Profesi Cleaning Service

gaji cleaner terbesar di Indonesia
Unsplash/CDC

Cleaning service merupakan jasa yang diberikan oleh seorang pekerja yang bertugas membersihkan ruangan kantor, apartemen, atau tempat – tempat umum. Seseorang yang telah memberikan jasa tersebut telah terlatih dan handal dalam membersihkannya. Mereka terikat pada suatu perusahaan, sehingga jasa yang mereka berikan membawa nama baik perusahaan.

Saat ini, jasa tersebut banyak dibutuhkan di beberapa tempat di kawasan perkantoran, hotel, apartemen, rumah sakit atau tempat umum lainnya. Jasa ini sangat piawai dan ahli dalam mengurus kebersihan area dimana mereka ditempatkan.

Apabila seorang cleaning service tercatat sebagai karyawan suatu agen, maka mereka membawa nama perusahaan yang menaunginya, terutama yang memberinya pelatihan dan keterampilan.

BACA JUGA: Menjanjikan, Segini Besar Gaji Inventory Control!

Tugas dan Kewajiban Cleaner

gaji cleaner terbesar di Indonesia
Unsplash/Summer Summer

Adapun tugas dari jasa cleaning ini berkaitan pula dengan pelayanan yang diberikan oleh jasa kebersihan. Dimana tugasnya yang paling utama yaitu melanjutkan berbagai macam pekerjaan dan bagian yang ada saat ini juga.

1. Memelihara bagian dalam gedung

Untuk bisa mewujudkan kebersihan untuk seluruh lingkungan maka bisa dimulai dari kebersihan gedung, ruangan atau kantor pada bagian dalam. Hal ini menyangkut bagian ruang, tangga, kaca dan bagian dalam lainnya. Dimana setiap bagiannya perlu adanya kebersihan dan perawatan yang penting hingga tidak ada yang terlewat.

Selanjutnya bagian dalam ini juga menyangkut bagian yang harus dibersihkan secara detail dengan berbagai macam cara. Seperti menyapu, mengepel dan membersihkan semua bagiannya secara totalitas. Sehingga semuanya bisa menghasilkan totalitas dan kesempurnaan yang sangat nyaman dan bersih.

2. Membersihkan area luar gedung atau rumah

Dengan membersihkan bagian luar maka menyangkut bagian luar utama gedung. Hal ini juga termasuk bagian pintu, tiang atap dan sebagainya untuk bisa optimalisasi dibersihkan secara menyeluruh oleh cleaning service.

Jadi tidak hanya bagian dalam saja yang harus diperhatikan, bagian luar pun membutuhkan bagian yang sama untuk pembersihan. Itulah kenapa bagian luar juga sama pentingnya untuk dilakukan pembersihan secara menyeluruh.

Semua bagian gedung, perkantoran, perumahan dan sebagainya yang membutuhkan jasa kebersihan ini akan tampak nyaman baik bagian luar ruangan maupun bagian dalam. Bagian luar juga menyangkut halaman dan sekitarnya untuk semakin nyaman.

3. Kebersihan dan pemeliharaan lantai

Tidak hanya bagian gedung dalam atau luar tapi juga kebersihan secara menyeluruh dengan memprioritaskan kebersihan lantai. Untuk memaksimalkan kebersihan lantai  bisa dengan menggunakan alat pel, vacuum cleaner dan alat kebersihan lainnya. Sehingga seluruh kegiatan dalam membersihkan lantai ini harus detail dan mencangkup banyak hal.

Pemeliharaan lantai juga bisa menghasilkan kebersihan dan perawatan lantai secara menyeluruh. Dengan berbagai kepentingan ini dan mencangkup seluruh bagian lantai gedung yang ada. Jadi saat jasa service ini memulai pekerjaannya dengan membersihkan seluruh lantai gedung maka akan sangat maksimal hasilnya.

4. Menjaga kebersihan toilet

Area toilet ini merupakan area yang penting dalam bagian gedung atau bangunan, dimana area ini harus bersih dan nyaman. Kenapa? Karena area yang sangat mengandung bakteri serta dinilai kotor ini harus tetap tampil prima dan bersih. Maka tugas dari cleaning service untuk menjaga kebersihan toilet agar bersih, wangi serta nyaman digunakan.

Apalagi toilet yang ada di tempat umum, hal ini sangat penting dalam menghasilkan kebersihan secara menyeluruh. Selanjutnya dengan memaksimalkan kinerja, maka akan tercipta kebersihan toilet, tentunya lebih efektif serta efisien ketika jasa kebersihan ini mulai menanganinya.

5. Perawatan tanaman

Tidak hanya gedung dan isinya, seorang cleaning service juga bisa memiliki tugas perawatan tanaman. Dimana perawatan tanaman ini juga dilakukan oleh jasa kebersihan juga dalam mewujudkan keindahan sekaligus kerapihan yang ada saat ini.

Selanjutnya untuk bisa mewujudkan halaman tanaman yang lebih indah, maka perlu adanya perawatan menyeluruh. Dimana tanaman yang ada juga dilakukan reporting dan jenis perawatan lainnya. Hal ini juga mencangkup tugas dari jasa kebersihan dan memastikan sekitar tanaman bersih terawat juga penyiraman setiap hari.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Gaji Dokter Spesialis Anak di Indonesia

Besaran Gaji Cleaning Service di Indonesia

gaji cleaner terbesar di Indonesia
Unsplash/Olumide Bamgbelu

Banyak orang penasaran berapa gaji cleaning service di Indonesia. Pasalnya, pekerjaan sebagai cleaning service memang tidak pernah sepi peminat dan cukup dibutuhkan dalam berbagai aspek.

Pada umumnya, gaji cleaning service bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing pihak yang mempekerjakan. Di Indonesia, rata-rata gaji cleaning service mengikuti besaran gaji Upah Minimum Kota/ Kabupaten atau Upah Minimum Provinsi (UMP). Karena itulah, gaji cleaning service sangat beragam. 

Adapun berdasarkan data website pencari kerja Indeed, rata-rata gaji cleaning service di Indonesia untuk beberapa wilayah antara lain sebagai berikut.

  • Jakarta: Rp3.3 juta per bulan
  • Depok: Rp4 juta per bulan
  • Bekasi: Rp3,6 juta per bulan
  • Bogor: Rp3,9 juta per bulan
  • Serang: Rp4 juta per bulan
  • Tangerang: Rp3 juta per bulan
  • Medan: Rp3,4 juta per bulan
  • Surabaya: Rp3,3 juta per bulan
  • Yogyakarta: Rp2,6 juta per bulan
  • Bandung: Rp3,4 juta per bulan
  • Bali, NTB, dan NTT: Rp2,2 juta sampai Rp2,7 juta per bulan
  • Kalimantan: Rp2,6 juta sampai Rp3,3 juta per bulan
  • Maluku: Rp2,8 juta sampai Rp3 juta per bulan
  • Papua: Rp3,5 juta sampai Rp3,9 juta per bulan 

Meski begitu, rentang gaji di atas ini bisa sangat bervariasi dan bisa berubah kapanpun. Hal ini menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah, kebijakan kantor, serta perjanjian terkait yang dilakukan pemberi kerja kepada seorang cleaning service.


Demikian tadi ulasan lengkap tentang besaran gaji cleaner terbesar di Indonesia. Semoga ulasan kali ini bisa membantumu mengenal lebih dalam tentang profesi yang memberikan layanan kebersihan ini.