gaji inventory control

Jika Sedulur memiliki kemampuan analisis dan ketelitian yang tinggi, maka profesi sebagai Inventory Control atau petugas pengatur stok toko bisa jadi pilihan menarik. Apalagi gaji inventory control tetap terbilang cukup tinggi dan banyak dibutuhkan oleh toko-toko modern zaman sekarang.

Nah, agar Sedulur tidak salah pilih dan bisa menemukan pekerjaan yang tepat. Mari simak ulasan lengkap tentang pengertian, tugas, tanggung jawab dan gaji inventory control dalam artikel kali ini. Langsung cek di bawah ini ya!

BACA JUGA: 20 Macam Kerja Online Mengetik yang Menghasilkan

Mengenal Inventory Control

gaji inventory control
Unsplash/Mauricio Gutierrez

Inventory control merupakan jabatan yang cukup krusial dalam sebuah toko modern. Posisi ini memiliki tanggung jawab untuk bisa melakukan pengaturan pada stok barang perusahaan agar tercukupi.

-->

Pekerjaan yang dilakukan inventory control juga berperan penting dalam menjaga keberlangsungan usaha. Hal ini tak lepas dari kecakapan seorang inventory control yang harus bisa memaksimalkan penyimpanan serta persediaan stok barang.

Dalam hal ini, perusahaan harus selalu mengecek dan mencatat keluar masuknya barang secara rinci agar stok barang selalu terkontrol. Dengan adanya kontrol ini, maka persediaan stok barang akan terorganisir dengan baik dan pengeluaran operasional perusahaan dapat ditekan.

Pada perusahaan atau sebuah toko, tugas inventory control umumnya dibebankan pada supervisor dan juga staf. Namun, tidak menutup kemungkinan seorang inventory control dijabat oleh satu orang saja.

Fungsi Inventory Control

gaji inventory control
Unsplash/Thestandingdesk

Pentingnya inventory control dalam menjaga stabilitas perusahaan, Sedulur perlu mengetahui fungsi dari posisi tersebut. Berikut ini beberapa fungsi yang membuat inventory control begitu penting dalam sebuah perusahaan.

  • Mencegah keterlambatan pengiriman barang/bahan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Memastikan barang yang dipesan sesuai dengan kebutuhan.
  • Mengantisipasi kenaikan harga barang secara tiba-tiba.
  • Mendapatkan keuntungan dari pembelian.
  • Menyediakan produk dan barang sesuai dengan kebutuhan pembeli.

BACA JUGA: 17 Cara Mengimprove Negosiasi Skill dengan Mudah

Tugas Penting

cara mengimprove negosiasi skill
Unsplash/Sebastian Herrmann

Bila Sedulur penasaran dengan apa saja tugas inventory control dalam sebuah perusahaan. Setidaknya ada 4 tugas penting dari seorang inventory control yang wajib diketahui.

1. Melakukan pendataan persediaan secara berkala

Tidak hanya satu kali saja, pendataan stok barang perlu dilakukan secara berkala. Inventory control bertugas untuk melakukan pendataan secara rutin dan berkala agar stok barang tidak habis di tengah jalan.

2. Menghitung jumlah stok persediaan barang di gudang

Tugas inventory control yang pertama adalah menghitung stok barang yang terdapat di gudang. Ini menjadi tugas utama dari inventory control dalam pengamanan stok barang, jangan sampai stok barang di gudang habis sementara permintaan pasar banyak.

Jadi inventory control akan menghitung dan merekap stok barang tersebut secara rinci. Perhintungan ini sangat penting karena akan membantu seorang kepala cabang atau kepala bagian untuk menambah persediaan atau tidak.

3. Membuat laporan

Inventory control juga bertugas untuk membuat laporan. Laporan ini berisi data vendor, hasil penjualan barang, distribusi barang, dan lain sebagainya. Laporan ini sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan sekaligus bahan evaluasi kedepannya.

4. Mengecek data persediaan

Setelah data stok barang dicatat dan direkap, maka inventory control akan melakukan pengecekan data. Pengecekan data dimaksudkan untuk mengecek apakah barang yang tersedia di gudang sudah sesuai dengan hasil rekapan.

Setelah semua pekerjaan dan perhitungan selesai, staf inventory control yang bertugas akan memberikan catatan dan laporan ke supervisor untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA: Segini Gaji Kurir di Semua Perusahaan Logistik Indonesia

Besaran Gaji Inventory Control

Gaji inventory control
Unsplash/Wonderlane

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab profesi satu ini, kita akan menjelaskan seberapa besar gaji seorang inventory control. Meskipun termasuk sebagai profesi yang cukup bawah dalam kerangka struktur perusahaan, inventory control memiliki gaji yang cukup menggiurkan.

Berdasarkan beberapa sumber, gaji inventory control paling rendah adalah Rp2,6 juta dan paling tinggi adalah Rp4,3 juta. Tingkatan gaji tersebut bisa berubah-ubah menyesuaikan lokasi kerja dari perusahaan dan aturan UMK yang berlaku.

BACA JUGA: Besaran Gaji Business Development Officer dan Prospek Kerjanya

Pekerjaan di Toko Modern yang Banyak Dicari

alat yang digunakan untuk kasir
Unsplash/Blake Wisz

Selain inventory control, ada beberapa posisi atau lowongan pekerjaan di perusahaan dan toko modern yang juga memiliki potensi sebagai karir di masa depan. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Kasir

Selain inventory control, salah satu pekerjaan yang banyak dicari toko-toko modern adalah kasir. Umumnya pekerjaan ini dikenal dengan nama pramuniaga dan menjadi lowongan pekerjaan terbanyak di Indonesia.

Profesi satu ini cukup diminati oleh fresh graduate, karena tidak membutuhkan pengalaman kerja dan spesifikasi yang tinggi untuk bisa diterima. Bagi Sedulur yang penasaran dengan gaji seorang pramuniaga atau kasir, umumnya mereka akan mendapatkan upah sekitar Rp2 juta sampai Rp4 juta tergantung lokasi dan lama bekerja.

Untuk tugas dan tanggung jawab, kasir juga memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis toko. Tidak hanya sekedar melayani pembeli, kasir juga harus bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

  • Melakukan rekapan uang penjualan untuk setiap shift.
  • Mengatur urusan administrasi seperti pemasukan dan pengeluaran keuangan.
  • Menjaga kebersihan toko agar tetap nyaman dan aman untuk dikunjungi.
  • Mempersiapkan promo yang sedang dan akan berlangsung untuk ditawarkan ke konsumen.
  • Mengecek ketersediaan produk atau stok di setiap etalase.

2. Staf gudang

Staf gudang atau biasa dikenal dengan nama Helper Warehouse merupakan lowongan yang cukup strategis di era sekarang ini. Sesuai dengan namanya, staf gudang akan banyak menghabiskan waktu untuk menganalisa dan mengetahui jumlah persediaan barang jualan yang dimiliki sebuah toko.

Secara umum, gaji staf gudang cukup besar yaitu Rp2 juta sampai Rp3 juta setiap bulannya. Meskipun begitu, gaji ini juga berbeda-beda dan bisa lebih tinggi sesuai dengan lokasi atau daerah toko. Adapun tugas dan tanggung jawab yang harus Sedulur lakukan ketika menjabat sebagai staf gudang yaitu:

  • Melakukan pengecekan produk yang masuk dan keluar.
  • Berperan aktif dalam membantu bongkar muat barang yang dikirimkan dari logistik.
  • Menyortir produk atau barang sesuai dengan jenis serta kategorinya.
  • Bertanggung jawab terhadap kebersihan gudang.
  • Membantu dalam hal administrasi gudang.

3. Merchandiser

Posisi selanjutnya yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan toko modern adalah merchandiser. Lowongan pekerjaan ini memang tidak begitu populer, tapi memiliki peluang yang besar dengan gaji yang cukup menggiurkan.

Merchandiser memiliki gaji yang menyesuaikan dengan pengalaman dan lokasi pekerjaan. Namun, umumnya seorang merchandiser akan mendapatkan bayaran sekitar Rp2,5 juta sampai Rp3,5 juta setiap bulan.

Apabila Sedulur tertarik untuk bekerja pada posisi ini, maka ada beberapa hal seperti tugas dan tanggung jawab yang perlu diperhatikan. Apa saja, berikut ini diantaranya:

  • Meletakkan serta merapikan produk di etalase agar lebih tertata dan mudah ditemukan.
  • Memberikan layanan yang dibutuhkan oleh menjawab pertanyaan konsumen mengenai ketersediaan produk.
  • Bersikap ramah serta santun dalam memberikan layanan terhadap konsumen.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang inventory control dari mulai tugas hingga besaran gajinya. Semoga informasi kali ini bisa membantu Sedulur dalam menentukan pilihan kerja sehingga bisa mendapatkan karir yang baik di masa depan.