cleaning service adalah

Cleaning service adalah pekerjaan yang berkaitan dengan jasa kebersihaan. Biasanya, jasa dari cleaning service dibutuhkan di perkantoran, sekolah, kampus dan tempat lainnya untuk menciptakan suasana nyaman, aman dan bersih setiap saat.

Maka dari itu, cleaning service adalah pekerjaan yang cukup krusial pada sebuah entitas usaha karena mempengaruhi tingkat higenisitas dan kenyamanan kerja para karyawannya. Bila Sedulur penasaran seberapa penting dan apa saja tugas dari cleaning service, kami akan membahas secara lengkap dalam artikel kali ini. Yuk, simak penjelasannya berikut!

BACA JUGA: Profesi Office Boy: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Apa itu Cleaning Service?

Pinterest

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, bahwa cleaning service adalah pekerjaan yang berkaitan dengan jasa kebersihan. Tugasnya membersihkan ruangan seperti ruangan kantor, apartemen, atau tempat- tempat umum.

Seseorang yang telah memberikan jasa tersebut telah terlatih dan handal dalam membersihkannya. Mereka terikat pada suatu perusahaan, sehingga jasa yang mereka berikan membawa nama baik perusahaan.

Saat ini, jasa tersebut banyak dibutuhkan di beberapa tempat di kawasan perkantoran, hotel, apartemen, rumah sakit atau tempat umum lainnya. Jasa ini sangat piawai dan ahli dalam mengurus kebersihan area tempat para cleaning service ditugaskan.

Para cleaning service akan membawa nama perusahaan yang menaunginya, terutama yang memberinya pelatihan dan keterampilan. Sehingga perlu dijaga betul kualias kerja yang menghasilkan ruangan yang bersih dan nyaman.

Jenis Jasa Cleaning Service

Coverall

Kita akui bersama bahwa jasa cleaning service memang sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak, dalam ruang lingkup komersial ataupun pribadi. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan akan lingkungan yang bersih dan higienis, namun waktu dan tenaga tidak memadai.

Namun, sebelum menggunakan layanan jasa cleaning service, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis jasa kebersihan agar lebih mudah memilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Commercial cleaning

Jasa kebersihan komersial merupakan layanan yang dikhususkan untuk membersihkan area komersial, seperti perkantoran, hotel, restoran, sekolah, dan sebagainya. Hingga sekarang, commercial cleaning merupakan jenis layanan paling dicari oleh berbagai kalangan.

2. General cleaning

Jenis general cleaning adalah layanan yang digunakan pada suatu waktu tertentu, misalnya jasa kebersihan disewa khusus untuk membersihkan gedung setelah sebuah pameran diselenggarakan. Jadi, jasa kebersihan hanya digunakan saat dibutuhkan saja.

3. Specialized cleaning

Seperti namanya, specialized cleaning merupakan layanan kebersihan yang fokus pada permintaan sesuai kebutuhan pengguna. Berbeda dengan general cleaning, specialized cleaning membutuhkan keterampilan dan pembersih khusus untuk membersihkan material tertentu.

4. Home cleaning

Jasa kebersihan yang ditujukan khusus untuk hunian pribadi ini bisa dikatakan merupakan layanan favorite di kota-kota besar. Jadwal sibuk membuat banyak orang tidak sempat membersihkan rumah, dan solusi mengatasinya adalah memanggil layanan home cleaning.

BACA JUGA: Fantastis! Daftar 16 Gaji Freelance Berdasarkan Jenisnya

Tugas dari Cleaning Service

cleaning service adalah
Pinterest

Adapun tugas dari jasa cleaning service ini berkaitan pula dengan pelayanan yang diberikan oleh jasa kebersihan. Tugas yang paling utama yaitu melanjutkan berbagai macam pekerjaan dan bagian yang ada saat ini juga.

1. Memelihara gedung bagian dalam

Untuk bisa mewujudkan kebersihan untuk seluruh lingkungan maka bisa dimulai dari kebersihan gedung, ruangan atau kantor pada bagian dalam. Hal ini menyangkut bagian ruang, tangga, kaca dan bagian dalam lainnya.

2. Membersihkan bagian luar

Dengan membersihkan bagian luar maka menyangkut bagian luar utama gedung. Hal ini juga termasuk bagian pintu, tiang atap dan sebagainya untuk bisa optimalisasi dibersihkan secara menyeluruh oleh cleaning service

3. Kebersihan dan pemeliharaan lantai

Tidak hanya bagian gedung dalam atau luar tapi juga kebersihan secara menyeluruh dengan memprioritaskan kebersihan lantai. Untuk memaksimalkan kebersihan lantai  bisa dengan menggunakan alat pel, vacuum cleaner dan alat kebersihan lainnya. Sehingga seluruh kegiatan dalam membersihkan lantai ini harus detail dan mencangkup banyak hal.

4. Menjaga kebersihan area toilet

Area toilet ini merupakan area yang penting dalam bagian gedung atau bangunan, area ini harus bersih dan nyaman. Karena area yang sangat mengandung bakteri serta dinilai kotor ini harus tetap tampil prima dan bersih. Maka tugas dari cleaning service untuk menjaga kebersihan toilet agar bersih, wangi serta nyaman digunakan.

5. Aksesoris kantor menjadi bagian kebersihan

Selain adanya bagian gedung luar maupun gedung dalam maka aksesoris kantor menjadi bagian kebersihan juga. Misalnya saja sofa, lemari, meja, dan barang lainnya yang memenuhi ruangan bagian dalam kantor atau gedung.

6. Perawatan tanaman

Tidak hanya aksesoris saja, gedung bagian luar dan dalam juga menjadi sasaran selanjutnya ada juga perawatan tanaman. Perawatan tanaman ini juga dilakukan oleh jasa kebersihan juga dalam mewujudkan keindahan sekaligus kerapihan yang ada saat ini.

BACA JUGA: Ini Rincian Lengkap Modal Biaya Membuat Tempat Fitness

Perbedaan Cleaning Service dan Office Boy

office boy adalah
Unsplash

Ada banyak yang masih kebingungan dalam membedakan cleaning service dan office boy. Kendati tugas dan fungsi keduanya sangat mirip. Banyak yang belum mengetahui apa perbedaan antara cleaning service dan office boy.

Selain dari namanya yang sudah jelas berbeda, dari segi pelayanan, pekerjaan dan spesifikasi pun berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Layanan

Perbedaan pertama adalah dari sisi layanan. Cleaning service adalah pekerjaan yang memberikan layanan dalam bentuk jasa pembersihan pada area perkantoran. Sedangkan peranan office boy adalah memberikan pelayanan kepada individu (perseorangan) atau karyawan yang berada di area perkantoran tersebut.

2. Jumlah pekerja

Umumnya, jumlah pekerja cleaning service dan office boy tidak ada ketetapan khusus atau bersifat fleksibel. Hal ini dikarenakan jumlah pekerja disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, sangat mungkin jika penempatan jumlah office boy yang dibutuhkan sama jumlahnya dengan cleaning service dan housekeeping.

3. Jenis pekerjaan yang dilakukan

Aktivitas cleaning service cukup luas, seperti membersihkan keseluruhan area ruangan dari gedung perkantoran seperti ruangan kerja, toilet, lantai hingga lift. Sedangkan aktivitas pekerjaan office boy umumnya lebih banyak berada di area lingkup pekerjaan yang lebih kecil seperti pantry kantor, menyediakan minuman bagi para karyawan, hingga membantu kebutuhan karyawan secara umum, seperti fotokopi dan lainnya.

4. Peran kerja berdasarkan gender

Kategori aktivitas pekerjaan berdasarkan gender, terkadang diperlukan dalam lingkup pekerjaan cleaning service. Sebagai contoh, petugas cleaning service wanita sangat dibutuhkan untuk membantu membersihkan area kamar mandi wanita. Begitupun dengan petugas cleaning service pria yang dibutuhkan untuk membantu area kamar mandi pria. Sedangkan pada aktivitas pekerjaan office boy, tidak ada perbedaan yang signifikan terkait hal ini.

BACA JUGA: 33+ Contoh Lowongan Kerja yang Baik dan Cara Membuatnya!

Keuntungan Menggunakan Cleaning Service

cleaning service adalah
Unsplash

Tentu dengan adanya jasa cleaning service ada banyak keuntungan yang didapatkan. Adapun keuntungan yang bisa didapatkan saat menggunakan jasa kebersihan mengenai hal terbaik yang ada saat ini.

Inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika mengoptimalkan penggunaan jasa kebersihan:

1. Lebih fokus pada pekerjaan utama

Saat menggunakan jasa service maka, penggunanya bisa lebih fokus pada pekerjaan lainnya. Jadi pekerjaan yang berhubungan dengan kebersihan dan perawatan menjadi tugas dan kewajiban dari cleaning service.

2. Hasil kerja berkualitas

Selanjutnya, hasil kerja yang ada dan dihasilkan oleh cleaning service juga lebih berkualitas dan sangat maksimal. Sehingga bisa bermanfaat untuk menghasilkan kebersihan yang sesuai dengan standar operasional.

3. Hemat waktu dan biaya

Terakhir adalah dari segi biaya dan waktu juga bisa lebih hemat dan bisa menekan biaya pengeluaran dalama pelayanan gedung atau kantor. Hal ini tentu memberikan keuntungan untuk pengguna dalam mewujudkan kebersihan dan perawatan untuk area gedung atau kantor dan lainnya.

Dari penjelasan lengkap di atas, cleaning service adalah pekerjaan penting yang memiliki peran dan dampak besar bagi kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, pekerjaan ini merupakan pekerjaan mulai yang tidak bisa dianggap sepele dampak dan manfaatnya.