apa yang harus ditanyakan saat interview

Saat melamar pekerjaan dan menunggu untuk interview, mungkin Sedulur hanya fokus pada bagaimana cara menjawab. Sedulur hanya fokus tentang bagaimana harus menjawab pertanyaan. Justru sebaliknya, Sedulur tidak sama sekali memikirkan apa yang harus ditanyakan saat interview.

Tidak ada larangan bertanya saat interview, bahkan bertanya saat interview pun tidak akan mempengaruhi penilaian buruk. Justru akan menjadi pertimbangan penting bagi perusahaan jika Sedulur bertanya.

Hal tersebut menunjukan keseriusan. Nah maka dari itu, Sedulur harus tahu apa yang harus ditanyakan saat interview. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama terkait pertanyaan yang bisa ditanyakan saat interview pekerjaan nanti.

BACA JUGA: Script Writer: Pengertian, Tugas, Skill, dan Jenjang Karirnya

Kenapa harus bertanya?

The New Yorker

Sebelum masuk ke pembahasan apa yang harus ditanyakan saat interview. Penting untuk Sedulur ketahui kenapa harus bertanya saat interview. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah pekerjaan dengan pelamar cocok. Serta apakah perusahaan sesuai ekspektasi dari pelamar itu sendiri.

Agar pihak perusahaan dan calon karyawan sama-sama merasa cocok, kandidat juga perlu melontarkan beberapa pertanyaan terkait kehidupan kerja mereka bila memang diterima. Kecemasan banyak pencari kerja adalah jika pertanyaan-pertanyaan yang mereka sampaikan akan membuat mereka terlihat bimbang dan terlalu spekulatif.

Jangan salah, kandidat yang banyak bertanya justru lebih berharga di mata para rekruter. Dengan bertanya, calon karyawan terlihat antusias dan benar-benar tertarik untuk bekerja. Malah, peserta interview yang diam dan tidak memiliki pertanyaan cenderung akan terlihat pasrah dan tidak bersemangat.

Sedulur harus menyiapkan setidaknya beberapa pertanyaan yang akan menunjukkan minatmu pada posisi yang telah didaftar. Selain itu, siapkan pertanyaan untuk memperlihatkan motivasi untuk unggul dalam peran tersebut dan sedikit pertanyaan mengenai kehidupan bekerja di kantor yang dituju.

Tidak berlama-lama, kita langsung saja masuk ke pembahasan utama terkait apa yang harus ditanyakan saat interview nanti. Yuk, mari langsung kita simak!

BACA JUGA: Telemarketing: Definisi, Tugas, Karir dan Skill Wajibnya

1. Deskripsi pekerjaan

Pinterest

Apa yang harus ditanyakan saat interview? Pertama tentu saja Sedulur harus menanyakan deskripsi pekerjaan secara detail. Sedulur wajib mengetahui tanggung jawab dan setiap tugas yang diberikan. Sedulur dapat memutuskan untuk bekerja atau tidak berdasarkan deskripsi pekerjaan yang disampaikan.

Selain itu, Sedulur juga akan memperoleh lebih banyak wawasan mengenai keterampilan dan kualifikasi yang dibutuhkan profesi tersebut. Intinya, pertanyaan mengenai deskripsi pekerjaan akan membantumu untuk melakukan refleksi kemampuan dan juga harapan.

2. Hak sebagai pekerja

Unsplash

Apa yang harus ditanyakan saat interview selanjutnya yaitu menannyakan tentang hak yang akan Sedulur dapatkan jika Sedulur berhasil mengerjakan segala tugas dengan baik. Poin pertanyaan pertama tentang tanggung jawab Sedulur. Maka pertanyaan selanjutnya yaitu hak yang akan didapatkan jika berhasil menyelesaikan semua tanggung jawab dengan baik.

3. Hal yang tidak boleh dilakukan

Pinterest

Sedulur juga wajib menannyakan hal yang tidak boleh dilakukan apa saja. Karena biasanya perusahaan memiliki peraturan khusus yang mengharuskan karyawannya tidak boleh melakukan sesuatu hal yang dapat merugikan perusahaan. Ini penting untuk Sedulur ketahui.

4. Budaya perusahaan

Unsplash

Budaya perusahaan adalah segala suatu yang dijunjung oleh karyawannya ketika sedang dalam lingkungan profesional. Untuk itu, pertanyaan ini wajib Sedulur sampaikan agar Sedulur yakin bahwa budaya kantor sesuai dengan nilai-nilai yang Sedulur pegang. Bagaimanapun juga, kenyamanan adalah faktor kunci dalam produktivitas. Demi kelancaran Sedulur bekerja, perihal budaya dan lingkungan kerja penting untuk Sedulur tanyakan.

5. Masa depan perusahaan

Pinterest

Bukan hanya sebagai patokan kesuksesan perusahaan, pertanyaan terkait masa depan perusahaan juga berkaitan dengan komitmen yang akan Sedulur tanamkan selama bekerja di perusahaan tersebut. Tidak ada salahnya untuk menanyakan hal ini, karena menyangkut masa depan Sedulur juga. Pertanyaannya dapat mengacu pada ekspektasi perusahaan dalam 5 tahun kedepan, atau apa yang sedang perusahaan lakukan untuk terus berkembang.

6. Jenjang karir

Gallup

Pertanyaan jenjang karier dianggap dapat membantu job seeker untuk mempelajari bagaimana karier akan berkembang bila bekerja di perusahaan yang mereka tuju. Di sisi lain, pertanyaan ini menunjukkan minat Sedulur untuk tumbuh bersama perusahaan tersebut.

7. Tahapan selanjutnya

The Muse

Apa yang harus ditanyakan saat interview selanjutnya yaitu berkaitan dengan tahapan selanjutnya. Pertanyaan ini penting, terutama jika Sedulur berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut serta terlihat perusahaan pun tertarik merekrut Sedulur. Pertanyaan ini akan memberi Sedulur gambaran mengenai beberapa hal yang harus dipersiapkan. Rekruter juga akan menyadari semangatmu untuk lanjut ke langkah selanjutnya.

BACA JUGA: 13 Cara Mengembangkan Potensi Diri Untuk Karirmu!

8. Harapan user

Better Up

Segala hal yang berkaitan dengan ekspektasi atasan harus selalu ditanyakan saat sedang interview kerja. Dengan demikian, pertanyaan yang paling umum ditanyakan adalah ekspektasi user mengenai performa Sedulur pada jangka waktu tertentu. Perkembangan seperti apa yang ingin dilihat oleh atasan? Pertanyaan ini umumnya akan memberimu gambaran mengenai langkah apa yang harus Sedulur ambil untuk memenuhinya. Di sisi lain, pertanyaan ini juga menjadi sebuah takaran untuk mengukur kemampuan dirimu.

9. Contoh project

Unsplash

Walaupun Sedulur melamar pada posisi yang sama dengan pekerjaanmu saat ini, project yang akan dikerjakan bisa saja sangat berbeda. Jadi, pertanyaan ini sangat bermanfaat supaya Sedulur bisa mendapat gambaran yang jelas tentang apa yang akan Sedulur kerjakan nanti. Selain itu, rekruter juga mungkin akan merasa bahwa Sedulur benar-benar tertarik dan bersemangat untuk mengerjakan project di perusahaan tersebut.

10. Proses performance review

Freepik

Pertanyaan tentang proses performance review sangat penting karena Sedulur bisa memahami kira-kira atasan akan menilai kinerjamu seperti apa nantinya. Selain itu pertanyaan ini juga bisa diajukan untuk mengetahui gaya kepemimpinan calon atasan tersebut. Perusahaan pasti memiliki prioritas yang berbeda di tiap periode. Nah, performance review ini juga bisa membuatmu sedikit mengerti bagian mana yang sedang diprioritaskan perusahaan.

11. Tantangan terbesar bekerja di perusahaan

Pertanyaan ini berkaitan dengan permasalahan apa saja yang akan Sedulur hadapi selama bekerja di perusahaan tersebut. Pertanyaan yang harus ditanya saat interview ialah tentang tantangan saat bekerja di perusahaan.

Pertanyaan ini mungkin lebih cocok ditanyakan saat user interview, karena tantangan yang mereka hadapi kemungkinan besar masih relevan dengan pekerjaanmu. Sedulur bisa belajar dari cara mereka mengatasi tantangan tersebut. Pertanyaan ini juga menimbulkan kesan bahwa Sedulur mau mengenal user lebih jauh lagi.

12. Objektif perusahaan dalam waktu dekat

Selain bertanya tentang hal yang berhubungan dengan jobdesc, Sedulur bisa bertanya beberapa hal tentang perusahaan. Apalagi jika Sedulur melamar pada posisi yang berkaitan erat dengan inti bisnis perusahaan tersebut, seperti product, sales, dan lain sebagainya. Pastikan jawaban untuk pertanyaan ini adalah jawaban yang benar-benar ingin Sedulur dengar. Pastikan juga Sedulur mendapatkan jawaban jujur dan sebenarnya.

BACA JUGA: Cara Menolak Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris

13. Departemen atau divisi terkait

Unitemps

Jangan lupa tanyakan terkait departeman atau divisi terkait yang sering berkolaborasi terkait pekerjaan yang dikerjakan. Pertanyaan ini sangat penting, karena untuk memastikan Sedulur memahami work flow di sana dengan lebih baik. Ketika mulai bekerja nanti, Sedulur jadi lebih mudah memahami ketika dijelaskan secara lebih rinci.

14. Proses reporting

Hal yang harus ditanya saat interview selanjutnya adalah mengenai kepada siapa Sedulur akan memberikan laporan atau reporting nantinya. Selain itu, Sedulur juga bisa tanya bagaimana proses reporting-nya. Apakah mingguan, bulanan, dan lain sebagainya. Lagi-lagi, pertanyaan ini lebih cocok diajukan untuk user dari pada HRD.

15. Sistem kerja

Personio

Saat ini, Sedulur mungkin bisa menemukan berbagai jenis sistem kerja, mulai dari work from office, work from home, hybrid, hingga work from anywhere. Nah, Sedulur bisa pastikan sekali lagi mengenai sistem kerja ketika nanti Sedulur mulai bekerja di sini. Tanyakan apakah perusahaan memberikan fleksibilitas pada karyawan untuk memilih sistem kerja, serta bagaimana perusahaan dapat memastikan efisiensi kerja dengan sistem WFA, misalnya.

16. Hal yang harus dicapai

Pertanyaan terakhir yang harus ditanya saat interview adalah mengenai metrics atau goal apa yang harus Sedulur atau tim Sedulur capai dalam waktu dekat. Jika pertanyaan tentang ekspektasi user bermanfaat untuk mengetahui apa yang harus disiapkan selanjutnya, pertanyaan ini berguna untuk mengetahui ukuran evaluasi yang akan Sedulur lalui. Pada saat interview, hal ini mungkin tidak akan dijelaskan secara detail. Namun, tidak ada salahnya ditanyakan untuk mendapatkan gambaran umumnya.

17. Reward yang akan didapat

Liquid Planner

Sebagai motivasi bekerja, apa yang harus ditanyakan saat interview terakhir sangat penting. Tentang reward atau bonus yang akan Sedulur dapatkan jika berhasil mencapai setiap goals atau metrics yang diberikan oleh perusahaan.

Nah daftar pertanyaan yang telah dijelaskan di atas bisa jadi modal apa yang harus ditanyakan saat interview. Jangan lupa menanyakan terkait nasib Sedulur saat bekerja. Pastikan hak yang harus Sedulur terima dapat dipenuhi oleh perusahaan.