Cara menolak interview kerja

Cara menolak interview kerja bahasa inggris merupakan hal yang perlu dipahami bagi para pencari kerja. Hal ini lantaran tidak semua pekerjaan yang ditawarkan akan cocok dengan karakter ataupun kemampuan kita. Agar tetap sopan dan terlihat profesional, maka perlu trik khusus untuk menolak tawaran dari perusahaan nasional maupun multinasional.

Salah satu hal yang tidak boleh terlewat saat mempersiapkan penolakan interview kerja adalah kalimat yang baik dan sopan. Berikut ini beberapa tips dan trik untuk menolak tawaran wawancara kerja dalam bahasa Inggris dengan benar.

BACA JUGA: Contoh CV Fresh Graduate Sarjana Manajemen

Alasan menolak interview kerja perusahaan

-->

Sedulur dapat mengecek beberapa alasan yang sering dijadikan alasan untuk menolak surat tawaran kerja. Berikut beberapa poin yang perlu dipertimbangkan:

1. Kesempatan kerja yang lebih baik

Jobseeker seringkali menerima beberapa tawaran kerja pada saat yang sama. Sebagai kandidat, pastinya Sedulur ingin memilih perusahaan yang menawarkan kesempatan kerja yang lebih baik dan sesuai. Misalnya, gaji yang lebih tinggi, fasilitas yang lebih memadai, atau tunjangan yang lebih beragam.

Jadi, memang penting untuk memilih perusahaan yang tepat, agar kamu dapat bekerja dengan nyaman dan membangun karir yang lebih baik di masa depan. Sebagai seorang kandidat yang baik, pastikan kamu memahami dengan baik tentang perusahaan dan pekerjaan yang akan kamu ambil sebelum memutuskan untuk menerima tawaran tersebut.

2. Tidak sesuai dengan deskripsi pekerjaan

Sebelum menerima interviiew kerja atau surat tawaran kerja, Sedulur perlu memastikan apakah pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang Sedulur harapkan. Jika deskripsi pekerjaan terlalu demanding atau bahkan tidak sesuai dengan bidang yang Sedulur minati, maka Sedulur dapat menolak surat tawaran kerja.

3. Gaji tidak sesuai harapan

Gaji adalah salah satu faktor yang sensitif dalam proses seleksi kerja. Sebelum menerima surat tawaran kerja, pastikan gaji yang ditawarkan sesuai dengan standar gaji yang berlaku dan sesuai dengan keterampilan dan pengalaman yang dimiliki. Jika gaji yang ditawarkan masih di bawah ekspektasi, maka Sedulur berhak menolak surat tawaran kerja.

BACA JUGA: Project Manager: Pengertian, Tugas, Skill dan Kualifikasinya

4. Tidak cocok dengan perusahaan

cara menolak interview kerja bahasa inggris
Pexels

Ada beberapa alasan mengapa Sedulur mungkin tidak merasa cocok dengan perusahaan yang menawarkan pekerjaan. Mungkin karena sikap perusahaan yang kurang positif selama proses rekrutmen, atau kondisi ekonomi perusahaan yang memburuk. Selain itu, jika perusahaan tidak memiliki program atau fasilitas yang membantu mencapai tujuan karir Sedulur, maka kamu dapat menolak surat tawaran kerja.

5. Tidak membantu mencapai tujuan karir

Sebagai seorang profesional, Sedulur mungkin memiliki tujuan karir yang ingin dicapai. Pastikan bahwa perusahaan yang menawarkan pekerjaan dapat membantu mencapai tujuan karir Sedulur. Jika perusahaan tidak memiliki program pengembangan karyawan atau kesempatan naik jabatan, maka Sedulur dapat menolak surat tawaran kerja.

6. Tidak sesuai dengan budaya atau sistem kerja perusahaan

Budaya kerja dan sistem kerja perusahaan juga dapat memengaruhi keputusan Sedulur untuk menerima atau menolak surat tawaran kerja. Pastikan bahwa budaya kerja dan sistem kerja perusahaan sesuai dengan preferensi Sedulur. Misalnya, apakah Sedulur lebih suka sistem kerja on-site, hybrid, atau flexible? Jika tidak sesuai dengan preferensi Sedulur, maka Sedulur dapat menolak surat tawaran kerja.

BACA JUGA: Cara Membalas Email Atasan dan Contohnya, Paling Lengkap!

Trik menolak interview kerja

cara menolak interview kerja bahasa inggris
Unsplash

Pastikan Sedulur memutuskan untuk menolak dengan sungguh-sungguh sebelum membuat keputusan untuk menolak. Penting untuk memastikan diri sendiri bahwa kamu benar-benar siap untuk menolak tawaran tersebut. Karena perubahan pekerjaan bisa sangat memengaruhi hidup seseorang.

Kamu perlu mempertimbangkan secara mendalam bagaimana penolakan tersebut akan memengaruhi pendapatanmu, kesehatan mental, dan kesejahteraanmu. Apakah lingkungan kerja yang ditawarkan sesuai dengan preferensimu (on site, hybrid, atau flexible working arrangement)? Penting untuk membuat keputusan dengan percaya diri.

1. Jangan menunda-nunda

Menunda-nunda untuk memberitahu recruiter bahwa Sedulur menolak penawaran pekerjaan bisa berdampak negatif. Jika kamu sudah yakin dengan keputusanmu, beritahu mereka secepat mungkin, setidaknya dalam waktu satu hari setelah menerima tawaran.

Recruiter mungkin tidak hanya menghubungimu, tetapi juga memprioritaskanmu sebagai kandidat terpilih. Jika kamu menolak, mereka harus segera mencari pengganti dengan menghubungi kandidat lain. Menunda bisa mempengaruhi kinerja perusahaan, jadi penting untuk menunjukkan integritas dengan menghargai waktu recruiter.

2. Jangan berlebihan

Hindari berbicara terlalu banyak ketika menolak tawaran pekerjaan. Tetaplah tenang dan profesional dalam menanggapinya, hindari menyatakan perasaan secara berlebihan terhadap perusahaan atau recruiter yang telah berinteraksi denganmu sebelumnya.

Yang terpenting adalah tetap jujur dan profesional dalam menjawabnya. Misalnya, Sedulur bisa menggunakan kalimat seperti:

“Saya mohon maaf, saya tidak bisa menerima tawaran tersebut.”

“Dengan sangat menyesal, saya harus menolak tawaran tersebut.”

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih pada recruiter yang telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkanmu sebagai kandidat yang potensial. Ungkapan terima kasih yang sederhana tetapi tulus akan membuat mereka lebih menghargaimu sebagai seorang kandidat.

Contoh sederhana ungkapan terima kasih bisa seperti ini:

It was a pleasure meeting you and the team last week. Thank you for providing me with the opportunity to learn more about the Content Writer position, and for the generous offer extended to me.

Saya senang bertemu dengan Anda dan tim minggu lalu. Terima kasih telah memberi saya kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang posisi Penulis Konten, dan untuk tawaran yang murah hati yang diberikan kepada saya.

Thank you for considering me for the SEO Associate position at your company. I appreciate the time you took to review my application and answer my questions about the role and organization.

Terima kasih telah mempertimbangkan saya untuk posisi SEO Associate di perusahaan Anda. Saya menghargai waktu yang Anda habiskan untuk meninjau lamaran saya dan menjawab pertanyaan saya tentang peran dan organisasi.

I want to express my gratitude for the interview and job offer in Marketing Manager. Your efforts and time invested in the selection process are greatly appreciated, and I am honored to have received this opportunity.

Saya ingin menyatakan rasa terima kasih saya atas wawancara dan tawaran pekerjaan di Manajer Pemasaran. Usaha dan waktu Anda yang diinvestasikan dalam proses seleksi sangat dihargai, dan saya merasa terhormat telah menerima kesempatan ini.

3. Tetap terhubung

Tidak menerima tawaran pekerjaan bukan berarti harus mengakhiri networking dengan perusahaan dan recruiter. Meskipun menolak tawaran bisa menjadi respons yang tidak diinginkan oleh recruiter, penting untuk menjaga hubungan yang baik dengan mereka dan menunjukkan bahwa Sedulur masih terbuka dengan peluang di masa depan.

Kamu bisa memberikan informasi kontak tambahan atau menegaskan bahwa kamu ingin tetap terhubung dengan perusahaan tersebut.

Selain itu, menggunakan LinkedIn untuk terhubung dengan recruiter juga merupakan cara yang baik untuk memperbarui informasi karier terbaru dan membuat perusahaan tetap memikirkanmu ketika ada kesempatan kerja yang muncul di masa depan. Sebagai contoh, Sedulur bisa mengatakan hal seperti:

I’ve enjoyed getting to know you and I hope our paths will cross again in the future when there are more opportunities.

Saya senang mengenal Anda, dan saya harap kita akan bertemu lagi di masa depan ketika ada lebih banyak kesempatan.

It’s great to make your acquaintance. If you’re interested in future opportunities, let’s connect on LinkedIn to strengthen our professional network.

Senang bertemu dengan Anda. Saya terbuka untuk peluang lain di masa depan. Mari kita terhubung di LinkedIn untuk memperkuat jaringan profesional kita.

4. Suggest a reason without revealing too much

Cara menolak interview kerja bahasa Inggris dengan memberikan alasan yang tidak jelas bisa merusak citra profesionalmu. Sehingga sangat penting untuk memberikan penjelasan yang cukup, namun tidak perlu terlalu detail. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengevaluasi proses rekrutmen di masa depan. Namun, pastikan alasan yang Sedulur berikan tidak terlalu spesifik.

Sebagai contoh, jika alasan sebenarnya adalah karena tidak cocok dengan lingkungan kerja, cukup sampaikan bahwa kamu merasa pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan keinginanmu. Berikut adalah contoh kalimat yang bisa Sedulur gunakan:

Regrettably, it doesn’t align with my long-term career objectives.

Sayangnya itu tidak sejalan dengan tujuan karir jangka panjang saya.

After careful consideration, I have concluded that the position is not suitable for me currently.

Setelah mempertimbangkan dengan seksama, saya menyimpulkan bahwa posisi tersebut tidak cocok untuk saya saat ini.

5. Select the appropriate medium

Memilih media yang tepat untuk mengirim penolakan tawaran kerja merupakan hal yang penting. Jika sebelumnya Sedulur telah berkomunikasi dengan recruiter melalui email, maka mengirimkan penolakan melalui email merupakan opsi yang tepat.

Namun, jika recruiter telah menyarankan untuk membalas melalui media lain, pastikan kamu mengikuti instruksi tersebut. Penting untuk memperhatikan petunjuk dari pihak perusahaan agar penolakanmu bisa disampaikan dengan tepat dan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Contoh menolak melalui email

cara menolak interview kerja bahasa inggris
Unsplash

Untuk contoh cara menolak interview kerja Bahasa Inggris, Sedulur bisa ikuti petunjuk yang telah dijelaskan sebelumnya dan buatlah email yang tidak terlalu panjang atau terlalu singkat. Berikut ini adalah contohnya.

Contoh Email 1:

Subject line: Job offer – Kristy Nalarana

Dear Mr./Ms. Alex,

Thank you very for accepting my job application as the role of Junior Marketing with your company. I highly appreciate your time and considering me to be a part of your company. With much consideration, unfortunately I decline the generous offer.

I have accepted a position in another company. Therefore, I can’t accept the position offered. I sincerely apologize and wish your company all the best.

Again, thank you so much for your attention. May we cross paths in the future.

Best regards,

Terjemahan:

Judul Email: Penawaran Pekerjaan – Anisa Nara

Kepada Bapak/Ibu Alex yang terhormat,

Saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah mempertimbangkan saya untuk posisi Junior Marketing di perusahaan Anda. Saya sangat menghargai waktu yang telah Anda habiskan dalam proses rekrutmen dan menimbang kualifikasi saya untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Namun, setelah mempertimbangkan dengan cermat, saya harus menolak tawaran tersebut.

Saya ingin memberitahukan bahwa saya telah menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan lain yang lebih cocok dengan kebutuhan dan tujuan karir saya. Oleh karena itu, saya tidak dapat menerima tawaran posisi dari perusahaan Anda. Saya berharap Anda dapat memahami keputusan saya.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas kesempatan yang telah Anda berikan dan saya harap kita dapat tetap menjaga hubungan baik di masa depan.

Salam hormat,

Anisa Nara

Itu tadi cara menolak interview kerja bahasa inggris yang bsia Sedulur coba ikuti. Walaupun saat mencari pekerjaan kita tidak boleh pilih-pilih, tapi ada momen dimana kita juga harus mempertimbangkan kemampuan dan keahlian agar pekerjaan yang diterima lebih maksimal. Jadi tidak ada salahnya ketika Sedulur mengetahui cara untuk menolak tawaran pekerjaan dari sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat, ya!