usaha warung kopi rumahan

Warung kopi adalah salah satu bisnis yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan. Meningkatnya daya tarik masyarakat pada minuman kopi dan tren nongkrong sekaligus bekerja di mana saja (work from anywhere) merupakan beberapa di antara banyak faktor menjamurnya bisnis warung kopi. Tak heran kini dapat dengan mudah dijumpai usaha warung kopi rumahan di berbagai sudut kota.

Usaha warung kopi rumahan juga bisa menjadi peluang untuk Sedulur yang ingin terjun ke dunia bisnis. Apalagi bisnis satu ini bisa menyasar berbagai kalangan sehingga target pasarnya cukup luas dan peluang keuntungannya juga besar.

Namun sebelum memulai usaha warung kopi rumahan, ada baiknya Sedulur menyimak beberapa tips yang sudah dirangkum berikut ini. Dalam artikel kali ini juga akan dipaparkan rincian modal yang dibutuhkan untuk membuka warung kopi. Yuk, langsung disimak informasi selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Tips Usaha Memulai Warung Kopi Sederhana Modal Kecil

-->

10 tips usaha warung kopi rumahan

Secara umum, tips membuka usaha warung kopi rumahan mirip dengan bisnis lainnya. Mulai dari menentukan target pasar, melakukan riset, hingga menyiapkan modal yang dibutuhkan. Di samping itu, Sedulur juga perlu menentukan distributor bahan baku yang berkualitas yang dalam hal ini adalah distributor biji kopi sebagai bahan utama untuk bisnis warung kopi rumahan.

Agar lebih jelas, berikut sudah dirangkum 10 tips memulai usaha warung kopi rumahan yang bisa Sedulur pelajari dan ikuti.

1. Tentukan target pasar yang ingin dituju

usaha warung kopi rumahan
iStock

Tips pertama untuk memulai bisnis warung kopi rumahan adalah menentukan target pasar yang ingin disasar. Meski secara umum warung kopi memiliki pasar konsumen yang cukup luas dan bisa menjangkau berbagai kalangan, Sedulur perlu membuat target pasar yang jelas. Dengan begitu akan lebih mudah dalam menyusun strategi bisnis, pemasaran, hingga pemilihan menu yang disajikan dan kisaran harganya. Menentukan target pasar juga bisa membantu Sedulur dalam memilih lokasi usaha.

2. Lakukan riset pasar

usaha warung kopi rumahan
iStock

Setelah menentukan target pasar yang akan dituju, Sedulur dapat melakukan riset pasar. Hal-hal yang perlu diamati sekaligus dipelajari di sini meliputi kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi kopi, harga kopi di pasaran, jam buka, hingga kisaran modal yang dibutuhkan. Sedulur juga bisa mencari tahu peralatan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuka bisnis warung kopi rumahan.

Selain mencari berbagai informasi berhubungan dengan target pasar yang dituju, Sedulur juga perlu mengumpulkan informasi tentang kompetitor yang ada. Dengan begitu Sedulur bisa mengetahui peluang bisnis yang akan dijalankan termasuk celah inovasi yang bisa membuat bisnis Sedulur memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor.

3. Mematangkan ide bisnis

usaha warung kopi rumahan
iStock

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan, Sedulur bisa mematangkan ide atau konsep usaha warung kopi rumahan yang akan dijalankan. Ide tersebut kemudian bisa dikembangkan menjadi rencana bisnis atau business plan yang menjadi acuan dalam memulai usaha. Adapun hal-hal yang perlu diuraikan dalam business plan di antaranya adalah branding, target pasar, identitas brand, jenis kuliner yang akan dijual, sistem operasional, hingga timeline mulai dari persiapan hingga warung kopi siap dibuka.

Selain membantu Sedulur dalam memulai usaha, business plan juga bisa menjadi modal untuk mencari investor dalam rangka mengembangkan bisnis tersebut di kemudian hari. Karena sesuai dengan namanya, business plan ini dapat berfungsi menjadi petunjuk arah bagaimana bisnis tersebut akan berjalan.

BACA JUGA: 20 Ide Nama Usaha Makanan Unik dan Anti Mainstream

4. Tentukan konsep warung kopi

usaha warung kopi rumahan
iStock

Hal lain yang juga perlu menjadi perhatian saat memulai usaha warung kopi rumahan adalah menentukan konsep. Konsep bisnis sendiri bisa ditentukan dari pengembangan ide berdasarkan riset yang sudah dilakukan. Penentuan konsep ini juga sekaligus menjawab tantangan terkait peluang usaha di antara kompetitor dari bisnis serupa yang sudah ada.

Menariknya, ada banyak konsep warung kopi yang bisa Sedulur pilih. Mulai dari warung kopi sederhana, warung kopi ala warmindo yang juga menyediakan aneka makanan, warung kopi terbuka dengan pemandangan taman, hingga warung kopi yang menyediakan fasilitas untuk hewan peliharaan.

5. Atur strategi marketing

iStock

Selain menyusun strategi bisnis dan menentukan konsep usaha warung kopi rumahan yang akan dibuka, Sedulur juga perlu mengatur strategi marketing untuk mempromosikan usaha tersebut. Apalagi di masa awal membuka usaha, promosi menjadi hal yang penting dilakukan agar banyak orang yang mengetahui usaha tersebut sehingga mereka tertarik untuk membelinya.

Untuk bisnis rumahan, Sedulur bisa melakukan promosi secara tradisional dengan membagikan informasi ke kerabat dan tetangga sekitar. Namun perlu diketahui bahwa strategi ini kemungkinan besar hanya akan menjangkau calon konsumen dari kalangan orang yang memang mengenal Sedulur.

Untuk memperluas peluang calon konsumen yang lebih luas, Sedulur bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan Facebook. Selain itu, manfaatkan juga aplikasi pesan antar yang belakangan sedang banyak digunakan oleh masyarakat untuk membeli makanan maupun minuman termasuk kopi.

6. Susun menu yang akan dijual

iStock

Selanjutnya, susun menu yang akan dijual. Menentukan menu minuman maupun makanan apa saja yang akan dijual ini juga sekaligus bisa menjadi acuan mengenai kebutuhan bahan baku serta berbagai peralatan yang dibutuhkan.

Misalnya, apakah Sedulur akan menjual minuman kopi dengan mengolah biji kopi langsung atau menggunakan bahan kopi bubuk. Kedua bahan kopi tersebut tentu akan membutuhkan peralatan yang berbeda untuk mengolahnya menjadi minuman. Belum lagi jika Sedulur ingin menambahkan menu minuman selain kopi, seperti teh dan susu.

Selain minuman, jenis makanan yang akan disajikan sebagai menu pendamping minuman kopi juga perlu dipilih secara cermat. Dengan begitu Sedulur bisa menyiapkan bahan maupun peralatan yang dibutuhkan.

BACA JUGA: 20 Jenis Usaha Yang Jarang Diminati tapi Dibutuhkan, Coba Aja!

7. Pilih distributor bahan baku yang berkualitas

iStock

Setelah menentukan aneka menu minuman dan makanan yang akan dijual, Sedulur bisa mulai mencari distributor yang akan membantu memasok kebutuhan bahan baku untuk warung. Perlu diingat bahwa pemilihan distributor harus mempertimbangkan banyak hal. Di antaranya adalah kualitas bahan baku yang disediakan dan harganya. Sebab kedua hal ini akan menentukan bagaimana kualitas hidangan yang Sedulur sajikan serta harganya.

Kebutuhan bahan baku untuk warung kopi juga tidak terbatas hanya biji kopi saja, melainkan juga berbagai bahan lain seperti gula, garam, dan susu. Apalagi jika Sedulur ingin menyediakan aneka menu makanan, maka juga dibutuhkan bahan-bahan untuk membuatnya.

Nah, sebagai referensi, Sedulur bisa memilih Aplikasi Super sebagai distributor bahan untuk usaha warung kopi rumahan karena menyediakan berbagai bahan memasak dengan harga terjangkau. Selain itu ada juga layanan pengiriman gratis ongkir yang akan memudahkan Sedulur dalam kulakan karena barang akan dikirim sesuai alamat.

8. Pelajari cara membuat kopi

iStock

Tips selanjutnya untuk membuka usaha warung kopi rumahan adalah mempelajari cara membuat kopi. Hal ini tentu perlu diperhatikan apabila Sedulur ingin menyediakan menu kopi dengan cara mengolah biji kopi secara langsung. Sebab Sedulur perlu menguasai keterampilan menggiling kopi hingga bisa menyajikannya kepada pelanggan dalam bentuk minuman yang lezat.

Namun jika Sedulur ingin membuka warung kopi rumahan yang hanya menyediakan kopi instan, keterampilan tersebut mungkin tidak terlalu penting untuk dikuasai. Sebab sesuai namanya, kopi instan memang dirancang untuk bisa disajikan secara cepat dan mudah.

9. Tentukan lokasi

iStock

Meski bisnis yang akan dibuka adalah usaha warung kopi rumahan, bukan berarti Sedulur tidak perlu memperhatikan aspek lokasi. Sebab hal tersebut akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan maupun Sedulur sebagai pelaku usaha termasuk kebutuhan modal yang harus disiapkan.

Misalnya jika Sedulur memiliki garasi di depan rumah yang tidak terpakai, ruangan tersebut mungkin bisa dimanfaatkan sebagai lokasi warung kopi. Namun jika tidak ada, boleh jadi Sedulur perlu mengeluarkan modal untuk menyewa ruko atau melakukan renovasi dalam rangka membangun ruang usaha.

Di sisi lain, menjalankan bisnis rumahan juga perlu memperhatikan faktor lingkungan. Masalah yang kerap terjadi biasanya tempat parkir yang tidak memadai sehingga menutup sebagian badan jalan. Untuk itu pastikan juga bahwa Sedulur bisa menyediakan lahan parkir yang sesuai dengan skala bisnis yang akan dibuka. Dengan begitu aktivitas di sekitar rumah pun tidak akan terganggu akibat bisnis yang Sedulur jalankan.

10. Buat rincian modal yang dibutuhkan dan sumbernya

iStock

Berdasarkan konsep, kebutuhan bahan baku dan peralatan, hingga pemilihan lokasi, Sedulur bisa membuat rincian modal yang dibutuhkan. Jika diperhatikan, modal usaha warung kopi ini bisa terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu modal peralatan yang sekaligus menjadi investasi, modal bahan baku, dan modal untuk kebutuhan operasional seperti listrik dan air.

Di sisi lain, pemilihan bahan baku untuk membuat minuman kopi juga akan mempengaruhi besar modal yang dibutuhkan. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, Sedulur akan membutuhkan peralatan yang berbeda antara membuat kopi dari biji kopi asli dengan kopi bubuk instan. Sebagai contoh, untuk membuat kopi dari biji asli, Sedulur membutuhkan timbangan, coffee grinder atau penggiling kopi, dan coffee maker yang bisa disesuaikan dengan metode membuat kopi yang diinginkan.

Setelah rincian modal selesai dibuat, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan sumber modal yang akan digunakan. Apakah Sedulur akan menggunakan tabungan pribadi atau mencari pinjaman modal dari pihak lain. Keduanya tentu akan mempengaruhi pengelolaan keuangan saat bisnis mulai berjalan.

BACA JUGA: Tips Jualan Pop Ice Untuk Usaha Rumahan Yang Cuan!

Inspirasi resep minuman untuk usaha warung kopi rumahan

iStock

Sebagai informasi tambahan, berikut ini sudah dirangkum beberapa resep minuman kopi kekinian yang bisa menjadi referensi menu di usaha warung kopi rumahan milik Sedulur.

1. Kopi susu gula aren

Bahan:

  • 15 gram bubuk kopi espresso instan
  • 150 ml air
  • 60 gram gula aren
  • 800 ml susu UHT rasa kelapa

Cara membuat:

  1. Pertama, buat ekstrak kopi dengan cara merebus bubuk kopi espresso instan yang dilarutkan dengan air 150 ml air. Masak sampai panas sekitar 3-5 menit namun jangan sampai mendidih. Angkat lalu sisihkan.
  2. Buat sirup gula aren dengan memotong gula aren dan kemudian dilelehkan di dalam panci yang dipanaskan. Selanjutnya, saring gula aren dan sisihkan.
  3. Masukkan sirup gula aren ke dalam botol berukuran 1 liter atau wadah yang besar.
  4. Tuangkan ekstrak kopi yang tadi sudah dibuat ke dalam wadah berisi sirup gula aren.
  5. Selanjutnya, tambahkan susu UHT rasa kelapa sebanyak 800 ml.
  6. Tutup wadah dan kemudian kocok hingga kopi, gula aren, dan susu tercampur merata.
  7. Sedulur bisa menghidangkan kopi dengan menambahkan es batu di dalam gelas.

2. Affogato

Bahan:

  • 1 bungkus kopi instan tanpa ampas
  • 2 scoop es krim cokelat
  • 1 buah alpukat
  • 200 ml air
  • Air panas secukupnya untuk melarutkan kopi
  • Susu kental manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama, larutkan kopi instan dengan air panas, kemudian sisihkan.
  2. Haluskan alpukat dengan cara diblender. Tambahkan susu kental manis dan sedikit air.
  3. Tuang jus alpukat yang ke dalam gelas secukupnya, kemudian tambahkan es krim cokelat dan kopi hitam yang tadi sudah dilarutkan.

3. Kopi susu sederhana

Bahan:

  • 1 sdm kopi bubuk instan tanpa ampas
  • 100 ml susu UHT, pilih yang tawar
  • Susu kental manis secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air panas secukupnya untuk menyeduh kopi

Cara membuat:

  1. Pertama, seduh kopi dengan 50 ml air panas kemudian campur dengan susu UHT yang sudah dipanaskan. Aduk sebentar.
  2. Tambahkan susu kental manis dan aduk rata.
  3. Kopi susu siap disajikan dalam keadaan hangat atapun diberi es.

Itu dia 10 tips membuka usaha warung kopi rumahan yang bisa Sedulur ikuti. Selain itu juga telah dipaparkan beberapa resep minuman kopi kekinian yang bisa menjadi ide menu di warung Sedulur.

Jangan lupa, agar usaha warung kopi rumahan makin untung, pilih Aplikasi Super sebagai mitra kulakan. Sebab Aplikasi Super menyediakan berbagai kebutuhan usaha warung kopi dengan harga terjangkau. Selain itu tersedia pula layanan pengiriman gratis ongkir yang semakin memudahkan Sedulur dalam berkulakan.

Menarik bukan? Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store dan nikmati pengalaman kulakan super hemat serta menguntungkan.