usaha ternak dengan modal 10 juta

Beternak bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Tak hanya bisa menghilangkan rasa bosan, usaha ternak dengan modal 10 juta juga bisa menjadi bisnis menjanjikan. Sedulur bisa memulai usaha tersebut dengan modal kecil dan mencapai sukses dalam waktu singkat. Salah satu kuncinya, yaitu dengan niat sungguh-suingguh dalam menjalankan peluang usaha ini. 

Bagi Sedulur yang ingin memulai peluang usaha ternak, kini sudah banyak jenis usaha ternak dengan modal 10 juta saja yang bisa Sedulur dijalankan. Bagaimana apakah Sedulur tertarik? Jika iya, Sedulur jangan lupa untuk memilih dan mempertimbangkan jenis usaha ternak mana yang hendak dikuasai. Agar bisa mendapatkan referensi dan pilihan yang tepat, yuk simak beberapa macam usaha ternak yang mungkin bisa Sedulur bisa lakukan berikut ini!

BACA JUGA: Ternak Burung Merpati Terlengkap Sampai Analisa Biayanya

1. Ternak ayam

usaha ternak dengan modal 10 juta
Pexels

Ternak ayam adalah salah satu jenis usaha ternak dengan modal 10 juta sudah dapat dilakukan oleh Sedulur. Dengan modal yang cukup terjangkau itu, Sedulur dapat memulai usaha peternakan ayam baik untuk ayam petelur maupun untuk ayam konsumsi. Sedulur bisa memilih fokus usaha tersebut, sesuai dengan minat dan peluang pasar yang tersedia.

Untuk memulainya, tentu Sedulur harus mempersiapkan terlebih dahulu kandang sesuai ukuran yang dibutuhkan, namun perlu diketahui oleh Sedulur pada umumnya kandang untuk ayam petelur biasanya memiliki kebutuhan yang sedikit rumit dan lebih mahal.

Sebetulnya, untuk menghitung kebutuhan ukuran kandang ini sendiri tentu bisa disesuaikan dengan kapasitas bibit yang Sedulur beli. Untuk harga 1 ekor ayam petelur umumnya dibandrol dengan harga Rp45 ribuan, sedangkan bibit ayam potong yang masih kecil biasanya di kisaran harga Rp7 ribuan per ekor.

2. Ternak burung puyuh

Usaha peternakan burung puyuh merupakan pilihan usaha ternak dengan modal 10 juta yang menjanjikan selain usaha ternak ayam. Dengan modal 10 juta rupiah, Sedulur sudah dapat membeli sekitar 5.000 bibit puyuh dan melakukan pembuatan kandang sesuai kebutuhan.

Usaha peternakan burung puyuh memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan yang berlipat jika dikelola dengan baik. Sedulur dapat menjual telur puyuh sekaligus dagingnya, sebagai produk utama dari usaha ternak dengan modal 10 juta.

3. Ternak ayam kampung

Selanjutnya, usaha ternak dengan modal 10 juta yang bisa Sedulur pilih yaitu usaha peternakan ayam kampung. Jika Sedulur memilih usaha ternak ayam kampung skala kecil sebagai usaha sampingan, maka saat Sedulur memberi pakan cukup 2 sampai 3 kali dalam setiap harinya.

Namun, jika Sedulur memilih usaha peternakan ayam kampung dalam skala besar, maka sebaiknya Sedulur harus benar-benar fokus melakukannya, tidak menjadikan usaha ini seperti halnya hanya usaha sampingan, agar memiliki kejelasan target dan keuntungan yang dihasilkan nantinya.  

4. Budidaya ikan hias

Selain itu, budidaya ikan hias juga bisa menjadi peluang usaha ternak dengan modal 10 juta. Saat ini permintaan ikan hias di pasaran memang cukup tinggi, baik untuk sekedar koleksi pribadi maupun kebutuhan dekorasi dalam aquarium ataupun kolam hias. Untuk memasarkan ikan hias, Sedulur dapat menjualnya secara langsung ke penggemar ikan hias atau melalui toko ikan hias. Peternakan ikan hias, atau melalui flatform online.   

5. Ternak ikan patin

Usha ternak ikan patin juga bisa menjadi pilihan yang baik dalam usaha ternak dengan modal 10 juta rupiah. Bahkan, ikan patin memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menarik untuk diternak. Ikan patin memiliki daya tahan yang kuat terhadap berbagai kondisi perairan, sehingga relatif mudah dipelihara.

Selain itu, harga jual ikan patin cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan ikan lele. Rasanya yang enak dan tekstur dagingnya yang lembut menjadi nilai tambah dalam pemasaran produk ikan patin. Permintaan pasar terhadap ikan patin juga cukup tinggi, baik dari konsumen langsung maupun industri makanan.

BACA JUGA: 8 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Saja yang Menguntungkan!

6. Ternak ikan lele

usaha ternak dengan modal 10 juta
Sustainable Agriculture

Ternak lele merupakan pilihan jenis usaha ternak yang memiliki peluang cukup bagus dengan modal yang relatif terjangkau. Salah satu alasan utamanya adalah waktu panen yang relatif singkat, yaitu sekitar 3 bulan. 

Dalam beternak lele, Sedulur dapat memulainya bahkan dengan modal kurang dari 10 juta rupiah. Modal tersebut dapat digunakan untuk membeli benih lele dan mempersiapkan sarana dan prasarana yang sederhana seperti kolam atau wadah penampungan air yang cukup

Selain itu, salah satu kelebihan lele adalah ikan air tawar yang relatif mudah dipelihara dan tumbuh dengan baik dalam berbagai kondisi perairan. Hal ini memungkinkan Sedulur untuk mendapatkan hasil atau keuntungan lebih cepat dibandingkan dengan beberapa jenis ternak lainnya.

7. Ternak semut kroto

Usaha ternak semut kroto yang sering digunakan untuk salah pakan burung, dapat menjadi salah satu pilihan usaha ternak dengan modal 10 juta rupiah yang Sedulur pilih juga.  Permintaan semut kroto cukup tinggi di pasar, maka jika Sedulur mampu mengelola usaha ternak kroto dengan baik, tentu akan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Dalam menjalankan bisnis kroto, Sedulur perlu mempelajari teknik budidaya yang tepat, mulai dari pemilihan induk kroto, perawatan sarang, hingga proses panen dan pemasaran. Pasar potensial untuk kroto adalah pemilik burung hias, penangkar burung, dan peternak burung peliharaan.

8. Ternak jangkrik

Selain ternak semut kroto, ternak jangkrik dapat menjadi pilih Sedulur juga dalam menjalankan usaha ternak dengan modal 10 juta rupiah saja. Ternak jangkrik relatif mudah untuk Sedulur mulai, serta memiliki masa panen yang relatif cepat, yaitu sekitar 30-35 hari sekali. 

Produk utama dalam bisnis ternak jangkrik adalah jangkrik hidup yang biasanya digunakan sebagai pakan burung. Sedulur dapat menjual jangkrik secara langsung ke pemilik burung, toko hewan, atau melalui penjualan online.

9. Ternak cacing

Ternak cacing memang menjadi salah satu pilihan usaha ternak dengan modal 10 juta rupiah yang menawarkan potensi omset yang cukup tinggi. Cacing memiliki banyak manfaat dan digunakan dalam berbagai sektor bisnis, seperti peternakan unggas dan ikan, pertanian organik, serta produksi pupuk organik.

Dalam beternak cacing, Sedulur perlu memperhatikan faktor-faktor penting seperti pemilihan media dan kondisi lingkungan yang tepat, pemberian pakan yang sesuai, serta perawatan kebersihan kandang. Cacing memiliki siklus hidup yang relatif singkat, sehingga Sedulur dapat melakukan panen setelah sekitar 40 hari.

10. Ternak bebek petelur

Salah satu usaha ternak dengan modal 10 juta bisa sedulur terapkan juga pada usaha ternak bebek petelur. Beternak bebek petelur adalah pilihan ternak yang menarik dengan modal 10 juta rupiah. Kandangnya dapat dibangun secara sederhana dengan pagar bambu dan atap terpal. 

Keuntungan dalam usaha ternak bebek petelur, karena hewan ternak ini bisa terus bertelur selama 2 tahun, dan permintaan telur bebek di pasaran cukup tinggi. Artinya, begitu cukup menjanjikan potensi keuntungannya. 

BACA JUGA: Ternak Bebek Peking Berkualitas, Peluang Usaha Dapetin Uang

11. Ternak kambing

usaha ternak dengan modal 10 juta
Pexels

Peternakan kambing dapat menjadi pilihan Sedulur untuk membuka peluang usaha ternak dengan modal 10 juta rupiah. Bisnis peternakan kambing ini memang populer dan dilakukan oleh banyak orang, karena relatif mudah dan tidak memerlukan investasi yang rumit. 

Pasar untuk produk usaha ternak kambing juga tentu cukup luas, seperti daging kambing, susu kambing, dan juga kambing sebagai hewan kurban pada momen hari raya idul adha. Sedulur dapat menjual produk usaha ternak kambing tersebut, baik secara langsung ke konsumen atau menjalin kerja sama dengan pengecer daging, toko hewan, atau pasar lokal.

Namun, yang hal yang perlu Sedulur ingat, bahwa dalam bisnis peternakan kambing, memperhatikan faktor-faktor seperti pemeliharaan kesehatan kambing, pengendalian penyakit, dan manajemen reproduksi adalah hal yang sangat penting.

12. Ternak domba

Rekomendasi terakhir jenis usaha ternak dengan modal 10 yang dapat Sedulur lakukan yaitu ternak domba. Tidak jauh seperti ternak kambing, kegiatan beternak domba dapat dilakukan oleh siapa saja dan relatif mudah dilakukan. Bahkan jika Sedulur berniat memulai usaha ternak skala kecil, maka beternak domba pun menjadi pilihan yang tepat.

Dalam beternak domba, Sedulur harus memperhatikan pemilihan indukan yang berkualitas untuk memperoleh keturunan yang baik. Berikan pakan yang seimbang dan memenuhi kebutuhan gizi domba serta perhatikan kebersihan kandang dan lingkungan sekitar.

Untuk pemasaran, Sedulur dapat menjual produk dari domba, seperti daging domba, kulit domba, dan juga ternak domba potong. Pemasaran dapat dilakukan langsung ke konsumen, melalui pasar lokal, atau melalui kerja sama dengan pedagang daging atau pengecer domba.

Bagi Sedulur yang memiliki minat dan kecintaan pada dunia peternakan, usaha ternak dengan modal 10 juta rupiah tentu akan menjadi pilihan yang menarik. Bagaimana tidak?, menyalurkan hobi beternak sekaligus bisa berusaha untuk mendapatkan keuntungan, Namun, Sebelum memulai kegiatan peternakan, penting untuk Sedulur mempersiapkan modal yang diperlukan.

Oleh karena itu, pastikan Sedulur telah melakukan perencanaan yang matang, termasuk memilih jenis ternak yang sesuai dengan minat dan potensi pasar. Siapkan juga, rancangan infrastruktur dasar seperti kandang atau tempat penampungan, serta sumber pakan dan air yang memadai.

Jadi, jika Sedulur merasa tertarik untuk menjalankan kegiatan usaha bidang peternakan, tinggal apa lagi? Coba saja dulu jalankan peluang usaha ternak dengan modal 10 juta pun sudah Sedulur bisa melakukannya.