Bagi Sedulur yang punya keahlian dalam bongkar pasang AC, mungkin membuka usaha service AC bisa menjadi langkah yang sangat menarik. Pasalnya saat ini AC menjadi perangkat yang ada di hampir di setiap bangunan, terutama sekolah dan perkantoran.

Sedikit berbeda dari kebanyakan barang elektronik lainnya, tidak banyak orang yang paham akan AC. Jadi ketika AC yang ada di tempat mereka mengalami masalah, tidak ada pilihan lain yang bisa dilakukan selain menghubungi petugas atau ahli profesional.

Namun membuka usaha service AC tidak bisa dilakukan sembarangan. Tetap ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, agar usaha tidak mengalami kerugian atau bahkan harus gulung tikar. Nah, sebelum Sedulur memulainya, berikut akan dijelaskan tentang gambaran dari usaha tersebut!

BACA JUGA: Cara Mematikan Timer AC dengan Mudah

-->

Prospek Usaha Service AC

Freepik/Freepik

Bisa dibilang jika usaha service AC memiliki tingkat kelayakan usaha yang cukup tinggi, terlebih Sedulur berlokasi di perkotaan. Ya, cuaca di Indonesia yang relatif panas dan juga lembab, membuat AC menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan, baik itu di rumah tangga, sekolah, maupun perkantoran.

Tingginya penggunaan AC pada wilayah perkotaan, menjadikan usaha service AC ini sebagai salah satu usaha dengan modal kecil dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Hal itu tercermin dari proyeksi positif PT Sharp Indonesia, yang mengalami pertumbuhan penjualan AC hingga 115% di tahun 2021.

Tidak hanya itu, bisnis service AC juga memiliki beberapa karakteristik yang menarik. Misalnya saja seperti potensi retensi pelanggan yang tinggi, kebutuhan biaya operasional yang kecil, dan margin keuntungan yang cukup menggiurkan. Menjadikan usaha service AC sangat menarik dilakukan di wilayah perkotaan.

Di sisi lain, ada juga beberapa kekurangan dari usaha service AC. Di antaranya seperti sulit meningkatkan skala bisnis, tingkat persaingan yang menengah, dibutuhkan mobilitas yang tinggi dalam melayani para pelanggan, dan juga dibutuhkannya pemasaran yang aktif.

BACA JUGA: Penyebab Kipas Angin Tidak Dingin, Tak Melulu Karena Kotor!

Rincian Modal Usaha Service AC

usaha service ac
Unsplash/Andrew Leu

Perlu untuk Sedulur tahu, jika modal utama yang dibutuhkan untuk memulai usaha service AC ini cukup terjangkau, alias tidak membutuhkan modal yang besar. Sebagai referensi, Sedulur bisa menyimak rincian modal usaha berikut ini untuk membantu perencanaan bisnis yang dilakukan!

1. Modal perlengkapan service AC

  • Dental Mirror dan Magnet Set : Rp100.000
  • Ember: Rp25.000
  • Freon: Rp850.000
  • Gauge Manifold: Rp175.000
  • Kunci-kunci: Rp250.000
  • Leak Detector: Rp280.000
  • Pinch off plier: Rp50.000
  • Pompa dan Plastik Steam AC : Rp250.000
  • Pompa Vacuum: Rp700.000
  • Swaging Tool & Flaring Tool  : Rp160.000
  • Tang Amperemeter: Rp250.000
  • Tangga lipat teleskopik 2,6 M : Rp560.000
  • Thermometer digital : Rp50.000
  • Tubing Cutter: Rp160.000

Total : Rp3.860.000

2. Modal perlengkapan

  • Smartphone: Rp1.500.000
  • Motor second: Rp7.000.000

Total : Rp8.500.000

3. Modal operasional

  • Iklan dan promosi pertama kali: Rp500.000
  • Paket data dan pulsa : Rp100.000
  • Bensin: variatif – maks Rp100.000

Total : Rp700.000

Jadi berdasarkan kebutuhan yang ada di atas, maka bisa disimpulkan bahwa total rincian modal usaha service AC yakni sebesar Rp13.600.000. Itu adalah perkiraan saja, mungkin dalam praktiknya modal tersebut bisa lebih banyak atau justru lebih sedikit.

BACA JUGA: Cara Setting AC agar Dingin, Sejuk, dan Nyaman di Ruangan

Tips Membuka Usaha Service AC

Membuka usaha service AC memang dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan, terutama di perkotaan dan daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Namun, Sedulur perlu mengetahui beberapa tips sebelum membuka usaha tersebut!

1. Pelajari dan kuasai pengetahuan dasar tentang AC

usaha service ac
Unsplash/Thisisengineering Raeng

Sebelum membuka usaha service AC, penting untuk memiliki pengetahuan yang memadai tentang sistem dan cara kerja AC. Selain itu, pahami pula mengenai pemeliharaan dan juga perbaikan umum yang sering diperlukan.

Jika bingung, Sedulur dapat mengikuti pelatihan atau kursus. Dengan begitu, Sedulur bahkan juga akan memperoleh sertifikasi resmi untuk meningkatkan kredibilitas usaha yang dijalankan.

2. Persiapkan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan

Tips yang berikutnya, pastikan Sedulur memiliki peralatan dan perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan AC dengan baik.

Peralatan yang dimaksud, di antaranya seperti alat-alat teknis seperti manifold gauge, termometer digital, vakum, pompa AC. Jangan lupa pula untuk menyediakan suku cadang dan bahan habis pakai seperti filter udara, oli kompresor, dan refrigeran.

3. Bangun jaringan dengan supplier dan distributor

Unsplash/Hugo Clement

Supaya usaha service AC yang Sedulur miliki dapat tetap berjalan dengan lancar, penting untuk memiliki akses yang baik ke suku cadang dan perlengkapan yang diperlukan.

Jangan pernah ragu untuk mulai membangun hubungan dengan para supplier serta distributor yang dapat menyediakan suku cadang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Dengan begitu, maka keuntungan yang bisa didapatkan tentu lebih besar.

4. Tawarkan layanan yang berkualitas dan profesional

Dapat dikatakan jika kualitas pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam usaha service AC. Oleh sebab itu, pastikan teknisi yang Sedulur miliki benar-benar terlatih dan berpengalaman, serta memberikan layanan yang ramah, tepat waktu, dan profesional kepada pelanggan.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan garansi atas pekerjaan yang dilakukan, agar para pelanggan merasa lebih percaya dan tentunya puas dengan layanan yang diberikan.

5. Bangun reputasi dan promosikan usaha

usaha service ac
Unsplash/Bermix Studio

Untuk menarik para pelanggan baru dan membangun basis pelanggan yang setia, Sedulur perlu membangun reputasi yang baik dalam pelayanan dan kualitas kerja. Gunakan strategi pemasaran yang efektif seperti media sosial, situs web, brosur, dan iklan lokal untuk mempromosikan layanan usaha.

Jika memungkinkan, berikan diskon atau promosi khusus untuk pelanggan baru atau yang setia sebagai cara untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Nah, itu dia ulasan mengenai peluang, perkiraan modal, dan juga tips dalam memulai usaha service AC. Dengan beberapa informasi yang ada di atas, semoga Sedulur bisa membangun usaha service AC yang sukses dan berkembang dalam jangka panjang.