penyebab kipas angin tidak dingin

Kipas angin Sedulur tidak terasa dingin saat digunakan? Jangan buru-buru membuangnya, ya. Ada baiknya Sedulur mencari tahu terlebih dahulu penyebab kipas angin tidak dingin. Dengan begitu bisa diketahui bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Nah, agar Sedulur tidak bingung, berikut sudah dirangkum informasi mengenai penyebab kipas angin tidak dingin. Selain itu juga akan dipaparkan beberapa tips agar kipas angin lebih dingin. Yuk, langsung disimak rangkuman informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Warna Cat Rumah yang Sejuk dan Hidupkan Suasana

Penyebab Kipas Angin Tidak Dingin

penyebab kipas angin tidak dingin
Pexels

Seperti diketahui, kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan namanya, alat satu ini ditujukan untuk membuat udara di sekitar menjadi sejuk karena memiliki kipas yang dapat berputar dan menghasilkan angin.

-->

Di sisi lain, kipas angin banyak dipilih karena tidak membutuhkan daya listrik yang besar dan mudah dipasang di berbagai tempat. Kendati begitu, kipas angin juga kerap mengalami masalah seperti halnya alat elektronik lainnya. Salah satunya adalah kipas angin tidak dingin padahal masih bisa dihidupkan dan kipasnya pun dapat bergerak.

Kondisi kipas angin yang tidak dingin tentu membuat tidak nyaman, apalagi jika udara di sekitar sedang panas. Kipas yang diharapkan bisa membuat sejuk malah tidak berfungsi dengan baik.

Jika Sedulur sedang mengalami kondisi tersebut, jangan buru-buru membawanya te tempat service atau bahkan membuangnya. Sebab, ada banyak penyebab kipas angin tidak dingin dan belum tentu kipas tersebut rusak atau sudah tidak bisa digunakan kembali.

Berikut rangkuman beberapa penyebab kipas tidak dingin beserta solusi yang bisa Sedulur coba.

1. Posisi kipas angin tidak tepat

Penyebab kipas angin Sedulur tidak dingin yang pertama adalah posisi yang tidak tepat. Meski terdengar sepele, posisi kipas angin akan memberikan dampak pada kesejukan ruangan. Pasalnya, jika posisi kipas tidak tepat, aliran udaranya pun tidak bisa menyebar ke seluruh ruangan atau ke titik yang diinginkan.

Untuk itu, pastikan Sedulur meletakkan kipas angin di lokasi yang strategis sehingga aliran udaranya mengenai area yang diinginkan atau bahkan dapat menyebar ke seluruh ruangan.

2. Ukuran kipas angin tidak sesuai dengan ruangan

Selain posisinya, ukuran kipas angin juga perlu diperhatikan. Saat ini ada banyak pilihan ukuran kipas angin yang bisa Sedulur temukan di pasaran. Sedulur dapat memilih ukuran kipas sesuai ukuran ruangan di mana kipas tersebut akan digunakan. Dengan begitu, aliran udara yang dihasilkan pun lebih efektif untuk mengatasi udara panas di dalam ruangan.

3. Gangguan sikurlasi udara di dalam ruangan

Penyebab kipas angin tidak dingin yang selanjutnya adalah karena adanya gangguan sirkulasi udara di dalam ruangan. Sebagai alat elektronik, kipas angin memang ditujukan untuk menciptakan aliran udara sehingga udara di sekitarnya menjadi sejuk.

Namun fungsi kipas angin akan menjadi tidak optimal apabila sirkulasi udara di dalam ruangan tidak baik. Sirkulasi udara yang baik akan membuat udara di dalam ruangan selalu berganti.

Dengan kata lain, udara kotor akan keluar dan berganti dengan udara bersih yang segar. Untuk itu, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang memadai sehingga udara kotor dapat keluar dan nantinya kipas angin juga dapat berfungsi secara optimal.

4. Kecepatan kipas angin terlalu rendah

Faktor lain yang kerap diabaikan dapat menyebabkan kipas angin tidak dingin adalah kecepatan yang terlalu rendah. Saat ini, banyak kipas angin di pasaran yang didesain dengan beberapa pilihan kecepatan. Hal ini bukan sekedar hiasan, lho, Sedulur.

Sebab, pilihan kecepatan tersebut dapat benar-benar mempengaruhi aliran udara yang dihasilkan ketika kipas berputar. Nah, jika kipas angin dirasa tidak dingin, coba atur kecepatan menjadi tinggi sehingga perputaran baling-baling juga lebih cepat dan angin yang dihasilkan lebih dingin.

5. Gangguan pada kipas angin

Jika berbagai penyebab di atas sudah ditangani namun kipas angin masih tidak dingin, boleh jadi permasalahan sebenarnya berasal dari kipas angin itu sendiri. Seperti barang elektronik lainnya, kipas angin juga bisa mengalami kerusakan. Terlebih jika sudah digunakan dalam waktu lama dan tidak dirawat dengan baik.

Masalah paling umum adalah kipas angin kotor. Kotoran atau debu yang menempel pada kipas dapat mengganggu pergerakan baling-baling sehingga udara yang dihasilkan juga tidak kuat.

Selain debu, gangguan lain yang bisa terjadi pada kipas angin adalah adanya komponen yang rusak, misalnya kapasitor dan gearbox. Kerusakan bagian-bagian tersebut umumnya disebabkan oleh penggunaan dalam waktu lama dan adanya debu yang tidak segera dibersihkan.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum membawanya ke tukang service, coba bersihkan kipas angin Sedulur terlebih dahulu. Pastikan tidak ada lagi debu atau kotoran yang menempel pada bagian baling-baling. Jika cara tersebut masih tidak efektif, Sedulur dapat membawanya ke tukang service.

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Ruangan Adem dan Sejuk Tanpa AC

Tips Membuat Kipas Angin Jadi Lebih Dingin

Pexels

Pada poin di atas juga diuraikan beberapa penyebab kipas angin tidak dingin dan cara mengatasinya. Di sisi lain, ada pula beberapa tips yang bisa Sedulur coba untuk membuat kipas angin menjadi lebih dingin.

Namun perlu dicatat, tips-tips berikut ini akan lebih efektif jika gangguan atau masalah di atas sudah teratasi dan kipas angin dapat bekerja secara normal.

1. Membuat angin silang

Tips yang pertama adalah membuat angin silang atau crosswind. Apa itu? Secara sederhana, angin silang merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mengeluarkan udara panas dan menarik udara segar ke dalam ruangan. Cara ini dilakukan untuk mengoptimalkan sirkulasi udara sehingga udara di dalam ruangan selalu sejuk.

Bagaimana caranya?

Pertama, tutup jendela dan gorden pada siang hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi udara panas yang masuk ke dalam ruangan.

Selanjutnya, buka jendela dan gorden pada sore hari atau ketika udara di luar lebih sejuk. Selain itu gunakan kipas angin untuk mendinginkan ruangan. Agar lebih efektif, gunakan dua kipas di mana satu kipas menghadap ke luar jendela dan satu kipas menghadap ke dalam ruangan.

2. Menggunakan es batu atau air es

Tips berikutnya adalah dengan memanfaatkan es batu atau juga bisa air es. Cara ini terbilang cukup sederhana, terlebih jika Sedulur memiliki banyak es batu di rumah.

Pertama, isi ember dengan es batu. Jika tidak ada es batu, Sedulur bisa menggunakan air es atau air dingin yang dimasukkan ke dalam botol plastik dan dibungkus kain lembab.

Kemudian, letakkan ember atau botol plastik tadi di depan kipas angin yang menyala. Nantinya udara yang diembuskan kipas angin akan menjadi lebih dingin.

Itu dia beberapa penyebab kipas angin tidak dingin serta solusi yang dapat Sedulur coba. Selain itu juga telah dipaparkan beberapa tips agar kipas angin menjadi lebih dingin. Selamat mencoba!