usaha rumahan yang tidak ada matinya

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar dapat memenuhi kebutuhan harian dan kebutuhan rumah, tentu ada banyak cara yang bisa Sedulur lakukan. Salah satunya yaitu dengan menjalankan usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Menjalankan usaha memang menjadi pilihan menarik, terutama untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ditambah lagi usaha yang dijalankan bisa dari rumah dan bisa laku keras dan tidak ada matinya.

Lantas apa saja daftar rekomendasi usaha rumahan yang tidak ada matinya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Ide Usaha Rumahan yang Bisa Dicoba Saat Bulan Puasa

1. Membuka catering

bisnis sampingan karyawan usaha rumahan yang tidak ada matinya
Unsplash

Ide usaha rumahan yang tidak ada matinya yang pertama yaitu dengan membuka catering. Ide usaha ini sangat cocok, terutama bagi Sedulur yang memiliki hobi dan jago masak. Sedulur bisa membuka bisnis catering kantoran, catering diet hingga catering sehat.

Apalagi beberapa tahun terakhir, tren hidup sehat dan pola hidup diet terus berkembang pesat. Pasalnya pun merupakan kalangan menengah ke atas yang memiliki kelas ekonomi tinggi. Jadi membuka bisnis makanan bisa menghasilkan keuntungan yang tidak main-main.

Tentunya usaha catering bisa dijadikan salah satu pilihan untuk kalian yang memiliki tangan ajaib ketika memasak.

2. Usaha kue dan roti

Ide usaha rumahan yang tidak ada matinya selanjutnya adalah membuka usaha kue dan roti. Jika Sedulur memiliki skill memasak kue, Sedulur bisa memanfaatkan kemampuan untuk memulai bisnis kue. Jenis kue basah maupun kue kering sama-sama banyak disukai oleh masyarakat. Apalagi saat-saat spesial atau hari istimewa.

Banyak aneka usaha kue yang bisa Sedulur lakukan. Mulai dari usaha korean cake, bento cake, soft cookies, kue ulang tahun, kue basah dan masih banyak lagi. Sedulur bisa melakukannya hanya dengan di rumah saja.

3. Bisnis toko kelontong

Bisnis toko kelontong juga menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Apalagi jika Sedulur memiliki lingkungan rumah yang berada di pedesaan atau perumahan, tentu toko bisa mendapatkan banyak pelanggan dari tetangga sekitar.

Keberadaan toko kelontong juga sangat penting karena menjadi tempat untuk masyarakat mendapatkan berbagai macam kebutuhan pokok. Misalnya saja seperti beras, minyak goreng, telur, sampai minuman ringan. Serta kebutuhan rumah tangga harian lainnya.

Membuka toko kelontong atau warung dikatakan tidak ada matinya karena hal tersebut berkaitan dengan kebutuhan masyarakat, terlebih lagi kebutuhan harian.

4. Berjualan pulsa dan token

Di era digital yang semakin berkembang pesat ini, di tengah zaman yang semakin maju, telepon genggam sekarang telah menjelma menjadi komoditas utama yang hampir tidak bisa terpisah dengan kebutuhan manusia.

Melihat situasi ini, berjualan pulsa elektrik tentu saja bisa menjadi peluang bisnis yang tidak bisa Sedulur lewatkan. Usaha rumahan yang satu ini ternyata tidak memerlukan modal yang besar. Hal yang perlukan hanyalah sebuah telepon genggam untuk mengirim pulsa elektrik dan paket internet.

Untuk memulai bisnis ini, Sedulur bisa mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet ternama yang bisa Sedulur cari secara online. Karena kebutuhan masyarakat, bisnis ini bisa dikatakan tidak akan ada matinya.

5. Membuka kedai snack

Berjualan makanan atau camilan adalah peluang bisnis yang tidak pernah ada matinya, maka wajar jika membuka kedai snack masuk ke dalam daftar ide usaha rumahan yang tidak ada matinya. Dengan potensi yang besar, Sedulur juga perlu sedikit riset agar usaha di rumah ini berjalan dengan lancar.

Ide usaha rumahan seperti ini sangat cocok dicoba karena modalnya yang kecil tapi potensi keuntungannya begitu besar. Setiap orang tentu saja sangat suka ngemil dan menyantap camilan apapun. Hal tersebut bisa jadi potensi awal untuk mengembangkan bisnis Sedulur.

6. Kedai kopi

usaha rumahan yang tidak ada matinya
Detik

Jika Sedulur memiliki area besar di depan rumah, kenapa tidak dimanfaatkan untuk membuka kedai kopi atau usaha franchise saja. Pasalnya, saat ini semakin banyak anak muda yang suka nongkrong di berbagai tempat seperti kedai kopi.

Sedulur bisa secara kreatif membuat kedai kecil-kecilan dengan menyediakan fasilitas tambahan seperti tempat yang nyaman, wifi gratis dan menu makanan yang nikmat namun mudah untuk dibuat. Atau Sedulur juga bisa menggunakan konsep warung kopi agar lebih sederhana dan disukai oleh warga.

Pada dasarnya kedai kopi atau warung kopi menawarkan kebersamaan dan tempat untuk nongkrong agar bisa saling berbincang dan bersilaturahmi.

7. Jualan aksesoris

Ide usaha rumahan yang tidak ada matinya selanjutnya yaitu jualan aksesoris, terutama bagi Sedulur yang tinggal di daerah wisata. Aksesoris yang dijual bisa merupakan aksesoris khas yang bisa dijadikan oleh-oleh atau cinderamata.

Bukan hanya itu, banyak wanita yang senang mengenakan aksesoris untuk mempercantik penampilan. Karena itu, bisnis aksesoris bisa memberi peluang yang cukup menguntungkan untuk para pelaku bisnis rumahan.

Apalagi jika Sedulur merupakan orang yang kreatif dan sabar untuk membuat aksesoris yang cantik.Bisnis aksesoris memang terlihat sederhana. Namun, jika Sedulur bisa membuat bentuk dan ciri khas yang unik maka satu aksesoris bisa sangat berharga untuk ide usaha rumahan.

Aksesoris juga memiliki pasar yang sangat besar. Terutama kalangan wanita baik muda sampai dewasa. Jadi bisa terbayang bukan keuntungan yang didapatkan dari ide usaha sampingan satu ini. Belum lagi, penjualan yang bisa dilakukan lewat media sosial membuat modal yang kecil dari usaha ini sangat layak untuk dicoba.

8. Jasa laundry kiloan

Tentu saja akan sangat kurang lengkap jika tidak memasukan usaha jasa laundry dalam daftar ide usaha rumahan yang tidak ada matinya ini. Ketika hidup di lingkungan kampus atau perumahan dengan mayoritas penduduk yang sibuk? Usaha ini bisa sangat potensial dan menguntungkan.

Banyak orang, khususnya para kelompok generasi milenial atau generasi Z memiliki kesibukan dengan intensitas tinggi. Sehingga, terkadang mereka akan memilih untuk melakukan hal simple seperti membayar jasa dan waktu orang lain untuk mencuci pakaian.

Jadi, usaha laundry kiloan ini bisa sangat menguntungkan jika dijalani dan menjadi usaha yang sangat potensial dan sangat memungkinkan untuk mengembangkannya menjadi lebih maju lagi.

9. Usaha menjahit

Ide usaha rumahan yang tidak ada matinya selanjutnya yaitu dengan membuka usaha menjahit. Pakaian merupakan kebutuhan penting di dalam kehidupan. Dari keahlian menjahit yang Sedulur miliki, Sedulur bisa membuka peluang usaha besar seperti tailor, konveksi hingga butik.

Tentunya, kreativitas dan kerapihan menjadi tolak ukur utama untuk mengembangkan bisnis ini. Jadi, jika Sedulur memiliki skill tersebut, padukan dengan skill bisnis agar usaha jahit menjahit Sedulur bisa terus berkembang.

Bukan tidak mungkin ide usaha sampingan semacam ini bisa menjadi sumber pemasukan utama Sedulur. Ditambah jika Sedulur mengembangkan usaha ini, bisa jadi besar menjadi usaha di bidang fashion dan tentu saja memberikan penghasilan yang sangat menjanjikan.

10. Pom mini

Ternyata bisnis Pertamini bisa memberi keuntungan yang tidak main-main. Apalagi jika rumah Sedulur berada di pinggir jalan atau di kawasan yang cukup jauh dari pom bensin. Usaha rumahan pertamini ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan usaha bensin eceran pada umumnya.

Kenapa usaha rumahan ini tidak ada matinya? Tentu saja jawabannya sangat pasti, karena kebutuhan untuk mengisi bahan bakar kendaraan, kendaraan sendiri digunakan oleh banyak orang untuk beraktivitas dan menunjang kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: 22 Ide Usaha Modal Kecil, Banyak Cuan untuk Pemula

11. Budidaya ikan hias

AZ Animal

Budidaya ikan hias bisa memberikan keuntungan yang tidak main-main. Pasalnya, beberapa jenis ikan hias bisa dijual hingga jutaan rupiah. Bagi mereka pecinta ikan hias tentu harga tersebut tidak akan menjadi masalah.

Jadi, jika Sedulur gemar untuk merawat ikan hias, jadikan hal tersebut menjadi ladang bisnis yang menarik untuk digeluti. Jika usaha diawali dengan hobi, tentu Sedulur mungkin tidak akan merasa sulit ketika menjalani bisnis tersebut.

Usaha rumahan yang tidak ada matinya ini disebabkan karena banyak pecinta ikan hias yang tidak sayang untuk mengeluarkan uang demi hobi dan kesukaannya terhadap ikan hias. Bukan hanya itu, banyak rumah juga yang memelihara ikan hias demi keseimbangan dan ketenangan di rumah.

12. Jasa penitipan peliharaan

Suka merawat hewan peliharaan? Kenapa tidak memanfaatkannya saja untuk peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya? Sedulur bisa membuka usaha jasa penitipan hewan bagi orang-orang yang kebingungan ketika harus meninggalkan binatang peliharaannya di rumah.

Selain itu, Sedulur juga bisa berkembang untuk menawarkan jasa lain seperti grooming. Di sisi lain, Sedulur tentu akan senang bertemu hewan-hewan baru dan tetap bisa menghasilkan keuntungan tersendiri.

Ada banyak masyarakat yang menyukai hewan peliharaan. Tentu saja hal tersebut bisa menjadi peluang dan potensi untuk dijadikan usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

13. Jasa cuci motor

Ini adalah usaha rumahan yang tidak ada matinya yang sangat layak untuk dilakukan di rumah. Lantas apa alasannya? Coba Sedulur perhatikan tempat cuci motor mana yang selalu terlihat sepi. Belum lagi saat musim hujan datang, pelanggan dengan motor kotornya akan semakin bertambah.

Dengan modal tidak sampai 8 juta, Sedulur sudah bisa membuka usaha ini. Motor sendiri merupakan kendaraan yang menjadi penunjang utama aktivitas sehari-hari masyarakat, maka tidak heran jika usaha ini bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan dan tidak ada matinya.

14. Jasa cuci karpet

Sama seperti jasa cuci motor, jasa cuci karpet juga bisa menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Coba Sedulur bayangkan, rumah mana yang tidak memiliki karpet? Karpet menjadi salah satu kebutuhan utama dalam rumah.

Belum lagi mencuci karpet merupakan pekerjaan yang merepotkan, membutuhkan peralatan khusus tidak seperti mencuci pakaian. Kebersihan karpet juga menjadi tujuan dari setiap pemilik rumah. Maka ketika Sedulur bisa memberikan semua hal yang dibutuhkan pemilik karpet, usaha ini akan sangat layak untuk dijalankan.

15. Jasa air minum isi ulang

Sebagai salah satu bisnis yang membuat kehidupan lebih mudah, usaha ini sangat menjanjikan karena orang suka sekali dengan hal yang praktis. Sebelum memulai bisnis ini, Sedulur perlu membuat riset terlebih dahulu agar investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Setelah mengumpulkan modal uang dan pengetahuan, Sedulur bisa memulai bisnis ini tanpa keraguan lagi. Untuk strategi penjualan, Sedulur bisa mengajak para pembeli untuk berlangganan serta titipkan produk Sedulur di warung sembako sekitar rumah.

Selain itu, jasa air minum isi ulang menjadi salah satu ide usaha rumahan yang tidak ada matinya sekaligus menjadi paling menjanjikan, karena setiap orang membutuhkan minum untuk kesehatan dan agar tidak dahaga setiap harinya.

16. Barber shop

jobdesk kapster
Wellness Academie

Meski terkesan sederhana, bisnis kecil-kecilan ini tidak boleh Sedulur pandang sepele karena omsetnya bisa sangat besar. Pasalnya, modal awal yang Sedulur keluarkan bisa Sedulur pakai berkali-kali. Adapun, usaha ini memiliki tingkat sukses yang lebih tinggi jika Sedulur buka di lingkungan yang masih jarang tempat potong rambut.

17. Blogger

Mencari ide usaha rumahan yang tidak ada matinya namun secara online? Blogger bisa dijadikan sumber penghasilan yang menjanjikan jika Sedulur memiliki keahlian menulis yang baik. Sedulur hanya memerlukan modal laptop atau PC, internet dan situs blog serta konsisten untuk menulis konten.

Sudah banyak blogger yang sukses dan bisa menghasilkan penghasilan hingga miliaran. Sedulur bisa melakukan kerjasama dengan brand tertentu, memasang iklan hingga menjual produk atau jasa pribadi melalui blog. Jadi, jangan meremehkan usaha rumahan satu ini. Jika Sedulur hobi menulis, cobalah untuk lebih profesional dengan belajar copywriting dan sebagainya.

18. Reseller

Untuk bisa membuka bisnis, tentu Sedulur harus memiliki modal. Namun, jika terhalang modal, Sedulur bisa melakukan bisnis reseller dan dropshipper produk online. Di sini, Sedulur akan berperan untuk menjualkan atau memasarkan produk orang lain.

Sedulur hanya perlu mencari supplier barang yang bagus dan terpercaya. Sedulur bisa memasarkan produk orang lain dengan menggunakan nama toko sendiri. Pembeli yang membeli barang melalui dropshipper tidak tahu siapa penjual awal atau penjual asli produk tersebut.

Ini menjadi ide usaha modal kecil yang sangat cocok dicoba oleh siapa saja. Apalagi tren reseller dan dropshipper belakangan sedang sangat bagus.

19. Jasa desain grafis

Jika Sedulur memiliki keterampilan dalam bidang desain grafis, tentu Sedulur bisa membuka peluang usaha di bidang tersebut. Di zaman serba online seperti saat ini, jasa desain grafis sangat dibutuhkan banyak sektor untuk melakukan branding hingga rebranding.

Sedulur bisa memanfaatkan kemampuan desain grafis dengan sistem freelance di mana Sedulur bisa bekerjasama dengan pihak atau perusahaan luar untuk membuat iklan atau branding usaha mereka.

20. Penulis konten SEO

Jika Sedulur suka menulis, tidak ada salahnya untuk mendalami tentang SEO writer. Penulis akan menulis artikel dan konten yang dipadukan dengan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Saat ini, posisi ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pemasaran produk yang disesuaikan dengan SEO.

Perkembangan teknologi membuat banyak orang beralih ke dunia online. Banyak orang-orang mengandalkan Google untuk mencari produk atau sekedar mencari informasi tertentu. Untuk memanfaatkan situasi ini, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa SEO writer.

21. Freelance editor

aplikasi untuk membuat struktur organisasi
Canva

Apabila memiliki hobi menulis dan sudah lama berkecimpung di dunia penulisan, Sedulur mungkin ingin mencoba ide usaha online rumahan seperti menjadi seorang editor freelance. Sedulur bebas memilih proyek yang ingin dikerjakan, menentukan tarif, serta waktu kerja.

Ada beberapa jenis jasa edit yang bisa Sedulur tawarkan, misalnya editing developmental. Di sini, Sedulur nantinya fokus pada “gambaran keseluruhan” tulisan yang diedit. Tugas utama Sedulur adalah memeriksa struktur dan gaya tulisan tersebut.

Jenis lainnya adalah copy editing, atau mengoreksi elemen yang lebih teknis, seperti tata bahasa dan gaya yang digunakan. Sedulur perlu mendalami dan mengoreksi isi tulisan dengan tepat sesuai tujuan yang ingin dicapai melalui tulisan tersebut.

22. Bisnis thrifting

Bisnis thrift atau pakaian pre-loved (pakaian yang sudah dipakai) saat ini memang sedang sangat digemari di kalangan anak muda. Beberapa bahkan sudah sukses dalam memulai ide usaha rumahan ini. Agar berhasil dengan bisnis thrift, Sedulur bisa mencari supplier yang menyediakan paket bundling atau ball untuk usaha, yang biasanya memuat puluhan pakaian dalam satu paket.

Setelah itu, Sedulur bisa memilah-milah pakaian yang masih layak, dan jika beruntung, Sedulur bahkan bisa mendapatkan pakaian dari brand yang lumayan kece, loh! Jangan lupa untuk mencuci pakaian-pakaian ini sampai bersih dan wangi, lalu ambil foto produk yang bagus.

Kemudian, Sedulur bisa mulai mengupload foto dan menjual pakaian ini di marketplace, tentunya dengan harga yang lebih murah daripada pakaian baru, tapi kualitasnya masih bisa bersaing. Plus, pakaian preloved juga bisa membantu sustainabilitas karena tidak ada barang baru yang beredar.

Bisnis satu ini juga tergolong ide usaha rumahan kreatif yang banyak dilakukan anak muda karena potensi fashion yang tiada henti.

23. Agen frozen food

Semua orang sekarang ingin segala hal yang serba praktis dan mudah. Tak terkecuali urusan makanan, ada kalanya kita pasti merasa malas atau tidak mood untuk memasak makanan yang terbilang ribet. Salah satu solusinya tentu saja frozen food, yang bisa disimpan lama di freezer dan tinggal goreng atau rebus saat Sedulur ingin mengkonsumsinya.

Banyak pabrikan saat ini yang menyediakan kemitraan untuk menjadi reseller, misalnya saja produsen nugget Fiesta. Mereka menyediakan kemitraan bagi siapa saja yang ingin menjadi agen produk mereka. Ide usaha sampingan seperti ini sangat cocok dilakukan di rumah lho.

24. Menjadi Youtuber

Sedulur suka merekam video atau memiliki hobi menarik yang bisa didokumentasikan? Ubah menjadi peluang usaha rumahan untuk mendapatkan uang melalui YouTube. Raksasa platform berbagi video ini memungkinkan semua orang membangun usaha rumahan yang menjanjikan hanya dengan merekam video.

Untuk membuat channel YouTube, pilih niche yang sesuai dengan minat Sedulur. Jika ingin mewujudkan ide bisnis rumahan melalui channel Sedulur, cobalah genre seperti memasak, gaming, dan ulasan teknologi.

Niche yang difokuskan harus memiliki banyak audiens agar Sedulur bisa mendapatkan penonton dengan cepat. Setelah memiliki ribuan subscriber dan 4000 waktu tonton, Sedulur pun bisa bergabung dalam Program Partner YouTube.

Selanjutnya, Sedulur bisa mendapatkan penghasilan melalui AdSense. Perjalanan Sedulur dari sini juga akan lebih mudah karena perusahaan lebih senang bermitra dengan channel yang memiliki banyak audiens. Atau, Sedulur juga bisa mendapatkan uang dengan menjual merchandise atau penggalangan dana melalui Patreon.

25. Membuka rental Playstation

usaha rumahan yang tidak ada matinya
Eraspace

Rekomendasi usaha rumahan yang tidak ada matinya terakhir yaitu dengan membuka rental playstation atau rental PS. Dunia gim akan terus berkembang seiring berkembangnya teknologi. Orang-orang pun tidak ingin ketinggalan untuk mencicipi kesenangan yang ditawarkan oleh konsol ini.

Jika lokasi rumah kamu berada di tempat yang ramai orang, kamu bisa mencoba usaha rumahan yang menjanjikan ini. Dengan bermodal 2 TV dan 2 Playstation 4, kamu sudah bisa membuka rental sendiri di rumah.

Walaupun modal yang dikeluarkan cukup besar, bisnis ini adalah usaha yang cepat balik modal mengingat animo masyarakat, apalagi para remaja, terhadap gim.

Nah itulah daftar usaha rumahan yang tidak ada matinya, dijamin laku keras dan bisa memberikan tambahan penghasilan untuk kebutuhan Sedulur. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur ya, terutama agar dapat memberikan inspirasi bisnis bagi Sedulur.