usaha rumahan yang lagi trend

Memiliki pemasukan tambahan di luar gaji bulanan tentu menjadi impian setiap orang. Nah, Sedulur bisa mencoba untuk usaha rumahan yang lagi trend sekarang ini. Salah satunya ialah bisnis online dengan berjualan barang yang lagi trend sekarang. Selain itu masih banyak ide usaha rumahan yang bisa Sedulur pertimbangkan untuk dijadikan lahan pundi-pundi uang tambahan.

Nah, apa saja rekomendasi usaha rumahan yang menjanjikan yang bisa Sedulur lakukan? Yuk, simak daftar usaha rumahan yang patut dicoba berikut ini.

BACA JUGA:  10 Cara Mudah Menata Toko Kelontong Agar Makin Menarik Pembeli

Daftar ide bisnis yang lagi trend 2022, patut dicoba!

1. Bisnis PPOB

1. Bisnis PPOB
designjaya.com

PPOB atau Payment Point Online Bank merupakan sebuah layanan yang menyelenggarakan pembayaran atau pembelian online. Pembayaran online saat ini merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh masyarakat, mulai dari membayar pulsa, internet, listrik, top up game dan juga layanan dompet digital lainnya.

-->

Membuka bisnis PPOB melihat kebutuhan saat ini merupakan salah satu usaha rumah yang lagi trend saat ini sedang dilakukan. Sedulur bisa menawarkan beberapa jasa pembayaran dan transaksi kebutuhan masyarakat. Sebagaimana sistem perbankan yang lebih ramah dan lebih mudah yang bisa dinikmati pelayanannya oleh masyarakat.

2. Jual Jilbab

2. Jual Jilbab
niaga.tv

Usaha rumahan yang lagi trend yang bisa Sedulur coba saat ini adalah menjual jilbab. Hal tersebut didukung dengan jilbab yang saat ini telah menjadi tren. Hal tersebut tentu saja bisa sangat menguntungkan Sedulur. Sedulur bisa menggunakan sebagian ruangan di rumah Sedulur yang digunakan sebagai gudang dan juga tempat untuk menjual jilbab.

Terutama di waktu akan memasuki bulan puasa dan lebaran Idul Fitri. Membuat usaha jilbab yang Sedulur lakukan akan semakin laris. Karena pola menjual jilbab sangat dipengaruhi dengan momen-momen hari keagamaan seperti bulan puasa dan lebaran Idul Fitri. Sedulur bisa segera mencobanya, jangan sampai menyia-nyiakan.

3. Bisnis Kosmetik

3. Bisnis Kosmetik
okezone.com

Bisnis kosmetik saat ini sedang menjadi usaha rumahan yang lagi trend, hal tersebut disebabkan oleh trend masyarakat, terutama wanita, yang sangat memperhatikan kesehatan kulit wajah dan tubuh. Kosmetika dapat menunjang penampilan menjadi lebih prima dan lebih menarik. Sedulur bisa memanfaatkan momen yang sedang trend saat ini sebagai sebuah kesempatan untuk mendapatkan penghasilan.

Sedulur tinggal mencari supplier yang menawarkan berbagai kosmetik, cari kosmetik dengan produk yang bagus dan harga terjangkau. Lalu jual secara online, Sedulur bisa menjalankan usaha satu ini dari rumah tanpa membutuhkan tempat dan mengeluarkan uang untuk sewa tempat. Dijamin sangat menguntungkan.

4. Bisnis Air Minum Isi Ulang

4. Bisnis Air Minum Isi Ulang
enterpreneur.bisnis.com

Selain menguntungkan, usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah menjalankan jasa air minum isi ulang. Usaha satu ini sangat dibutuhkan dan dapat membuat Sedulur bisa mendapatkan pemasukan dan keuntungan setiap harinya. Hampir di setiap rumah menggunakan jasa isi ulang air minum yang digunakan sebagai pasokan air bersih. Selain itu, bisnis satu ini juga sangat potensial untuk berkembang dan menjadi sebuah usaha rumahan yang sukses besar.

5. Bisnis kue kering, usaha rumahan yang lagi trend

5. Jual Kue Kering
kompas.com

Usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah menjual kue kering. Menjual kue kering sebenarnya memiliki trend tersendiri, biasanya memasuki momen hari raya keagamaan, seperti lebaran dan natal. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan masyarakat Indonesia yang menyuguhkan kue untuk merayakan kebersamaan dan berkumpul di hari raya Idul Fitri.

Sedulur juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menjalankan usaha satu ini. Dengan modal kecil Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang super melimpah. Biasanya menjelang waktu lebaran, Sedulur akan mendapatkan banyak pelanggan yang memesan kue kering. Pada titik itu, Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

BACA JUGA: Begini Cara Buat Proposal Bisnis yang Baik & Benar + Contoh

6. Bisnis Thrift Store

Freepik
 

Kekuatan tren pakaian di masyarakat, terutama remaja hingga dewasa dapat Sedulur manfaatkan sebagai ide bisnis rumahan online maupun offline. Toko barang bekas atau sering disebut thrift store umumnya menjual berbagai jenis baju, celana, aksesoris hingga berbagai macam peralatan rumah tangga yang sudah terpakai tapi kondisinya masih bagus.

Untuk memulainya, tentunya Sedulur harus menentukan fokus usaha, apakah akan menjual pakaian, sepatu, atau perkakas lainnya. Kemudian mulailah mecari supplier yang menjual paket bundling atau ball guna keperluan stok toko. Setelahnya, pastikan bisnis yang dirancang sudah sesuai dengan rencana sebelumnya. Agar memaksimalkan pemasaran, disarankan untuk memberi nama toko dengan kata kunci misalnya “ABC Thrift Store” serta pasarkan lewat media sosial atau online marketplace. 

7. Bisnis Dropship

Freepik

Ide bisnis rumahan yang dapat Sedulur coba selanjutnya adalah dengan menjadi dropshipper. Dropshipper bertugas untuk  membuka online marketplace lalu mempromosikan produk perusahaan tertentu. Untuk menjalankan bisnis ini, Sedulur hanya akan bekerjasama dengan pemasok grosir yang akan memasarkan barang atas nama Sedulur sendiri atau sering disebut white labeling.

Artinya , jika ada transaksi pembelian, Sedulur harus menghubungi pemasok guna memberikan barang tersebut pada konsumen.  Perlu diingat bahwa minat pembeli dan segmen pasar juga harus diperhitungkan untuk memilih produk yang menghasilkan profit lebih besar.

 

8. Usaha bisnis laundry rumahan

8. Bisnis Laundry
akurat.co

Jenis usaha rumahan yang lagi trend yang bisa Sedulur coba selanjutnya adalah membuka usaha laundry. Dengan menjalankan usaha ini, Sedulur yang merupakan seorang karyawan juga bisa menjalankannya dengan mudah. Karena usaha satu ini bisa dijalankan di rumah

Pekerjaan tetap bisa dilakukan dan usaha laundry tetap bisa berjalan. Terutama jika Sedulur sebagai karyawan yang memiliki rumah di daerah pendidikan atau perkantoran. Membuka usaha ini akan mengantarkan keuntungan, karena mahasiswa atau pekerja biasanya tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri.

9. Usaha katering

9. Usaha Katering
berkahcatering.web.id

Usaha rumahan yang lagi trend lainnya adalah membuka usaha katering, sama dengan usaha laundry, usaha satu ini juga bisa dijalankan di rumah dengan mudah dan bisa dijalankan bagi Sedulur yang memiliki pekerjaan utama. Terutama, jika Sedulur tinggal di daerah perkantoran, usaha satu ini sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Kebutuhan makan merupakan kebutuhan utama, banyak pekerja yang membutuhkan makan siang di tengah waktu kerja yang dilakukan. Terutama jika Sedulur jago masak dan memiliki beberapa anggota keluarga yang bisa diajak bekerja sama untuk mengurus usaha sampingan karyawan satu ini. Dijamin menguntungkan!.

10. Bisnis Fashion

10. Bisnis Fashion
kumparan.com

Inspirasi usaha di bidang fashion memang cukup menjanjikan dan menguntungkan karena produk ini akan selalu dibutuhkan dan sangat mudah diserap oleh masyarakat secara luas sehingga tidak terlalu sulit untuk menggaet target pasar. Hal tersebut yang menjadikan bisni fashion merupakan salah satu usaha rumahan yang lagi trend saat ini.

Pakaian beserta aksesoris kini menjadi sebuah kebutuhan yang penting untuk dipenuhi oleh beberapa orang. Selain menambah rasa percaya diri juga terlihat lebih rapi dan menarik untuk dipandang. Fashion sangat menarik untuk diikuti dan digunakan sebagai ajang eksplorasi dalam memadupadankan apa yang akan digunakan, bentuk, motif serta warna.

BACA JUGA: Kisah Sukses Para Super Agen, Raih Untung Lewat Usaha Kelontong

11. Usaha warung kopi

11. Usaha Warung Kopi
kompas.com

Dengan modal usaha yang tidak begitu besar, warung kopi sederhana adalah salah satu inspirasi usaha rumahan yang lagi trend yang menguntungkan di tahun 2021 ini. Jika Sedulur Super amati, hampir di setiap wilayah baik di perkampungan hingga kawasan perkotaan Sedulur Super menjumpai banyak warung kopi dengan berbagai nama yang unik.

Nah, ini adalah kesempatan terbaik bagi Sedulur Super untuk dijadikan sebagai inspirasi usaha di kampung. Menarik, bukan?Namun sebelum Sedulur Super memulai usaha warung kopi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar usaha warung kopi Sedulur Super berjalan sesuai rencana dan tentunya akan membawa keuntungan.

12. Menjalankan Service Elektronik

12. Menjalankan Service Elektronik
alamatelpon.com

Bagi Sedulur yang memiliki bakat dan skill di bidang elektronik, dan memiliki ketertarikan dalam hal memperbaiki suatu, jenis usaha rumahan modal kecil untung besar satu ini sangat cocok untuk Sedulur lakukan. Semakin hari semakin banyak gadget yang dikeluarkan, dan juga semakin banyak masyarakat yang menggunakan gadget.

Setiap gadget atau barang elektronik yang digunakan juga ada kemungkinan rusak, pada titik ini peluang usaha servis elektronik bisa berjalan. Sedulur juga bisa membuat usaha ini di rumah tanpa harus menyewa toko atau tempat usaha.

13. Tempat Cuci Motor

13. Tempat Cuci Motor
suara.com

Jenis usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah membuka tempat cuci motor. Saat ini, setiap keluarga pasti memiliki motor sebagai kendaraan utamanya, dan biasanya bagian mencuci motor adalah hal yang paling malas untuk dilakukan. Kebiasaan ini yang menjadi peluang bagi usaha rumahan modal kecil untung besar satu ini.

Tidak usah memikirkan modal untuk membeli peralatan cuci motor yang canggih dan lengkap. Di awal memulai usaha rumahan modal kecil untung besar ini, hanya dengan bermodalkan air keran, selang, kain lap, sikat dan detergen pembersih, usaha satu ini bisa dijalankan dengan lancar.

Terutama di musim hujan saat ini, usaha satu ini akan sangat laris, karena motor akan mudah kotor dengan becek dan tanah yang menempel pada setiap motor.

14. Jasa Cuci Sepatu

14. Jasa Cuci Sepatu
winnetnews.com

Dalam beberapa tahun terakhir, usaha cuci sepatu mulai populer dikalangan remaja. Namun pengusaha yang memulai usaha ini masih tergolong sedikit, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi Sedulur untuk memulai usaha rumahan yang lagi trend satu ini dan mendapatkan keuntungan besar darinya.

Harga sepatu kini semakin mahal, meski merek lokal sekalipun. Dengan harga sepatu yang mahal, mereka tentu berhati-hati dalam merawatnya. Agar meminimalisir resiko kerusakan, pemilik sepatu biasanya lebih memilih jasa cuci sepatu yang profesional. Memulai usaha ini pun juga tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan modal 3-5 juta, Sedulur Super sudah bisa memulai usaha ini. 

15. Usaha rumahan yang lagi trend: katering sehat

usaha rumahan yang lagi trend
Hai Bunda

Saat ini pola hidup sehat bukan lagi sekadar kebutuhan hidup, melainkan telah menjadi sebuah gaya hidup yang populer di tengah masyarakat. Fenomena ini pun bisa Sedulur manfaatkan sebagai peluang bisnis rumahan.

Sedulur bisa memulainya dengan membuat beberapa menu sehat yang kemudian dapat dikembangkan seiring dengan perkembangan bisnis tersebut. Adapun Sedulur dapat menggunakan media sosial maupun aplikasi jasa pesan antar makanan sebagai media pemasaran.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Digital yang Paling Menguntungkan

16. Jasa foto produk

usaha rumahan yang lagi trend
Merdeka

Dalam menjalankan bisnis online, seseorang perlu memiliki katalog untuk menampilkan produk apa yang dijual. Tentunya katalog yang berisi foto-foto produk tersebut tidak boleh dibuat secara sembarangan agar bisa menarik perhatian calon konsumen. Nah, di sinilah kemudian muncul peluang bisnis usaha rumahan yang cocok untuk pemula lakukan, yaitu bisnis foto produk.

Sesuai namanya, bisnis foto produk menawarkan jasa foto untuk produk yang dijual oleh klien. Sebagai langkah awal Sedulur dapat menyiapkan perlengkapan fotografi sederhana dan sebuah kamar sebagai studio untuk pengambilan gambar.

17. Bisnis salad buah

usaha rumahan yang lagi trend
Kompas

Salad buah merupakan jajanan yang tengah diminati banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa banyak yang menyukai menu makanan berbahan dasar buah ini. Meski terlihat mudah dibuat, nyatanya tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk membuat salad buah sendiri di rumah. Untuk itu Sedulur bisa memanfaatkannya sebagai ide bisnis.

Adapun kunci dari pembuatan salad buah adalah kualitas dari buah yang digunakan. Pastikan buah yang dipilih dalam kondisi segar. Selain itu, coba buat racikan dressing atau saus salad yang lezat yang nantinya bisa menjadi ciri khas dari bisnis salad buah Sedulur.

18. Jasa desain grafis

usaha rumahan yang lagi trend
Freepik

Usaha rumahan yang lagi trend murah berikutnya adalah jasa desain grafis. Sedulur tidak memerlukan banyak alat sebagai modal dalam menjalankan bisnis satu ini. Meski begitu jasa desain grafis memiliki peluang untuk memperoleh bayaran besar di setiap proyek yang digarap.

Nah, ide bisnis jasa desain grafis ini patut dicoba oleh Sedulur yang memiliki bakat menggambar terlebih menggunakan aplikasi desain grafis. Sedulur bisa menawarkan jasa pembuatan logo, poster, dan lain sebagainya. Selain itu, manfaatkan pula media sosial sebagai portofolio untuk menampilkan hasil desain grafis yang pernah dikerjakan. Hal itu dapat menarik minat calon konsumen di samping menjadi dokumentasi untuk Sedulur.

19. Usaha dessert box

usaha rumahan yang lagi trend
Kompas

Ide bisnis online yang lagi trend yang bisa Sedulur coba adalah usaha dessert box. Makanan yang manis yang dikemas dalam wadah box transparan ini tengah diminati banyak orang. Resep dessert box ini pun juga bertebaran di dunia maya sehingga tidak sulit bagi Sedulur untuk mencarinya.

Nah, agar usaha dessert boxmu berbeda dari milik orang lain, Sedulur dapat membuat menu atau pilihan rasa yang unik namun tentunya tetap lezat di lidah. Sama seperti bisnis makanan lainnya, Sedulur dapat memanfaatkan aplikasi pesan antar makanan sebagai media pemasaran sekaligus untuk bertransaksi dengan pembeli.

20. Bisnis snack kiloan

usaha rumahan yang lagi trend
Grosir Snack Kiloan

Bisnis snack kiloan memang bukanlah sebuah ide bisnis baru. Namun bisnis yang sudah ada sejak lama ini masih memiliki peluang besar untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah. Sedulur juga tidak harus mengelola usaha secara langsung, melainkan dapat mempekerjakan orang lain untuk menjaga toko. Selain itu, bisnis snack kiloan juga bisa dikembangkan menjadi bisnis online dengan memanfaatkan e-commerce ataupun media sosial sebagai media untuk berhubungan dengan calon konsumen.

BACA JUGA: 22 Peluang Usaha yang Potensial dan Menguntungkan

21. Jasa ilustrasi foto

usaha rumahan yang lagi trend
Pinterest

Jasa ilustrasi foto juga bisa menjadi ide bisnis bagi Sedulur yang memiliki bakat di bidang menggambar dan desain grafis. Apalagi saat ini sedang tren pembuatan ilustrasi dari foto, baik itu foto keluarga, pre-wedding, hingga pasfoto untuk buku nikah.

Adapun Sedulur dapat mematok harga berdasarkan ukuran gambar, jumlah orang yang dibuat ilustrasi, hingga jenis hasil ilustrasi, misalnya dalam bentuk softfile maupun cetak. 

22. Jasa penitipan anak

usaha rumahan yang lagi trend
Freepik

Ide bisnis dengan peluang besar yang mungkin tak banyak orang pikirkan adalah jasa penitipan anak. Seperti yang diketahui, penitipan anak menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh orang tua yang bekerja. Apalagi jika mereka memiliki jam kerja hingga sore sementara jam sekolah anak-anak hanya sampai siang hari.

Usaha rumahan ini cocok untuk Sedulur yang menyukai anak-anak serta memiliki ruang yang cukup untuk tempat bermain anak-anak. Namun karena jasa penitipan anak ini dibangun sebagai bisnis rumahan, ada baiknya Sedulur tidak menerima terlalu banyak anak agar tetap kondusif dan nyaman bagi anak.

23. Bisnis cetak foto

usaha rumahan yang lagi trend
Kompas

Ide bisnis rumahan dengan peluang cuan selanjutnya adalah bisnis cetak foto. Tak hanya menjalankan bisnis secara offline dengan membuka toko di rumah, Sedulur juga bisa membuka layanan cetak foto secara online dan kemudian mengirimkan hasilnya kepada klien lewat jasa ekspedisi.

Adapun modal yang diperlukan untuk membuka bisnis cetak foto di antaranya adalah komputer dan printer. Selain itu pilih kertas foto yang berkualitas yang nantinya bisa menjadi keunggulan sendiri untuk bisnis Sedulur.

24. Usaha rumahan jasa rias atau make up artist

usaha rumahan yang lagi trend
Freepik

Bisnis make up artist atau biasa disebut MUA merupakan peluang usaha yang menjanjikan dalam beberapa waktu terakhir. Pasalnya kebutuhan MUA semakin meningkat seiring dengan perkembangan media sosial di mana banyak orang yang ingin memamerkan penampilan terbaiknya di hari spesial. Kebutuhan MUA atau jasa rias yang semula lebih identik untuk acara pernikahan pun telah merambah ke berbagai acara, mulai dari acara wisuda atau kelulusan sekolah, lamaran, hingga keperluan untuk foto keluarga sebagai dokumentasi pribadi. Untuk membuka peluang yang lebih besar, Sedulur dapat membuka bisnis jasa fotografer di samping bisnis MUA.

25. Bisnis aksesoris untuk masker

usaha rumahan yang lagi trend
Klik Dokter

Pandemi Covid-19 yang merebak pada 2020 lalu telah mengubah gaya hidup masyarakat, tak hanya di Indonesia namun juga di berbagai belahan dunia. Salah satunya ialah dengan munculnya kebiasaan baru yakni menggunakan masker. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Sedulur dengan berjualan aksesoris untuk masker seperti strap mask. Sedulur dapat kulakan dan memasarkannya sebagai produk jadi atau juga membuka layanan untuk pembuatan strap mask custom sesuai keinginan pelanggan.

BACA JUGA: Omzetnya Bisa Ratusan Juta, Begini Tips Sukses Usaha Agen Sembako!

26. Affiliator Barang 

Freepik

Salah satu bisnis rumahan modal kecil untung besar adalah menjadi menjadi afiliator barang.  Cara kerja kegiatan ini hampir mirip dengan sistem kemitraan di mana seseorang mempromosikan suatu barang milik perusahaan dan nantinya akan mendapatkan komisi atas transaksi konsumen melalui orang tersebut.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal melainkan hanya membutuhkan taktik online marketing yang menarik. Hal ini terkait dengan keperluan promosi demi menarik hati para konsumen.  Nah, jika menjadi seorang afiliator, Sedulur akan diberikan link, kode kupon, dan sebagainya sebagai media untuk pemasaran melalui media sosial.

Terkait komisi seorang afiliator tergantung dengan kebijakan masing-masing penyedia program afiliasi.  Maka dari itu, sebaiknya Sedulur memilih dengan cermat identitas perusahaan serta produk yang akan dijual guna menghindari risiko penipuan.

27. Bisnis frozen food, usaha rumahan kekinian

usaha rumahan yang lagi trend
Kompas

Ide usaha rumahan dengan peluang besar selanjutnya adalah bisnis frozen food. Makanan beku yang semula lebih banyak dijumpai di supermarket tersebut saat ini telah dikenal oleh berbagai kalangan. Produk frozen food pun cukup beragam, mulai dari olahan daging sapi, ayam, hingga seafood. Selain itu harga frozen food juga variatif sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Nah, Sedulur juga dapat memanfaatkan peluang tersebut menjadi ide bisnis membuka usaha frozen food di rumah. Modal utama bisnis ini tentu saja lemari pendingin dengan kapasitas besar dan daya listrik yang memadai.

28. Warung dan Toko Kelontong

 
toko kelontong
Toko WB Jaya

Warung dan toko kelontong merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak diminati, hal tersebut karena toko kelontong menjual berbagai jenis sembako kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Dikarenakan permintaan barang dan kebutuhan masyarakat akan sembako selalu tinggi di setiap harinya, membuat usaha toko kelontong sangat menggiurkan untuk dijalani. Terlebih lagi, usaha toko kelontong bisa dijalankan di rumah dan tidak memerlukan modal untuk menyewa tempat.

Sembako merupakan prioritas pelayanan, hal tersebut membuat Sedulur selalu dapat menjual barang sembako jualan Sedulur dan mendapatkan keuntungan di dalamnya. Sedulur dapat kulakan isi toko sembako di Aplikasi Super tanpa harus repot-repot berbelanja di pasar. 

Dengan kulakan di Aplikasi Super, tentunya Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih hemat dan banyak promo menarik lainnya. Yuk langsung download dan kulakan di Aplikasi Super sekarang. Belanja murah, untung melimpah. 

Itu dia 28 ide bisnis usaha rumahan yang lagi trend yang dapat Sedulur coba. Sedulur dapat memilih ide usaha apa yang akan dicoba sesuai dengan minat dan juga bakat yang dimiliki. Selamat berbisnis!