jualan keliling paling laris

Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan untuk menjalankan usaha jualan, mulai dari mendirikan toko, warung, hingga menjual keliling menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil. Dalam pembahasan ini akan disajikan contoh usaha jualan keliling yang dapat dilakukan, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki modal untuk menyewa lahan, namun memiliki kendaraan yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan keliling di desa.

Bagi penduduk di desa, mencapai area pasar seringkali sulit karena biasanya hanya terdapat satu pasar, dan bahkan tidak selalu buka setiap hari, mungkin hanya pada hari tertentu seperti hari Minggu. Tentu saja, hal ini dapat menyebabkan kesulitan bagi masyarakat dalam memperoleh bahan pokok.

Dengan memulai usaha jualan keliling di desa, Sedulur dapat membantu warga yang tidak memiliki kesempatan untuk pergi ke pasar dengan mengunjungi setiap rumah yang dilalui. Dengan cara ini, barang dagangan Sedulur dapat segera terjual dengan baik. 

BACA JUGA: Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar dan Analisa Usahanya

-->

1. Sayuran

usaha jualan keliling desa
iStock

Salah satu usaha jualan keliling di desa yang dapat dipertimbangkan adalah berjualan sayur mayur. Memang benar, jenis usaha ini sudah umum dilakukan dan seringkali kita temui penjual sayur keliling di desa atau kompleks perumahan. 

Biasanya, penjual sayur keliling akan memulai operasinya di pagi hari. Dalam menjalankan usaha ini, penjual dapat menggunakan gerobak, motor, atau bahkan mobil sebagai sarana transportasi. 

Sasaran utama dari penjualan ini adalah ibu-ibu. Penjual dapat memberikan variasi pada produknya dengan menambahkan bahan makanan lain yang pasti dibutuhkan oleh konsumen. Dengan memberikan variasi pada dagangan, penjual dapat menarik minat pelanggan dan memberikan kelebihan dibandingkan penjual sayur lainnya. 

Misalnya, selain menyediakan sayuran segar, penjual juga dapat menawarkan bumbu dapur, rempah-rempah, atau produk makanan lain yang sering digunakan dalam masakan sehari-hari. Hal ini akan memudahkan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan dapur mereka secara lengkap dan praktis. Dengan memberikan nilai tambah pada produknya, penjual sayur keliling dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan keuntungan usahanya.

2. Bubur ayam

usaha jualan keliling desa
iStock

Jika Sedulur sedang mencari ide usaha jualan keliling di desa yang dapat dicoba, salah satunya adalah jualan bubur ayam. Banyak pedagang bubur ayam yang memilih untuk berkeliling dalam memasarkan produknya. Umumnya, penjual bubur ayam akan berjualan mulai dari pagi hingga siang hari. Hal ini karena pada pagi hari, banyak orang yang memilih bubur ayam sebagai pilihan sarapan mereka. 

Namun, tak jarang pula ada yang masih memilih bubur ayam sebagai makan siang mereka. Jenis bubur ayam yang dijual bisa dalam versi Jakarta atau Bandung, yang memiliki ciri khas masing-masing. Dengan menjual bubur ayam keliling, Sedulur dapat menjangkau berbagai lokasi dan potensial mendapatkan pelanggan dari berbagai kalangan. 

Kunci kesuksesan dalam usaha ini adalah menyajikan bubur ayam yang lezat, dengan bahan-bahan berkualitas, dan memberikan variasi dalam menu seperti topping tambahan atau pilihan bumbu khas.

Dalam menjalankan usaha bubur ayam keliling, penting untuk memperhatikan waktu berjualan yang tepat, seperti pagi hingga siang hari, saat permintaan bubur ayam paling tinggi. Dengan penekanan pada kualitas dan variasi menu, serta lokasi penjualan yang strategis, usaha jualan bubur ayam keliling dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

3. Pakaian

usaha jualan keliling desa
iStock

Salah satu usaha jualan keliling di desa selanjutnya adalah berjualan pakaian dengan metode keliling. Meskipun tidak umum dilakukan, namun hal ini dapat dicoba dan memiliki potensi sebagai peluang usaha yang menjanjikan. 

Saat ini masih jarang yang melakukannya, sehingga Sedulur dapat menjadi pelopor dalam bidang ini. Berbagai jenis pakaian dapat dijual dengan cara berkeliling, terutama jika Sedulur fokus pada pakaian untuk wanita. 

Permintaan akan pakaian wanita selalu tinggi, dan ini akan menjadi faktor penentu kesuksesan usaha Sedulur. Dengan menjual pakaian keliling, Sedulur dapat menjangkau berbagai lokasi yang mungkin sulit dijangkau oleh toko pakaian konvensional.

Keuntungan dari berjualan pakaian keliling pun bisa sangat menjanjikan. Sedulur dapat mengatur harga dengan strategi yang kompetitif dan menawarkan berbagai model atau tren terkini yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

4. Perabotan rumah tangga

usaha jualan keliling desa
iStock

Setiap ibu rumah tangga tentunya membutuhkan peralatan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti alat dapur, alat kamar mandi, dan lain sebagainya. 

Untuk menjalankan usaha ini, seringkali pengusaha menggunakan kendaraan mobil karena barang yang dibawa cenderung besar dan jumlahnya banyak. Namun, jika Sedulur belum memiliki kendaraan roda empat, Sedulur masih bisa memanfaatkan kendaraan roda dua yang Sedulur miliki. 

Caranya adalah dengan membuat gerobak yang dapat menampung barang dagangan yang cukup untuk dimuat di motor. Salah satu strategi jualan yang efektif adalah berkeliling di setiap desa sambil mengumumkan penawaran melalui speaker agar dapat didengar oleh warga desa. 

Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk yang Sedulur jual dan menarik perhatian mereka untuk membeli. Selain itu, gunakan juga sistem pembayaran kredit agar bisa menjangkau lebih banyak orang. 

Ada sebagian ibu rumah tangga yang berminat untuk membeli barang secara mencicil, sehingga dengan menyediakan opsi pembayaran kredit, Sedulur dapat memenuhi kebutuhan mereka dan meningkatkan peluang penjualan.

Penting untuk memastikan kualitas barang dagangan yang ditawarkan, memberikan pelayanan yang baik, dan menjaga reputasi usaha agar dapat membangun kepercayaan konsumen. 

Dengan mengikuti strategi ini dan memanfaatkan kendaraan roda dua serta sistem pembayaran kredit, usaha jualan keliling di desa ini memiliki potensi untuk sukses dan melayani kebutuhan ibu rumah tangga dengan lebih baik.

5. Bakso

usaha jualan keliling desa
iStock

usaha jualan keliling di desa bakso memiliki keuntungan tersendiri. Desa-desa seringkali memiliki populasi yang padat, namun akses ke restoran atau tempat makan yang beragam mungkin terbatas. 

Dengan berkeliling di desa, Sedulur dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat desa untuk menikmati bakso favorit tanpa harus bepergian jauh. Salah satu keunggulan berjualan bakso keliling di desa adalah fleksibilitas lokasi. Sedulur dapat menyesuaikan tempat berjualan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar. 

Misalnya, Sedulur dapat memilih tempat berjualan di sekitar lapangan desa, dekat sekolah, atau area yang sering dikunjungi oleh warga desa. Dengan demikian, Sedulur dapat menjangkau pelanggan potensial dengan lebih efektif.

6. Minuman

usaha jualan keliling desa
iStock

Usaha jualan minuman keliling merupakan usaha yang memiliki potensi laris setiap hari. Kebutuhan akan minuman yang segar saat beraktivitas sangat diperlukan, terutama di daerah pedesaan. 

Sedulur dapat memulai usaha ini dengan menyediakan minuman dingin seperti Pop Ice, Es Cincau, Es Kelapa, dan lain sebagainya. Tempat-tempat strategis untuk berkeliling di desa adalah area lapangan sepak bola dan area sekolah, yang biasanya anak-anak sangat menyukai minuman dingin. 

Penting untuk menciptakan resep minuman dengan ciri khas yang menarik dan menyediakan kemasan yang menarik pula untuk meningkatkan daya tarik jualan Sedulur.

7. Makanan siap saji

iStock

Masyarakat desa juga membutuhkan makanan siap saji yang praktis dan lezat. Sedulur dapat menjual makanan siap saji keliling seperti nasi kotak, bakso, mie ayam, atau pecel lele. 

Berkeliling di desa dan menawarkan makanan siap saji kepada warga desa dapat menjadi solusi bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Pastikan makanan yang Sedulur jual selalu segar dan higienis.

8. Buah-buahan 

iStock

Berjualan buah-buahan segar keliling di desa juga merupakan usaha jualan keliling di desa yang menarik. Sedulur dapat mengunjungi setiap rumah di desa untuk menawarkan berbagai jenis buah segar yang berkualitas. 

Buah-buahan merupakan makanan sehat yang dibutuhkan oleh masyarakat desa, dan dengan berjualan keliling, Sedulur dapat memudahkan mereka untuk mendapatkan buah-buahan yang segar tanpa harus pergi jauh ke pasar.

9. Produk rumah tangga

Produk-produk rumah tangga seperti peralatan dapur, alat-alat kebersihan, atau peralatan elektronik juga memiliki potensi laku di desa. Sedulur dapat menjual aneka produk rumah tangga keliling dengan membawa contoh-contoh barang dan mengunjungi rumah-rumah di desa untuk menawarkan produk tersebut. Pastikan memberikan penjelasan yang jelas mengenai kegunaan dan keunggulan produk yang dijual.

10. Jajanan tradisional

iStock

Snack dan minuman tradisional khas daerah juga memiliki daya tarik tersendiri untuk usaha jualan keliling di desa. Sedulur dapat menjual snack dan minuman tradisional keliling dengan membawa contoh-contoh produk dan mengunjungi tempat-tempat yang ramai di desa. Berikan penjelasan mengenai asal-usul dan keunikan dari snack dan minuman tradisional tersebut untuk menarik minat pelanggan.

BACA JUGA: Peluang Usaha Frozen Food Mie Ayam dan Rincian Modalnya!

11. Seafood

iStock

Usaha jualan keliling di desa yang sangat menjanjikan adalah jualan seafood. Usaha ini memiliki potensi yang menarik karena jarang ditemui penjual seafood keliling di desa. Selain itu, banyak orang yang merasa malas pergi ke pasar untuk membeli seafood, sehingga mereka akan tertarik dengan kemudahan yang ditawarkan oleh penjual keliling.

Namun, sebagai penjual, penting untuk tetap menjaga kualitas dagangan Sedulur. Pastikan seafood yang Sedulur jual selalu dalam kondisi segar dan bebas dari bau yang tidak sedap. Hal ini sangat penting agar pembeli tidak merasa kecewa dengan pembelian mereka. 

Dengan memberikan seafood yang segar dan berkualitas, Sedulur dapat membangun kepercayaan pelanggan dan menjaga kepuasan mereka.

12. Daging ayam potong

iStock

Terkait dengan jualan sayur dan ikan, menjual daging ayam potong juga merupakan kebutuhan utama bagi ibu-ibu di rumah. Usaha jualan keliling di desa dengan menjajakan daging dapat menjadi usaha yang menjanjikan.

Baik di pedesaan maupun perkotaan, sudah banyak ditemui pedagang ayam potong yang menjualnya secara keliling menggunakan kendaraan motor atau mobil.Dalam usaha penjualan daging ayam potong, Sedulur dapat meningkatkan penjualan dengan signifikan, terutama dengan menjangkau warung makan yang membutuhkan pasokan daging ayam. 

Penting untuk mengetahui lokasi desa yang padat serta menemukan tempat-tempat makan yang membutuhkan suplai daging ayam potong agar dapat menarik banyak pembeli. Dengan strategi ini, Sedulur dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.

Demikianlah pembahasan mengenai 12 contoh usaha jualan keliling di desa yang pasti cepat laku. Dalam era modern seperti saat ini, menjalankan usaha jualan keliling menjadi alternatif yang menarik bagi para pengusaha, terutama di wilayah pedesaan. 

Melalui kendaraan seperti motor atau mobil, Sedulur dapat memanfaatkan potensi pasar yang luas dengan mengunjungi rumah-rumah warga dan tempat-tempat ramai.Usaha jualan keliling ini memberikan keuntungan berupa fleksibilitas dalam memilih lokasi dan target pasar, serta menghemat biaya sewa lahan dan listrik. 

Namun, penting bagi Sedulur untuk memiliki strategi yang baik, seperti memilih produk yang diminati dan berkualitas, menentukan lokasi yang strategis, dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.