peluang usaha budidaya ikan air tawar

Ada banyak jenis usaha yang bisa Sedulur jalankan. Salah satu usaha yang menarik untuk dijalankan yaitu usaha ternak ikan. Peluang budidaya ikan tawar merupakan salah satu yang menarik untuk Sedulur jalankan. Nah, bagi Sedulur yang tertarik bisa simak penjelasan di bawah ini.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa peluang usaha budidaya ikan tawar.Usaha budiaya ikan air tawar adalah usaha yang peluangnya masih sangat menjanjikan. Ingin mencobanya? Yuk, simak caranya memulainya di sini!

BACA JUGA: 11 Tips Budidaya Bebek Petelur Agar Tidak Gagal Panen Untuk Pemula

Peluang usaha budidaya ikan tawar

RRI

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha budidaya ikan. Namun, untuk bisa memahami hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini bisa kita simak secara lengkap dalam penjelasan di bawah ini:

-->

Usaha budiaya ikan air tawar adalah usaha yang peluangnya masih sangat menjanjikan. Sebab masih banyak para pelaku usaha budidaya ikan tawar yang juga masih terkendala soal pembibitan, maupun pembesaran ikan.

Jadi supaya usaha tetap berjalan, budidaya pembesaran dengan mengambil benih dari petani lain adalah solusinya. Begitu juga dengan usaha benih ikan yang juga sekaligus melakukan proses pembesaran. Artinya peluang usaha budidaya ikan tawar masih terbuka lebar bagi sedulur yang saat ini baru akan memulainya.

Selain itu peluang usaha budidaya iakan tawar di Indonesia diprediksi tidak akan pernah sepi konsumen, terutama jenis ikan untuk konsumsi. Karena ikan merupakan salah satu hewan yang sudah menjadi kebutuhan pokok untuk dijadikan lauk pauk.

Oleh karena itu, tidaklah heran kalau permintaan pasar akan ikan tawar tidak pernah sepi. Maka dari itu, peluang usaha budidaya ikan tawar di Indonesia pun sangat menjanjikan. Konsumennya pun sangat beragam, mulai dari rumah tangga, industry, dan juga agribisnis.

Untuk memulai peluang usaha budidaya ikan tawar ini biasanya dilakukan dengan membudidayakan beberapa jenis ikan sekaligus. Seperti ikan lele, ikan nila, ikan bawal, ikan gurameh, patin, dan juga kopi. Prospeksnya begitu cukup menjanjikan, apalagi kalau usaha benih ikan air tawar sekaligus melakukan proses pembesaran. Bagaimana, apakah sedulur tertarik untuk mulai menjalankan pelauang usaha budi daya ikan tawar?

BACA JUGA: Ulat Sutra: Kenali Ciri-ciri, Manfaat hingga Cara Budidayanya

Sebagai bahan untuk memulai prosesnya serta memperdalam ilmu usaha dalam menjaring peluang usaha budidaya ikan tawar. Yuk, simak penjelasan secara rincinya di sini!

Model usaha budidaya ikan air tawar

peluang usaha budidaya ikan tawar
Ekonomi Bisnis

Berbicara jenis usaha perikanan air tawar ini tentu banyak modelnya, sedulur bisa memilih salah satu yang paling dianggap mudah untuk menjalankannya dan sesuai kemampuan tentunya. Diantaraya pembibitan, konsumsi, atau bahkan model olahan. Lantas dari beberapa model peluang usaha budidaya ikan tawar itu apa sih perbedaanya?

1. Pembibitan

Pertama, pembibitan ikan air tawar adalah salah satu model usaha budidaya ikan yang paling mudah dan tidak terlalu ribet apabila sedulur ingin memulainya. Karena, proses budidayanya tidak begitu panjang seperti membudidayakan ikan tawar untuk dikonsumsi. Untuk proses perawatannya pun bisa dibilang cukup singkat, jika sedulur membandingkan dengan budidaya ikan kosnumsi. Setidaknya sedulur akan membutuhkan 2-3 bulan ikan pembibitan sudah bisa dipanen. Begitu juga lahan untuk proses budidayanya tidak perlu memerluhan lahn yang luas, minimalnya cukup myendiakan lahan dengan luas 400m².

Peluang usaha budidaya ikan tawar model pembibitan ini, jika dilihat dari segi lahan, modal, dan waktu merupakan jenis usaha budidaya yang paling mudah. Setidaknya sedulur bisa memulainya dengan modal 15 juta pun sudah dapat menjalakannya. Bahkan modal usaha tersebut sudah meliputi biaya sewa lahan, beli bibit, pakan, hingga biaya perawatan dan lain sebagainya.

2. Ikan untuk dikonsumsi

Model yang kedua yaitu budidaya ikan air tawar untuk konsumsi. Budidaya ikan untuk konsumsi ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit dan proses perawatannya pun cukup tidak mudah. Akan tetapi, hal ini akan berbanding lurus dengan hasil yang diperoleh sedulur.

Rentang waktu menuju masa panen pun sedulur perlu menunggu sekitar 5-6 bulan untuk bisa memamanen budidaya ikan tawar model untuk konsumsi ini. Sedangkan lahan yang diperlukan pun tentu harus lebih luas jika dibandingkan dengan budidaya ikan tawar model pembibitan. Tujuannya tentu untuk menjaga kualitas ikan, agar pertmbuhannya terjadi secara baik dan maksimal. Setidaknya, sedulut perlu menyediakan lahan seluas 600m². Besaran modal usaha untuk memulai budidaya ikan konsumsi ini pun setidaknya sedulur perlu mengeluarkan modal sebesar 50-80 juta.  

3. Ikan untuk olahan

Selain dua model usaha diatas, peluang usaha budidaya ikan tawar lainnya adalah menjual olahan daging ikan. Nah, sedulur tentu selain menjalankan usaha budidaya ikan tawar model pembibitan, model ikan konsumsi, sedulur pun bisa menyediakan aneka ikan tawar olahan yang misalnya dijadikan olahan frozen food.

Tentu karena dioalah menjadi frozen food, maka daya tahan olahan ikan ini akan menjadi lebih tahan lama. Selain itu, bisa dijual dengan berbagai macam cara, bisa dititipkan ke berbagai swalayn atau pun Sedulur sendir memilih menjadi supplier frozen food ikan tawar. Mengolah ikan menjadi frozen food merupakan peluang usaha budidaya ikan tawar, keuntungannya pun cukup menjanjikan. Tentu karena sekarang ini frozen food sedang banyak digemari dan permintaan pasarnya pun hingga kini terus naik.

Lokasi usaha dan cara jualan budidaya ikan tawar

Tribunnews

Bagi sedulur yang akan memulai isaha budidaya ikan tawar setidaknya perlu membangun 2 hingga 3 kolam. Karena, melihat pangsa pasar budiya ikan tawar ini ternya cukup luas. Untuk membuatnya sedulur bisa membangun kolam semi permanen, setelah itu ditebarkan kurang lebih 200.000 erkor bibit, mulai dari larva hingga nanti siap panen dalam retang usia dua bulan.

Lokasi usaha yang dibutuhkan untuk ikan air tawar ini cukup luas. Jika kamu memiliki lahan untuk pembuatan kolam maka akan menjadi nilai tambah, namun tentu ini akan tergantung sedulur memilih pembibitan atau ikan konsumsi. Jika sedulur tidak punya lahan milik pribadi, bisa juga menyewa kolam. Biasanya untuk ikan pembibitan membutuhkan 400m² dan bak atau tempat untuk pemijahan berukuran 40cm x 60 cm x 90 cm. sedangkan apabila sedlur akan memilih menjalankan usaha budidaya ikan air tawar model konsumsi maka kolam yang dibuthkan minimalnya memiliki luas 600m².

Izin usaha budidaya ikan tawar

Unair News

Sebagai salah satu tahapan dalam menjaring peluang usaha budidaya ikan tawar, ada satu hal yang tidak boleh sedulur abaikan yaitu sebuah legalitas usaha. Legalitas atau surat ijin usaha merupakan syarat penting ketika sedulur memiliki usaha budidaya ikan.

1. Tanda Pencatatan Usaha Pembudidayaan Ikan (TPUPI)

Tanda Pencatatan Usaha Pebudidayaan Ikan (TPUPI) ini adalah surat ijin yang dikeluarkan Dinas terkait, dimana nantinya usaha sedululur akan dikaukan pencacatan tertulis yang dimiliki oleh pembudidaya ikan kecil secara legal formalnya.

Nah induk ikan pun tentu harus punya sertifikasi dari Dinas Perikanan. Legalitas yang harus dimiliki untuk budidaya indukan ikan air tawan ini adalah serifikasi Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB).

Selain itu, sedulur pun harus memilki Surat Izin Usaha Peikanan (SIUPKAN) yaitu izi tertulis yang harus dimiliki setiap orang untuk melakukan usaha perikanan dengan menggunakan sarana produksi yang tercantum dalam izin tersebut.

2. SIUPKAN (Surat Izin Usaha Perikanan)

Surat Izin Usaha Perikanan atau disingkat dengan SIUPKAN adalah izin tertulis yang harus dimiliki setiap orang untuk melakukan usaha perikanan dengan menggunakan sarana produksi yang tercantum dalam izin tersebut. Berdasarkan Peraturan Bupati Sleman No 4/2018 pasal 2 yakni jenis usaha pembudidayaan ikan meliputi:

  • Usaha pembenihan
  • Usaha Pembesaran
  • Pembenihan dan pembesaran.

Selanjutnya Peraturan Bupati Sleman No 4/2018 pasal 3 (1) yakni usaha pembenihan ikan sebagaimana dimaksud meliputi :

  • Kegiatan pemeliharaan calon induk
  • Pemijahan
  • penetasan telur
  • Pemeliharaan larva atau benih ikan

Dan terakhir bedasarkan Peraturan Bupati Sleman No 4/2018 pasal 3 (2) meliputi :

  • Kegiatan pemeliharaan calon induk
  • Pemijahan
  • Penetasan telur
  • Pemeliharaan larva
  • Pembesaran mulai dari ukuran kecil sampai panen

Peraturan Bupati Sleman No 4/2018 pasal 5 (1) (2) dan (3) bahwa kewajiban memiliki SIUPKAN dikecualikan bagi:

  • Pembudidayaan ikan kecil
  • Pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, atau perguruan tinggi untuk kepentingan pelatihan, penelitian dan eksplorasi perikanan.
  • Pengecualian kewajiban memiliki SIUPKAN bagi pembudidayaan ikan kecil sebagaimana dimaksud diganti dengan TPUPI.

Apabila tidak memiliki TPUPI maka nanti akan ada peringatan secara tertulis, selanjutnya penghentian sebagian atau seluruh hingga penyegelan. Penutupan lokasi serta pemulihan fungsi ruang. Kriteria pembudidayaan ikan kecil sebagaimana dimaksud adalah dengan menggunakan teknologi sederhana.

Pembenihan tidak lebih dari 0,75 hektar. Sedangkan untuk pembesaran tidak lebih dari 2 hektar. Untuk penerbitan SIUPKAN dilakukan oleh Kepala DPMPPT. Penerbitan TPUPI dilakukan oleh Kepala DP3 dan penerbitan SIUPKAN dan TPUPI tidak dipungut biaya.

Selain itu setiap SIUPKAN berlaku selama melakukan kegiatan usaha pembudidayan ikan. Sedangkan TPUPI berlaku selama 5 tahun dan dapat diperbarui untuk jangka waktu yang sama. Nah untuk jangka waktu berlakunya SIUPKAN ini 5 tahun.

Sebelum masa berlakunya habis maka bisa diajukan registrasi ulang setidaknya 3 bulan sebelumnya. Apabila terlambat dalam memperbarui maka akan mendapatkan sanksi secara tertulis maupun penutupan lokasi.

3. Sertifikasi Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB)

CPIB adalah pedoman dan tata cara mengembangbiakkan ikan dengan cara melakukan manajemen induk, pemijahan, penetasan telur dan pemeliharaan larva dalam lingkungan yang terkontrol. Melalui penerapan teknologi yang memenuhi kriteria dan persyaratan teknis, manajemen, kemananan pangan dan lingkungan. Nah ini dia beberapa kriterianya :

  • Sertifikat CPIB dilakukan terhadap setiap jenis bibit ikan
  • Setiap sertifikat CPIB dapat memuat lebih dari 1 jenis bibit ikan yang disertifikasi.
  • Persyaratan dan tata cara penerbitan sertifikat CPIB
  • Setiap unit pembenihan ikan yang telah menerapkan CPIB dapat diberikan sertifikat CPIB.
  • Setiap orang yang memiliki unit pembenihan ikan memperoleh sertifikat CPIB harus mengajukan permohonan kepada Direktur Jendral dengan melampirkan

4. Persyararatan CPIB

Adapun persyaratan yang perlu disiapkan untuk CPIB yaitu:

  • Pengajuan formulir surat permohonan sertifikat CPIB
  • Fotocopy sertifikat MPM
  • Fotocopy surat izin usaha perikanan tanda pencatatan
  • Data umum unit pembenihan
  • Struktur organisasi, tanggung jawab dan wewenang
  • Alur proses produksi
  • Daftar sarana dan prasarana unit pembenihan
  • Daftar sumber daya manusia dan daftar dokumen

5. Syarat administrasi permohonan SIUPKAN dan TPUPI

Berikuti ini syarat administrasi untuk SIUPKAN yang harus dipersiapkan:

  • Fc KTP pemohon
  • Surat kuasa pengurusan izin bermaterai cukup dan fc KTP yang diberi kuasa.
  • Fc NPWP wilayah daerah pemohon
  • Fc akta pendirian badan beserta akta perubahan badan yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang apabila pemohon berbentuk badan.
  • Proposal kegiatan yang memuat rencana kegiatan, rencana tahapan kegiatan, rencana teknologi yang digunakan, sarana usaha yang dimiliki, rencana pengadaan sarana usaha, rencana pengadaan pembiayaan, yang ditandatangani penanggung jawab usaha.
  • Fc akta pembukaan cabang jika kantor pusat cabang berada di luar wilayah daerah dan surat penunjukan sebagai penanggung jawab.
  • Fc dokumen hak atas tanah bagi pemohon yang memiliki tanah untuk rencana kegiatan.
  • Denah lokasi tanah yang dimohon ijin beserta titik koordinat lokasi apabila lokasi telah memiliki atau menguasai tanah.
  • Fc surat kerelaan bermaterai cukup dan dokumen lain yang berkaitan dengan kepemilikan tanah jika pemohon bukan pemilik tanah.
  • Foto dokumen lingkungan atau izin lingkungan
  • Rekomendasi teknis budidaya perikanan dari DP3
  • Surat pernyataanbermaterai cukup berisis pernyataan mengenai kebenaran dokumen persyaratan permohon izin.
  • Pas poto uk 4×6 sebanyak 2 lembar

Sementara itu, berikut syarat administrasi untuk TPUPI, yaitu:

  • Fotocopy KTP pemohon perorangan
  • Surat kuasa pengurusan izin bermaterai cukup dan Fc KTP yang diberi kuasa
  • Fotocopy akta pendirian badan beserta akta perubahan badan yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenangapabila pemohon berbentuk badan.
  • Fotocopy dokumen hak atas tanah bagi pemohon yang telah memiliki dan menguasai tanah untuk rencana kegiatan.
  • Denah lokasi tanah yang dimohonkan izin beserta titik koordinat lokasi apabila pemohon izin telah memiliki atau menguasai tanah.
  • Fotocopy surat kerelaan bermaterai cukup atau dokumen lain yang berkaitan dengan kepemilikan tanah, jika pemohon bukan pemilik tanah.
  • Surat pernyataan bermaterai cukup yang menyatakan luas lahan yang digunakan dan jenis ikan yang dibudidayakan
  • Foto dokumen lingkungan dan atau izin lingkungan
  • Pas poto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar
  • Surat pernyataan bermaterai cukup berisi pernyataan mengenai kebenaran dokumen persyaratan permohonan izin.

Tantangan usaha budidaya ikan air tawar

peluang usaha budidaya ikan tawar
Cornell University

Dalam menjalankan peluang usaha budidaya ikan tawar tentu tidak selalu mudah, kadang kala sering menghadapi bebagai tantangan pun pasti hadir. Maka berbagai pengetahuan dan keterampilan pun sangat perlu sebagai langkah antisipasi, sehingga sedulur siap dengan segala resikonya.  Selain harus telten dalam hal perawatan agar ikan dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan ikan yang berkualitas.

Adapun masalah yang sering dihadapi pada pembudidayaan ikan adalah ikan rawan mati, artinya indikasi ikan tidak sehat salah satu yang perlu sedulur perhatikan. Ikan sehat cenderung lebih liar, lebih lincah, nafsu makan baik. Nah kalu ikan yang tidak sehat biasanya akan cenderung murung dan banyak diam, bahkan tidak bergerak, dan tidak gesit.

Kalau memang kondisinya sudah seperti itu, berartu tandanya bisa jadi sirkulasi air pada kolam sudah tidak sehat. Untuk menghindari hal tersebut, maka sedulur nantinya perlu melakukan perwatan secara rutin pada ikan dengan rutinnya mengganti air kolam.

Musim hujan pun kadang kala sering menjadi tantangan peluang usaha budidaya ikan tawar, bahkan menyebabkan ikan rawan terserang penyakit. Jika sudah bagini, tentu sedulur harus segera memberikan vitamin pada ikan. Kalu ikan sudah terlihat tidak sehat di musim hujan, sebetulnya bisa dilakukan dengan cara alternative menebarkan garam ke kolam. Namun, apabila cara tersebut sudah dilakukan tetapi tidak ada perubahan, maka saatnya pula sedulur melakukan pengurasan pada kolam.

Pengurasan yang dimaksud adalah menurunkan tingkatan air pada kolam sehingga tingginya setengah dari kondisi air sebelumnya, lalu bisa menggantinya dengan air yang baru. Hal ini tentu meiliki tujuan untuk membuang bakteri dan anomiak yang ada di dalam kolam.

Tantangan yang akan dihadapi juga selai musim hujanm yaitu musim pancaroba. Saat musim pancaroba, suhu siang dan malam akan mempengaruhi kondsi kolam. Sehingga terjadi fluktuasi suhu dan kelembaban air yang stabil. Hal ini akan menyebabkan kondisi iak menjadi tidak lahap makan dan tentu menjdi penyebab hadirnya banyak bakteri pada kolam serta ikan tidak sehat. Tentu akan menggangu juga kualitas ikan dalam musim panen tidak baik dan jelas daya jualnya pun akan tergangu apabila bebanr-benar tantang dari peluang usaha budidaya ikan tawar tidak diantisipasi oleh sedulur dengan baik.

Strategi pemasaran dan analisa modal usaha budidaya ikan air tawar

peluang usaha budidaya ikan tawar
Pinterest

Dalam bisnis ikan air tawar, strategi pemasaran yang efektif sangat penting untuk mencapai keberhasilan. Dalam tulisan ini, kita akan membahas beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam usaha ikan air tawar.

Identifikasi target pasar merupakkan langkah pertama dalam strategi pemasaran dalam usaha ikan air tawar, target pasar dapat meliputi pemilik peroranga, restoran, ataupun pasar lokal. Mengetahui siapa target pasar sedulur tentu akan membantu dan mengarahkan upaya pemasaran sedulir dengan lebih efektif.

Untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis ikan air tawar, produk yang berkualitas tinggi adalah kunci. Pastikan ikan yang hasil panen dalam kondisi sehat dan memiliki varietas yang menarik. Menawarkan produk berkualitas akan membantu reputasi yang baik  bagi sedulur dimata para konsumen.

Dalam era digital saat ini, pemasaran online menjadi salah satu strategi yang penting. Buatlah situs web yang menarik dan informatif untuk bisnis membangun peluang usaha budidaya ikan tawar, dan optimalkan juga media sosial. hal ini natinya bisa berjualan dengan menggunakan konten yang menarik, gambar yang menarik, dan tawarkan promosi khusus kepada pengikut media sosial. Selain itu, pemasaran online juga mengkinkan jangkauan pasar sedulur lebih luas dan meningkatnya  visibilitas peluang usaha budidaya ikan tawar dalam jangka panjangnya.

Selain itu, proses membangun kemitraan dengan berbagai pihak terkait, seperti toko swalayan, dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif. Kemitraan semacam ini dapat memberikan manfaat timbal balik, dengan membantu sedulur memperluas jangkauan pasar dan memperkuat citra usaha budidaya ikan tawar.

Sedulur dalam strategi pemasara, tentu perlu juga membangun loyalitas pelanggan bisnis ikan air tawar. Seperti program diskon khusus, program-program ini dapat mendorong pelanggan untuk tetap membeli priduk usaha sedulur dan memberikan dorongan untuk merekomendasikan produk usaha ikan air tawar milik sedulur kepada orang lain.

Apabila sedulur sudah selesai memahami strategi pemasan, maka selanjutnya yang tidak kalah pengti tentu membuat analisa usaha dalam menjalankan peluang usaha budidaya ikan air tawar sebagai mana berikut, dengan asumsi 3 kolam terpal dengan ukuran 2 x 3 meter, dan bibit lele 1000 ekor/kolam.

BACA JUGA: 12 Ikan Air Payau yang Bisa Dikonsumsi Serta Dibudidayakan

Modal yang dibutuhkan

Berikut ini adalah penjelasan penting terkait rincian modal yang Sedulur butuhkan untuk menjalankan usaha budidaya ikan. Berikut ini rinciannya:

Modal Awal

 

 

Bibit lele

@ Rp 350 x 3000 ekor

Rp 1.050.000

Terpal ukuran 2x3m tinggi 50 cm

@ Rp 125.000 x 3

Rp 37.5000

Peralatan tiang kolam

1 Paket

Rp 300.000

Selang air

20 Meter

Rp 36.000

Ember/Baskom besar

3 Buah

Rp 30.000

Total Modal Awal

 

Rp. 1.791.000

 

 

 

 

 

 

Biaya Operasional

 

 

Pakan

10 Sak

Rp. 1.350.000

Biaya transport

1 paket

Rp. 100.000

Biaya lain-lain

1 Paket

Rp. 100.000

Total

 

Rp. 1.500.000

 

 

 

Omset

 

 

Pejualan hasil panen

Rp. 16.000 x 300 Kg

Rp. 4.800.000

 

 

 

Laba bersih

 

 

Rp. 4.800.000 – 1.500.00

 

Rp. 3.300.000

Peluang usaha budidaya ikan tawar sebagimana yang telah dijelaskan secara rinci diatas memilki peluang menjanjikan dan jungan tentu ada beberapa tantanga yang perlu sedulur perhatikan. Jadi apak hal trsebut cukup meraik perhatian bukan?

Tinggal apa lagi, selain sedulur harus berani dan siap untuk menjadi pengusaha yang sukses dalam menjaring peluang usaha budidaya ikan tawar. Kesuksesan akan hadir pada orang yang berani mengambil peran!