Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Ide bisnis untuk mahasiswa di bawah ini, berpotensi menghasilkan untung besar.

Siapa bilang mahasiswa hanya bisa demo dan diskusi saja, mahasiswa juga bisa berbisnis dan menghasilkan uang banyak. Bahkan, mahasiswa berkesempatan untung melimpah dengan berbagai ide bisnis untuk mahasiswa.

Banyak ide bisnis bagi mahasiswa yang bisa dijalankan. Mahasiswa memiliki energi, semangat dan tenaga yang masih banyak. Sangat sayang sekali jika hal tersebut tidak dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Terdapat beberapa ide bisnis bagi mahasiswa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan uang saku bagi setiap mahasiswa. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pengeluaran mahasiswa membutuhkan biaya yang tinggi. Apalagi di tengah kegiatan skripsi.

Berikut ini beberapa ide bagi mahasiswa yang bisa meraup banyak keuntungan. Apa saja ide yang dimaksud? Yuk, kita simak ulasannya.

Baca Juga: Tips Sukses Menjadi Pengusaha Toko Kelontong

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Agar Untung Super Melimpah

1. Bisnis Visual: Fotografer dan Videografer

Ide bisnis untuk mahasiswa pertama adalah bisnis visual. Menjadi fotografer dan videografer bisa memberikan penghasilan tinggi. Sedulur Super yang masih mahasiswa pun bisa menjalankan bisnis ini.

Ide bisnis kreatif mahasiswa ini menawarkan jasa. Terutama saat ini, yang sedang memasuki era digital marketing. Setiap produk pasti membutuhkan jasa fotografer dan videografer. Ide bisnis kreatif mahasiswa ini bisa memberikan penghasilan tinggi bagi Sedulur Super sekalian.

Selain itu, banyaknya perusahaan-perusahaan kecil yang tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk pembuatan company profile menciptakan ide bisnis kreatif mahasiswa ini sebagai peluang usaha yang memiliki prospek tinggi.

Selain company profile, dokumentasi acara dan pernikahan juga merupakan peluang bagi  ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini. Acara yang biasanya jatuh pada akhir pekan ini sangat bertepatan dengan waktu luang mahasiswa.

2. Les Privat

Bagi para mahasiswa ilmu pasti seperti matematika dan IPA dapat memberikan les privat kepada murid-murid SD, SMP, dan SMA berupa mata pelajaran hitung-menghitung tersebut. Namun Sedulur yang berkuliah di jurusan lain jangan khawatir.

Mahasiswa ilmu sosial pun bisa mengadakan les privat. Contohnya les private bahasa asing. Mengadakan les privat termasuk ide bisnis untuk mahasiswa yang memungkinkan Sedulur memiliki penghasilan yang cukup besar untuk ukuran mahasiswa.

Hal tersebut yang membuat les privat menjadi pilihan bisnis untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan. Setidaknya Sedulur bisa mengantongi Rp300.000 per anak. Semakin banyak anak yang terdaftar, maka semakin besar keuntungan yang didapatkan.

3. Pemandu Wisata

Ide bisnis unik mahasiswa selanjutnya adalah sebagai pemandu wisata. Pemandu wisata bisa sebagai pekerjaan yang memberikan kenikmatan. Kenikmatannya adalah menjadikan waktu luang untuk menghasilkan uang.

Ide bisnis unik mahasiswa ini selain bisa mendapatkan uang, juga bisa menambah pengetahuan bagi para mahasiswa. Mahasiswa harus terlebih dahulu mempelajari tentang objek wisata yang akan dipandu.

Mempelajari sejarah, budaya dan sosial yang ada di sekitar objek wisata dapat memberikan tambahan pengetahuan sekaligus juga keuntungan dengan menjalankan ide bisnis unik mahasiswa satu ini.

4. Makeup Artist

Menjadi seorang makeup artist semakin mudah dengan banyaknya produk kecantikan yang semakin beragam. Hal ini juga bisa dilihat sebagai peluang dan juga sebagai ide bisnis untuk mahasiswa.

Banyaknya acara-acara yang membutuhkan makeup artist juga menciptakan peluang bisnis untuk mahasiswa yang tertarik dengan dunia kecantikan.

Mulai dari acara wisuda, pesta ulang tahun, lamaran, hingga pemotretan untuk portofolio. Asah terus kemampuan merias, karena makeup artist profesional bisa mendapatkan pemasukan hingga Rp. 25 juta sampai Rp. 50 juta untuk satu pekerjaan saja.

5. Influencer

Instagram telah membuka kemungkinan baru bagi mahasiswa. Industri endorsement telah membuat Instagram bukan hanya menjadi media berbagi foto tetapi juga sebagai media bisnis dan periklanan. Tentu ini menjadi peluang dan ide bisnis untuk mahasiswa yang kreatif.

Sajikan konten-konten menarik di halaman Instagram Sedulur untuk meningkatkan jumlah followers. Berkolaborasi dengan teman-teman fotografer yang dimiliki, untuk bersama sama membangun portofolio dan jaringan.

Baca Juga: Tips Memasarkan Produk di Instragram

6. Web Designer

Ide bisnis untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi adalah mendesain website. Web designer merupakan pilihan bisnis yang tepat untuk mahasiswa karena sifatnya yang lebih fleksibel. 

Namun web design bukan hanya ladang bisnis untuk mahasiswa teknologi informasi saja karena keahlian ini dapat dipelajari oleh semua orang.

Terbukti banyak web designer profesional yang tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi. Bayaran yang diterima pun bervariasi tergantung kerumitan website yang diinginkan. Namun rata-rata memiliki penghasilan yang tinggi.

7. Penerjemah

Banyaknya buku, jurnal, hasil penelitian yang harus diterjemahkan dari dan ke bahasa asing menciptakan peluang dan memberikan ide bisnis untuk mahasiswa yang mencintai dunia literasi. Hal ini juga berpotensi menghasilkan uang yang banyak.

Cukup tawarkan jasa ke berbagai website freelancer dan tunjukan portofolio penerjemahan yang pernah Sedulur lakukan. Ide bisnis untuk mahasiswa ini bisa dimulai dari lingkungan pertemanan atau keluarga yang sekiranya membutuhkan jasa penerjemah.

Berbagai ide bisnis untuk mahasiswa yang telah diulas di atas sangat menarik untuk dicoba. Banyak mahasiswa yang kreatif yang bisa mendapatkan penghasilan tinggi dari ide bisnis yang ditekuninya secara serius.

Bahkan, banyak pengusaha sukses yang memulai menjalankan usahanya dari sejak mahasiswa dengan mencoba berbagai macam ide bisnis mahasiswa yang tersedia yang didapatkan dari membaca peluang yang dibutuhkan.

Karena, keunggulan mahasiswa adalah memiliki energi, semangat dan idealisme yang tinggi yang merupakan modal penting sebagai pengusaha sukses.