Peluang Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

Selama ini kita tahu bahwa menjalankan roda bisnis selalu diawali dengan modal. Modal menjadi satu-satunya alat utama menggerakan bisnis supaya berjalan lancar dan sukses. Namun sebenarnya ada juga bisnis yang tidak membutuhkan modal. Salah satu bisnis online tanpa modal dan bisa kamu jalankan adalah YouTuber. Mengapa demikian, Youtuber mampu meraup keuntungan hanya dengan konten video dan gadget yang kamu pakai.

Menciptakan konten video bagi kamu pemula tak harus menggunakan kamera mirroles atau dslr. Sebab, hanya dengan smartphone saja Sedulur sudah bisa membuat konten video dengan kualitas gambar bagus, dan diupload ke laman media sosial seperti Youtube. Sebagai contoh banyak orang sukses dengan bisnis Youtuber seperti halnya artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina hingga membentuk sebuah rumah produksi konten bernama RANS Entertainment .

Lalu ada pula Baim Wong dan istrinya Paula Verhoven juga sukses karena menekuni Youtuber. Meski membutuhkan proses panjang untuk mencapai kesuksesan di bidang ini. Namun jika Sedulur benar-benar tekun dan konsisten, maka kesuksesan rasanya tidak mustahil untuk diraih. Selain youtuber masih banyak lagi contoh bisnis online tanpa modal yang sebenarnya bisa Sedulur tekuni. Apalagi jika Sedulur adalah seorang pemula dan ingin mencari contoh bisnis online untuk pemula.

Penasaran apa saja contoh bisnis online tanpa modal hasil melimpah dan bisa kamu tekuni. Yuk simak ulasan selengkapnya pada artikel di bawah ini.    

BACA JUGA: 20+ Ide Bisnis Online Terbaik & Menjanjikan di Tahun 2021

1. Dropshipper

Strategi Dan Cara Menjadi Dropshipper Yang Sukses Dalam Bisnis
Sekawan

Pernah mendengar kata dropshipper? Dropshipper adalah sistem penjualan di mana penjual atau biasa dinamakan dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu atau biasa dinamakan menyetok barang. Buat Sedulur yang kesulitan akan modal memulai usaha, mungkin bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini bisa kamu coba.

Dari contoh bisnis online ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari harga yang sudah kamu tetapkan. Namun pastinya harga dari Sedulur tetapkan sebaiknya lebih tinggi jumlahnya dari harga asli. Kemudian supaya lebih banyak menjangkau konsumen, maka  berusahalah untuk memasang produk kamu platform e-commerce dan social media. Sebab, kedua platform ini sangat populer sampai sekarang dan banyak orang menggunakannya.

Di samping minim modal, bisnis online terbaru seperti dropshipper ini juga banyak kelebihannya. Salah satunya adalah Sedulur tak perlu susah-susah atau bingung akan memikirkan stok persediaan. Sebab semuanya sudah ditanggung oleh pemasok dan kamu hanya tinggal memasarkannya saja.

2. Admin media sosial

bisnis online tanpa modal
Ruang Pegawai

Sangat suka bermain instagram, facebook, twitter dan whatsapps, mungkin kamu bisa menekuni pekerjaan sebagai Admin Media Sosial. Siapa sangka bahwa Admin Media Sosial merupakan bisnis online tanpa modal untuk ibu rumah tangga. Mengingat posisi ibu rumah tangga punya segudang pekerjaan di rumah, alhasil tak ada waktu untuk pergi kerja di luar rumah.

Jika Sedulur adalah ibu rumah tangga dan harus mengurusi segala isi rumah, mungkin bisa mencoba contoh bisnis online Admin Media Sosial. Adapun tugas Sedulur jika mengambil bisnis online tanpa modal seperti  Admin Sosial Media ini. Pertama membuat konten menarik supaya menggaet netizen membeli produk. Kedua meningkatkan jumlah followers dan likes supaya fanspage instagram naik dan terakhir mencoba melakukan interaksi terhadap netizen.

Tujuan melakukan interaksi dengan konsumen adalah agar ada timbal balik dan produk yang kamu jual melalui media sosial bisa lekas terjual. Karena intensifnya Sedulur dalam melakukan interaksi maka, netizen akan singgah ke akun media sosial kamu. Sementara itu kamu bisa menggunakan kolom interaksi melalui kolom kolom komentar ataupun chat dm.

3. Youtuber

bisnis online tanpa modal
Bank Sinarmas

Profesi ini masih menjadi favorite banyak orang karena termasuk bisnis online tanpa modal hasil melimpah. Youtuber merupakan platform media sosial berisi jutaan video content creator  dari seluruh penjuru dunia. Tentunya setiap hari dan setiap saat banyak video diunggah, disaksikan dan dikomentari. Sehingga setiap orang bebas membuat konten video sesui apa yang diminati.

Namun profesi ini bisa mendatangkan keuntungan sebab banyak sekali iklan bertebaran pada platform ini. Keuntungan profesi youtuber tak hanya dilihat dari subscriber, like atau komentar. Akan tetapi iklan-iklan yang bertebaran di video Youtuber juga bisa menjadi pemasukannya. Nah buat Sedulur yang ingin menekuni profesi ini maka tak perlu menyiapkan kamera keren.

Sebab hanya dengan peralatan gadget kamu saja sudah bisa merekam video dan diunggah ke media sosial ini. Asalkan kamu rajin, tekun, kreatif dan bersabar maka bukan hal mustahil kamu bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis online baru ini Sedulur.

4. Menawarkan jasa hobi

bisnis online tanpa modal
SIRCLO

Sebagian dari kita mungkin masih asing mendengar jasa menawarkan hobi. Ya, memang karena menawarkan jasa hobi termasuk contoh bisnis online terbaru. Sebenarya bisnis jasa menawarkan hobi sudah banyak bermunculan di Indonesia. Hanya saja belum terlalu populer layaknya Youtuber atau bisnis-bisnis lain. Namun sebenarnya bisnis online tanpa modal ini sangat menggiurkan, terlebih kamu menawarkan jasa hobi kamu ke orang lain.

Misalnya jika Sedulur mempunyai hobi melukis, maka bisa menjadi peluang membuka jasa melukis wajah ke orang lain dan tentunya kamu bisa mematok tarif sendiri. Kemudian jika kamu mempunyai hobi memotret, bisa disalurkan bakatnya saat acara pernikahan-pernikahan. Buatlah paket jasa foto kamu agar pihak yang menggelar pernikahaan merasa terbantu dengan apa yang kamu tawarkan.

5. Asisten virtual

bisnis online tanpa modal
Nesabamedia

Contoh bisnis online terbaru berikutnya adalah Asisten Virtual dan merupakan bisnis dengan peluang menjanjikan. Selama ini bisnis beroperasi secara online sehingga tak mengherankan banyak bisnis membutuhkan Asisten Virtual. Asisten Virtual di butuhkan untuk membantu mereka tetap teratur menyelesaikan tugas administratif tanpa perlu mengeluarkan modal.

Adapun gambaran tugas Asisten Virtual selama menjalankan tugasnya. Seperti mencakup penulisan, membalasa email, membuat dan mendistribusikan dokumen bisnis. Selanjutnya menanggapi pertanyaan media dan bisnis, menulis dan membuat konten serta masih banyak lagi.

BACA JUGA: 10 Cara Memulai Bisnis Online dari Modal Kecil Hingga Sukses

6. Penerjemah

bisnis online tanpa modal
Penerjemah Tersumpah

Selanjutnya bisnis online tanpa modal untuk mahasiswa adalah Penerjemah. Penerjemah masih banyak dicari orang untuk keperluan membantu tugas-tugas deadline, freelance dan online. Biasanya tawaran kerja sebagai penerjemah ini sebatas pe-buku ataupun per materi yang ingin dialih bahasakan.

Mengingat selama ini pekerjaan masih banyak dilakukan secara online, sehingga peran penerjemah dalam membantu tugas-tugas seseorang yang sedang bekerja online sangat dibutuhkan. Nah buat Sedulur mahasiswa bisa mengambil kesempatan ini untuk menambah uang saku.

7. Web developer

bisnis online tanpa modal
Berkarir

 Selain pekerjaan di bidang penerjemah ada pula bisnis online tanpa modal hasil melimpah adalah profesi Web Developer. Sebenarnya sangat mudah jika ingin membangun situs website sendiri. Hanya saja kebanyakan orang tidak memiliki waktu banyak dan keahlian serius ketika mengerjakannya. Melihat masalah ini justru menjadi peluang menggiurkan untuk kamu yang memang mempunyai ketrampilan di bidang IT khususnya Web Developer .

Namun sebenarnya Web Developer tak harus berasal dari mereka dengan ketrampilan IT.  Sebab menjadi seorang Web Developer hanya membutuhkan laptop, koneksi internet dan kemampuan membuat situs. Karena tugasnya yang tak mudah membuat website dengan tampilan enak di pandang dan mudah diakses orang, membuat profesi ini memiliki bayaran besar.    

8. Full time investor

bisnis online tanpa modal
RETipster

Selain pekerjaan Web Developer masih ada lagi contoh bisnis online baru bernama Full Time Investor . Pekerjaan ini sedikit menatang dan menjadi investor online tidak banyak membutuhkan modal besar Sedulur. Cukup dengan modal Rp 100 ribu maka sudah bisa mulai berinvestasi.

Sebagai gambaran, bahwa pekerjaan menanam atau investasi akan memberikan hasil sebesar 18% dalam setahun. Bahkan jika Sedulur tertarik bisnis ini ternyata mampu menjanjikan passive income tanpa harus selalu dikejar deadline pekerjaan.

9. Paid survey

bisnis online tanpa modal
Bloogersideas

 Tak banyak yang tahu bahwa bisnis online tanpa modal hasil melimpah bisa kamu coba dengan pekerjaan Paid Survey. Sebab selama ini banyak jenis survey ditawarkan secara online supaya mendapatkan kepuasan maupun penggunaan suatu bisnis. Beberapa lembaga survey yang bisa kita ketahui adalah Lembaga Survei Indonesia (LSI). Lalu ada pula lembaga survey Indobarometer dan masih banyak lagi.

Lembaga survei ini biasanya menawarkan insetif baik berupa barang  dan uang. Buat Sedulur Mahasiswa yang ingin mencari uang saku tambahan, namun tak mau mengeluarkan modal,  maka bisa mencoba Paid Survey.

Menjadi bagian dari Paid Survey  atau survei berbayar ini pastinya bisa menambah pendapatan kamu sebagai Mahasiswa. Apalagi jika kamu adalah Mahasiswa perantuan pasti pernah mengalami masa-masa sulit tidak memiliki pemasukan. Nah, Paid Survey ini sangat tepat dijadikan sebagai bisnis online tanpa modal untuk mahasiswa.

Caranya kamu hanya perlu meluangkan waktu selama 10-30 menit hanya untuk mengisi survey. Baru kemudian kamu akan mendapatkan insentif tambahan untuk dijadikan uang saku. Bagaimana kamu tertarik mengambil peluanng pekerjaan ini Sedulur?.

10. Buzzer

bisnis online tanpa modal
Tirto

Pernah mendengar kata Buzzer Sedulur? Pekerjaan ini termasuk bisnis online tanpa modal hasil melimpah. Meski dianggap memliki banyak tantangan saat menjalaninya. Meski demikian insentif yang kamu dapatkan dari pekerjaan ini sangat lumayan. Besarnya insentif yang bisa kamu dapatkan menjadi buzzer tergantung dari seberapa aktif kamu membagikan  artikel itu dan banyak postingan yang kamu bagikan.

Buzzer memiliki arti harus membagikan unggahan maupun hal menarik guna mendapatkan sebuah insentif. Nantinya pembayaran seorang buzzers ini bisa kamu terima ketika nominalnya sudah mencapai angka minimal sebesar  Rp 150 ribu. Karena insentifnya menggiurkan, membuat banyak Mahasiswa mendapatkan pembayaran lebih dari angka Rp 1 juta dari menekuni bisnis sebagai buzzers.

BACA JUGA: 18+ Ide dan Peluang Bisnis Online Yang Terbukti Menghasilkan

11. Konsultan SEO

bisnis online tanpa modal
Jojonomic

Kabar bahagia untuk Sedulur yang mempunyai ketrampilan dibidang Google Analytics. Sebab, jika Sedulur mempunyai ketrampilan dalam hal membuat Search Engine Optimization atau SEO, maka sekarang perusahaan sangat banyak membutuhkan. Tak hanya perusahaan besar, banyak bisnis kecil mulai merambah ke dunia website dalam memasarkan produknya. Alhasil keberadaan SEO sangat dibutuhkan supaya lebih banyak menjangkau pembeli.

Jasa konsultasi SEO termasuk contoh bisnis online terbaru dan kedepan jasa ini sangat punya peluang besar mendapat perhatian banyak perusahaan. Mengapa demikian, karena banyak pengusaha akan berusaha bagaiamana caranya memasarkan  produk  dan sampai dijangkau pembeli di mesin pencari.

Gunakan pengetahuan Sedulur mengenai SEO dalam menunjukan kepada pemilik bisnis cara membaca dan menggunakan data analitik mereka dengan cara benar. Kamu bisa mulai mengajari pelanggan-pelanggan kamu dengan cara menggunakan kata kunci.

Kemudian bagaimana cara menyusun konten dengan benar untuk mendapatkan banyak pengunjung atau traffic. Semua materi ini bisa kamu ajarkan kepada pelanggan atau mitra bisnismu. Namun tentunya harus diajarkan secara bertahap dann tak boleh cepat-cepat. Supaya pelanggan,  mitra bisnis dan perusahaan yang menggunakan jasamu akan sangat mudah memahami Sedulur.

12. Pelatihan bisnis online

bisnis online tanpa modal
Jetorbit

Selanjutnya ada pula contoh bisnis online baru yaitu pelatihan bisnis secara online. Maklum banyak sekali orang membeli kebutuhan pokok melalui platformplatform media sosial. Karena dianggap lebih mudah, praktis dan cepat sehingga tak harus menunggu lama. Dengan banyaknya masyarakat membeli produk secara online, bisa menjadi peluang untuk kamu menjadi mentor pelatihan bisnis online buat beberapa UMKM.

Sektor bisnis UMKM masih besar untuk dijadikan bisnis online, dan biasanya masih banyak bisnis UMKM belum mau menjual produknya ke online. Sehingga menjadi peluang untuk kamu bisa memberikan mereka materi pelatihan bagaimana menjual produk secara online.    

13. Menjual produk-produk khusus

HashMicro

Berikutnya ada pula bisnis online tanpa modal untuk pelajar dengan menjual produk-produk. Kamu bisa mulai menjual aneka macam produk-produk yang tidak umum secara online. Misalnya makanan hewan peliharaan, alat-alat musik hingga peraltan sekolah. Kamu bisa menggunakan model toko e-commerce khusus. Kamu bisa menjangkau pelanggan menggunakan yang mencari produk-produk khusus dan terspesifik.

Kamu sekarang hanya membutuhkan bagaimana mendaftarkan bisnis kamu di beberapa web online store. Supaya bisa menampilkan produk jualan Sedulur pada web mereka. Menggunakan model toko e-commerce sangat praktis dan mudah, karena kamu bisa memantau apa saja produk yang terjual dan belum terjual.  Sedangkan jika Sedulur memilih mendaftarkan usaha atau bisnis di web online store, maka kamu akan mendapatkan banyak kemudahan.

Mulai dari persyaratan mudah sampai tidak akan dikenakan biaya pembuatan akun. Lalu peluang produk Sedulur dilihat banyak orang-orang menjadi sangat besar. Sehingga bisnis Sedulur dapar segera beroperasi dalam waktu singkat.

14. Desainer web

IDCloudhost

 Memiliki ketrampilan dalam bidang mendesain web jangan sampai kamu sia-siakan Sedulur. Sebab bisa jadi ketrampilan mu malah menjadi peluang dalam menjadi pundi-pundi rupiah. Bisnis mendesain web termasuk bisnis online gratis tanpa modal langsung dapat uang. Sehingga kamu tak boleh menyianyiakan begitu saja, karena sekarang banyak bisnis sangat membutuhkan desainer web.

Jika Sedulur mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam bidang bahasa pemrograman HTML, maka Sedulur bisa membuka jasa untuk membuat situs web. Selain membangun portofolio kamu pun agar semakin keren, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari menawarkan jasa desainer web. Apalagi instansi sekolah, pemerintah hingga swasta benar-benar membutuhkan desainer web ini untuk membangun image melalui website. Tentunya  ini menjadi peluang menggiurkan buat kamu menawarkan jasa mendesain web untuk mitra atau pelanggan kamu.

15. Blogger pengulas produk

Sara Neryzha

Ada lagi contoh bisnis online dan baru bisa kamu tekuni yaitu menjadi blogger pengulas produk. Jika Sedulur merupakan orang yang suka dalam meninggalkan ulasan atau komentar pada situs-situs besar seperti Amazon, maka sudahilah melakukanny dengan cara gratis. Sebab ada teknis Word of Mouth baik dalam dunia digital masih mendatangkan keuntungan bagi banyak bisnis.

Jika Sedulur mempunyai blog pribadi dan memiliki  banyak pengunjung, ternyata ini malah menjadi peluag bisnis tersendiri bagi Sedulur. Nantinya pihak PR dari setiap bisnis akan mencari pemasar brand  mereka dan salah satunya adalah keberadaan Blogger.

 Blogger nanti akan memberikan ulasan menarik terkait produk apa saja yang baru dirilih oleh pihak PR pemilik brand produk kamu Sedulur. Jadi sangat mempunyai peluang besar jika kamu adalah seorang blogger.

BACA JUGA: Tips dan Cara Memulai Bisnis Online Shop

16. Remote Technical Support

Aavex Technologies

 Selama ini banyak bisnis kecil tidak mempunyai banyak anggaran bagi mereka merekrut karyawan IT secara Full Time. Sehingga mau tidak mau mereka membutuhkan seorang ahli IT dari orang luar atau teman dekat saja. Nah, bila kamu mempunyai kemampuan dalam bidang IT, sangat sayang sekali jika tidak dimanfaatkan untuk mencari tambahan  pemasukan.

Kamu bisa membuka  jasa dalam bidang IT Service dan menyasar sektor seperti instansi-instansi swasta atau perusahaan-perusahaan kecil. Remote Technical Support termasuk dalam bisnis online tanpa modal hasil melimpah. Sebab kamu hanya tinggal duduk manis di rumah dan mengerjakan pekerjaan kamu. Mengelola dan memperbaiki sistem klien apabila sistem klien dan sedang mengalami gangguan.

17. Penjual kerajinan tangan

Tribun Bali

Berikutnya ada juga bisnis online untuk pemula yaitu penjual kerajinan tangan. Kerajinan tangan sampai sekarang peminatnya masih tinggi, sehingga kamu bisa mencobanya untuk dijual ke banyak orang.  Di samping unik, produk-produk kerajinan tangan mempunyai nilai plus di mata banyak pelanggan. Jadi kamu tak perlu ragu menjual produk kerajinan tangan ini.

Sebagai pemula kamu bisa menjual produk kerajinan tangan ini ke orang lain dengan memanfatakan platform media sosial. Bisa menggunakan WhatsApps, Facebook, Twitter dan Instagram. Namun bisa juga kamu jual produk kerajinan tangan kamu ke Online Store atau Online Shope.

Sebab dua toko e-commerce sangat banyak dikunjungi pembeli karena prosesnya mudah dan tidak perlu menunggu lama. Melihat peluang ini maka Sedulur bisa langsung mempraktikannya sendiri.

18. Pengembang software & hardware

Salamadian

 Sekarang ini aplikasi atau software smartphone menjadi lebih populer di kalangan publik. Alhasil banyak orang atau perusahaan rela membeli aplikasi guna menunjang pekerjaan mereka. Nah melihat banyaknya orang atau perusahaan membutuhkan aplikasi, menjadi peluang menjanjikan jika kamu memilliki ketrampilan dalam hal pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak.

Jika Seduur mempunyai ide inovatif dan punya kemampuan coding, maka Sedulur bisa membuat aplikasi sendiri dan jadikan bisnis online sendiri. Maka manfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram dalam membuat akun bisnis jasa pembuat dan pengembang aplikasi Sedulur.

19. Konsultan instagram

Lian Galliard

Selama ini kita hanya mengetahui konsultan hanya bergerak di bidang keuangan, bisnis dan properti. Namu sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis konsultan dan itu bisa dijadikan sebagai contoh bisnis online baru yang mungkin bisa kamu tekuni. Seperti yang paling baru adalah konsultan di bidang Instagram.

Instagram sampai sekarang masih jadi media populer di kalangan banyak orang. Sebab instagram menawarkan kelebihan berupa memposting video, foto hingga story. Tentunya sangat mendukung sekali dalam menjalankan bisnis dan menjangkau pelanggan secara luas. Meski demikian, tak semua orang tahu bagaimana cara memanfaatkan instagram untuk kepentingan bisnis.

Jika Sedulur jeli melihat peluang ini maka bisa dijadikan contoh bisnis online menggiurkan. Yang terpenting Sedulur mempunyai latar belakang di bidang bisnis, media sosial, pemasaran, desain grafis dan fotografi. Maka Sedulur bisa memulai bisnis konsultan instagram secara mandiri maupun profesional.

20. Membuka kursus online

Tribunnews

Apakah kamu seorang guru, mahasiswa dan pelajar sekolah serta memiliki ketrampilan megajar? Mungkin bisa mencoba membuka kursus online ini. Membuka kursus online tak membutuhan banyak modal, atau bahkan minim modal sama sekali. Sehingga sangat cocok dijadikan bisnis online tanpa modal untuk mahasiswa. Meski demikian, kamu harus benar-benar menguasai ketrampilan untuk setiap kursus yang hendak kamu tawarkan ke orang lain.

Kursus online masih banyak diminati orang meski pandemi sudah berakhir. Sebab sekarang ini banyak orang masih enggan pergi keluar dan memilih mencari kursus online karena dirasa praktis dan mudah mencerna pengetahuan. Jadi sangat pas sekali jika dijadikan contoh bisnis online baru di tahu ini.

21. Menjadi penulis freelance

EKRUT

Berikutnya bisnis online untuk pemula dan bisa tekuni adalah jasa penulis freelance. Saat ini masih banyak perusahaan membuka pekerjaan dengan status freelance. Insentifnya pun juga sangat lumayan jika Sedulur benar-benar menekuninya. Bisa dalam sehari kamu mendapatkan bayaran pertulisan Rp 50 ribu sampai dengan Rp 70 ribu untuk setiap tulisan.

Supaya lebih memudahkan kamu dalam mendapatkan informasi pekerjaan penulis freelance, bisa membuka Sribulancer dan Projects.co.id. Dua website ini kerap menjadi rujukan bagi mereka orang-orang penulis freelance.  

22. Membuka jasa desain grafis

Snapy

Tak hanya seorang penulis freelance, ada pula bisnis online tanpa modal untuk pelajar seperti membuka jasa desain grafis. Maklum saat ini, banyak sekali pemilik usaha, pebisnis ataupun pengusaha membutuhkan desain grafis. Mereka dibutuhkan untuk keperluan membuat spanduk, stiker ataup pembuata  pamflet.

23. Berjualan e-book

Klik Mania

Selain menawarkan jasa desain grafis ada pula contoh bisnis online baru yaitu jasa berjualan e-book. Untuk menekuni bisnis ini pastikan Sedulur mampu membuat sebuah buku digital menarik dan berbobot. Tak hanya memikirkan kontennya yang harus berbobot, namun juga harus dipikirkan juga bagaimaa desain dan tampilannya. Adapun cara penjualan e-book ini, bisa menggunakan buku digital seperti BukaBuku, Karya Virtual dan Google Playstore.

24. Membuka jasa copywriting

Karirpad

Memiliki kemampuan dalam hal menulis iklan produk harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Sebab dengan kemampuan yang kamu miliki bisa jadi peluang dalam mencari pemasukan pasive atau passive income. Meyakinkan pembeli agar produk kita bisa terjual memang tidak sembarangan orang bisa melakukanya. Butuh teknis dan proses supaya mereka mau membeli produk kita. Nah, Copy Writing merupakan teknik  menjual produk yang biasa ditemukan di banyak perusaan.

Jasa layanan Copywriting ini bisa kamu jumpai di media cetak ataupun platform digital seperti website. Jika Sedulur menguasai teknis ini, maka sangat mungkin bagi kamu membuka jasa menulis iklan copywriting.

 25. Influencer

Jurnal

Jasa ini termasuk bisnis online tanpa modal untuk pelajar.  Namun sebenarya bisa dikerjakan oleh siapa saja tak harus menjadi artis besar dahullu. Asalkan benar-benar mengenal produk dan menguasai tingkatan infuencer seperti nano, mikro sampai dengan premium. Kamu harus mengetahui tingkatan ini  supaya kamu bisa mengerjakan dengan baik.

Demikian ulasan mengenai bisnis online tanpa modal yang bisa kamu tekuni dan praktikkan. Semoga pembahasan ini bisamembuka mata kita bahwa sebenarnya masih ada bisnis yang tidak perlu membutuhkan banyak modal namun tetap bisa mendapatkan pemasukkan optimal  

 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.