modal buka usaha laundry

Laundry menjadi usaha yang potensial dan sangat menjanjikan. Bahkan usaha laundry dapat memberikan penghasilan yang tergolong besar. Namun perlu juga Sedulur tahu, bahwa untuk menjalankan bisnis ini dibutuhkan modal buka usaha laundry yang tidak sedikit.

Modal buka usaha laundry membutuhkan biaya yang besar, terutama untuk membeli mesin cuci yang menjadi peralatan utamanya. Terkait rincian modal buka usaha laundry juga selalu menjadi pertanyaan banyak orang yang ingin memulai usaha satu ini.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas rincian modal buka usaha laundry sebagai gambaran bagi Sedulur yang tertarik untuk menjalankan usaha satu ini. Untuk membuka pembahasan, kita mulai dengan membahas segala hal tentang usaha laundry itu sendiri.

BACA JUGA: 25 Usaha yang Jarang Rugi dan Untung Terus, Cocok Untuk Pemula!

Mengenal Usaha Laundry

Apartement Therapy

Sebelum masuk ke rincian modal, tentu akan lebih baik kita mulai pembahasan dengan membahas terkait usaha laundry itu sendiri. Usaha laundry adalah usaha dalam bidang jasa yang berfokus pada membersihkan berbagai macam kebutuhan pakaian seseorang.

Pakaian tersebut seperti baju, celana, jaket, pakaian dalam, sampai sepatu. Namun, dalam beberapa kesempatan usaha laundry juga bisa menerima jasa mencuci sprei, bed cover, sampai boneka juga.

Namun sudah tahukah Sedulur apa arti sebenarnya dari laundry? Bila melihat dari segi bahasa, laundry adalah kata benda dalam bahasa Inggris yang berarti cucian. Di Indonesia sendiri, usaha laundry pada zaman dahulu sering disebut dengan menggunakan kata penatu atau binatu.

Kata tersebut dalam KBBI bermakna seseorang atau sebuah usaha yang bergerak dalam bidang pencucian pakaian sampai ke proses penyetrikaannya.

Rincian Modal Buka Usaha Laundry

The US Sun

Dalam kesempatan kali ini, kita masuk ke pembahasan utama terkait rincian modal buka usaha laundry. Sebelum Sedulur membelanjakan modal untuk merintis bisnis laundry ini dan menghitung omzetnya, tentu Sedulur harus mendata lagi apa saja yang diperlukan untuk membuka sebuah bisnis laundry sederhana.

Sebaiknya ada beberapa poin yang masuk ke dalam daftar. Berikut ini beberapa kebutuhan yang perlu disiapkan dan kisaran harga yang dibutuhkan sebagai pembuka wawasan sebelum menentukan nisnis laundry yang akan Sedulur rintis. Modal yang dibutuhkan dalam investasi awal usaha laundry:

  • 2 unit mesin cuci = Rp 4 Juta
  • 1 unit mesin pengering = Rp 1,5 juta
  • 5 unit setrika = Rp 500 ribu
  • 1 unit timbangan = Rp250 ribu
  • Renovasi ruangan = Rp1 juta
  • Set meja kursi = Rp300 ribu
  • Promosi awal = Rp500 ribu

Maka dari hasil perhitungan di atas, total investasi awal sekitar Rp 8 jutaan. Lalu Sedulur juga perlu memperhitungkan biaya operasional bulanan yang kurang lebih perhitungannya seperti berikut ini.

  • Listrik = Rp 500 ribu
  • Detergen = Rp500 ribu
  • Pewangi = Rp150 ribu
  • Gaji karyawan = Rp800 ribu
  • Air = Rp300 ribu
  • Bensin antar jemput = Rp150 ribu
  • Kebutuhan lain-lain = Rp200 ribu

Dari rincian di atas, maka didapatkan total biaya operasional bulanan sebesar Rp 2,6 juta. Selain itu, dari perhitungan di atas juga jika ditotalkan modal yang harus dikeluarkan untuk bisa membuka bisnis laundry di bulan pertama adalah sekitar Rp10,6 juta.

Berarti dari data tersebut Sedulur bisa menghitung asumsi pendapatan per bulan dengan cara menentukan harga laundry perkilonya. Misal, Sedulur mendapatkan pesanan 40kg laundry setiap hari dengan harga perkilogramnya Rp 5 ribu. Maka omset usaha laundry perbulan adalah:

  • 40 × 30 = 1200kg X Rp 5.000 = Rp 6 juta

Berikut ini rincian beberapa kebutuhan perlengkapan dan peralatan yang wajib Sedulur miliki untuk bisa membuka usaha laundry di rumah:

1. Mesin puci

Alat utama untuk membuka usaha laundry tentu saja satu unit mesin cuci. Di pasaran, terdapat dua tipe mesin cuci yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pertama adalah mesin cuci top load dengan pintu di atas, atau front load dengan pintu di depan.

Keduanya memiliki keunggulan sendiri yang bisa Sedulur sesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk harga, mesin cuci top load lebih murah dibandingkan dengan mesin cuci front load, namun memiliki fitur yang lebih lengkap.

2. Mesin pengering

Mesin berikutnya yang harus dimiliki adalah mesin pengering. Mesin ini cukup efektif untuk memangkas pekerjaan menjemur pakaian yang secara konvensional dilakukan dengan menjemur di bawah sinar matahari.

Dengan adanya mesin ini, maka pakaian yang selesai dicuci bisa segera dikeringkan dan tentunya waktu yang dibutuhkan akan semakin singkat. Dengan adanya mesin pengering ini, bisa dijamin bahwa bisnis laundry Sedulur akan semakin dipercaya dan pelayanan yang optimal bisa dirasakan oleh pelanggan.

3. Setrika

Selesai dikeringkan, pakaian harus dirapikan dengan proses setrika. Sedulur bisa memilih setrika biasa atau setrika uap sesuai dengan kondisi bisnis laundry dan kecakapan karyawan.

Umumnya para pengusaha laundry menggunakan setrika uap untuk hasil yang lebih rapi dan halus namun harganya lebih mahal dibandingkan dengan setrika biasa. Siapkan setrika dan meja setrika untuk pengalaman menyetrika yang lebih optimal dan menghemat tenaga.

4. Sabun cuci

Ada baiknya Sedulur mencari distributor sabun cuci atau detergen khusus untuk laundry yang harganya jauh lebih murah untuk menekan biaya produksi. Apalagi Sedulur bisa membeli langsung dalam jumlah banyak agar harga bisa ditekan.

Pilih deterjen yang sesuai dengan mesin cuci dan segala jenis bahan tekstil. Pastikan bahan deterjen tersebut memang baik untuk pakaian serta tidak menyebabkan pakaian mudah rusak. Dalam hal ini, kepercayaan konsumen adalah hal utama sehingga pastikan kualitas laundry yang Sedulur punya memang yang terbaik.

5. Pewangi pakaian

Siapkan beberapa produk pewangi sebagai bagian dari pelayanan terhadap konsumen. Berikan mereka keleluasaan dalam memilih pewangi favorit sehingga mendapatkan pakaian yang sesuai dengan keinginan setiap konsumen.

Saat ini sudah banyak penjual yang menawarkan pewangi laundry beraneka ragam dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Timbangan

Timbangan digunakan untuk menghitung beban setiap pakaian yang masuk dari setiap pelanggan. Dari timbangan ini maka akan didapatkan harga yang sesuai dan transparan. Pilih timbangan digital yang menampilkan beban dan harga agar pelanggan mendapatkan harga dan berat yang transparan dari setiap orderan yang mereka lakukan.

BACA JUGA: 35+ Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Tips Sukses Membuka Usaha Laundry

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Jasa laundry
Unsplash

Selain rincian modal di atas beserta dengan peralatan yang dibutuhkan, bagi Sedulur yang bertekad dan berniat menjalankan usaha ini, tentu Sedulur harus tahu tips sukses membuka usaha laundry seperti apa saja. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

1. Pilih lokasi yang tepat

Tips pertama yang bisa Sedulur sebelum memulai laundry kiloan adalah menentukan lokasi yang tepat. Carilah lokasi yang memiliki banyak mahasiswa maupun karyawan yang menjadi target pasar Sedulur. Penentuan lokasi ini juga akan sangat berpengaruh dalam penyediaan modal, pastikan lokasi yang Sedulur pilih strategis dan mudah untuk dijangkau.

2. Tetapkan harga

Harga merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi bisnis kiloan, terlebih ketika sudah ada usaha serupa di wilayah yang Sedulur pakai untuk usaha. Pastikan harga jasa yang Sedulur tawarkan terjangkau dan tidak jauh dari harga pasaran. Untuk mempermudah Sedulur dalam menentukan harga, dan ada baiknya sih lakukan survei terlebih dahulu.

3. Selalu berorientasi pada waktu

Ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan sangat penting dalam bisnis laundry. Sebagian besar pelanggan merupakan orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu, lalu usaha laundry Sedulur hadir sebagai solusi. Jangan sampai Sedulur mengecewakan para pelanggan dengan membuat mereka menunggu lebih lama untuk mendapatkan pakaian yang bersih dan wangi.

4. Teliti dan hati hati pada pakaian konsumen

Perlakukanlah pakaian konsumen layaknya merawat pakaian terbaik Sedulur. Hal ini harus dilakukan supaya pakaian milik pelanggan tetap dalam keadaan baik dan tidak rusak. Bacalah label perawatan pakaian sebelum mulai mencuci, pastikan juga warna pakaian tidak luntur dengan tidak mencampurkan pakaian berwarna dengan pakaian putih dan hindari hal-hal yang dapat merusak pakaian pelanggan.

Selain itu, Sedulur juga harus teliti dengan setiap pakaian yang diberikan oleh pelanggan. Jangan sampai ada pakaian yang tertinggal atau hilang karena itu bisa menjadi cap buruk untuk usaha laundrymu.

5. Buat promo menarik

Setiap pelanggan laundry datang dengan berbagai kebutuhan yang berbeda. Sedulur harus siap untuk memberikan solusi bagi masalah mereka. Siapkan beberapa paket yang bisa dipilih oleh pelanggan agar mereka bisa menggunakan jasa sesuai dengan kebutuhan.

Buat paket cuci kilat dengan harga lebih tinggi namun waktu pengerjaan yang lebih cepat, Paket cuci lipat, paket cuci setrika, atau pilihan parfum yang disukai oleh pelanggan berbeda. Dan Jangan segan untuk membuat promosi di awal Sedulur merintis.

Selain strategi untuk memperkenalkan jasa dan kualitas usaha, cara ini juga bisa menjadi tolak ukur bagaimana keuntungan bisa ditingkatkan secara perlahan dengan perhitungan yang matang. Buatlah promo potongan diskon saat minggu pertama bisnis laundry dibuka. Atau pendaftaran 10 member pertama akan mendapatkan gratis cuci 5kg.

6. Kelola keuntungan

Bisnis laundry ini bisa dikembangkan lagi menjadi lebih besar dengan layanan tambahan di waktu mendatang. Perhatikan kebutuhan pasar dan pelanggan dari barang-barang yang mereka cuci. Buatlah perencanaan untuk membuka jasa laundry sepatu, helm, bantal, boneka, atau produk lainnya yang memungkinkan dibutuhkan oleh pelanggan.

Mengembangkan potensi laundry ke lini yang lebih luas tentu akan membuat Sedulur sedikit lebih maju dibandingkan dengan kompetitor. Jika usaha laundry Sedulur sudah besar dan memiliki keuntungan yang sudah lebih dari cukup.

Maka ada juga pengembangan usaha yang bisa dilakukan seperti franchise usaha laundry. Ini membuat kesempatan usaha yang Sedulur miliki bisa semakin luas dan keuntungan yang didapatkan akan semakin berlipat.

7. Beri layanan antar jemput

Memberikan layanan antar jemput merupakan salah satu strategi yang cukup mumpuni jika Sedulur mau bersaing secara sehat dengan kompetitor lainnya. Menjemput pakaian kotor dan mengantarkannya dalam keadaan bersih tentu akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi pelanggan.

Apalagi ketika para pelanggan merupakan orang yang benar-benar sibuk untuk mengantarkan dan mengambil laundry ke lokasi usahamu. Sedulur juga bisa menambahkan fitur layanan WhatsApp dan gratis pengantaran untuk radius tertentu dari lokasi usaha.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang modal buka usaha laundry dan bagaimana tips memulainya. Semoga dengan ulasan di atas Sedulur bisa mengetahui setiap kelebihan dan kekurangan usaha laundry sehingga bisa tepat menyiapkan perencanaan usahanya. Semoga sukses ya!