marketing adalah

Kebanyakan orang akan berpikir marketing adalah bidang yang hanya berkaitan dengan sales saja. Padahal, sebenarnya marketing ini merupakan salah satu bagian utama dalam sebuah bisnis. Dengan strategi marketing yang baik dan benar, Sedulur bisa memaksimalkan omzet dari bisnis yang dijalankan.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk belajar seputar marketing, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Ini Dia 8 Cara Menjadi Reseller Modal Kecil Untung Maksimal

1. Apa itu marketing?

marketing adalah
pexels

Marketing adalah usaha untuk memperkenalkan produk pada para pelanggan. Usaha ini diwujudkan dengan melakukan beberapa aktivitas seperti promosi, penjualan, distribusi, sampai dengan strategi pengembangan produk.

Peranan dari marketing terhadap sebuah bisnis itu cukup besar. Ya, dapat dibilang jika tidak ada bisnis yang tidak akan berhasil tanpa adanya upaya marketing yang baik. Apabila tidak ada marketing, maka Sedulur tidak bisa memperoleh manfaat seperti:

  • Hubungan yang baik dengan konsumen.
  • Penjualan yang meningkat.
  • Pengembangan produk.
  • Sarana untuk melakukan branding.

Dalam praktiknya, marketing ini sering diawali dengan melakukan riset pasar serta melakukan analisa kebutuhan para konsumen. Akan tetapi, walaupun kedua hal itu bisa terus dilakukan, penting bagi pengusaha untuk terus menggunakan strategi marketing terkini seiring dengan perkembangan zaman.

2. Strategi marketing

marketing adalah
pexels

Strategi marketing adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan di pasar secara berkesinambungan. Nah, ada beberapa strategi marketing yang bisa Sedulur coba, seperti berikut ini.

  • Marketing Mix

marketing mix adalah strategi untuk melakukan berbagai macam upaya marketing dalam agar bisa mencapai target penjualan yang diinginkan. Strategi yang satu ini memang lebih sering dipilih oleh para pelaku bisnis.

Dalam marketing mix, Sedulur bisa mengawalinya dengan merancang produk yang paling dibutuhkan oleh konsumen. Selain itu, pastikan juga agar harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Nah, upayakan agar produk tersebut selalu eksis di masa-masa yang akan datang.

  • Guerilla Marketing

Guerilla marketing merupakan sebuah strategi marketing dengan cara promosi yang unik, sehingga mampu menimbulkan kesan bagi para konsumen. Bahkan, tidak jarang strategi marketing semacam ini membuat orang terkejut dengan gebrakan yang dilakukan.

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dari guerilla marketing seperti anggaran lebih hemat, mudah viral, dan lebih berkesan untuk calon konsumen. Namun, strategi ini hanya bisa diterapkan jika Sedulur benar-benar menggunakan kreativitas yang tepat dalam pemasaran.

  • Viral Marketing

Viral marketing merupakan strategi promosi yang memanfaatkan audience untuk menyebarkan informasi terkait produk yang dijual. Bisa dikatakan strategi yang satu ini cukup berhasil dalam mendongkrak tingkat kepopuleran bisnis dalam waktu singkat.

Dengan jangkauan audience yang luas, maka dapat dijadikan sebagai upaya agar brand awareness meningkat secara efektif. Selain itu, besar kemungkinan media akan menayangkan produk karena memang sedang viral.

  • Trend Marketing

Trend marketing yakni strategi pemasaran dengan mempelajari trend terbaru yang ada di masyarakat. Sebagai seorang pebisnis, alangkah baiknya jika Sedulur tidak melewatkan strategi ini begitu saja. Hal ini karena trend sangat berpengaruh terhadap kelancaran promosi produk.

Selain itu, trend ini juga selalu berubah tiap waktunya. Jadi Sedulur perlu menyesuaikan proses promosi dengan trend yang sedang berlangsung saat itu juga. Oleh sebab itu, pahami trend yang sedang berlangsung, dan manfaatkan untuk mempromosikan produk.

BACA JUGA: Peluang Usaha yang Menjanjikan yang Perlu Dicoba di Tahun 2021

3. Jenis marketing

marketing adalah
pexels

Ada beberapa jenis marketing yang perlu untuk Sedulur ketahui. Sedulur bisa mencoba untuk menerapkan jenis-jenis marketing yang ada di bawah ini demi kemajuan dan kelancaran bisnis yang sedang dijalankan.

  • Digital Marketing

Digital marketing adalah proses pemasaran yang memanfaatkan semua aset dan sumber daya secaranya online. Jenis marketing yang satu ini, akan memaksimalkan semua potensi yang ada pada internet demi mencapai target bisnis.

Tidak hanya itu, digital marketing ini juga sangat efektif untuk membangun sebuah brand tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Target pasarnya juga dapat ditentukan, karena adanya banyak penyedia jasa iklan yang menyediakan layanan pengiklanan murah.

  • Multi-Level Marketing

Multi-level adalah pemasaran yang dilakukan secara langsung, dan melibatkan banyak orang. Jenis marketing ini juga kerap dikenal dengan “network marketing”, karena tenaga pemasarannya memperoleh komisi dari produk yang dipasarkan.

Selain itu, bisnis juga akan mendapatkan komisi pemasaran dan penjualan tambahan yang berasal dari jaringan-jaringannya. Jadi kemungkinan produk yang dimiliki menjadi salah satu produk terkenal itu sangatlah besar.

  • Direct Marketing

Direct marketing adalah bagaimana Sedulur bisa melahirkan sebuah kontak secara langsung dengan pelanggan. Nah, pelanggan tersebut nantinya bisa membantu Sedulur dalam melakukan kampanye iklan produk atau layanan.

Dengan jenis marketing ini, maka Sedulur bisa lebih mudah dalam mencapai tujuannya secara lebih spesifik. Apabila direct marketing ini dilakukan dengan tepat, maka mampu menghasilkan nilai penjualan yang cukup tunggu dengan biaya yang rendah.

  • Field Marketing

Field marketing atau marketing lapangan adalah salah satu strategi pemasaran di mana sebuah brand akan menampilkan produk secara langsung di lapangan. Misalnya saja seperti event kampus, supermarket, pameran, dan lain sebagainya.

Bentuk pemasaran secara langsung ini biasanya berupa demo produk, promosi, dan juga penjualan secara langsung. Tujuan utama dari field marketing ini seperti meningkatkan penjualan pada lokasi target, meningkatkan brand awareness, hingga meningkatkan engagement konsumen.

4. Jabatan terkait dunia marketing

marketing adalah
pexels
  • Marketing Executive

Marketing executive adalah profesi yang akan terlibat dalam pengembangan kampanye pemasaran. Tugas utamanya adalah memaksimalkan keuntungan melalui strategi pemasaran yang tepat.

  • Product Executive

Posisi yang bertanggung jawab seputar omzet dan brand. Penjualan tidak langsung ditangani olehnya, namun melalui sales people.

  • Community Manager

Community Manager memiliki tugas untuk membangun hubungan baik dengan para customer. Nantinya customer akan dikelompokkan menjadi beberapa semen.

  • Area Manager

Area manager lebih banyak berurusan dengan sales. Pada umumnya, brand telah dibangun melalui iklan di media massa secara masif.

  • Project manager

Tugas dari project manager, adalah menangani project-project tertentu saja. Akan tetapi, posisi ini bertanggung jawab secara penuh dalam suatu project yang ditanganinya.

  • Market Analyst

Untuk mendukung brand manager, dibutuhkan market analyst yang bertugas untuk mengolah, menghimpun, dan menganalisa data dari market.

  • Conclusion

Conclusion memiliki tugas untuk menggabungkan harvesting demand dan creating demand dalam perusahaan. Namun ada beberapa perusahaan yang memisahkan keduanya.

5. Tugas Marketing

marketing adalah
pexels

Divisi marketing memiliki beberapa tugas penting dalam perusahaan. Bahkan bisa dibilang jika tidak ada marketing, maka bisnis atau perusahaan tidak akan bisa berjalan. Nah, tugas marketing kurang lebih adalah berikut ini.

  1. Memenuhi keinginan dan kebutuhan dari para konsumen.
  2. Menetapkan harga sesuai persetujuan executive.
  3. Merencanakan berbagai macam produk yang akan diproduksi.
  4. Merencanakan strategi dan jalannya promosi yang akan dilakukan.
  5. Melayani setiap konsumen yang membutuhkan produk.

6. Tanggung jawab marketing

marketing adalah
pexels

Jika Sedulur sudah mengetahui dan memahami tugas-tugas marketing, maka Sedulur juga perlu paham tanggung jawab dari marketing tersebut. Untuk itu langsung saja, berikut beberapa tanggung jawab marketing dalam bisnis.

  1. Memantau persaingan dan melacak trend.
  2. Mendengar kebutuhan para pelanggan.
  3. Mencari dan menggunakan alat pemasaran baru.
  4. Membuat inovasi baru.
  5. Koordinasi dengan mitra pemasaran perusahaan.
  6. Mengelola anggaran pemasaran.
  7. Membantu dalam meningkatkan pelanggan dan penjualan.

Setelah membaca informasi tentang marketing yang ada di atas, apa sekarang Sedulur sudah paham garis besar tentang marketing? Ya, jadi jangan hanya tau soal gaji marketing saja, namun juga berbagai hal yang terkait dengan divisi tersebut. Bidang ini sebenarnya sangat menarik, terdapat banyak sekali turunan dari bidang ini yang dapat Sedulur pelajari lebih jauh. Kemampuan marketing pun akan sangat berguna jika Sedulur ingin memulai bisnis mandiri seperti menjadi Super Agen.

Kemampuan marketing ini bisa menjadikan Sedulur sebagai Super Agen yang sukses. Penghasilan dari Super Agen pun dapat mencapai jutaan rupiah per bulannya dengan waktu kerja yang sangat fleksibel. Terlebih dengan kemampuan marketing yang baik, kesuksesan pasti dapat Sedulur raih. Yuk, daftar jadi Super Agen dan install Aplikasi Super sekarang juga!