Saat ini, reseller adalah pekerjaan yang menggiurkan untuk dicoba. Namun apa sebenarnya pengertian dari reseller itu sendiri? Yuk, simak ulasannya di sini!

Bagi Sedulur yang sering belanja online, sudah pasti tidak asing lagi dengan istilah dropshipper atau reseller. Bahkan mungkin, Sedulur juga menyangka dropshipper dan reseller adalah satu pekerjaan yang sama. Jika benar Sedulur beranggapan seperti itu, maka kamu belum benar-benar mengerti tentang reseller.

Agar belanja online-mu lebih afdol, Sedulur tentu saja harus mengetahui pengertian reseller. Selain itu, Sedulur juga bisa dengan terbuka menjadi reseller bagi yang membutuhkan pemasukan tambahan. Oleh karena itu, di kesempatan kali dijelaskan mengenai pengertian reseller berikut cara kerjanya. Langsung simak saja pembahasannya di bawah ini dimulai dengan pengertian dari reseller itu sendiri.

Baca Juga: Distributor Adalah: Pengertian, Fungsi dan Jenis yang Harus Dipahami

Apa itu Reseller?

Apa itu Reseller?
merdeka.com

Secara harfiah, reseller ialah pedagang yang menjual ulang produk-produk tertentu. Namun dalam konteks bisnis, arti reseller adalah menjual kembali sebuah produk dari supplier tanpa memiliki stok barang. Ia akan mendapatkan komisi dari kesepakatan dengan produsen pemilik produk.

Kesepakatan terkait komisi ini bisa ditentukan oleh produsen pemilik produk maupun hasil negosiasi antara reseller dan produsen. Setiap produsen dan brand selalu terbuka dengan reseller karena keberadaannya turut membantu menyebarkan produknya. Biasanya setiap brand dan produsen selalu membuka open reseller di setiap produk yang dijual.

Open reseller adalah pencarian reseller yang dilakukan oleh brand atau produsen yang berarti kebutuhan akan reseller masih jauh dari target yang ditentukan. Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja reseller itu sendiri?

Cara Kerja Reseller

Cara Kerja Reseller
marketerdream.com

Untuk lebih memahami apa konsep ini, mengetahui cara kerja reseller adalah sebuah keharusan. Hal ini juga akan sangat bermanfaat bagi Sedulur yang hendak menjadi reseller. Berikut ini adalah garis besarnya:

  • Menentukan produk yang akan dijual
  • Menyiapkan tempat sebagai gudang untuk menyimpan produk barang
  • Menghubungi produsen, supplier, atau pemilik produk
  • Melakukan pemasaran dan penjualan melalui media sosial
  • Melakukan hubungan baik dengan konsumen
  • Mencari tahu keinginan konsumen untuk menumbuhkan rasa kepercayaan

Selama ini juga, kita mengenal istilah reseller langsung adalah sebagai penjual yang langsung berhubungan dengan produsen atau supplier pemilik produk. Berbeda dengan dropshipper yang biasanya harus melalui pihak ketiga terlebih dahulu. Hal ini yang menjadi perbedaan mendasar dari reseller dan dropshipper itu sendiri.

Contoh reseller yang menguntungkan adalah dengan menjadi Super Agen, mitra dari Aplikasi Super. Sedulur bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya. Bagi yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, bisa klik di sini untuk mempelajarinya.

Perbedaan Reseller dan Dropshipper

Perbedaan Reseller dan Dropshipper
kumparan.com

Karena adanya kesamaan cara kerja, banyak yang tidak bisa membedakan antara reseller dan dropshipper. Reseller adalah seseorang yang menjual kembali produk atas kesepakatan dengan produsen dan pemilik produk. Sedangkan dropshipper merupakan penjual produk dari supplier tanpa memiliki stok barang dan tidak mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut.

Keuntungan yang didapatkan oleh dropshipper adalah dari selisih harga produk. Berbeda dengan reseller yang bisa menentukan harga jual sendiri dan bebas menjual ke mana pun, dropshipper tidak bisa sebebas itu. Namun keuntungan dari dropshipper adalah tidak perlu memusingkan stok produk karena semua diurus oleh supplier atau produsen.

Baca Juga: Begini Cara Sukses Menjadi Dropshipper, Bisa Untung Melimpah!

Kelebihan dan Kekurangan Reseller

Kelebihan dan Kekurangan Reseller
tirto.id

Jika melihat perbandingan cara kerja reseller dan dropshipper, dua jenis pekerjaan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena reseller menjual produk yang berjejaring langsung dengan pemilik produk, maka ia lebih diuntungkan.

Berikut ini beberapa daftar kelebihan dari reseller yang bisa dinikmati:

  • Bebas menentukan harga jual sendiri, dengan catatan harga jual yang masuk akal dan sesuai kondisi pasar
  • Bebas menjual barang langsung ke teman, sahabat, kerabat, juga menjual langsung di media sosial
  • Dituntut untuk mengelola keuangan karena produk yang dijual harus dibeli terlebih dahulu sebelum kemudian dijual kepada konsumen
  • Bebas dari tuntutan pelanggan karena produk yang dijual bukan produk sendiri
  • Dapat memahami skema distribusi barang dan pemasaran

Di antara semua kelebihan dari reseller di atas, berikut ini beberapa kekurangan reseller sebagai bahan pertimbangan:

  • Reseller membutuhkan modal awal yang cukup besar karena produk yang dijual harus dibeli terlebih dahulu
  • Harus menyiapkan tempat sebagai gudang untuk menyimpan stok barang
  • Jika produk rusak atau tidak laku di pasaran akan mendapatkan kerugian yang cukup besar
  • Harus mengerjakan banyak hal mulai dari pemasaran, melayani konsumen, mengemas serta mengirim barang, dan menerima berbagai komplain dari konsumen

Terlepas dari semua hal di atas, dalam menjalankan bisnis risiko mendapatkan untung dan mengalami kerugian merupakan hal yang wajar belaka. Satu hal yang pasti, harus fokus dan konsisten agar bisa mendapatkan kesuksesan dan untung besar.

Sedulur juga bisa mencoba menjadi Super Agen, program kemitraan dari Aplikasi Super, dengan menjual berbagai produk barang yang ada di Aplikasi Super. Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi Super Agen. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajarinya. Jangan lupa juga untuk install Aplikasi Super dan belanja di Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan harian Sedulur.

Semoga penjelasan mengenai pengertian reseller adalah di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait dunia bisnis online. Selasin itu juga bisa menjadi motivasi bagi Sedulur yang ingin menjadi reseller jika ingin mendapatkan untung super melimpah. Selamat mencoba!