11 Inspirasi Usaha Modal Kecil yang Menghasilkan di 2020

Terkadang kita butuh inspirasi untuk memulai langkah kecil, ayo jadi pengusaha penggerak ekonomi. Cek disini inspirasi usaha yang membakar semangatmu.

Sedulur sedang mencari inspirasi usaha modal kecil yang menghasilkan di 2020 ini? Mudah saja, kok. Seperti yang sudah Sedulur Super ketahui, setiap tahun pasti bermunculan berbagai jenis usaha yang baru dirintis.

Sedulur Super, mendirikan usaha dengan modal kecil tentu tetap bisa Sedulur wujudkan, lho. Kali ini Superapp.id akan membagikan 11 inspirasi usaha agar mulai jualan. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Usaha Fashion

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Inspirasi usaha di bidang fashion memang cukup menjanjikan dan menguntungkan karena produk ini akan selalu dibutuhkan dan sangat mudah diserap oleh masyarakat secara luas sehingga tidak terlalu sulit untuk menggaet target pasar.

Pakaian beserta aksesoris kini menjadi sebuah kebutuhan yang penting untuk dipenuhi oleh beberapa orang. Selain menambah rasa percaya diri juga terlihat lebih rapi dan menarik untuk dipandang.

Fashion sangat menarik untuk diikuti dan digunakan sebagai ajang eksplorasi dalam memadupadankan apa yang akan digunakan, bentuk, motif serta warna.

Sehingga atas dasar inilah yang membuat industri di bidang fashion selalu berkembang dan tidak pernah berhenti sampai kapanpun. Ini  bisa menjadi sebuah peluang besar bagi Sedulur Super yang akan menjadikan ini sebagai inspirasi usaha online yang mudah untuk dijalankan.

2. Usaha Warung Kopi

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Dengan modal usaha yang tidak begitu besar, warung kopi sederhana adalah salah satu inspirasi usaha modal kecil yang menghasilkan di tahun 2020 ini.

Jika Sedulur Super amati, hampir di setiap wilayah baik di perkampungan hingga kawasan perkotaan Sedulur Super menjumpai banyak warung kopi dengan berbagai nama yang unik.

Nah, ini adalah kesempatan terbaik bagi Sedulur Super untuk dijadikan sebagai inspirasi usaha di kampung. Menarik, bukan?

Namun sebelum Sedulur Super memulai usaha warung kopi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar usaha warung kopi Sedulur Super berjalan sesuai rencana dan tentunya akan membawa keuntungan.

3. Usaha Produk Kosmetik dan Skincare

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Kosmetik dan skincare kini sudah menjadi kebutuhan utama bagi perempuan. Selain untuk mempercantik penampilan, skincare juga digunakan untuk menjaga dan melindungi kulit mereka dari sinar UV.

Menjalankan Usaha kosmetik dan skincare ini banyak meraup keuntungan karena kosmetik dan skincare tidak mengenal musiman.

Kini semakin banyak produk kosmetik dan skincare yang beredar di pasaran dan setiap saat mereka mengembangkan produknya agar brandnya semakin dikenal.

Jika Sedulur Super ingin mencari inspirasi usaha yang menghasilkan dan tidak pernah sepi pembeli, tidak ada salahnya Sedulur Super mencoba jenis usaha ini.

4. Usaha Kuliner

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Usaha kuliner memang tidak ada matinya dan selalu menghasilkan. Apalagi jika Sedulur memiliki hobi memasak, entah itu makanan ringan maupun makanan berat.

Sedulur bisa membuka usaha makanan kekinian dari makanan menu utama hingga hidangan penutup. Usaha kuliner ini bisa dibilang sebagai inspirasi usaha rumahan yang paling menguntungkan.

Menjalankan usaha inipun tidak perlu mengeluarkan banyak modal, karena Sedulur Super bisa menjualnya melalui media sosial yang Sedulur Super punya. Sangat mudah, bukan

Baca Juga: Ketahui Berapa Modal Usaha Toko Kelontong dan Tips Memulainya

5. Usaha Desain Logo dan Ilustrasi

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Desain logo dan ilustrasi merupakan hal yang paling penting dalam suatu usaha, karena dengan adanya logo, maka setiap orang akan lebih mudah mengenal brand atau produk karena hal itu merepresentasikan suatu usaha.

Untuk itulah desain logo maupun ilustrasi bisa Sedulur jadikan sebagai inspirasi usaha kreatif, karena jenis usaha ini membutuhkan kreatifitas Sedulur Super.

Jika Sedulur Super berbakat dalam pembuatan logo dan ilustrasi, Sedulur Super bisa mencoba meraup keuntungan dengan membuka usaha souvenir hasil karya dari Sedulur.

Bahkan Sedulur Super tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun karena yang Sedulur Super butuhkan hanya software atau aplikasi yang mendukung usaha Sedulur seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw, dan lainnya.

6. Usaha Jasa Pembuatan Website

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Pada masa kini, beberapa pekerjaan membutuhkan teknologi internet. Semakin banyak pengusaha yang memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan mulai dari promosi atau pemasaran hingga kebutuhan pencitraan produk, merek ataupun perusahaan.

Hal ini pula yang menjadikan jasa pembuatan website semakin populer dan banyak diminati. Website digunakan oleh pengusaha untuk memperkenalkan produk atau brand. Semakin Sedulur Super memiliki portfolio yang bagus, maka pengusaha lain akan berbondong-bondong menggunakan jasa Sedulur.

7. Usaha Cuci Sepatu

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Dalam beberapa tahun terakhir, usaha cuci sepatu mulai populer dikalangan remaja. Namun pengusaha yang memulai usaha ini masih tergolong sedikit, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi Sedulur untuk memulai usaha ini dan meraup keuntungan.

Harga sepatu kini semakin mahal, meski merek lokal sekalipun. Dengan harga sepatu yang mahal, mereka tentu berhati-hati dalam merawatnya. Agar meminimalisir resiko kerusakan, pemilik sepatu biasanya lebih memilih jasa cuci sepatu yang profesional.

Memulai usaha ini pun juga tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan modal 3-5 juta, Sedulur Super sudah bisa memulai usaha ini.  

8. Fotografer

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Memiliki hobi memotret? Sedulur bisa jadikan hobi ini sebagai inspirasi usaha yang menghasilkan di tahun 2020 ini.

Ada banyak cara yang bisa Sedulur lakukan untuk menjual hasil jepretan Anda nantinya, salah satu alternatifnya dengan cara menjualnya dengan online.

Dengan usaha ini, Sedulur hanya membutuhkan modal kecil seperti pembelian kamera digital maupun kamera handphone.

Baca Juga: 8 Jenis Usaha Makanan yang Tak Lekang oleh Zaman

9. Usaha Jahit

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Menjahit merupakan keterampilan khusus yang tidak semua orang memilikinya dan Sedulur cukup beruntung bila ternyata memiliki kemampuan dibidang tersebut. Sedulur bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menerima jahitan dari orang-orang di sekitar rumah Sedulur, dari keluarga hingga teman-teman Sedulur. Sedulur hanya membutuhkan modal mesin jahit

10. Usaha Tanaman Hias

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Teruntuk Sedulur yang suka berkebun dan memiliki keterampilan khusus dalam merawat tanaman, juga dapat dijadikan inspirasi usaha modal kecil yang menghasilkan di tahun 2020. 

Sedulur dapat mengembangkan usaha tanaman dengan cara melakukan pembibitan tanaman bunga dan obat-obatan di sekitar pekarangan rumah.

Sedulur dapat memasarkannya dengan mudah kepada teman dan kerabat. Selain itu, Sedulur juga dapat memanfaatkan internet sebagai sarana pemasaran. Mudah, bukan?

11. Usaha Agen Sembako

inspirasi usaha
foto: pexels.com

Inspirasi usaha kecil menengah ini perlu Sedulur Super coba. Ya, membuka usaha agen sembako. Mengingat kebutuhan masyarakat akan sembako semakin banyak dan tidak ada habisnya. Bahkan setiap tahun kebutuhan sembako semakin meningkat.

Untuk itulah menjadi agen sembako menjadi sumber inspirasi usaha yang menghasilkan. Menjadi agen sembako cukup mudah, meski modal yang dikeluarkan cukup besar, namun ada pula yang hanya membutuhkan modal kecil sekali pun, lho.

Sedulur Super bisa mulai mencoba usaha ini dengan bergabung bersama Mitra Super Center. Caranya pun cukup mudah, Sedulur Super bisa download aplikasinya melalui Playstore, dan rasakan manfaatnya dalam sekali klik.

Baca Juga: Tips Ampuh Memulai Usaha Sembako Hanya dengan Modal 1 Juta

Nah itulah beberapa inspirasi usaha modal kecil yang menghasilkan di 2020 yang bisa Sedulur Super coba. Jangan lupa niatkan hati terlebih dulu sebelum memulai sesuatu, terlebih lagi dalam membangun sebuah usaha. Usaha akan berjalan dengan lancar apabila diawali dengan niat dan tekad yang kuat. Semangat jadi pengusaha!