Bingung memulai usaha sembako dengan modal sedikit? Yuk simak ulasannya, agar semangat menjalankan usaha sembako.

Usaha sembako merupakan sebuah usaha yang didambakan oleh setiap masyarakat di Indonesia, terutama masyarakat yang telah memasuki masa pensiun, yang membutuhkan kegiatan yang bisa menghasilkan uang.

Usaha sembako adalah salah satu usaha yang tepat untuk dipilih. Menjalankan bisnis sembako bisa mudah sekaligus juga sulit. Saat ini, di tengah era digital saat ini, menjalan bisnis sembako bisa secara online. Usaha sembako online merupakan bagian dari toko sembako modern.

Kesulitan menjalankan bisnis sembako adalah kita harus memiliki modal yang cukup dan juga pemahaman untuk mengelolanya. Rincian modal toko sembako tidak terlalu rumit, bahkan kita bisa memulai usaha sembako dengan modal kecil.

-->

Modal yang dibutuhkan bisa untuk membeli isi warung sembako, bahkan bisnis sembako bisa kita jalankan di rumah saja, karena usaha sembako merupakan salah satu usaha rumahan. Oleh karena itu, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat.

Namun, usaha sembako juga bisa memiliki modal yang beragam, ada warung sembako modal 5 juta namun ada toko kelontong modal 20 juta. Modal dihitung berdasarkan kebutuhan awal kita memulai bisnis sembako.

Selain sebagai usaha rumahan, usaha sembako juga bisa dijadikan usaha sampingan, tidak harus menunggu pensiun dari pekerjaan kita bisa memulai bisnis sembako saat ini juga. Terdapat beberapa tips ampuh memulai bisnis sembako hanya dengan modal kecil sekitar R. 1 juta.

Seperti apa saja tips ampuh untuk memulai bisnis sembako dengan modal usaha minim? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Tips dan Cara Memulai Bisnis Online Shop

Tips Memulai Usaha Sembako dengan Modal Kecil

1. Rencanakan Bisnis Sembako dengan Matang

Apapun bisnis yang dijalankan, perencanaan yang sangat matang, merupakan hal yang sangat penting. Perencanaan seputar riset pasar, berapa modal untuk memulai, produk sembako apa yang akan dijual, penyuplai sembako mana yang harus dipercaya, dan siapa target pembeli yang harus dituju.

Semuanya harus dipikirkan secara matang, sebagai bagian dari perencanaan. Karena, di awal membuka toko kelontong atau bisnis sembako, biasanya pembeli akan sepi. Mental pengusaha Sedulur akan diuji dalam hal ini.

Bagaimana Sedulur Super dapat memikirkan inovasi dan promosi yang tepat agar dapat menjaring para pembeli. Terutama di tengah kondisi seperti saat ini yang sedang berada di masa pandemi virus corona. Warung usaha sembako kita harus dipikirkan agar tetap ramai.

Agar pembeli tetap datang dan kulakan sembako ke bisnis sembako yang kita jalani. Tentu saja tidak mudah, maka dari itu perencanaan sangat penting agar setiap masalah bisa ditemukan solusi dan jalan keluarnya.

2. Pemilihan Tempat Usaha yang Tepat

Tempat bisnis sembako juga merupakan hal yang super penting untuk dipikirkan. Jika Sedulur kebetulan memiliki tempat yang berpotensi mengantarkan pembeli yang banyak, Sedulur tinggal memikirkan rencana dan strategi lain. Karena, faktor tempat termasuk hal yang penting.

Bahkan, jika Sedulur  tidak melakukan perencanaan matang sekalipun, jika Sedulur memiliki tempat yang strategis untuk menjalankan bisnis sembako, bisnis Sedulur super akan ramai dan banyak dibeli. Sebegitu mempengaruhinya tempat yang strategis untuk usaha sembako, bahkan untuk usaha apapun.

Tipe tempat yang strategis biasanya berada di pinggir jalan utama sebuah daerah. Karena akan dilalui oleh banyak orang. Tempat usaha sembako yang luas juga akan mempengaruhi ramainya pengunjung yang datang.

Karena dengan tempat usaha sembako yang luas, Sedulur Super akan dapat menampung banyak pengunjung. Jika hal ini dilihat oleh orang lain, akan menarik perhatian orang lain untuk juga berkunjung ke toko kelontong sedulur super.

Akses bisnis sembako yang mudah dijangkau juga menjadi faktor penentu lain sebuah usaha sembako sukses dan berjalan lancar. Bukan hanya harga sembako murah yang disukai, akses jalan yang mudah juga memberi keuntungan tersendiri bagi sebuah bisnis sembako.

3. Perhitungkan Modal Secara Tepat

Modal merupakan hal utama dalam menjalankan bisnis sembako, terutama untuk toko kelontong. Sedulur super harus memiliki rincian modal toko sembako, biaya pembelian barang, biaya sewa tempat dan biaya operasional.

Pada bulan pertama biasanya Sedulur Super harus fokus memikirkan bagaimana biaya modal yang telah dikeluarkan bisa kembali, baru setelahnya memikirkan bagaimana mengumpulkan keuntungan dan memutarkan uang untuk dibelanjakan kembali.

Modal yang diperhitungkan juga berbeda-beda, tergantung kebutuhan dari setiap usaha sembako yang akan dijalankan. Jika Sedulur Super kebutulan memilki modal besar untuk menjalankan bisnis sembako, Sedulur bisa memanfaatkannya dengan baik.

Namun, jika Sedulur mempunyai modal kecil, jangan khawatir, banyak hal yang bisa Sedulur lakukan. Termasuk menggunakan Aplikasi Super sebagai partner untuk menjalankan usaha sembako. Kulakan di Super modal minim dan bisa online plus gratis ongkir, hal ini merupakan sebuah keuntungan.

Belanja barang dagang di Aplikasi Super untuk keperluan bisnis sembako merupakan hal yang sangat menguntungkan. Hal ini bisa membuktikan bisnis sembako tidak membutuhkan modal yang sangat besar.

Baca Juga: Bisnis Sampingan yang Super Menguntungkan

4. Peralatan dan Perlengkapan Usaha Sembako

Jika diibaratkan dalam sebuah perang, peralatan dan perlengkapan bisnis sembako merupakan senjata yang harus Sedulur miliki. Peralatan seperti etalase, meja, kursi, rak harus sedulur miliki untuk menyimpan sembako yang akan Sedulur jual.

Perlengkapan seperti keranjang belanja bagi pengunjung pun harus Sedulur pikirkan. Karena ini berkaitan dengan kenyamanan pelanggan. Hal itu akan mempengaruhi pelanggan untuk kembali belanja ke toko kelontong yang Sedulur super jalankan.

Harus diakui membutuhkan modal yang cukup besar untuk membeli peralatan dan perlengkapan bisnis sembako, hal ini dikarenakan harga peralatan dan perlengkapan bisnis sembako yang cukup mahal.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan peralatan dan perlengkapan seadanya dulu. Baru kemudian jika usaha sembako berkembang dan semakin maju, perlengkapan dan peralatan untuk bisnis sembako pun seiring dengan berjalannya waktu akan dapat Sedulur beli.

5. Tata Letak Barang dan Kebersihan Toko Sembako

Letak sembako yang Sedulur Super simpan juga akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan. Semakin rapih dan tertata barang yang Sedulur jual, akan semakin memudahkan pelanggan untuk memilih barang yang akan diberi.

Terutama jika Sedulur menjual sembako seperti beras, telur, minyak dan gula. Kebersihan toko harus super ekstra diperhatikan. Karena menjual barang sembako biasanya akan cepat membuat toko kotor dan berbau.

Hal ini harus dipikirkan oleh Sedulur Super, untuk memastikan pelanggan tetap nyaman berkunjungi dan membeli barang dari usaha sembako yang Sedulur jalani. Kenyamanan pelanggan adalah hal yang sangat wajib Sedulur perhatikan, demi keberlangsungan usaha sembako yang Sedulur jalankan.

6. Memberi Diskon dan Promosi

Setiap pembeli sangat menyukai diskon super. Lakukan promosi super secara berkala, dengan memberikan potongan harga super. Jika Sedulur super berpikir akan sulit memberikan diskon karena akan sulit mendapatkan keuntungan.

Sedulur super bisa menyiasati dengan menjadi super agen penyalur atau penyuplai barang yang dapat memberikan harga murah kepada Sedulur super.

Dengan mendapatkan harga beli barang sembako yang super murah, Sedulur super juga bisa menjual lebih murah dan menjadikannya sebagai sebuah promosi dan diskon. Dengan begitu pembeli akan semakin berdatangan ke toko kelontong yang Sedulur super jalankan.

Baca Juga: Ide Bisnis Fotografi yang Menguntungkan

7. Siapkan Kurir

Jika usaha sembako Sedulur melayani penjualan secara online, pasti ada proses pengiriman barang yang membutuhkan tenaga kurir. Begitu juga dengan grosir sembako iyang membutuhkan tenaga kurir untuk mengirimkan barang-barang yang sudah dibeli ke tempat tujuan.

Sedulur bisa menjalin kerja sama dengan Aplikasi Super, karena aplikasi kulakan tersebut memiliki partner yang dikenal dengan nama Super Agen, yang siap menyalurkan sembako dan barang yang dipesan secara online.

Jasa antar barang merupakan jasa yang paling penting dan sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis sembako secara online. Bahkan dalam bisnis apapun yang dilakukan secara online, jasa kurir merupakan hal penting yang harus dipikirkan.

8. Siapkan Narahubung atau Contact Person

Nomor yang dapat dihubungi harus selalu siap sedia sebagai narahubung, jika ada pelanggan yang melakukan pemesanan online. Selalu ada pelanggan yang berhalangan datang untuk membeli sembako langsung di toko sembako kita.

Oleh karena itu, menyediakan narahubung dan nomor yang bisa dihubungi adalah hal yang tepat. Terutama bagi pelanggan setia, yang telah berlangganan belanja sembako di usaha sembako yang kita jalankan.

Nomor yang disediakan juga bisa sebagai narahubung untuk pelanggan menyampaikan komplain atau keluhan atas pelayanan yang kita lakukan. Hal ini sangat baik, dengarkan setiap keluhan pelanggan, hal ini akan semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang kita jalani.

9. Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Hal lain yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah kualitas pelayanan yang memuaskan. Setelah tempat usaha yang bersih, aman dan juga terpercaya. Pelayanan yang memuaskan juga merupakan hal yang penting bagi pelanggan.

Pelanggan akan tidak segan-segan untuk kembali belanja di toko sembako yang kita jalankan karena merasakan pelayanan yang memuaskan.

Selain tingkat kepercayaan pelanggan yang meningkat, pemasukan toko sembako yang Sedulur jalankan pun akan semakin bertambah. Hal ini juga turut mempengaruhi kemajuan dari toko sembako.

10. Gabung di Aplikasi Super

Apakah ada agen atau pemasok sembako yang memberikan harga murah? Jawabannya tentu saja ada. Sedulur hanya perlu menggunakan Aplikasi Super untuk membuktikannya. Aplikasi Super merupakan sebuah platform yang menjaring beberapa pengusaha sembako dan menawarkan harga yang murah.

Sedulur bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan menjualnya kembali sehingga Sedulur bisa mendapatkan untung. Harga murah dengan kualitas sembako super yang disediakan oleh Aplikasi Super.

Selain itu, Aplikasi Super juga memiliki wadah bernama Mitra Supercenter, Sedulur bisa bergabung menjadi bagian Mitra Supercenter. Akan ada banyak potongan harga, dan Sedulur juga akan mendapatkan pelatihan seputar bisnis.

Lebih penting lagi, Sedulur akan diprioritaskan jika melakukan pembelian barang. Melalui aplikasi toko kelontong ini Sedulur tidak perlu repot berpergian untuk membeli sembako atau barang dagangan.

Sedulur hanya perlu memilih barang melalui aplikasi pos ini, dan Super Agen akan mengantarkan barang yang Sedulur beli. Selain itu, Sedulur tidak perlu memikirkan biasa ongkos kirim, karena Aplikasi Super memberikan gratis ongkir untuk setiap pembelian barang melalui aplikasi.

Belum lama ini, Aplikasi Super meluncurkan sebuah fitur baru bernama Toko Saya. Toko Saya memiliki cara kerja seperti aplikasi manajemen toko, semakin membuat mudah Sedulur dalam mengelola toko kelontong yang dijalnakn

Apakah Sedulur semakin yakin dan mantap untuk memulai usaha sembako dan toko kelontong? Jika iya, Sedulur tinggal download Aplikasi Super dan rasakan langsung kemudahannya. Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, dan langsung cari tahu cara daftar Aplikasi Super.