Jenis usaha makanan yang tak lekang oleh zaman ini menarik untuk digeluti.

Jenis usaha makanan bermacam-macam, ada yang musiman, ada yang bertahan agak lama dan bahkan ada yang tak lekang oleh zaman. Dapat melihat peluang jenis usaha makanan yang tak lekang oleh zaman adalah suatu keberkahan.

Bagi yang masih mencari ide terkait jenis usaha makanan yang tak lekang oleh zaman, bisa menyimak ulasan dari artikel ini. Karena artikel kali ini akan membahas mengenai jenis usaha makanan yang abadi tidak ada musimnya. Selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal ini dipengaruhi oleh banyak hal, bisa oleh cita rasa makanan, oleh ketersediaan bahan baku makanan dan banyak lagi. Apa saja jenis usaha makanan yang tak lekang oleh zaman? Yuk, mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: Tips Bisnis Kuliner di Tengah Pandemi Covid-19

Daftar Makanan yang Tak Lekang Oleh Zaman

1. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan jenis usaha makanan pertama yang tidak lekang oleh zaman. Di Asia, nasi tidak hanya sebagai makanan pokok yang disajikan dalam bentuk matang setelah ditanak. Nasi yang digoreng kembali menggunakan berbagai bumbu dan komposisi tambahan juga diminati sebuah hidangan.

Termasuk di Indonesia, nasi goreng selain lezat, juga dianggap praktis dan disukai banyak orang. Di Indonesia, usaha kuliner satu umumnya dimulai pada malam hari. Meskipun tidak membutuhkan waktu memasak yang lama, namun nasi goreng mempunyai banyak rasa yang menggoyang lidah.

Misalnya, nasi goreng gila yang terdiri dari berbagai bumbu tambahan, nasi goreng super pedas, nasi goreng spesial dengan ati ampela dan pete dan nasi goreng rempah. Dan banyak topping lain yang melengkapi nasi goreng.

2. Nasi Soto Ayam/Daging

Jenis usaha makanan yang tak lekang oleh zaman selanjutnya adalah nasi soto ayam atau daging. Soto adalah menu makanan yang berisi mie, daging ayam atau sapi, serta bahan pelengkap lainnya yang disiram dengan kuah kaldu yang khas.

Di beberapa daerah biasanya memiliki jenis soto yang beragam, seperti Soto Padang, Soto Betawi, Soto Bogor, hingga Soto Lamongan. Namun, di antara keragaman jenis soto, semua jenis soto nikmat disantap bersama dengan nasi hangat.

Jenis soto yang bermacam-macam tersebut yang membuat masing-masingnya berbeda dan memiliki peminatnya sendiri. Soto yang dikenal gurih ini cocok dimakan dalam musim apapun. Tak heran jika penjualan bisnis kuliner ini cukup stabil.

Bahkan bisa selalu ramai jika penjual memiliki resep rahasia yang membuatnya semakin nikmat. Hal tersebut yang membuat soto menjadi jenis usaha makanan yang tak lekang oleh zaman.

3. Bakso

Siapa yang tidak suka bakso alias olahan daging serupa bola yang menjadi ciri khas Indonesia. Di daerah mana pun di Indonesia, bakso dapat dengan mudah kita jumpai dan pecinta makanan ini juga terbilang banyak. Sehingga tidak heran jika bisnis kuliner bakso selalu habis terjual, bahkan di momen apapun.

Hal tersebut yang menjadikan bakso layak menjadi salah satu jenis usaha makanan yang tidak lekang oleh zaman. Dalam momen apapun, dan cuaca apapun peminat bakso selalu ramai dan penjual bakso hampir bisa dipastikan dagangannya selalu habis setiap hari.

Kita ambli contoh di perkampungan, umumnya pedagang bakso akan semakin laris ketika berjualan di acara besar seperti di area pasar malam, momen libur lebaran, acara pesta rakyat, dan lain-lain. Sedangkan di area perkotaan, bakso dibuat dengan inovasi rasa yang beragam.

4. Pecel Lele

Menu sambelan adalah sajian makanan yang berisi nasi, lauk pauk (seperti ayam, ikan lele dan bebek goreng) dan sambel pedas yang beragam macamnya. Jenis usaha makanan ini juga dikenal dengan nama Pecel Lele.

Bisnis kuliner ini sangat terkenal di daerah Surabaya, Jawa Timur dan sekitarnya hingga merambah ke daerah-daerah lain di Indonesia. Sambal yang disajikan pun bervariasi, mulai dari sambal plecing, sambal terasi, sambal mangga, dan lainnya.

Pecel Lele ini memang terbilang aman untuk angka penjualannya, karena siapapun suka makanan dengan lauk dasar seperti yang dijelaskan sebelumnya. Jika Sedulur memiliki resep sambal yang lebih sedap, dijamin pembeli akan ramai dan tak akan pindah ke lain hati.

Baca Juga: Tips Membuka Usaha Pecel Lele Bagi Pemula

5. Warteg

Warteg atau Warung Tegal merupakan jenis usaha makanan yang tak lekang oleh zaman. Hal yang membuatnya sangat diminati adalah selain karena kesederhanaan dari warung makan, cita rasa makanan yang nikmat dengan berbagai jenis, yang terpenting adalah harganya yang sangat murah.

Kesederhanaan ini yang membuat warteg sangat disukai masyarakat. Selain itu menu makanan yang tersedia di warteg sangat dekat dengan masyarakat dan juga sangat identik dengan masakan rumahan. Masyarakat yang lapar di tengah jalan, tidak akan berpikir dua kali untuk singgah makan di warteg.

Hal tersebut merupakan hal penting dalam menjalankan usaha makanan, dapat membuat masyarakat percaya dan tidak ragu untuk makan di tempat usaha makanan yang dijalankan.

6. Siomay atau Baso Tahu

Jenis usaha ini termasuk ke dalam usaha kuliner sebagai makanan ringan, atau biasa kita sebut dengan istilah jajanan. Jajanan yang berasal dari Tiongkok ini mendapatkan perubahan dan modifikasi sesuai dengan bahan baku yang ada di Indonesia.

Daerah yang menghasilkan siomay yang paling nikmat biasanya berasa dari daerah Jawa Barat. Rasanya yang nikmat dan juga murah membuat siomay atau baso tahu menjadi jenis usaha yang tak lekang oleh zaman. Di beberapa daerah siomay dikenal dengan nama penthol.

Siomay juga memiliki variasi lain dengan cara digoreng atau yang dikenal dengan nama batagor, singkatan dari baso tahu goreng. Bumbu kacang yang menemani sajian siomay ini adalah daya tarik lainnya.

7. Bubur Ayam

Jenis usaha makanan yang tak lekang oleh zaman satu ini telah dikenal oleh masyarakat Indonesia entah sejak kapan. Bubur ayam menjadi makanan yang sering dicari masyarakat ketika pagi hari tiba. Porsinya yang tidak terlalu banyak, membuat bubur ayam sangat cocok dijadikan sarapan.

Hal ini yang menjadikan bubur ayam menjadi jenis usaha makanan yang abadi tidak lekang oleh waktu. Kapan pun tahunnya, penjual bubur akan selalu dan justru semakin bertambah. Banyak penjual bubur yang sukses dan usahanya diturunkan kepada anak dan cucunya.

Saking familiar bubur di Indonesia, profesi tukang bubur bahkan sempat dijadikan salah satu judul sinetron religi yang sukses menarik penonton Indonesia.

8.       Nasi Padang

Siapa yang tidak suka nasi padang? Masyarakat Indonesia di daerah mana pun pasti menyukai makanan yang berasal dari tanah Minangkabau ini. Olahan daging dengan rempah yang kuat dan memiliki cita rasa yang lezat ini disukai oleh hampir seluru masyarakat Indonesia.

Di setiap daerah di Indonesia pasti terdapat rumah makan padang, hal tersebut menunjukan bahwa nasi padang merupakan jenis usaha makanan yang tak lekang oleh waktu dan bahkan berhasil menembus sekat-sekat wilayah, suku bangsa dan bahkan agama.

Bahkan, salah satu masakan dari nasi padang pernah dinobatkan sebagai makanan nomor satu yang paling nikmat yang pernah ada di dunia. Makanan apalagi jika bukan rendang. Hal tersebut sangat membanggakan bagi kita seluruh warga Indonesia umumnya, khususnya masyarakat Minangkabau.

Daftar jenis usaha makanan yang tak lekang oleh zaman yang telah dipaparkan di atas semoga bisa menambah wawasan Sedulur Super sekalian, bahwa ternyata Indonesia sangat kaya ragam kuliner dan juga bisa dijadikan potensi usaha yang dapat bertahan lama.

Jangan lupa untuk memasok bahan baku bagi usaha makanan Sedulur. Belanja bahan baku untuk usaha makanan di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan sembako lengkap untuk segala kebutuhan.

Selain itu, Aplikasi Super juga menjamin harga murah dibandingkan di tempat lain. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, untuk mencari tahu cara daftar Aplikasi Super. Jangan lupa download Aplikasi Super sekarang juga, dan mulai gunakan Aplikasi Super mulai dari sekarang.