ide jualan pinggir jalan

Sedulur memiliki rumah atau lahan di pinggir jalan? Jika iya, manfaatkan lokasi tersebut untuk jualan. Tentu saja akan sangat menguntungkan, apabila memilih ide jualan di pinggir jalan yang tepat.

Ya, pinggir jalan sendiri menjadi tempat yang sangat potensial untuk berjualan, terutama jika lokasi Sedulur terbilang strategis. Pinggir jalan seringkali memiliki lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki yang tinggi, terutama di daerah perkotaan atau dekat dengan tempat-tempat populer.

Hal ini memberikan kesempatan untuk menjangkau banyak calon pelanggan. Dengan berjualan di lokasi tersebut, Sedulur dapat menarik perhatian orang-orang yang sedang dalam perjalanan atau beraktivitas di sekitar area tersebut.

BACA JUGA: 

-->

Ide Jualan di Pinggir Jalan

Namun kesuksesan sebuah usaha, hanya akan terjadi jika ide jualan di pinggir jalan yang dipilih itu tepat. Lantas apa saja ide jualan yang cocok dilakukan di pinggir jalan, berikut ini di antaranya!

1. Bensin Eceran

ide jualan pinggir jalan
Unsplash/Marius Maturschzik

Ide jualan di pinggir jalan yang pertama adalah bensin eceran. Di beberapa daerah, terutama di wilayah yang jarang terdapat stasiun pengisian bahan bakar, akses terhadap bensin bisa menjadi sulit bagi penduduk setempat.

Dengan adanya penjual bensin eceran di pinggir jalan, penduduk dapat dengan mudah mengisi bahan bakar tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Kebutuhan akan bensin ini seringkali bersifat mendesak, terutama dalam situasi darurat seperti kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

Dengan adanya penjual bensin eceran di pinggir jalan, pelanggan memiliki opsi untuk mengisi bahan bakar secara cepat dan mudah tanpa harus mencari stasiun pengisian bahan bakar yang jauh dari lokasi mereka.

2. Minuman Segar

Minuman segar seperti es teh, es kopi, jus buah, smoothie, dan minuman lainnya merupakan minuman yang diminati oleh banyak orang, terutama pada cuaca yang panas atau saat sedang haus. Oleh karena itu, menjual minuman segar di pinggir jalan dapat menarik minat pelanggan potensial.

Minuman segar adalah produk yang bisa langsung dinikmati dan dikonsumsi di tempat. Ini membuatnya menjadi pilihan yang praktis bagi pelanggan yang sedang dalam perjalanan atau ingin sekedar singgah sejenak untuk menyegarkan diri.

Nah, menariknya lagi bisnis minuman segar ini pada umumnya memerlukan modal yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan bisnis makanan atau produk yang lainnya.

3. Makanan Siap Saji

Ide jualan di pinggir jalan berikutnya yakni makanan siap saji. Makanan siap saji memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin menyantap makanan yang cepat dan praktis tanpa harus menunggu lama. Ini sangat sesuai dengan gaya hidup yang sibuk dan mobilitas tinggi di perkotaan.

Makanan siap saji bisa berupa berbagai jenis, mulai dari nasi goreng, mie goreng, sate, bakso, hingga burger dan hotdog. Kemampuan untuk menyesuaikan menu dengan preferensi lokal dan tren pasar membuat makanan siap saji menjadi pilihan yang fleksibel dan menarik bagi berbagai kalangan.

Meskipun harga jual makanan siap saji biasanya relatif rendah, volume penjualan yang tinggi dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan.

BACA JUGA: Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Modern Untuk Pemula

4. Toko Kelontong

Super Agen
SuperApp

Kebanyakan orang membutuhkan akses mudah dan cepat ke kebutuhan sehari-hari seperti makanan ringan, minuman, bahan makanan, dan barang kebutuhan sehari-hari lainnya. Dengan memiliki toko kelontong di pinggir jalan, pelanggan dapat dengan mudah mengakses barang-barang tersebut.

Toko kelontong biasanya menawarkan berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman, produk kebersihan, perlengkapan dapur, hingga barang-barang kecil seperti pulpen, baterai, dan alat tulis. Keberagaman produk ini membuat toko kelontong menjadi tujuan belanja yang lengkap bagi pelanggan.

Dengan toko kelontong di pinggir jalan, maka akan turut memberikan kenyamanan dan efisiensi bagi para pelanggan yang ingin berbelanja dan memenuhi kebutuhan harian mereka dengan cepat.

5. Warung Kopi

Kopi merupakan minuman yang populer dan diminati oleh banyak orang di berbagai kalangan usia. Banyak orang menyukai aroma dan rasanya yang khas, sehingga warung kopi memiliki potensi pasar yang besar.

Banyak orang yang memiliki kebiasaan minum kopi secara rutin, baik sebagai penyemangat di pagi hari atau sebagai teman saat bersantai di malam hari. Hal ini tentu saja membuat warung kopi menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh para pelanggan setia, maupun pelanggan yang baru.

Jika warung kopi di pinggir jalan berlokasi di daerah yang strategis, seperti dekat dengan kantor, sekolah, atau pusat perbelanjaan, maka akan membuatnya lebih mudah untuk diakses oleh pelanggan potensial dan meningkatkan jumlah kunjungan.

6. Tambal Ban

Kebutuhan akan tambal ban seringkali bersifat mendesak dan tidak terduga. Ketika seseorang mengalami ban bocor di tengah perjalanan, mereka membutuhkan layanan tambal ban secara cepat dan efisien.

Banyak usaha tambal ban berlokasi di pinggir jalan atau di dekat persimpangan jalan yang ramai. Hal ini akan memudahkan para pelanggan untuk menemukan tempat tambal ban saat mengalami masalah ban di tengah perjalanan.

Layanan tambal ban juga seringkali dibutuhkan dalam situasi darurat, seperti ketika seseorang mengalami ban bocor di malam hari atau di tempat yang jauh dari pusat perbelanjaan. Dengan menyediakan layanan tambal ban di pinggir jalan, pemilik usaha dapat membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan.

7. Cuci Kendaraan

Banyak orang mencari layanan cuci kendaraan yang cepat dan praktis. Dengan memiliki layanan cuci kendaraan di pinggir jalan, pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan tersebut tanpa harus pergi ke tempat cuci kendaraan yang jauh.

Layanan cuci kendaraan di pinggir jalan memberikan kenyamanan bagi pelanggan yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan mereka sendiri.

Meskipun harga jasa cuci kendaraan mungkin relatif rendah, namun dengan volume pelanggan yang tinggi, pemilik usaha dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan. Selain itu, layanan tambahan seperti poles body, vacuum interior, auto detailing kendaraan dapat menambah pendapatan tambahan.

8. Toko Oleh-oleh

ide jualan pinggir jalan
Unsplash/Jc Mariano

Toko oleh-oleh di pinggir jalan memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan yang tinggi, terutama jika lokasinya strategis dan banyak dikunjungi oleh wisatawan atau pelanggan potensial.

Lokasi toko oleh-oleh di pinggir jalan seringkali berada di daerah yang dilewati oleh wisatawan atau orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Hal ini memberikan peluang besar bagi pemilik usaha untuk menarik wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut.

Wisatawan atau pelanggan potensial dapat dengan mudah mengakses toko oleh-oleh di pinggir jalan tanpa harus mencari-cari di dalam kota atau berbelanja di pusat perbelanjaan yang besar. Ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan yang ingin berbelanja secara cepat dan praktis.

9. Fotokopi

Fotokopi seringkali dibutuhkan secara mendesak oleh pelanggan yang membutuhkan salinan dokumen, surat, atau materi pelajaran dalam waktu yang cepat. Dengan memiliki layanan fotokopi, pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan tersebut tanpa harus mencari tempat percetakan yang jauh.

Tempat fotokopi di pinggir jalan bisa dilakukan berlokasi di daerah yang strategis, seperti di dekat kampus, kantor pemerintah, atau pusat bisnis. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan fotokopi saat mereka sedang dalam perjalanan atau di antara aktivitas lainnya.

Tempat fotokopi di pinggir jalan seringkali menarik perhatian pelanggan potensial melalui tampilan visual yang menarik, seperti spanduk besar atau poster yang mencolok.

10. Bengkel

Di daerah dengan kemacetan lalu lintas yang tinggi, kendaraan seringkali mengalami masalah teknis atau kecelakaan di jalan. Bengkel di pinggir jalan dapat memberikan kemudahan akses dan solusi cepat bagi pengemudi yang membutuhkan perbaikan atau layanan darurat.

Perbaikan kendaraan seringkali dibutuhkan secara mendesak, terutama jika kendaraan tersebut digunakan untuk keperluan sehari-hari atau bisnis. Dengan memiliki bengkel di pinggir jalan, pemilik usaha dapat melayani pelanggan yang membutuhkan layanan perbaikan segera.

Bengkel di pinggir jalan seringkali menyediakan layanan darurat bagi pengemudi yang mengalami masalah teknis di jalan, seperti layanan derek, bantuan ban bocor, atau perbaikan sementara.

BACA JUGA: 4 Tahapan Bisnis Kuliner untuk Pemula yang Wajib Kamu Tahu!

Tips Jualan di Pinggir Jalan

ide jualan pinggir jalan
Unsplash/Frankie Shutterbug

Walaupun pinggir jalan menjadi lokasi yang terbilang strategis dan memiliki peluang usaha yang besar, namun Sedulur tetap harus memperhatikan beberapa tips yang ada di bawah ini!

1. Pilih produk terbaik

Pilihlah produk yang menarik dan memiliki permintaan tinggi di pasar. Hal ini bisa mencakup makanan ringan, minuman segar, atau barang-barang kecil yang praktis. Pastikan produk Sedulur memiliki keunggulan atau daya tarik yang membedakannya dari yang lain.

2. Lokasi strategis

Pilihlah lokasi yang strategis dengan lalu lintas pejalan kaki atau kendaraan yang ramai. Tempatkan usaha Sedulur di dekat tempat-tempat yang sering dikunjungi orang, seperti pusat perbelanjaan, kantor, sekolah, atau pusat keramaian yang lainnya.

3. Tampilan yang menarik

Buatlah tampilan yang menarik untuk menarik perhatian pelanggan potensial. Gunakan dekorasi yang kreatif, warna yang cerah, dan pencahayaan yang baik untuk menonjolkan produk Sedulur. Pastikan tampilan dari usaha tersebut bersih, rapi, dan mengundang pembeli untuk mendekati.

4. Harga yang kompetitif

Tetapkan harga yang bersaing dengan harga di lingkungan sekitar Sedulur tinggal. Lakukan riset pasar untuk memahami harga pasar dan keuntungan yang wajar. Jika memungkinkan, tawarkan diskon atau promosi khusus untuk menarik pelanggan.

5. Pelayanan yang baik

Berikan pelayanan pelanggan yang ramah, responsif, dan profesional. Sambut pelanggan dengan senyum, berikan informasi yang jelas tentang produk yang Sedulur tawarkan, dan berikan saran atau rekomendasi jika diminta. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan area jualan Sedulur.

Itulah beberapa ide jualan di pinggir jalan yang bisa Sedulur pilih. Memanfaatkan pinggir jalan untuk usaha adalah strategi yang cerdas karena lokasi tersebut seringkali memiliki potensi lalu lintas yang tinggi dan mudah diakses oleh banyak orang.

Akan tetapi, pastikan untuk memilih usaha yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi pasar di lokasi Sedulur, serta memperhatikan perizinan dan regulasi yang berlaku, ya!