4 tahapan bisnis kuliner

Bisnis kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang banyak diminati. Selain mudah, bisnis ini bisa menghasilkan banyak keuntungan. Namun untuk bisa sukses tidak sesederhana seperti yang Sedulur bayangkan. Kamu wajib mengetahui 4 tahapan bisnis kuliner agar bisa memulai dengan baik dan bertahan diantara para pesaing yang ada.

Pemahaman terkait 4 tahapan bisnis kuliner sangat penting. Sedulur jadi mengetahui langkah pertama agar bisa membuat pondasi usaha yang baik. Jangan sampai, usaha berjalan secara instant di awal, tapi berakhir ketika berada di tengah jalan. Untuk itu, perlu mengetahui secara rinci tahapan-tahapan membuat bisnis kuliner yang baik dan benar. Berikut ini ulasan lengkapnya!

BACA JUGA: Peluang Bisnis Bidang TIK Paling Untung di 2023

Apa itu tahapan bisnis?

F&B Report Magazine

Bagi para pemula, membuat bisnis mungkin bisa terlihat sangat mudah. Namun, dibalik itu semua, ada perjuangan yang harus dilakukan dengan melakukan langkah per langkah sebelum bisnis menjadi besar. Langkah-langkah ini biasanya dikenal dengan istilah tahapan bisnis.

Dalam buku Fundamental Manajemen Proses Bisnis (2021), karya Marlon Dumas, tahapan bisnis ditentukan dengan 4 tahapan dasar seperti analisa usaha, penentuan jenis usaha, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan ini nanti akan disesuaikan dengan jenis-jenis usaha. Dimana jika usaha kuliner, maka Sedulur wajib melakukan analisa tentang makanan atau minuman yang hendak dijual.

Dengan atmosfer bisnis kuliner di Indonesia yang sangat kompetitif, maka Sedulur perlu memahami betul tentang produk yang ingin dijual dan ditawarkan kepada masayrakat. Nah, agar semakin jelas, coba simak beberapa penjelasan tentang tiap tahapan berikut ini.

1. Analisa untuk tentukan bisnis kuliner

tahapan bisnis kuliner
iStock

Tahapan pertama dalam 4 tahapan bisnis kuliner adalah menentukan bisnis kuliner itu sendiri. Memilih dan menentukan bisnis yang ingin digeluti oleh Sedulur adalah hal pertama yang perlu Sedulur ketahui. Untuk memulai bisnis kuliner, Sedulur harus memilih dan menentukan jenis makanan apa yang ingin dijual.

Hal ini bisa Sedulur tentukan dengan mengikuti tren kuliner yang sedang populer di kalangan masyarakat. Seperti ayam geprek, pecel lele, soto ayam atau minuman-minuma kekinian.

Selain itu, Sedulur juga bisa memulai usaha kuliner dengan ketertarikan atau kemampan yang dimiliki. Dengan memulai bisnis kuliner berdasarkan ketertarikan dan kemampuan yang Sedulur miliki bisa membuat niat dan komitmen Sedulur dalam memulai dan menjalankan bisnis tersebut.

2. Melakukan riset pada produk

tahapan bisnis kuliner
iStock

Tahapan selanjutnya sebelum memulai bisnis kuliner adalah melaukan riset terkait hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis kuliner. Sedulur bisa melaukan survey secara langsung untuk mengetahui seluk beluk tentang bisnis tersebut. Mulai dari harga bahan baku, harga jual, dan para kompetitor.

Kendati melakukan riset dengan survey secara langsung kan menguras waktu dan tenaga Sedulur, tapi hal ini adalah tahapan penting dan jangan dianggap sepele. Pasalnya, dari hasil survey inilah Sedulur bisa mengetahui bagaimana perkiraan daya beli masyarakat terhadap usaha kuliner yang ingin Sedulur mulai.

3. Menyiapkan modal awal

iStock

Sebelum memulai bisnis kuliner, Sedulur harus menghitung dan menyiapkan modal awal untuk memulainya. Hal ini akan membantu Sedulur untuk menentukan bisnis kuliner seperti apa yang ini dijalankan. Jika modal awal yang dimiliki cukup besar, Sedulur bisa memulainya dengan membuka toko di daerah yang ramai dan strategis dengan begitu akan menarik banyak orang-orang untuk berkunjung.

Tapi jika seadainya modal awal yang dimiliki Sedulur kecil, jangan ragu untuk tetap memulai bisnis kuliner secara online. Karena sudah banyak bisnis kuliner yang dimulai dari online. Atau jika Sedulur masih merasa ragu, Sedulur bisa mencoba untuk mencari investor atau mengajukan dana talang kepada bank dengan membuat proposal terkait bisnis kuliner yang ingin Sedulur mulai.

4. Tempat penyimpanan

iStock

Tahapan terakhir dana 4 tahapan bisnis kuliner yang harus dilakukan oleh Sedulur untuk memulai bisnis kuliner adalah menyiapkan tempat penyimpanan bahan baku. Pasalnya, bisnis kuliner adalah bisnis yang menjual makanan yang mana bahan baku harus tetap terjaga dalam kondisi segar.

Terlepas dari bisnis kuliner yang ingin Sedulur mulai adalah bisnis kuliner secara offline ataupun online. Tempat penyimpanan tetap menjadi unsur penting untuk memulai bisnis kuliner. Sedulur bisa memilih jenis kulkas sesuai dengan kebutuhan, dengan kapasitas yang besar, sedang atau kecil.

BACA JUGA: Rekomendasi Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta, Dijamin Cuan!

Langkah untuk mengembangkan bisnis kuliner

iStock

Nah, setelah melakukan 4 tahapan dalam memulai bisnis kuliner, selanjutnya adalah cara mengembagkan bisnis kuliner yang sudah Sedulur mulai. Meskipun tren bisnis kuliner terus berkembang nyatanya masih terdapat beberapa jenis makanan atau minuman yang bertahan lama dan menjadi sajian favorit di kalangan masyarakat.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi rekomendasi bagi Sedulur untuk membantu mengembangkan bisnis kuliner yang nanti akan Sedulur mulai, berikut adalah langkah untuk mengembangkan bisnis Sedulur

1. Meningkatkan kualitas produk

Ketika menjalankan bisnis kuliner, hal yang paling disoroti adalah kualitas produk dan bahan baku dalam membuat makanan atau minuma tersebut. Tentu saja Sedulur tidak mau jika bisnis kuliner yang sedang dijalankan menjadi buruk reputasinya sebab tidak memperhatikan dengan baik kualitas produk makanan yang dihasilkan.

Menjaga kualitas produk bisa diawali dengan pemilihan supplier bahan baku yang juga mempunyai reputasi yang baik. Sedulur bisa mencari tahu nya dengan bertanya kepada rekan bisnis yang sudah lama menjalankan bisnis kuliner. Selain itu, kualitas produk juga bisa ditingkatkan dari inovasi-inovasi menu yang Sedulur buat nantinya.

2. Menganalisa kebiasaan konsumen

Untuk mengembangkan bisnis kuliner, hal yang tak boleh luput oleh Sedulur adalah apa yang konsumen inginkan. Bagi Sedulur yang sudah memiliki konsumen tetap, bisa dilakukan dengan personalisasi kepada konsumen tetap ini. Hal lain yang bisa dilakukan oleh Sedulur adalah menyediakan kotak kritik dan saran pada toko yang Sedulur jalankan.

Kendati bukan sesuatu yang signifikan, hal tersebut bisa membantu Sedulur untuk memaksimalkan pelayanan Sedulur kepada pelanggan yang membuat konsumen menaruh kepercayaan kepada bisnis kuliner yang Sedulur jalankan. Dengan adanya personaliasasi konsumen yang Sedulur tawarkan bisa saja menjadi peluang untuk menambah konsumen baru yang datang dari keluarga atau teman dari konsumen tetap di toko Sedulur.

3. Evaluasi agar temukan strategi baru

Dalam pengembangan bisnis kuliner, tren di masyarakan bisa menjadi acuan yang harus Sedulur perghatikan. Untuk itu penting bagi Sedulur membukan pandangan dan peluang terhadap kehadiran tren baru di dunia kuliner. Dengan melakukan riset terbaru terkait tren yang sedang terjadi, Sedulur bisa mempersiapkan strategi baru yang bisa membuat bisnis kuliner Sedulur tetap bersaing dengan kompetitor.

Strategi baru ini bisa dipersiapkan dengan cara pemasaran yang lebih kekinian. Menggunakan sosial media dengan bantuan food vlogger atau influencer di bidang kuliner yang mampu mendatangkan konsumen baru dengan lebih luas lagi cakupannya.

BACA JUGA: Daftar Bisnis Rental Modal Kecil Paling Laris 2023, Wajib Dicoba!

Tips dan cara memulai bisnis kuliner

iStock

Ada beberapa 4 tahapan bisnis kuliner beserta tips yang bisa Sedulur terapkan untuk memulainya. Apalagi bagi Sedulur yang masih pemula di bidang bisnis kuliner ini. Berikut tips atau cara yang bisa Sedulur lakukan.

1. Melihat potensi pasar

Dengan melakukan riset secara cermat, Sedulur bisa menentukan dan membuat strategi yang tepat untuk memulai bisnis kuliner. Nah, ini dia beberapa tips untuk melihat potensi pasar:

  • Lihat bisnis-bisnis yang rame dan sedang menjadi tren di masyarakat,
  • Lihat bisnis yang banyak antrian,
  • Lihat area di mana Sedulur akan jualan, prospek apa yang menarik

2. Membentuk tim dan organisasi

Menejerial sangatlah penting dalam menjalankan sebuah bisnis, maka dari ini alangkah lebih baik jika Sedulur membentuk tim dan organisasi untuk membantu menjalankan bisnis. Berikut hal yang harus diperhatikan:

  • Memiliki partner Bisnis (teman, istri, keluarga),
  • Buat menjadi resmi,
  • Cari partner yang saling melengkapi.

3. Menyusun rencana bisnis

Dalam menjalankan bisnis, penting bagi sedulur untuk menyusun rencana bisnis sebelum memulainya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Pelajari dan pahami dengan baik business plan, minimal marketing dan sales plan,
  • Siapkan perhitungan keuangan,
  • Susun rencana untuk jangka pendek dan jangka panjang

Nah itulah 4 tahapan bisnis kuliner yang bisa Sedulur jalankan dan terapkan. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama bagi Sedulur yang ingin menjalankan bisnis dan mendapatkan penghasilan dari berbisnis.