Untuk saat ini, banyak orang yang menjadikan bisnis jajanan kering sebagai sumber penghasilan, baik itu utama atau hanya sampingan. Ada banyak ide jualan cemilan kering yang butuh modal kecil, namun mampu memberikan keuntungan yang lumayan.

Bukan tanpa alasan, jajanan kering sendiri sering menjadi favorit bagi banyak masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, peluang keuntungan yang bisa dihasilkan dari bisnis jajanan kering ini juga tidak bisa diremehkan begitu saja.

Kendati demikian, persaingan yang semakin ketat mengharuskan Sedulur untuk selalu menciptakan inovasi produk. Nah, di bawah ini ada beberapa ide jualan cemilan kering yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi yang ingin mencobanya!

BACA JUGA: Rekomendasi Keripik Paling Enak, Cocok Untuk Dagangan Warung!

1. Siomay kering

ide jualan cemilan kering
Unsplash/Mulan Sukrisno

Rekomendasi ide bisnis jajanan kering yang pertama adalah siomay kering. Berbeda dari siomay pada umumnya, jenis siomay yang satu ini memiliki tekstur yang kering. Rasanya cenderung gurih dan asin, sangat cocok dipadukan dengan saus tomat ataupun sambal kacang tanah. Tidak usah khawatir, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan.

2. Gurilem

Gurilem adalah camilan yang berasal dari Bandung. Dengan cita rasa yang gurih dan asin, makanan ini dibuat dari bahan dasar berupa tepung tapioka, seperti halnya kerupuk putih secara umum. Namun sedikit berbeda dengan kerupuk putih, cita rasa yang lebih ditonjolkan pada gurilem adalah gurih, asin, dan cenderung sedikit pedas.

3. Stik talas

Stik talas merupakan salah satu ide bisnis jajanan kering yang bisa dijadikan sebagai pilihan dalam memulai usaha. Stik ini dibuat dari talas yang digoreng kering, sehingga teksturnya renyah.

Stik talas umumnya dipadukan dengan berbagai jenis bumbu seperti balado, sapi panggang, atau bahkan jagung manis. Silahkan sediakan beberapa pilihan rasa untuk mendapat lebih banyak pelanggan.

4. Kering tempe

Sesuai dengan namanya, kering tempe dibuat dari tempe yang dioseng, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu dapur yang khas. Adapun cita rasa dari kering tempe ini yaitu gurih, manis, dan cenderung agak asin. Umumnya, kering tempe dijadikan sebagai lauk tambahan pada nasi.

5. Batagor kering

Tidak hanya siomay, batagor kering juga bisa menjadi salah satu ide jualan cemilan kering yang menarik untuk dicoba. Biasanya makanan disajikan dengan saus kacang yang gurih dan manis. Perpaduan antara kelezatan saus kacang dengan batagor yang renyah dapat membuat siapa saja ketagihan.

BACA JUGA: Cara Membuat Keripik Apel yang Renyah dan Enak

6. Basreng

Udalado.idn

Cita rasanya yang asin, gurih, dan renyah memang sangat cocok dijadikan teman pendamping untuk berbagai aktivitas, seperti nonton film, nongkrong, dan lain sebagainya. Untuk membuatnya, Sedulur hanya butuh bakso, minyak goreng, dan bumbu dapur. Hanya dengan bahan-bahan tersebut, jadilah basreng yang siap untuk dikemas dan dijual.

7. Putri salju

Biasanya putri salju disajikan di hari-hari besar, seperti Idul fitri, Natal, atau acara-acara besar lainnya. Putri salju menjadi ide bisnis cemilan kering yang tidak pernah sepi peminat. Hal ini karena olahan tersebut akan selalu menjadi hidangan untuk tamu saat hari-hari besar. Proses pembuatannya pun juga cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

8. Kerupuk seblak

Selain menjadi komponen seblak kuah, kerupuk seblak juga sering dimakan dalam keadaan kering. Kerupuk ini memiliki cita rasa gurih, asin, dan juga renyah, sehingga sangat cocok menjadi camilan.

Olahan tersebut tentu bisa menjadi ide bisnis cemilan kering yang patut Sedulur coba, karena peminatnya juga terbilang banyak. Jadi jangan ragu untuk mencoba ide yang satu ini.

9. Pastel kering

Ide bisnis cemilan kering yang berikutnya adalah pastel kering, dengan isian berupa daging ayam atau sayur-sayuran. Sedulur bisa memilih isiannya sesuai dengan keinginan. Biasanya, jajanan yang satu ini disajikan dalam bentuk bingkisan. Namun tidak jarang juga dihidangkan secara langsung untuk tamu di acara tertentu seperti arisan dan pernikahan.

10. Keripik singkong

Cemilan yang satu ini mungkin sudah sering Sedulur ketahui dengan beragam inovasinya. Jika memilih keripik singkong sebagai ide bisnis, sebisa mungkin buat inovasi agar tampil beda dari yang lain. Sedulur bisa menyajikan keripik singkong dengan campuran bumbu-bumbu instan, seperti balado, keju, sapi panggang, atau bisa juga jagung manis.

BACA JUGA: Resep Keripik Bawang Renyah dan Empuk Tiada Dua!

11. Makaroni

Udalado.idn

Makaroni jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang unik dan nikmat, menjadi jajanan kering yang sangat nikmat. Alhasil banyak orang yang menyukai makanan ini untuk dijadikan cemilan. Jadi tidak heran jika cemilan cocok untuk bisnis cemilan kering rumahan.

Salah satu makaroni yang bisa Sedulur coba adalah Udalado. Memiliki tekstur yang renyah, makaroni dari Udalado juga punya rasa pedas khas Nusantara yang begitu nikmat. Apabila Sedulur tertarik untuk kulakan Udalado maka bisa langsung belanja di SuperApp atau simak informasi lengkap lainnya di Instagram SuperApp.

12. Mi lidi

Mi lidi merupakan jajanan yang biasa ditemukan di pasar dan sekolah. Karena memang dijual dengan harga yang murah, tidak heran jika jajanan ini mempunyai banyak penggemar dari semua kalangan. Rasanya yang asin, gurih, dan pedas, mampu memunculkan sensasi nagih. Olahan mi lidi ini pun cocok Sedulur pertimbangkan untuk memulai usaha. 

13. Keripik pisang

Tidak hanya dimakan langsung, pisang juga bisa dibuat menjadi keripik kering yang lezat. Keripik pisang cenderung memiliki rasa manis gurih, yang bahkan cukup mengenyangkan. Bahan yang murah dan juga pembuatannya yang mudah, menjadikannya sebagai salah satu ide jualan cemilan kering yang menarik untuk dicoba.

14. Usus crispy

Bisa dibilang cemilan yang satu ini memiliki banyak sekali penggemar dari berbagai daerah. Citarasanya yang asin, gurih, dan bertekstur renyah, semakin membuatnya diminati oleh banyak orang. Tidak usah khawatir, bahan-bahan membuat usus crispy cenderung terjangkau. Jadi Sedulur bisa mendapat keuntungan yang lebih banyak.

15. Kacang panggang

Cemilan kering lain yang dapat dijual yakni kacang panggang. Teksturnya yang garing dengan rasan yang gurih, membuat berhasil menjadi salah satu cemilan favorit banyak orang.

Untuk membuatnya, Sedulur bisa merendam kacang dalam air garam, kemudian panggang dalam oven sampai kering. Terakhir, tambahkan rempah seperti garam, paprika, dan bawang.

16. Kue cubit

ide jualan cemilan kering
Unsplash/Erol Ahmed

Kue cubit merupakan jenis kue ringan yang biasa ditemukan di pasar, sekolah, dan tempat-tempat ramai lainnya. Banyaknya orang yang suka, membuat peluang usaha jualan kue cubit cukup besar.

Sedulur bisa menawarkan kue cubit dalam berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, greentea, atau buah-buahan. Selain itu, bisa juga menambahkan topping yang unik.

17. Martabak mini

Tidak hanya martabak dengan porsi besar, banyak orang yang suka dengan martabak dengan ukuran yang kecil. Selain harganya murah, rasanya juga tidak kalah enak. Buatlah martabak mini dengan berbagai isian seperti cokelat, keju, kacang, atau meses. Yang paling penting, sajikan dalam porsi kecil agar mudah dinikmati.

18. Pancake

Pancake juga menjadi salah satu ide jualan cemilan kering yang menarik untuk Sedulur coba. Hampir semua orang pasti suka dengan yang namanya pancake.

Nah, dalam hal ini, coba hadirkan pancake yang disajikan dengan berbagai topping menarik seperti buah segar, atau saus cokelat. Dengan begitu, dijamin akan banyak yang suka dengan pancake tersebut.

19. Roti goreng

Jika masih bingung untuk menentukan ide jualan cemilan kering, maka bisa mencoba roti kering. Bukan hanya sekadar roti goreng, namun roti goreng dengan isian yang menarik. Isian dari roti goreng tersebut bisa bervariasi, seperti cokelat, keju, selai, atau daging. Sedulur juga bisa menciptakan bentuk dan tata letak yang unik.

20. Donat mini

Salah satu hidangan yang sangat mudah untuk ditemukan adalah donat. Jika biasanya ukuran donat cukup besar, maka tidak dengan yang satu ini. Jadi Sedulur bisa menjual donat mini dengan berbagai topping yang unik. Penyajian yang dilakukan dalam bentuk box atau jar juga dapat memberikan daya tarik tambahan.

21. Popcorn gourmet

Unsplash/Hybrid Storytellers

Ide jualan cemilan kering yang terakhir adalah popcorn gourmet. Pada umumnya, popcorn sering dijadikan sebagai cemilan untuk menonton film maupun melakukan berbagai aktivitas bersama lainnya.

Untuk popcorn gourmet sendiri, popcorn yang dibuat dengan lapisan karamel, cokelat, keju, atau rempah-rempah. Sehingga citarasa yang dihadirkan benar-benar nikmat.

Mungkin hanya itu beberapa ide jualan cemilan kering yang bisa dibagikan kali ini. Silahkan pilih cemilan mana yang sekiranya sesuai dengan keinginan dan juga modal yang dimiliki. Namun, jangan pernah lupa untuk menyesuaikan dengan target pasar yang dituju.

Selain itu, berikan sentuhan kreatif dana tetapkan kualitas yang tinggi pada produk yang Sedulur buat. Selalu memperhatikan tren pasar dan umpan balik pelanggan juga penting untuk bisa terus mempertahankan atau bahkan meningkatkan penjualan yang dilakukan.