bisnis sampingan karyawan

Bagi seorang pegawai, agar bisa mendapatkan kesehatan finansial yang baik biasanya tidak bisa bergantung hanya dari gaji saja. Mereka membutuhkan bisnis sampingan karyawan yang bisa menambah pundi keuangan di masa depan.

Bisnis sampingan biasanya dilirik banyak orang karena selain bisa memberikan keuntungan tambahan yang setara dengan gaji pokok pekerjaan utama, juga karena modal yang dibutuhkan cenderung kecil. Dari kacamata ekonomi, tentu bisnis sampingan menjadi hal yang wajib bagi seorang individu agar mencapai kesejahteraan hidupnya.

Namun, sudahkah Sedulur mengetahui apa saja peluang bisnis sampingan bagi karyawan yang bisa dicoba di era sekarang? Jika belum, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Keuntungan Menjadi Wirausaha

-->

Guru les

bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Guru les merupakan salah satu ide bisnis sampingan karyawan yang memiliki peluang menjanjikan sebagai usaha sampingan, apalagi bagi seorang mahasiswa. Jika Sedulur memiliki keahlian tertentu, silakan coba buka jasa sebagai pengajar freelance di bidang tersebut.

Sedulur dapat mencoba menawarkan keahlian Sedulur melalui situs freelance, media sosial, mempromosikan ke komunitas lokal, atau bergabung dengan perusahaan yang menyediakan jasa pengajar.

Toko kelontong

Toko kelontong
Aplikasi Super

Toko kelontong adalah salah satu jenis bisnis sampingan yang menarik untuk Sedulur coba. Hal ini karena warung kelontong selalu dicari oleh masyarakat, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pokok hariannya.

Keberadaan toko kelontong juga tak hanya membantu masyarakat agar bisa berbelanja bulanan atau harian secara mudah, tapi juga membantu pemerintah dalam menjaga siklus ekonomi mikro di tengah masyarakat.

Bagi Sedulur yang sudah memiliki pekerjaan tetap yang stabil seperti PNS, maka usaha ini bisa berjalan jika diatur dengan baik. Sedulur juga bisa memanfaatkan area rumah sebagai lahan untuk membuka bisnis sampingan PNS seperti toko kelontong.

Belum lagi, sekarang ada beberapa platform yang telah berhasil mengembangkan toko kelontong menjadi lebih modern lewat fitur bernama Aplikasi Super. Sedulur bisa mendapatkan banyak kemudahan berbelanja atau kulakan hanya lewat aplikasi dengan berbagai macam keuntungan. seperti gratis pengantaran sampai potongan harga.

Konsep toko kelontong dari Aplikasi Super yang diberi nama Super Agen juga memberikan banyak kemudahan dalam berbelanja karena bisa dilakukan lewat ponsel. Tentu ini menjadi usaha rumahan modern yang menarik dicoba kan Sedulur.

Jasa laundry

bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Contoh bisnis sampingan karyawan selanjutnya adalah laundry kiloan. Usaha ini memang identik dengan usaha kecil menengah atau UMKM, tapi jangan salah karena keuntungan yang didapatkan dari usaha ini tergolong besar lho.

Selain itu, usaha laundry kiloan memiliki potensi resiko yang kecil dengan kekuatan sustainability yang tinggi. Hal ini lantaran semakin kesini, budaya masyarakat yang dahulu sering mencuci baju sendiri mulai bergeser dengan memanfaatkan jasa laundry.

Jasa laundry juga tidak akan mati karena perubahan zaman karena pasti dalam setiap generasi orang-orang perlu mencuci baju dan pakaian dengan cepat. Untuk itu, usaha satu ini sangat berpotensi besar menjadi peluang bisnis untuk Sedulur.

Desain grafis

bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Profesi desain grafis termasuk salah satu profesi yang dibutuhkan di segala bidang usaha. Hasil kerjanya pun tak hanya digunakan untuk media cetak, tapi juga digital. Menjadi seorang desainer grafis memang butuh skill yang mumpuni, tak jarang para desainer grafis memiliki latar belakang desain komunikasi visual. Namun, ada juga yang mempelajarinya secara otodidak.

Di era sekarang ini yang semuanya serba digital dan dilakukan dari dunia maya, pekerjaan sebagai desain grafis juga bisa menjadi bisnis sampingan online yang menarik. Belum lagi sudah ada banyak platform digital yang bisa menjadi tempat desain grafis online untuk berkarya dan menjual karya buatannya.

Ada beberapa software yang umum digunakan para desainer grafis, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw. Beberapa toko buku hingga platform belajar online juga sudah banyak yang memberi panduan mengenai penggunaan aplikasi desain tersebut.

Fotografer

bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Fotografi termasuk salah satu bidang yang diperlukan, baik untuk dokumentasi hingga pembuatan media pemasaran. Terlebih di zaman sosial media seperti ini, kebutuhan konten visual yang memanjakan mata begitu diperlukan.

Sebagaian besar industri ini memang digeluti oleh para profesional, namun tidak ada salahnya bagi pemula untuk memulai dari nol. Banyak panduan belajar fotografi dan videografi yang bisa Sedulur temukan, baik dari buku maupun kursus online.

Selain itu, menjadi fotografer juga membuka peluang bisnis sampingan bagi karyawan yang bekerja selama 5 hari penuh. Mereka bisa memanfaatkan waktu selama Sabtu dan Minggu untuk mencari pundi tambahan.

Pekerajaan sebagai fotografer sebagai bisnis sampingan biasanya juga bisa untuk memuaskan hobi seseorang.

Videografer

Videographer
Unsplash

Selain menjadi fotografer, videografer juga cocok untuk menjadi bisnis sampingan online. Hal ini karena semakin banyak platform jual beli konten yang membutuhkan video-video sebagai komoditi jualannya.

Dalam menjual video, tentu Sedulur harus memperhatikan banyak aturan seperti menghindari adanya brand agar video tersebut bisa digunakan secara komersial.

Keuntungan dari bisnis sampingan karyawan satu ini memang tidak terlalu besar, namun bila Sedulur rutin mengunggah video dalam platform digital maka keuntungan yang didapatkan juga berpotensi semakin besar.

Freelance Translator

Translator
Unsplash

Ide usaha sampingan di rumah berikutnya adalah jasa penerjemahan. Jika Sedulur memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan melalui jasa terjemahan.

Selain fleksibel, jasa penerjemahan juga tidak membutuhkan banyak modal. Sama seperti guru freelance, Sedulur dapat mencoba menawarkan keahlian Sedulur melalui situs freelance, media sosial, dan mempromosikannya ke komunitas lokal.

BACA JUGA: 22 Peluang Usaha yang Potensial dan Menguntungkan

Content writer

bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Jika Sedulur suka menulis, tidak ada salahnya untuk mendalami tentang SEO writer. Penulis akan menulis artikel dan konten yang dipadukan dengan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Saat ini, posisi ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan pemasaran produk yang disesuaikan dengan SEO.

Perkembangan teknologi membuat banyak orang beralih ke dunia online. Banyak orang-orang mengandalkan Google untuk mencari produk atau sekedar mencari informasi tertentu. Untuk memanfaatkan situasi ini, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa SEO writer.

Catering

bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Ada lagi usaha sampingan di rumah modal kecil yang bisa Sedulur jalani jika memiliki keahlian memasak. Sedulur bisa membuka bisnis catering kantoran, catering diet hingga catering sehat.

Apalagi beberapa tahun terakhir, tren hidup sehat dan pola hidup diet terus berkembang pesat. Pasarnya pun merupakan kalangan menengah ke atas yang memiliki kelas ekomoni tinggi.

Jadi membuka bisnis makanan bisa menghasilkan keuntungan yang tidak main-main. Tentunya usaha catering bisa dijadikan salah satu pilihan untuk kalian yang memiliki tangan ajaib ketika memasak.

Toko sembako

sembako
Aplikasi Super

Kebutuhan dasar seperti sembako atau kebutuhan pokok sehari-hari menjadi hal esensial yang tak bisa dilewatkan seorang manusia. Misalnya kebutuhan seseorang akan makanan seperti nasi yang terbuat dari beras.

Melihat masalah di atas, tentu berjualan sembako bisa menjadi bisnis sampingan karyawan yang menguntungkan. Bahkan, usaha sampingan di rumah ini bisa Sedulur lakukan tanpa modal yang besar dan bisa dilakukan dengan waktu yang fleksibel.

Beras buncit
Aplikasi Super

Bila Sedulur tertarik untuk berjualan sembako seperti beras, maka bisa mencoba memanfaatkan Aplikasi Super sebagai platform berusaha. Lewat aplikasi social commerce ini, Sedulur bisa kulakan beras dengan jumlah yang banyak dengan harga yang relatif lebih murah.

Super sendiri memiliki beberapa jenis beras berkualitas dengan harga yang sangat bersaing seperti Beras Buncit dan Beras Karya Alam. Jika Sedulur berminat, langsung saja cari aplikasinya di Play Store atau kunjungi langsung toko kelontong Super Agen yang ada di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

Agen frozen food

Frozen food
Unsplash

Hidup serba praktis kini sudah seperti slogan bagi masyarakat modern yang kekinian. Termasuk untuk makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Salah satu ide usaha modal 1 juta di rumah yang sedang hype adalah menjual makanan frozen food atau makanan ready to cook. Sebagai permulaan dalam merintis usaha ini, gunakan dulu freezer kulkas di rumah untuk penyimpanan sementara.

Seiring bertambahnya permintaan Sedulur bisa mulai pertimbangkan membeli freezer dengan ukuran penyimpanan yang lebih besar besar. Tak harus baru, freezer bekas dengan kualitas yang bagus juga bisa jadi pilihan untuk menekan biaya modal bisnis frozen food.

Reseller skincare

Skincare
Unsplash

Bagi wanita, produk perawatan dan kecantikan tidak bisa lepas dari kehidupan. Bisa dikatakan, kedua produk tersebut sangat krusial untuk bisa memperindah dan mempercantik penampilan. Hal tersebut bisa Sedulur manfaatkan untuk ide jualan online yang laku setiap hari selanjutnya.

Jika Sedulur ingin menjual produk perawatan dan kecantikan, pastikan untuk selalu mengikuti trend yang tengah populer saat ini. Kalau perlu, Sedulur bisa melihat konten-konten produk perawatan melalui media sosial.

Beberapa produk perawatan yang sering laku antara lain lipstik, foundation, bedak, eyeshadow, hingga blush on. Jangan lupa untuk memberikan promo pada tiap bulan, karena kecenderungan para wanita tak hanya memperhatikan kualitas barang tapi harganya yang miring.

Jadi kalau Sedulur tertarik dengan usaha yang berangkat dari ide jualan online untuk remaja, maka usaha skincare semacam ini sangat cocok dicoba.

Make up artist

Make up artist
Unsplash

Usaha merias wajah atau yang kini lebih populer disebut dengan make up artist atau MUA jadi peluang usaha memiliki potensi besar. Kenapa usaha satu ini punya peluang mendapatkan keuntungan besar, karena banyak masyarakat mulai memperhatikan penampilan dalam berbagai macam acara seperti pernikahan, kelulusan, sampai acara pesta.

Dengan permintaan yang cukup besar dari masyarakat, tentu peluang usaha satu ini memiliki potensi yang besar bagi Sedulur yang memang suka dengan kegiatan yang berbau kecantikan dan fashion.

Untuk bisa sukses dalam menjalankan usaha ini, Sedulur harus mengikuti tren agar bisa membuat produk yang sesuai dengan keinginan masyarakat. Jadi dengan keberadaan media sosial dan internet, Sedulur bisa membuat produk MUA yang unik dan berkesan untuk para pelanggan.

Jualan keripik pedas

Keripik
Unsplash

Aneka keripik merupakan salah satu makanan ringan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Sedulur bisa mencoba makanan yang satu ini sebagai ide jualan makanan online yang laris di pasaran.

Dengan banyaknya jenis sumber makanan di Indonesia membuat variasi rasa keripik sangat berwarna. Jika dulu hanya ada jenis singkong, kentang, dan pisang, kini ditambah lagi dengan buah, sayuran, dan masih banyak lagi.

Untuk menjual aneka keripik ini bisa dilakukan melalui pembuatan sendiri atau menjadi agen penjualnya. Sedulur bisa menambahkan rasa atau bumbu tambahan dan dikemas ulang sesuai nama usahamu. Sistem penjualannya pun jauh lebih praktis melalui media sosial dan marketplace sehingga tidak perlu menyewa kios.

Menjual dessert

Bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Usaha sampingan di rumah modal kecil selanjutnya adalah berjualan dessert. Nah, kalau peluang bisnis satu ini akan cocok banget kalau Sedulur juga memiliki hobi memasak atau membuat kue.

Beberapa waktu terakhir memang banyak orang yang suka berburu kuliner, khususnya makanan dessert yang memiliki tampilan menarik saat difoto. Jadi tidak heran jika berjualan dessert seperti pudding, kue kering, cup cake, sampai roti tart dengan tampilan yang menawan sedang banyak digandrungi.

BACA JUGA: 22 Ide Usaha Modal 1 Juta yang Menjanjikan & Menguntungkan

Preloved pakaian

Bisnis Sampingan karyawan
Unsplash

Nah, ini dia bisnis yang terbilang sedang naik daun. Bisnis preloved fashion adalah bisnis jual beli pakaian dan aksesoris yang telah terpakai atau dengan kata lain jual beli barang bekas.

Jika Sedulur memiliki pakaian yang Sedulur rasa sudah tidak ingin lagi memakainya, Sedulur dapat mempertimbangkan untuk menjualnya. Pastikan pakaian ataupun aksesoris tersebut masih layak dipakai ya. Tentunya, Sedulur dapat menentukan harga jual dibawah harga beli awal produk.

Menjual ikan hias

Bisnis sampingan karyawan
Unsplash

Apakah Sedulur gemar merawat ikan hias di rumah? Hobi ini bisa menjadi ladang bisnis yang menarik untuk digeluti. Beberapa jenis ikan hias mempunyai harga jual yang tinggi.

Merawat ikan hias pun tidak terlalu rumit. Terlebih jika Sedulur sudah sejak lama menekuni hobi ini. Tentu Sedulur tidak akan merasa kesulitan untuk menjalankan bisnis budidaya ikan hias.

Kunci agar bisnis sukses yaitu tetap fokus pada bisnis dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Usaha ini juga sedang naik daun dan jadi salah satu peluang usaha yang lagi trend lho. Jadi jika Sedulur ingin mencoba usaha satu ini, maka lakukanlah sekarang.

Jual pulsa

Jual pulsa
Unsplash

Peluang usaha ini juga sangat cocok untuk dicoba di desa berkembang.Apalagi di kampung sekarang sudah menerapkan gaya hidup di kota. Di desa berkembang, warganya mulai terhubung dengan teknologi komunikasi sehingga akhirnya banyak orang yang butuh membeli pulsa.

Selain itu, lewat usaha konter pulsa Sedulur juga bisa meluaskan lini usaha dengan membuka jasa top up game. Lini usaha satu ini memang sedang sangat menjanjikan karena semakin banyak orang yang menyukai bermain game online lewat handphone.

Jasa top up dan pulsa pun saling berhubungan karena bisa dilakukan secara bersamaan. Dengan saling berhubungan tersebut, Sedulur tentu tidak perlu ribet dan akan bisa lebih banyak mendapatkan keuntungan.

Berjualan tanaman hias

Bisnis sampingan karyawan
Devidscourse

Mungkin, ide bisnis online ini terdengar asing. Padahal, ternyata menjual tanaman secara online adalah usaha online yang menguntungkan, lho. Alasannya, banyak tanaman yang tidak tersedia di daerah-daerah tertentu. Sehingga, orang-orang memilih membeli tanaman secara online.

Sama seperti restoran online, sebaiknya Sedulur menggabungkan berbagai platform digital supaya penjualan lebih optimal. Marketplace dengan website, misalnya. Nah dalam kasus ini, website adalah kewajiban. Mengapa?

Saat ini orang-orang tidak sekedar ingin membeli tanaman saja. Namun, mereka juga ingin belajar lebih detail. Seperti varian tanaman, cara merawat, tips mengusir hama, dan banyak lagi.

Kabar gembiranya, website bisa memfasilitasi itu semua. Dengan Sedulur membuat etalase tanaman, sekaligus merilis konten-konten blog yang relevan, tentu pengunjung Sedulur akan lebih terbantu dan tertarik membeli.

Jasa sablon

tips usaha sablon
Gstatic

Bisnis sablon memang tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang, karena bisnis ini kurang populer di zaman sekarang ini, terlebih lagi untuk para anak-anak muda. Bahkan banyak yang tidak tahu juga bahwa bisnis ini bisa sangat menguntungkan, padahal bisnis sablon seringkali melayani produksi skala besar yang dapat memberikan keuntungan yang banyak.

Jasa sablon juga menjadi jenis usaha yang cocok untuk bisnis sampingan PNS. Kenapa? Karena dengan chanel PNS yang sering memiliki banyak acara dan event dalam tiap tahun, Sedulur bisa memberikan jasa sablon dengan harga yang terjangkau di lingkungan kerja.

Sedulur juga bisa membagi waktu dengan mudah, karena jasa sablon bisa dilakukan secara terpisah di rumah dengan bantuan beberapa karyawan saja.

Dropshipper

Super Agen
Aplikasi Super

Untuk bisa membuka bisnis, tentu Sedulur harus memiliki modal. Namun, jika terhalang modal, Sedulur bisa melakukan bisnis reseller dan dropshipper produk online. Di sini, Sedulur akan berperan untuk menjualkan atau memasarkan produk orang lain.

Sedulur hanya perlu mencari supplier barang yang bagus dan terpercaya. Sedulur bisa memasarkan produk orang lain dengan menggunakan nama toko sendiri. Pembeli yang membeli barang melalui dropshipper tidak tahu siapa penjual awal atau penjual asli produk tersebut.

Ini menjadi ide usaha modal kecil yang sangat cocok dicoba oleh siapa saja. Apalagi tren reseller dan dropshipper belakangan sedang sangat bagus.

Berjualan minuman kekinian

Minuman boba
Unsplash

Sedulur juga bisa mencoba usaha minuman kekinian untuk bisnis modal 1 juta untuk mahasiswa. Bisnis ini memang tergolong sangat cepat berubah, tapi jika Sedulur memiliki resep minuman yang segar dan disukai masyarakat maka bisa saja usaha ini bertahan lama dan berkembang pesat.

Usaha ini memang sangat cocok untuk mahasiswa karena bisa menyesuaikan dengan cepat selera pasar. Beberapa minuman kekinian yang bisa dicoba adalah minuman boba, milk tea, sampai es teh dengan berbagai rasa. Usaha ini sangat cocok dibuka ketika rumah Sedulur berada dekat dengan sekolah atau wilayah perkantoran.

Selain itu, usaha minuman kekinian juga tidak memerlukan modal yang besar. Sedulur hanya perlu menyiapkan bahan minuman berbagai rasa, gelas atau botol plastik, dan akun media sosial untuk memasarkannya.

Jasa menjahit

Penjahit
Unsplash

Jangan meremehkan kemampuan menjahit pakaian. Dengan kemampuan ini, Sedulur bahkan bisa sampai membuka konveksi besar untuk terus mengembangkan potensi bisnis dan meraup keuntungan yang banyak.

Baju merupakan kebutuhan primer yang tentunya akan terus dibutuhkan selama masih hidup. Jadi, berbisnis pada jasa jahit akan memberikan keuntungan jangka panjang.

Usaha jasa menjahit juga bisa menjadi bisnis sampingan karyawan karena bisa dikerjakan saat waktu luang seperti di akhir pekan. Jadi Sedulur bisa membagi waktu dengan mudah dan pekerjaan utama tetap bisa berjalan tanpa terganggu.

BACA JUGA: 12 Ciri Ciri Peluang Usaha yang Baik, Potensial & Tahan Lama

Cuci sepatu

Cuci sepatu
Ador Global

Jasa cuci sepatu termasuk dalam usaha sampingan tanpa modal yang bisa Sedulur coba. Kenapa usaha ini sangat menarik dan cocok untuk era sekarang? Hal ini tak lepas dari semakin banyaknya orang yang peduli terhadap fashion khususnya sepatu.

Sepatu dianggap menjadi salah satu kunci fashion dan lifestyle di era sekarang ini. Jadi tidak heran banyak orang yang mulai berusaha menjaga agar sepatu mereka tetap bisa terawat baik dan memiliki tampilan yang kinclong.

Omset dari jasa usaha cuci sepatu tidak main-main lho. Berbasis bisnis yang mengandalkan jasa, usaha cuci sepatu bisa meraup keuntungan jutaan rupiah dalam sebulan. Sedulur juga hanya perlu menyiapkan cairan pembersih dan lap khusus untuk mencuci sepatu.

Kerajinan tangan hampers

Bisnis sampingan karyawan
Indozone

Usaha kecil-kecilan seperti pembuatan parsel atau hamper menjadi bisnis sampingan karyawan yang menarik untuk dicoba. Sedulur hanya butuh modal untuk membeli keranjang dan peralatan pendukung lainnya.

Bisnis yang satu ini bisa mendulang keuntungan yang sangat besar menjelang hari raya. Bahkan, jika Sedulur jeli melihat peluang dan pintar menyusun strategi pasar, bisnis parsel ini dapat berkembang dalam skala yang intens seperti parsel untuk pernikahan, hantaran, atau acara lainnya.

Dengan banyaknya acara atau momen setiap bulan bahkan minggu yang membutuhkan kehadiran hamper, tentu bisnis ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Apalagi pembuatan hampers atau parsel cenderung mudah dan bisa sangat fleksibel.

Demikian tadi inspirasi bisnis sampingan yang bisa Sedulur coba agar bisa mendapatkan cuan tambahan. Agar bisa bisnis sampingan karyawan berjalan dengan lancar, Sedulur perlu kerjasama atau mengajak bermitra orang lain supaya bisnis tetap berjalan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.