franchise petshop

Beragam perawatan hewan peliharaan bisa Sedulur temukan dengan mudah di petshop. Keberadaan dari petshop ini tentu saja memudahkan para pemilik hewan untuk membeli keperluan serta perawatan hewan kesayangannya. Penasaran kan apa saja franchise petshop yang masih tersedia hingga saat ini?

Memelihara hewan kesayangan kini telah menjadi hal yang sangat lumrah bagi masyarakat, khususnya di Indonesia. Bahkan tidak sedikit orang yang memelihara hewan karena memang hobi. Mereka berpikir ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan memelihara hewan.

Beberapa keuntungan dari memelihara hewan sendiri akan terasa secara langsung oleh si pemilik, seperti halnya mengurangi stress, menjadi teman yang baik, meningkatkan kehidupan sosial, meningkatkan kebugaran fisik, hingga mendorong untuk mempunyai rutinitas yang lebih sehat.

Sementara itu, banyak pebisnis yang membangun sebuah petshop untuk memberi fasilitas terhadap pertumbuhan dan perkembangan hewan kesayangan. Selain itu, ada juga franchise petshop yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis yang ingin memulai usaha, namun tidak dari nol.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Dog Cafe Jakarta Selatan, Favorit Pecinta Anjing

Apa itu Petshop?

franchise petshop
Law Donut

Mungkin di sini ada yang belum paham secara pasti apa yang dimaksud dengan petshop. Jadi, petshop sendiri adalah istilah dari toko hewan peliharaan dengan konsep bisnis yakni menjual berbagai jenis makanan untuk hewan peliharaan.

Walaupun tidak banyak, namun biasanya pet shop juga menjual berbagai macam jenis hewan dan juga perlengkapan untuk memeliharanya. Nah, umumnya, produk yang dicari di petshop ini adalah pakan hewan, shampoo, pasir, obat, sisir, dan juga vitamin.

Bahkan tidak jarang ada beberapa petshop yang menyediakan beberapa layanan tambahan untuk hewan kesayangan. Seperti halnya grooming, penitipan hewan, periksa kesehatan, dan lain sebagainya. Pada intinya, petshop akan memberi fasilitas bagi para pemilik untuk merawat hewan kesayangan mereka.

Peluang Bisnis Franchise Petshop

INSIGHT

Berbicara soal franchise petshop, pastinya kita perlu membahas terlebih dahulu mengenai prospek dan juga peluang bisnisnya. Dikutip dari LandX tentang menangkap peluang pet economy di 2022, peluang bisnis petshop sendiri terus mengalami perkembangan.

Hal ini terjadi karena perubahan perilaku sejak periode lockdown di tahun-tahun sebelumnya. Dari beberapa kategori pet care yang ada, di Indonesia sendiri yang paling laris adalah produk dari pet food, pet healthcare, toys dan aksesoris, serta fashion.

Sementara untuk layanan profesional seperti day care, grooming, pet breeding dan training, tetap memiliki peluang walaupun tidak sebesar kategori-kategori yang disebutkan sebelumnya.

Kemudian untuk target pasar yang paling potensial, mulai dari jenis hewan peliharaan seperti kucing, anjing, ikan dan reptil, burung, hewan peliharaan berukuran kecil, kuda, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk daya beli pemilik hewan terhadap makanan hewan pada tahun 2021, telah mengalami kenaikan yang benar-benar signifikan sejak tahun 2014. Sebanyak 20,5% dari pemilik hewan telah menghabiskan hingga 1-5 juta rupiah hanya untuk membeli pet food alias pakan hewan.

Kemudian data juga menunjukkan bahwa 0,7% dari pet owner telah menghabiskan kurang dari 5 juta untuk membeli makanan kucing. Sisanya yakni sebanyak 78,8% dari pet owner diantaranya, telah menghabiskan kurang dari 1 juta untuk berbelanja pakan hewan.

Belum lagi pandemi yang berlangsung ternyata telah membuat masyarakat Indonesia mulai memiliki banyak kebiasaan baru, salah satunya adalah mengadopsi hewan peliharaan. Jadi jika dilihat, peluang bisnis petshop ini patut untuk dicoba. Selain menjanjikan, bisnis mendapatkan menguntungkan melimpah.

Rekomendasi Franchise Petshop di Indonesia

franchise petshop
Pinterest

Seperti pembahasan yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa peluang pasar untuk industri untuk bisnis petshop ini amat digandrungi oleh masyarakat modern. Maka dari itu, Sedulur harus tahu beberapa rekomendasi franchise petshop di Indonesia yang paling tepat.

1. Franchise Petshop Indonesia

Petshop Indonesia merupakan perusahaan retail dan e-commerce yang diciptakan untuk memudahkan para pemilih hewan peliharaan untuk mendapatkan informasi, produk, saran, serta fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung pemeliharaan hewan yang baik dan juga sehat.

Untuk saat ini, brand petshop Indonesia ini telah mempunyai lebih dari 10 outlet yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Mulai dari DKI Jakarta, Depok, Bogor, Semarang, Yogyakarta, dan Tangerang.

Dengan menggunakan sistem e-commerce, tentu saja para pet owner bisa lebih mudah untuk melakukan pemesanan produk secara instan melalui pengiriman dari jasa ekspedisi.

Selain itu, Petshop Indonesia juga menghadirkan beberapa layanan yang unggul dan berkualitas. Mulai dari pet grooming services, dog training services, pet hotel services, serta pet clinic.

Tapi sayangnya, sejauh ini belum ada informasi secara resmi terkait peluang bisnis franchise untuk brand Petshop Indonesia. Sehingga dalam hal ini, hanya bisa dipaparkan informasi tentang brand Petshop Indonesia sebagai salah satu usaha petshop terbaik dan terpercaya.

2. Franchise My Pets

MyPets menjadi salah satu brand franchise petshop yang paling lair, dan menjadi tempat untuk menyediakan perawatan serta kebutuhan bagi hewan peliharaan kesayangan. Petshop yang satu ini, telah berdiri sejak tahun 2010 silam.

Dan kini telah berjalan selama 13 tahun yang selalu fokus untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Brand yang satu ini juga menyediakan berbagai macam produk dari makanan, aksesoris, hingga perawatan yang lengkap dengan beragam layanan tambahan.

Beberapa layanan yang dimaksud, antara lain adalah grooming, cutting nails, haircut, pet hotel, ear cleaning, dan juga pet delivery. Nah, seperti saat membuka franchise pada umumnya, Sedulur perlu menyediakan lahan dan juga biaya sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan oleh pihak My Pets.

Menurut informasi yang diketahui, Sedulur harus menyiapkan budget dengan jumlah sebesar 100 juta rupiah untuk memulai bisnis franchise petshop My Pets. Jika tertarik untuk menjalin kerja sama dengan CV My Pets, maka bisa langsung mengontak ke nomor 082164980668.

3. Franchise Kamo Group

Jika Sedulur sedang mencari petshop yang mengutamakan mutu dan berbasis pada perawatan untuk hewan, maka dapat coba menjalin kerja sama dengan Kamo Group. Hal ini karena Kamo Group tersebut menyediakan produk utama berupa jasa grooming dan sterilisasi hewan.

Tidak hanya itu, Kamo Group juga mempunyai produk sendiri berupa pasir kucing Bogor, vaksin kucing promo Bogor, serta layanan dokter hewan Bogor. Sama halnya seperti MyPets, Kamo Group juga menyediakan fitur online untuk melakukan pemesanan berbagai kebutuhan untuk hewan peliharaan.

Produk yang disediakan di dalam petshop ini kebanyakan berasal dari brand-brand lokal, tentu saja dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap berkualitas. Kabar baik bagi Sedulur yang ingin melakukan bisnis franchise, karena Kamo Group telah membuka paket kemitraan A dan B.

Untuk paket A dibanderol dengan harga 225 juta rupiah, yang terdiri dari beberapa fasilitas seperti rak, komputer, meja kasir, budget promosi awal, serta pemasangan branding atribut. Sementara untuk paket B hampir sama seperti paket A, hanya saja biaya yang dibutuhkan lebih rendah, yakni 195 juta rupiah.

Apabila Sedulur berminat untuk bergabung dengan franchise petshop yang satu ini, maka dapat menghubungi langsung mereka melalui website resmi Kamo Group (id).

4. Franchise Raja Petshop

Kemudian untuk franchise petshop yang terakhir ada franchise Raja Petshop, petshop yang sudah terkenal di masyarakat Indonesia secara meluas. Raja Petshop sendiri telah berdiri sejak tahun 2009, yang pada awalnya terbentuk karena mitra kerja, rekanan, dan lain sebagainya.

Sebelum menjadi franchise petshop, dulunya Raja Petshop adalah perusahaan importir produk hewan peliharaan serta akuarium dari brand-brand internasional. Mereka juga biasa melayani para pembeli melalui website resmi yang telah dipercayai banyak orang.

Nah, bagi Sedulur yang ingin mengunjungi Raja Petshop secara offline, maka dapat langsung datang ke outlet pusat yang beralamat di daerah Ruko Galeri Bukit Indah RK-3, No.26 di Pakuwon Indah – Lontar, Kota Surabaya.

Akan tetapi, seperti Sedulur harus sedikit bersabar jika ingin bermitra dengan Raja Petshop. Hal ini karena sampai ini Raja Petshop masih dalam proses pengembangan untuk kerja sama franchise. Tunggu saja beberapa bulan atau tahun lagi hingga mereka secara resmi membuka penawaran kemitraan.

BACA JUGA: 16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat

Tips dalam Membuka Petshop

franchise petshop
Wolters Kluwer

Di antara beberapa franchise petshop yang sudah disebutkan di atas, manakah yang menurut Sedulur paling worth it untuk dicoba? Silahkan pikir dengan matang dulu sebelum menjatuhkan pilihan pada satu brand pertship yang akan diajak bermitra.

Selain menentukan brand france petshop yang akan bekerja sama, Sedulur juga tidak boleh melewatkan beberapa hal penting jika ingin membuka usaha petshop. Ya, paling tidak ketahui dengan betul beberapa poin penting yang ada di bawah ini!

1. Pelajari ilmunya

Ketika membuka usaha petshop, Sedulur tidak bisa main-main dan sembarangan dalam menjalankannya. Ada beberapa ilmu penting tentang hewan yang diketahui terlebih dahulu. Sebab, tidak hanya satu atau dua jenis hewan saja yang nantinya akan dijual dan dirawat.

Pada umumnya, terdapat beberapa jenis hewan yang dijual dan dirawat di petshop. Mulai dari mamalia, reptil, vertebrata, bahkan sampai arachnida alias hewan berbuku. Oleh karena itu, Sedulur harus mempelajari dan memahami ilmunya secara pasti.

Dengan begitu, maka para pelanggan akan semakin percaya dengan kredibilitas toko atau petshop yang Sedulur miliki.

2. Tentukan Lokasi Usaha

Menentukan lokasi usaha juga menjadi bagian yang sangat penting dalam memulai usaha petshop. Beberapa hal yang perlu untuk Sedulur perhatikan pada saat memilih lokasi, yakni lingkungan yang kondusif dan bebas dari kebisingan.

Selain itu jangan lupakan kebersihan lingkungan sekitar, dan pastikan dekat dengan pemukiman agar dapat menjangkau pelanggan dengan mudah. Pastikan juga bahwa suasana di dalam toko benar-benar terasa nyaman bagi para hewan peliharaan.

Hal ini dilakukan agar para hewan peliharaan tidak mudah merasa stres. Usahakan juga tempat lokasi usaha tersebut memadai, ya. Maksudnya tidak terlalu sempit jika digunakan untuk tempat penitipan hewan dan keperluan perawatan hewan lainnya.

3. Minta izin lingkungan setempat

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan dalam memulai usaha petshop adalah meminta izin pada lingkungan setempat. Sedulur bisa meminta izin dari para petinggi daerah seperti RT atau RW, setelah itu juga kepada para warga yang tinggal di sekitar lokasi usaha.

Tujuannya yakni untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya konflik di kemudian hari nantinya. Selain itu, jangan lupa untuk membuat surat izin gangguan yang dikirimkan ke dinas perizinan kota. Sebab, beberapa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing biasanya cenderung berisik.

Jadi misalnya saja nantinya ada warga yang datang karena merasa terganggu oleh suara berisik dari petshop, setidaknya Sedulur sudah mengantongi surat izin resmi dari dinas.

4. Pilih Karyawan yang Berkualitas

Poin penting terakhir yang harus dilakukan adalah dengan memilih karyawan yang berkualitas dan memiliki ilmu tentang perawatan hewan. Sedulur bisa memilih dokter hewan dan juga caretaker yang memang sudah berpengalaman di dalam bidangnya.

Mungkin Sedulur bertanya-tanya mengapa usaha petshop membutuhkan dokter hewan serta perawat hewan. Tentu saja hal ini karena hewan-hewan yang ada di dalam toko juga perlu dirawat dengan cara yang baik dan benar.

Pastinya Sedulur tidak ingin ada hewan yang sakit saat sampai di tangan para pelanggan, bukan? Terutama jika menyediakan layanan penitipan hewan, tentu dalam hal ini kredibilitas toko dipertaruhkan.

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai franchise petshop dan juga beberapa tips penting ketika ingin mulai membukanya. Silahkan pikirkan dengan matang kira-kira franchise mana yang sekiranya paling cocok dengan keinginan dan juga dana yang dimiliki.

Jika sudah menemukan franchise petshop yang paling sesuai, barulah Sedulur mengikuti beberapa tips yang telah dijelaskan di atas. Dengan begitu, maka usaha petshop yang dimiliki akan berjalan dengan lancar dan mendatangkan keuntungan yang banyak.