Peluang bisnis ternak gurame

Salah satu ide bisnis terbaik yang bisa Sedulur jalankan yaitu bisnis ternak. Di antara banyak jenis hewan yang bisa diternak, yang bisa menjamin dalam memberikan keuntungan yang menjanjikan yaitu ikan gurame. Nah, bagi Sedulur yang tertarikan berbisnis ternak gurame, kita akan bahas bersama-sama.

Bisnis ternak gurame bisa memberikan Sedulur keuntungan besar. Gurame atau gurami merupakan salah satu ternak ikan yang potensial karena banyak disukai oleh setiap orang. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas lengkap bagaimana cara berbisnis dan budidaya ikan satu ini. Seperti apa tips dan cara bisnis ternak gurame yang dimaksud? Yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Usaha Ternak dengan Modal 10 Juta yang Bisa Kamu Coba!

Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurame

Pinterest

Ikan gurame memiliki peluang usaha yang besar hal ini karena jenis ikan ini lezat dan kaya nutrisi, sehingga banyak peminatnya. Ikan gurame memiliki manfaat kesehatan yang baik, mulai dari bantu jaga kesehatan jantung, baik untuk perkembangan otak, hingga bantu jaga berat badan.

Meskipun banyak permintaan pasar dari ikan gurame, namun saat ini produksi ikan gurame masih sedikit. Hal ini karena, stigma negatif bahwa pertumbuhan ikan gurame yang lambat. Akan tetapi, hal tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang budidaya ikan gurame.

Jika Sedulur dapat memanfaatkan teknologi dengan baik, seperti budidaya intensif, pakan bermutu dan strategi pemberian pakan, maka ikan dapat tumbuh lebih cepat.

Analisis Modal Usaha Budidaya Ikan Gurame

bisnis ternak gurame
Suksespedia

Berapa modal yang diperlukan dalam budidaya ikan gurame? Jumlah modal bergantung pada skala bisnis ternak ikan gurame yang Sedulur akan buat. Jika skala yang Sedulur buat besar maka modalnya akan mahal.

Namun Sedulur dapat memulainya dengan modal kecil. Berikut kami sajikan analisa usaha budidaya ikan gurame dengan modal kecil. Berikut ini daftar biaya yang dibutuhkan:

  • Terpal (80 m2): Rp880.000
  • Bibit Ikan Gurame (1.500 ekor): Rp2.250.000
  • Ember untuk Operasional: Rp120.000
  • Pelet (25 sak untuk 1.500 ekor): Rp6.250.000
  • Vitamin dan Obat: Rp500.000
  • Total: Rp10.000.000

Jika Sedulur ingin membudidayakan sebanyak 1.500 ekor ikan, Sedulur dapat mengumpulkan modal kasar sekitar Rp10.000.000. Lalu berapa keuntungan yang akan didapatkan?

Apabila diasumsikan dalam 8 bulan ikan gurame Sedulur memiliki tingkat keberhasilan 85% maka jumlah ikan yang dapat panen yaitu 1.275. Jika bobot rata-rata ikan 800 gram/ekor maka total bobot ikan yang dapat dipanen yaitu sebesar 1.020 kg

Dengan harga Rp40.000/kg maka sekali panen Sedulur dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp40.800.000. Berikut perhitungannya:

  • Total bobot ikan: 1.020 kg
  • Harga per kilo: Rp40.000
  • Total keuntungan: Rp40.800.000

BACA JUGA: Ternak Burung Merpati Terlengkap Sampai Analisa Biayanya

Keunggulan Ternak Ikan Gurame

bisnis ternak gurame
RCHIIIPS

Budidaya atau ternak ikan gurame memiliki peluang usaha yang besar. Sedulur dapat melihat hal ini dari beberapa faktor, seperti permintaan pasar, harga, dan kompetitor. Hal tersebut juga yang membuat bisnis ternak gurame begitu menjanjikan. Yuk kita simak bersama di bawah ini:

1. Permintaan pasar

Ikan gurame memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang tinggi sehingga banyak digemari. Permintaan ikan gurame ini terus meningkat setiap tahunnya, sehingga hal ini menjadi peluang bagi Pembudidaya ikan gurame. Konsumen dari ikan gurame juga mayoritas dari kalangan menengah atas karena harganya yang mahal. Sedulur dapat menjual gurame ke restoran yang menyediakan menu ikan gurame.

2. Harga jual yang tinggi

Ikan gurame memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya seperti ikan nila dan mas. Harga dari ikan gurame berada pada kisaran Rp 40.000-45.000, sedangkan ikan nila hanya seharga Rp30.000-35.000.

3. Minim kompetitor

Ikan gurame memiliki kompetitor yang sedikit sehingga Sedulur akan lebih mudah menjual ikan hasil budidaya. Hal ini karena, waktu budidayanya sedikit lebih lama dibandingkan ikan lainnya. Namun, dengan kesabaran dan ketekunan, Sedulur dapat sukses dalam ternak ikan gurame.

Cara Budidaya Ikan Gurame yang Tepat

BRF Ingredients

Budidaya ikan gurame tentunya membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Namun, kesuksesan dapat menjadi motivasi untuk terus melangkah. Cara budidaya ikan gurame juga harus dilakukan dengan efektif, agar budidaya dapat sukses. Lantas seperti apa tips budidaya ikan gurama yang tepat? Yuk kita simak daftarnya penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Persiapan kolam

Agar dapat membuat kolam yang baik, Sedulur harus memilih lokasi yang tepat. Lokasi kolam harus mendapat cahaya matahari secara langsung. Selain itu, suhu kolam pastikan pada rentang 26-28 derajat celcius agar ikan gurame tumbuh optimal. Sedulur dapat membuat kolam berukuran 8 x 10 x 1 meter. Jenis kolam dapat berupa kolam terpal, kolam tanah, atau kolam semen. Sebelum memasukan ikan gurame, Sedulur juga perlu menambahkan kapur pertanian sebanyak 200 gram per meternya.

2. Pemilihan bibit

Pemilihan bibit ikan gurame yang unggul menjadi faktor kesuksesan dalam budidaya. Pilihlah bibit berukuran 2 cm yang lincah dan sehat. Umumnya bibit yang baik memiliki bobot sekitar 100 gram. Karena jika tidak memilih bibit terbaik, maka kualitas ikan yang akan dipanen pun tidak akan maksimal. Maka dari itu, penting bagi Sedulur untuk memilih bibit yang baik, berkualitas dan bisa menghasilkan ikan gurame yang baik.

3. Pemberian pakan

Dalam pemberian pakan, Sedulur perlu memperhatikan beberapa faktor penting, mulai dari jenis pakan, frekuensi pemberian pakan, dan jumlah pakan yang diberikan. Sedulur juga dapat memberikan pakan alternatif seperti maggot, dedak, ampas tahu, dan bekicot.

4. Pemeliharaan ikan gurame

Sedulur perlu menjaga kualitas air agar ikan gurame tidak terserang penyakit. Buatlah sirkulasi air yang baik sehingga kualitas air dapat terjaga. Selain itu, Sedulur juga dapat menambahkan eceng gondok untuk mencegah sinar matahari yang berlebihan.

5. Proses pemanenan

Sebelum proses pemanenan, hendaknya Sedulur mencari pembeli ikan gurame, bisa dari pengepul maupun restoran. Dengan demikian, saat panen ikan gurame segar dapat langsung dijual. Selain itu, juga penting dilakukan proses sortir untuk memastikan gurame berkualitas yang dijual.

6. Miliki target pasar yang jelas

Sangat penting bagi seorang pebisnis untuk memiliki target pasar yang jelas. Ini menjadi kunci utama yang harus Sedulur pegang terlebih dahulu mengingat jenis ikan gurame yang ada di pasaran sangat beragam.

7. Lengkapi peralatan yang dibutuhkan

Bisnis jenis ini memiliki kebutuhan peralatan khusus. Jika Sedulur ingin bisnis ikan gurame berjalan lancar maka penting sekali untuk mengetahui apa saja jenis peralatan yang dibutuhkan. Pastikan semua jenis alat untuk budidaya ikan sudah tersedia dan akan mempermudah operasional bisnis.

8. Pilih lokasi yang strategis

Pastikan Sedulur menentukan lokasi usaha yang strategis. Jenis bisnis ini sebenarnya cukup banyak diminati dan sudah banyak muncul di berbagai tempat. Jadi perhatikan tempat Sedulur akan menjalankan usaha ini. Lokasinya harus strategis dan bisa menjangkau target konsumen dengan mudah.

BACA JUGA: 8 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Saja yang Menguntungkan!

Kunci Mengembangkan Bisnis Gurame

Cornell University

Kunci sukses mengembankan bisnis gurame terletak pada ternak atau budidaya ikan itu sendiri. Selain itu, perlu juga pemahaman tentang bisnis untuk mengembangkannya. Seperti memiliki target pasar yang jelas dengan dilengkapi peralatan yang dibutuhkan.

Peralatan ternak dan peralatan bisnis yang lengkap bisa menunjang Sedulur untuk mengembangkan bisnis ternak gurame itu sendiri. Tempat berjualan yang tepat serta tempat untuk berternak yang pas juga bisa turut mengembangkan bisnis gurame Sedulur.

Lengkapi dengan melakukan promosi yang tepat, agar Sedulur bisa menjalankan promosi yang tepat sasaran, Sedulur sebagai pebisnis dan perternak Sedulur harus terus menambah ilmu dan wawasan. Terus perbaharui kemampuan dan keahlian Sedulur agar bisa mendapatkan kunci sukses mengembangkan bisnis gurame.

Nah itulah tips dan cara bisnis ternak gurame yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk menjalankan bisnis yang menghasilkan penghasilan tinggi. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur dan memotivasi Sedulur untuk menjalankan bisnis ya!