Salah satu bisnis yang sedang populer dan digandrungi oleh para pecinta tembakau adalah bisnis tembakau. Bisnis yang target marketnya adalah usia 18 keatas ini tengah marak karena adanya karena adanya kenaikan harga dari rokok komersial yang membuat masyarakat beralih untuk membeli rokok yang lebih murah. Salah satu usaha rumahan yang menjamur di kalangan masyarakat karena harganya yang murah itu adalah rokok tingwe.

Rokok tingwe merupakan singkatan dari linting dewe, yang dalam bahasa Indonesia berarti melinting sendiri. Berbagai toko penjual tembakau mulai bertebaran di berbagai wilayah di Indonesia, terutama daerah di pulau Jawa. Seperti apa cara memulai bisnis yang omzetnya besar ini? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: 20+Kerja Sampingan Online, Nambah Penghasilan Tanpa Modal!

1. Usaha tembakau tingwe

bisnis tembakau
klikkalsel

Pola konsumsi dan daya beli perokok di Indonesia mulai berubah semenjak adanya pandemi covid-19. Rokok komersial dan bermerek mulai ditinggalkan oleh sebagian konsumen dan mereka pun beralih pada rokok tingwe atau disebut juga dengan menggulung tembakau yang sudah diiris secara mandiri dengan menggunakan kertas sebagai pembungkusnya. Hal ini tentu saja menjadi ide bisnis tembakau rajangan yang cukup menguntungkan karena banyaknya permintaan dari konsumen serta harganya yang jauh berbeda.

Peluang bisnis yang cukup menguntungkan dapat diperoleh dari menjual tembakau tingwe atau linting sendiri ini. Sedulur bisa memilinnya terlebih dahulu ketika ingin menjual tingwe di berbagai e-commerce. 

2. Mengapa usaha tembakau linting menjadi tren usaha baru saat ini?

wargajogja

Ada beberapa alasan mengapa bisnis tembakau ini menjadi tren usaha baru di kala pandemi ini yang cukup menguntungkan. Berikut adalah beberapa alasannya:

Harga rokok yang semakin mahal

Naiknya harga cukai menjadikan harga rokok menjadi semakin naik. Hal ini membuat para konsumen merasa keberatan dengan lonjakan harganya. Mereka kemudian beralih di rokok tingwe yang lebih ekonomis atau murah.

Rasa yang lebih beragam

Konsumen dari tingwe bisa menemukan rokok dengan berbagai rasa, seperti susu, madu, buah-buahan, bahkan rum. Bisnis tembakau aneka rasa cukup membuat konsumen tertarik, terutama bagi mereka yang sudah bosan dengan rasa rokok yang monoton. Jangan lupa untuk memastikan dahulu apakah pembelinya sudah cukup umur ataupun belum.

BACA JUGA: Potensi Usaha Handycraft Rumahan & Contohnya, Datengin Cuan!

3. Cara memulai bisnis tembakau

flicker

Menjadi bahan baku utama dalam pembuatan rokok, bisnis tembakau di Indonesia kian populer dan menjadi tren di kalangan generasi milenial. Peluang untuk mendapatkan cuan pun semakin besar karena harga rokok semakin tinggi. Meskipun adanya berbagai himbauan tentang bahaya rokok, permintaan pasar terhadap rokok tidak menurun dan tetap tinggi. Dengan memberikan rasa yang berbeda pada setiap jenis rokok, tentunya akan menjadikan bisnis ini semakin diminati oleh masyarakat luas. Berikut adalah beberapa cara untuk memulainya:

Pelajari Teknik Penanaman Tembakau 

Langkah yang bisa digunakan untuk Sedulur ketika ingin memulai usaha yang satu ini adalah mempelajari teknik penanaman tumbuhan ini. Tidak seperti padi, tanaman ini butuh tempat serta suhu tertentu agar tanamannya bisa berkembang. Setelah mempelajarinya, maka panen akan menjadi berlimpah.

Siapkan Modal 

Dalam memulai usaha, Sedulur harus mempersiapkan modal usaha tembakau secara rinci. Mulai dari lahan, bibit, sampai proses penanaman dan biaya mempekerjakan sumber daya manusia tidak boleh dilewatkan sedikitpun. Untuk memulainya dengan memiliki lahan sendiri, biayanya bisa dikatakan tidak murah.

Tentukan Lokasi 

Setelah menghitung dan menyediakan modal, hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menentukan lokasi dan prospek bisnis tembakau. Jika memiliki lahan sendiri, maka biaya yang dikeluarkan akan cukup murah karena tidak memerlukan sewa tempat. Namun, pertimbangkan lokasinya, apakah bisa diakses dengan baik oleh konsumen atau tidak.

Siapkan Peralatan 

Siapkan berbagai peralatan dan kebutuhan lainnya ketika lokasi sudah ditentukan. Jika Sedulur ingin menjalankan usaha rokok lintingan, maka siapkan bahan dan peralatan seperti bakau kering atau kertas yang digunakan untuk melintingnya. Jika ingin menjadi pengusaha rokok yang besar, maka yang harus dipersiapkan adalah penanaman, perawatan, serta pemanenan tembakau.

Tentukan Target

Jangan lupa untuk menentukan target pasar sebelum memulainya. Keuntungan akan semakin besar jika Sedulur merupakan produsen atau penjual besar pabrik rokok langsung. Hasil panen akan dijual kepada para penjual rokok lintingan.

Jalin Kerja 

Ketika Sedulur ingin menjadi pengusaha tembakau yang besar, diperlukan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Pelajari kemampuan berkomunikasi serta negosiasi dengan baik agar hasilnya sesuai yang diharapkan. Jika Sedulur merupakan pengusaha tembakau tingwe, maka carilah distributor tembakau yang murah dan berkualitas.

Tentukan Harga 

Tentukan harga yang pas dan sesuai dengan target pasar Sedulur. Jika Sedulur adalah pengusaha bakau linting, maka cari paket usaha tembakau yang murah dan berkualitas. Sehingga, keuntungan yang diraup akan makin besar. Untuk yang ingin membuka usaha tembakau besar, maka jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu tinggi. Lakukan survey harga terlebih dahulu.

Demikian penjelasan dari cara memulai bisnis tembakau serta tren tembakau linting atau tingwe yang sedang populer di kalangan masyarakat saat ini. Untuk memulainya, jangan lupa untuk niat dan serius dalam berusaha. Sehingga, hasil yang akan diraih akan semakin maksimal. Semoga bermanfaat, ya!