Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang tujuan akhirnya menghasilkan benefit berupa materi. Bisnis pun mempunyai beragam jenis dan contoh. Ada bisnis buah, dan sayuran hingga bisnis pakan ternak. Semua bisa dijalankan asalnya paham konsep, arah dan tujuan yang hendak dicapai. Untuk bisnis pakan ternak maka perlu perencanaan yang matang dan tepat. Jangan sampai, sudah terjun ke bisnis ini, namun masih ada beberapa kendala yang mengganggu. Di antaranya masalah modal, lokasi dan tempat menjalankan bisnis.

Dalam menjalankan bisnis pakan ternak kamu harus jeli melihat pasar. Apa yang sedang diinginkan konsumen dan hewan ternak apa yang kerap dipelihara masyarakat. Bila semuanya telah terjawab maka kamu sudah bisa menjalanan roda bisnis ini. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari simak tips sederhana di bawah ini.

BACA JUGA: Ternak Burung Merpati Terlengkap Sampai Analisa Biayanya

1. Memahami pengetahuan pakan ternak

bisnis pakan ternak
cdmiconsulting

Cara memulai bisnis pakan ternak yang pertama adalah memahami pengetahuan pakan ternak. Mengapa demikian, karena pakan ternak banyak sekali jenisnya. Sehingga perlu belajar mengetahui apa saja jenis pakan ternak. Tidak hanya itu, kadang-kadang konsumen atau pelanggan kerap menanyakan pertanyaan seputar kualitas produk.

Seperti contoh produk apa yang bagus untuk ternak tertentu dan bagaimana bahan yang baik supaya ternak lebih produktif. Pertanyaan semacam itu selalu muncul tatkala saat kamu menjual jenis pakan ternak. Supaya dapat menjawab pertanyaan pelanggan, maka harus mempelajari aneka jenis pakan ternak.

Berusalah mencari tahu pakan ternak apa yang baik dan bahan apa yang dipakai. Dengan mendalami pengetahuan tentang seluk beluk pakan ternak, kamu tidak hanya sekadar menjual namun juga membantu peternak memilih produk yang tepat.  Bila kamu sudah mempelajari semuanya, baru selanjutnya mulai membuka bisnis ini.

Mungkin sebagian orang merasa aneh melakukan cara ini. Namun percayalah dengan mendalami pengetahuan tentang pakan ternak, maka menjadi poin penting di mata konsumen. Sehingga kamu tak perlu malu untuk mempelajari segala hal tentang pakan ternak.

Setelah memahami pengetahuan pakan ternak, berikutnya adalah memastikan kualitas produk yang dijual masih layak dipakai. Untuk penjelasan lengkapnya, bisa melihat di bawah ini.

2. Memastikan kualitas produk yang dijual

bisnis pakan ternak
industry

Peluang bisnis pakan ternak sebenarnya menjanjikan. Asalkan kamu benar-benar paham pangsa pasar dan modal yang dibutuhkan. Setelah kamu mempelajari beragam pakan ternak, maka mulai paham dengan kualitas setiap pakan ternak yang dijual. Perlu diingat semakin banyaknya orang menjual pakan ternak maka pelanggan pun akan lebih selektif memilih toko yang menjual pakan ternak berkualitas dan tidak merugikan. Selain kualitas, hal lain lagi yang wajib dipahami adalah memastikan produk dalam kondisi baik.

Pelanggan sangat sensitif dalam melihat kondisi barang. Bila barang terlihat sudah tidak baik, maka dia akan lebih memilih atau mencari toko lain. Sehingga ada baiknya kamu memeriksa di gudang penyimpanan secara berkala. Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas karena sudah membeli di tokomu.

BACA JUGA: 8 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Saja yang Menguntungkan!

3. Tentukan jenis pakan ternak

bisnis pakan ternak
harga123info

Setelah mempelajari pakan ternak dan memastikan kualitas pakan ternak, selanjutnya menentukan jenis pakan ternak. Ingat ada banyak sekali pakan ternak dari mulai jenis dan kegunaannya. Sehingga kamu tidak hanya menyiapkan satu saja jenis pakan ternak. Namun bisa saja beragam pakan ternak. Sebab, pelanggan pun akan suka bila ada toko yang menjual beragam jenis pakan ternak. Untuk itu simak ulasannya di bawah ini.

Biji-bijian

Jenis pakan ternak pertama yang dicari adalah jenis biji-bijian. Di kawasan Amerika Utara, Eropa Utara kerap dijumpai petani di negara tersebut menanam biji-bijian. Seperti jagung, barley out, dan gandum. Semua tanaman biji-bijian ini, nyatanya bisa dijadikan pakan ternak Sedulur. Terlebih bila tertarik bisnis pakan ternak. Dari golongan biji-bijian di atas, terselip nama biji-bijian berupa jagung.

Di Indonesia jagung dapat dinikmati sebagai makanan dan pakan ternak. Nah, untuk pakan ternak maka sangat layak bagi kamu memulai bisnis jagung pakan ternak. Sebab jagung kerap dipakai sebagai pakan ternak untuk burung atau hewan-hewan lain.

Pakan berprotein tinggi

Selain memahami bentuk pakan ternak berupa biji, pastikan pula pakan ternak kamu mempunyai protein tinggi. Sumber pakan ternak yang berprotein tinggi biasanya adalah biji atau buah yang diperoleh dari residu industri minyak atau sumber pangan manusia. Misalnya kedelai, kacang tanah, biji rami (linseed), canola, biji kapas, kelapa sawit, dan biji bunga matahari.

Pakan yang punya protein tinggi sangat bagus untuk beberapa hewan ternak. Seperti unggas, kerbau atau sapi. Nah jika pelanggan kamu banyak beternak sapi, maka bisa dijadikan peluang bisnis pakan ternak sapi yang menjanjikan.

Itulah kriteria pakan ternak yang dijual. Di mana pakan ternak juga harus punya kandungan protein baik, supaya ternak pelanggan tumbuh sehat dan kuat. Dan pelanggan pun akan datang lagi ke tokomu. Selanjutnya adalah analisa usaha bisnis pakan ternak. Ya, memulai bisnis, pasti membutuhkan modal yang tak sedikit. Untuk itu simak analisanya di bawah ini.

4. Analisa usaha pakan ternak

bisnis pakan ternak
tempo

Memulai bisnis pakan ternak memang tidak asing dengan namanya modal. Bila kamu hendak membuka usaha pakan ternak, maka wajib menentukan modal awal usaha pakan ternak. Nah supaya tak penasaran mengenai modal awal usaha ini, maka simak ulasannya di bawah ini.

Biaya tetap

Dalam memulai bisnis pakan ternak, maka harus menentukan biaya tetap yang wajib disiapkan. Seperti biaya sewa lahan dan berbagai peralatan yang mendukung. Daripada penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini.

 

Kebutuhan

Harga 

Sewa lahan

 Rp3.500.000.00

Alat pemotong

Rp3.400.000.00

Sabit

Rp71.500

Drum

Rp365.000

Alat penjahit karung

Rp270.000

Ayakan

Rp4.000.00

Terpal

Rp170.000.00

Timbangan

Rp140.000.00

Gembor

Rp50.000.00

Wadah

Rp140.000.00

Selang

Rp50.000.00

Timba

Rp70.000

Peralatan tambahan yang lainnya

Rp2.000.000.00

Gaji karyawan

Rp2.000.000

Total

Rp10.570.500.

Biaya variabel

Setelah mengetahui tentang biaya tetap, maka berikutnya adalah biaya variabel. Dalam biaya variabel pakan ternak maka meliputi komposisi yang akan digunakan dalam membuat pakan. Tidak hanya itu, kebutuhan air, listrik dan bahan bakar juga harus dihitung.

 

Kebutuhan

Jumlah

Harga satuan

Harga

Jerami

30

Rp300.000

Rp9.000.000

Suplemen organik

1     

Rp150.000

Rp150.000

Vitamin

30

Rp25.000

Rp750.000

Karung plastik

30

Rp27.000

Rp810.000

Molase

30

Rp25.000

Rp750.000

Obat-obatan

30

Rp15.000

Rp450.000

Pengemas

30

Rp20.000

Rp600.000

BBM

30

Rp25.000

Rp750.000

Air dan listrik

30

Rp30.000

Rp900.000

Total

 

 

Rp14.160.000

Perhitungan keuntungan

Setelah melihat perhitungan di atas, dapat dilihat bahwa keseluruhan modal yang harus dibutuhkan adalah sebesar:

Rp10.570.500 + Rp14.160.000 = Rp24.630.500,-

Dari hasil penjualan, dalam sebulan bisa terjual 1000 kemasan pakan ternak dengan harga per kemasan adalah sebesar Rp50.000. Dengan demikian, keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

(1000 x Rp50.000) – Rp24.630.500 = Rp50.000.000 – Rp24.630.500  = Rp25.369.500,-

 Keuntungan Anda dalam sebulan bisa mencapai diperkirakan sebesar Rp25.369.500,-

BACA JUGA: Cara Usaha Ternak Kroto Di Rumah dengan Bahan Sederhana

5.Tips agar sukses berbisnis pakan ternak

bisnis pakan ternak
inews

Selain membahas tentang modal, jenis pakan, hingga mengetahui kualitas pakan. Maka selanjutnya memahami seputar tips dan trik. Ya tips dan trik adalah langkah terakhir dalam menjalankan bisnis ini. Tanpa tips dan trik maka bisnis kamu tidak akan jalan sebagaimana mestinya. Penasaran seperti apa tipsnya, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

Desain toko pakan ternak

Pertama hal yang wajib kamu pahami saat berbisnis usaha pakan ternak adalah terkait toko. Desain toko yang menarik dan unik akan lebih punya peluang besar didatangi pembeli. Dibandingkan dengan mereka yang tidak banyak mendesain tokonya. Sebab, dengan tampilan toko yang menarik, pembeli akan yakin bahwa toko kamu sangat layak dijadikan rujukan para pembeli. Tidak hanya desain saja yang perlu dipikirkan, kamu juga perlu melakukan teknik promosi ke pelanggan yang tepat. Dengan berbagai promo  atau kegiatan lainnya guna menjaring banyak pelanggan.

Isi toko pakan ternak

Tak hanya desain saja yang dipikirkan, namun isi toko pun wajib kamu pikirkan. Karena kamu menjalankan bisnis pakan ternak, maka pastikan isi tokomu lengkap menjual segala jenis pakan ternak. Mengapa demikian, pelanggan sangat menyukai toko yang lengkap dan bisa menyediakan segala kebutuhan mereka. Semakin lengkap isi toko pakan ternak kamu, maka akan banyak pula pelanggan yang singgah ke tokomu Sedulur.

Distributor pakan ternak

Selain membahas tentang isi toko dan desain toko, selanjutnya ialah mengenai distributor pakan ternak. Sebagai pebisnis di bidang pakan ternak, tidak bisa semuanya berjalan sendiri. Pasti membutuhkan yang namanya distributor pakan ternak. Sebab, jika stok pakan ternakmu kehabisan, bagaimana mungkin dapat segera mencukupi kebutuhan pelanggan. Maka dari itu, keberadaan distributor perlu untuk memastikan stok produk pakan ternak kamu aman dan pelanggan merasa puas.

Resiko usaha pakan ternak

Bisnis pakan ternak semakin hari semakin bertambah. Membuat kamu harus pandai mengatur strategi dalam memasarkan produk kamu. Jangan sampai, usaha bangkrut dan kesulitan untuk bangkit. Sebagai pebisnis, kamu harus tahan banting tatkala usahanya mengalami penurunan drastis. Sebab, banyak sekali pebisnis yang akhirnya mundur dan tak mau usaha lagi akibat bisnisnya hancur. Pebisnis seperti ini, biasanya salah dalam melangkah dan kurang berani mengambil resiko. Seorang pebisnis harus mengerti pesaing, peluang dan resiko yang harus diterima.

Manfaatkan media sosial

Arus informasi yang pesat dan cepat, memaksa kamu harus pandai beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Salah satunya penggunaan media sosial dalam upaya bertukar informasi. Bila kamu adalah pebisnis pakan ternak, harus memanfaatkan sosial media untuk kegiatan promosi. Kamu dapat mengunggah produk disertai sumber, gambar, dan deskripsi. Supaya  pelanggan merasa yakin dengan produk yang dijual.

Demikian ulasan mengenai bisnis pakan ternak. Semoga ulasan ini, membantu kamu yang berencana membuka bisnis di bidang peternakan dalam waktu dekat ya Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.