bisnis elektronik

Walaupun sudah tidak menjadi hal yang baru lagi, namun saat ini peluang bisnis elektronik masih cukup menjanjikan. Hal ini terkait dengan permintaan konsumen terhadap barang-barang elektronik yang juga masih sangat tinggi, bahkan semakin meningkat.

Seperti yang kita tahu, tidak ada barang buatan manusia yang benar-benar sempurna, termasuk barang elektronik. Dan ketika barang-barang elektronik tersebut mengalami masalah atau gangguan, kebanyakan orang tidak bisa mengatasinya sendiri.

Nah, hal itu bisa Sedulur manfaatkan dengan membuka bisnis elektronik, lho. Entah itu sekadar perbaikan maupun penjualan komponen, Sedulur bisa memanfaatkannya. Untuk informasi lebih jelasnya lagi, berikut ini penjelasannya.

BACA JUGA: Peluang Usaha Barbershop, Modal Kecil Banyak Cuannya

Contoh bisnis elektronik

bisnis eletronik
pexels

Seperti yang tadi sudah dikatakan, ada banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan banyak pengguna barang elektronik. Bahkan ada juga lho, yang bisa dilakukan di rumah. Langsung saja, berikut contoh bisnis elektronik online dan offline.

1. Jasa reparasi

bisnis elektronik
pexels

Bisa dikatakan jika sebagian besar harga barang elektronik itu tidak murah. Jadi apabila mengalami masalah atau rusak, orang-orang lebih memilih untuk memperbaikinya daripada membeli barang baru.

Namun kembali lagi, tidak semua orang paham tentang elektronik dan memilih untuk mempercayakannya kepada orang lain. Nah, bagi Sedulur yang memiliki keahlian dalam bidang elektronik terutama reparasi, bisa memanfaatkan untuk membuka usaha elektronik tanpa modal.

Sedulur hanya perlu menyediakan peralatan yang sekiranya dibutuhkan seperti obeng, lampu khusus, dan lain sebagainya. Selain itu, Sedulur juga bisa membuka bisnis ini di mana saja, bahkan di rumah Sedulur.

Justru hal itu menjadi peluang emas, karena orang-orang di sekitar tidak perlu repot pergi ke kota hanya untuk memperbaiki barang elektronik mereka yang rusak. Dijamin, mereka lebih memilih menggunakan jasa Sedulur yang jaraknya lebih dekat.

2. Jasa perakitan

bisnis elektronik
pexels

Tidak hanya usaha servis atau reparasi, Sedulur juga membuka bisnis elektronik tanpa modal lainnya, yakni jasa perakitan. Dalam hal ini, perakitan yang dimaksud adalah perakitan komponen-komponen elektronika hingga menjadi satu barang elektronik yang memiliki fungsi.

Untuk saat ini, banyak orang yang merasa tidak puas dengan kualitas barang elektronik bawaan pabrik. Namun mereka tidak punya cukup dana untuk membeli barang yang kualitasnya lebih tinggi. Bagi Sedulur yang paham, tentu saja hal itu bisa diakali dengan mengganti beberapa komponen tertentu saja.

Pastinya, ini bisa menjadi nilai plus untuk usaha yang Sedulur miliki. Selain datang untuk servis, orang-orang juga akan datang untuk melakukan perangkaian atau upgrade perangkat. Beberapa perangkat yang biasa sering di-upgrade seperti komputer, power bank, charger, dan masih banyak lagi yang lain.

3. Jual barang elektronik

bisnis elektronik
pexels

Berbeda dari jenis usaha yang sebelumnya, Sedulur perlu modal untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Bahkan modal usaha bisnis elektronik ini juga tidak bisa dibilang sedikit. Tentu saja, hal ini berkaitan erat dengan harga dari barang-barang elektronik tersebut.

Sebenarnya ada juga beberapa merek elektronik yang menjual produknya dengan harga murah. Namun, tentunya hal itu juga sangat mempengaruhi kredibilitas bisnis Sedulur. Untuk itu, jangan lupa untuk memastikan kualitas dari barang yang Sedulur jual ya!

Karena harganya yang mahal dan dibutuhkan modal yang tidak sedikit, bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar. Akan tetapi, resiko usaha elektronik juga cukup besar, mengingat orang membeli barang elektronik itu tidak setiap hari.

4. Membuka jasa pelatihan

bisnis elektronik
pexels

Nah, rekomendasi bisnis elektronik yang terakhir adalah dengan membuka jasa pelatihan. Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa ilmu yang bermanfaat itu adalah ilmu yang juga diajarkan kepada orang lain.

Saat ini memang sangat jarang orang yang paham dengan elektronik, namun bukan berarti bahwa mereka tidak memiliki keinginan untuk belajar. Berkaitan dengan hal tersebut, Sedulur memiliki peluang untuk membuka jasa pelatihan seperti servis dan reparasi alat elektronik.

Jadi selain membuka usaha reparasi, perakitan, atau penjualan barang elektronik, Sedulur bisa menjadi mentor. Jangan berpikir bawah mereka akan membuka usaha yang menyaingi usaha Sedulur suatu saat, karena dijamin pelanggan itu tidak akan ke mana-mana selama masih ada kepercayaan.

BACA JUGA: Peluang Usaha Toko Listrik, Ini Analisa Modal & Untungnya

Tips menjalankan bisnis elektronik

pexels

Sama halnya seperti berbagai bisnis yang lain, bisnis elektronik ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa tips agar usaha tersebut bisa berjalan lancar, bahkan berkembang dengan pesat. Nah, berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur tahu.

1. Gencar promosi melalui media sosial

pexels

Ketika memulai usaha benar-benar dari titik nol, maka promosi untuk mengenalkan usaha itu adalah hal yang wajib dilakukan. Tidak perlu khawatir, perkembangan zaman seperti saat ini telah memudahkan kita untuk melakukan promosi, salah satunya di media sosial.

Oleh karena itu, Sedulur harus membuat akun media sosial resmi dari usaha yang dijalankan di beberapa platform ternama seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Lakukanlah promosi dengan gencar dalam platform-platform tersebut.

Selain itu, Sedulur juga bisa memberikan promo secara rutin untuk menarik minat dari para konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli barang yang dijual.

2. Kerjasama dengan distributor agar mendapat harga miring

pexels

Jika Sedulur ingin membuka toko elektronik, alangkah baiknya untuk mencari distributor yang terpercaya dan mampu memberikan harga miring. Biasanya, distributor akan memberikan bulk discount untuk pembelian barang dalam jumlah besar. 

Maka dari itu, Sedulur harus bisa mengimbangi harga kulakan barang dengan promo yang diberikan. Jangan lupa untuk membuat promo semenarik mungkin. Selain itu, Sedulur juga bisa bekerja sama dengan perusahaan fintech untuk membuat semacam promo cashback.

Di samping memberikan promo, Sedulur juga tidak boleh lupa dengan harga kulakan barang ya. Jangan sampai Sedulur terlalu sering memberikan promo, namun tidak mendapatkan untung atau bahkan merugi.

3. Mengikuti perkembangan teknologi trend

pexels

Nah, poin terakhir ini yang sering dilupakan oleh para pengusaha elektronik, dan akhirnya bisnis yang mereka jalankan harus berhenti. Bukan menjadi hal baru lagi jika pasar elektronik itu selalu mengalami perubahan setiap tahunnya.

Supaya tidak tergerus arus dan ketinggalan zaman, sebaiknya tetap ikuti perkembangannya. Pastikan toko yang Sedulur miliki itu selalu up to date, baik untuk produk ataupun modelnya. Dengan begitu, maka Sedulur tidak akan pernah kehilangan konsumen.

Mereka akan selalu berpikir bahwa toko milik Sedulur itu selalu lengkap, dan menyediakan apa yang mereka butuhkan setiap saat. Dan jangan lupa untuk terus mengembangkan usaha yang dijalankan. Semakin besar usaha elektronik tersebut, tentu saja semakin besar pula peluang mendapat pelanggan.

BACA JUGA: Peluang Usaha Barang Bekas, Ini Tipsnya Untuk Pemula

Alasan mengapa bisnis elektronik ini sangat menjanjikan dan memiliki peluang yang besar, itu berkaitan dengan minimnya SDM yang benar-benar paham akan bidang tersebut. Jadi bagi Sedulur yang sudah punya bekal, jangan sia-siakan bekal tersebut.

Namun bekal ilmu saja tidak cukup. Sedulur juga perlu mempersiapkan segala kebutuhan seperti tempat dan peralatan yang memadai. Jika bingung, Sedulur bisa langsung membeli paket usaha elektronik. Jadi Sedulur tidak perlu bingung untuk mencari peralatan apa saja yang sekiranya dibutuhkan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.