alat yang digunakan untuk kasir

Dalam menjalankan sebuah bisnis, Sedulur tentu membutuhkan tenaga kerja yang dapat mendukung operasional sehari-hari. Salah satunya adalah kasir yang bertugas membantu konsumen melakukan transaksi. Meski terlihat sepele, kasir memiliki tanggung jawab yang besar dan kebutuhan alat yang digunakan untuk kasir juga cukup banyak.

Mengingat kasir berhubungan langsung dengan konsumen dan bertanggung jawab menerima pembayaran. Untuk itu, semua kebutuhan kasir harus didukung sebaik mungkin oleh pemilik usaha.

Ada banyak jenis alat yang digunakan untuk kasir, mulai dari alat yang membantu menghitung jumlah pembayaran, hingga mesin yang digunakan untuk mencetak struk atau bukti transaksi. Nah, agar Sedulur tidak bingung, berikut sudah dirangkum informasi mengenai alat-alat yang digunakan untuk kasir yang wajib Sedulur ketahui. Yuk, simak berikut ini.

BACA JUGA: 8 Ide Bisnis Baju Modal 1 Juta untuk Pemula, Intip Rahasianya!

Mengenal Pekerjaan Kasir

Pexels/Andrea Piacquadio

Sebelum mencari tahu apa saja alat yang digunakan untuk kasir, ada baiknya Sedulur mengenal pekerjaan kasir terlebih dahulu. Dihimpun dari berbagai sumber, kasir merupakan profesi atau pekerjaan yang bertanggung jawab melayani pelanggan dalam keperluan transaksi pembayaran.

Kasir juga didefinisikan sebagai pemegang kas atau uang, atau orang yang bertugas menerima dan membayarkan uang. Adapun biasanya, kasir dibutuhkan di bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan atau konsumen, di mana pelanggan dapat melakukan transaksi membeli jasa atau produk yang ditawarkan. Misalnya di toko, minimarket, supermarket, bengkel, dan rumah makan.

Tugas Seorang Kasir

alat yang digunakan untuk kasir
Pexels/Ketut Subiyanto

Merujuk dari definisinya, bisa diketahui bahwa seorang kasir bertugas untuk melayani pelanggan terutama dalam keperluan transaksi pembayaran. Lebih jauh, tugas seorang kasir dapat diuraikan dengan lebih terperinci sebagai berikut.

  • Memahami kebijakan toko terkait pelayanan terhadap pelanggan.
  • Mengingat kode produk.
  • Memasukkan barang yang dibeli ke dalam mesin kasir.
  • Menghitung total pembelian, baik menggunakan alat maupun secara manual.
  • Menimbang barang untuk mengetahui harganya apabila diperlukan.
  • Menyebutkan total biaya yang harus dibayar pelanggan secara jelas.
  • Menerima pembayaran sesuai sistem yang disediakan, misalnya secara tunai, kredit, atau menggunakan QRIS.
  • Memberikan kembalian kepada pelanggan.
  • Memberikan struk atau bukti pembayaran kepada pelanggan.
  • Mencatat dan menghitung total pemasukan.
  • Melaporkan total pemasukan kepada atasan.
  • Melakukan cek stok barang secara rutin.
  • Membantu pelanggan menemukan produk.
  • Menawarkan produk untuk meningkatkan penjualan.

BACA JUGA: 17 Ide Bisnis Modal 2 Juta di Kampung yang Pasti Cuan

Alat Yang Digunakan untuk Kasir

alat yang digunakan untuk kasir
Pexels/Rdne Stock Projector

Untuk menyelesaikan berbagai tanggung jawab secara efektif, seorang kasir biasanya didukung dengan sejumlah alat. Ada beragam jenis alat yang umum digunakan untuk kasir, di antaranya adalah kalkulator, mesin kasir, pembaca barcode, software khusus, hingga printer struk dan timbangan. Berikut penjelasan untuk setiap alat.

1. Kalkulator

Alat yang digunakan untuk kasir yang pertama adalah kalkulator. Alat satu ini ditujukan untuk membantu kasir menghitung jumlah pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Dibandingkan menghitung secara manual, penggunaan kalkulator dapat mempercepat pekerjaan kasir sehingga proses transaksi juga menjadi lebih cepat di samping juga meminimalisasi kesalahan hitung.

2. Mesin kasir

Di toko yang lebih modern, termasuk minimarket, supermarket, dan toko-toko besar, biasanya kasir tidak lagi menggunakan kalkulator. Melainkan menggunakan mesin kasir elektronik yang sekaligus bisa menjadi kalkulator.

Mesin kasir juga memiliki tempat penyimpanan uang hanya bisa dibuka dengan tombol atau kode tertentu. Hal ini sekaligus dapat menunjang keamanan.

3. Pembaca barcode

Alat lain yang tidak kalah pentingnya adalah pembaca barcode. Alat satu ini terutama umum dijumpai di toko-toko modern yang menjual beragam produk. Sesuai namanya, pembaca barcode membantu kasir menemukan informasi mengenai produk yang dijual, misalnya harga produk dari database yang terhubung.

Dengan demikian, kasir tidak perlu mengingat harga barang satu per satu atau mencarinya secara manual. Selain itu, pembaca barcode juga dapat memudahkan kasir dalam mengelola stok barang.

4. Software untuk kasir

Selain mesin kasir, beberapa toko saat ini juga telah menerapkan software atau perangkat lunak khusus untuk mendukung pekerjaan kasir. Software yang diinstal pada komputer ini memiliki banyak fungsi yang makin memudahkan pekerjaan kasir.

Di antaranya adalah pencatatan transaksi, menghitung stok barang, membuat rekap laporan keuangan, serta menghitung harga setelah diskon. Dengan bantuan alat tersebut, kasir tidak perlu menghitung satu per satu barang yang sedang promo karena sudah diatur dalam sistem yang akan langsung menyesuaikan ketika transaksi.

5. Terminal pembayaran

Belakangan ini sudah banyak toko yang melayani pembayaran dengan berbagai sistem, mulai dari tunai, credit, debit, hingga QRIS. Untuk dapat melakukan berbagai sistem pembayaran tersebut, toko perlu menyediakan terminal pembayaran atau payment terminal berupa alat yang terhubung ke jaringan perbankan. Alat tersebut memungkinkan untuk dilakukan pembayaran secara online pada saat itu juga.

6. Printer struk

Struk atau bukti pembayaran menjadi salah satu hal yang juga penting diperhatikan oleh Sedulur saat mengelola bisnis. Pasalnya, struk menjadi bukti transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mengetahui secara jelas mengenai transaksi yang dilakukannya sekaligus memberikan kesan profesional untuk toko Sedulur.

Nah, untuk memperoleh struk ini, Sedulur memerlukan printer struk yang tersambung langsung ke software atau pun mesin kasir. Sehingga mesin akan segera mencetak struk begitu transaksi selesai dilakukan.

7. Timbangan

Alat lain yang juga kerap dibutuhkan oleh kasir adalah timbangan. Alat satu ini terutama dibutuhkan apabila toko menjual produk yang perlu ditimbang untuk mengetahui harga yang harus dibayar pelanggan. Misalnya toko buah, sayuran, atau beras.

Ada beberapa jenis timbangan yang bisa Sedulur pilih. Di antaranya adalah timbangan konvensional yang hanya menunjukkan berat benda dan timbangan modern yang dapat sekaligus menghitung harga produk sesuai beratnya.

Itu dia beberapa alat yang digunakan untuk kasir. Perlu dicatat bahwa tidak semua alat wajib disediakan di toko Sedulur. Melainkan, Sedulur dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan sistem operasional yang berlaku di toko.