Toko kelontong

Tak hanya di kota-kota besar saja yang bisa menjadi pusat bisnis, area pedesaan juga memiliki potensi besar untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat. Bahkan, bisnis modal 2 juta cukup menjamur dan sudah bisa dilakukan di pedesaan dan dapat membuat keuntungan yang besar.

Jika Sedulur tertarik untuk memulai bisnis modal 2 juta, maka tidak perlu khawatir karena dengan pemerataan dan bagusnya akses infrastruktur saat ini hal tersebut bisa dilakukan. Bahkan tak hanya bermodalkan uang 2 jutaan, Sedulur juga bisa memulai dengan uang modal kurang dari itu.

BACA JUGA: 11 Contoh Usaha Mikro Menguntungkan yang Bisa Kamu Coba

Rekomendasi Bisnis Modal 2 Juta

cara menjadi agen sembako tanpa modal
SuperApp

Biasanya, masalah modal menjadi kendala utama bagi seseorang untuk memulai sebuah usaha. Namun, saat ini banyak usaha sampingan yang dapat kamu jalankan meski dengan modal pas-pasan.  

Terdapat beberapa ide usaha sampingan dengan modal kecil yang dapat kamu pilih untuk menambah pemasukan. Berikut ini ide bisnis modal 2 juta yang bisa kamu lakukan di tempat tinggalmu. Yuk, simak ada apa saja!

1. Gorengan

Jenis makanan yang satu ini disukai oleh hampir semua orang Indonesia kapanpun dan di manapun. Gorengan seperti risol, cireng, bakwan, tempe, tahu, dan lainnya bisa dijual murah dan termasuk dalam usaha modal 2 juta saja.

Gorengan bisa Sedulur jual di area teras rumah dengan kursi sederhana atau bahkan tanpa kursi pembeli. Sehingga penjualannya khusus untuk dibawa pulang. Bahan-bahan bisa dibeli dengan mudah di pasar atau toko sayur terdekat, dan menggunakan peralatan masak di rumah.

2. Minuman dan makanan instan

Usaha dengan modal 2 juta yang kedua adalah menjual minuman dan makanan instan. Usaha ini biasanya umum dijumpai di daerah sekitar sekolah, kampus, atau perkantoran. Minuman instan seperti sari buah, atau jus bisa dijual dengan harga mulai dari Rp4 ribu.

Sedangkan makanan instan seperti mie, otak-otak, atau sosis goreng dijual mulai dari Rp1 ribu hingga Rp8 ribu. Produk murah seperti ini dijamin disukai pembeli karena tidak membuat kantong jebol. Kamu pun bisa lebih cepat balik modal.

3. Makanan pagi untuk sarapan

Warga Indonesia terbiasa dengan kebiasaan makan pagi atau sarapan dengan berbagai menu pilihan. Mulai dari nasi uduk, bubur ayam, pecel, dan lain-lain. Maka dari itu, peminat usaha modal 2 juta ini cukup banyak.

Sedulur bisa menjual di rumah atau membuka lapak di area makanan pusat keramaian. Misalnya kantin di perkantoran, stasiun, maupun di terminal besar.

4. Kue basah

Aneka kue basah maupun kering juga bisa kamu coba jadikan ide usaha modal 2 juta. Kalau Sedulur memiliki kemampuan untuk membuatnya, maka besaran modal pun akan lebih irit dibandingkan menjadi penjual kedua dari produsen pertama yang biasanya ditemui di pasar subuh.

5. Nasi bungkus

Menu yang satu ini sangat simpel, murah, dan mengenyangkan. Jika berjualan menu ini di kampung, Sedulur bisa memperoleh banyak pelanggan setiap harinya. Untuk memulai usaha ini, kamu bisa memilih beberapa cara.

Pertama, membeli nasi bungkus dari pemasok atau membuat sendiri. Jika memasak sendiri, modal Rp2 juta akan cukup untuk membeli bahan-bahan, biaya pembuatan, dan biaya pemasaran atau distribusi.

Berikutnya, jika mencari pemasok, pastikan kamu sudah menyurvei harga dan kualitas nasi bungkus terlebih dahulu. Setelah merasa cocok dengan pemasok, belilah secukupnya dan jual kembali dengan menaikkan harga sedikit.

6. Jualan sembako

Menjual produk kebutuhan sehari-hari yang siap dipakai seperti sembako juga bisa menjadi potensi bisnis yang cuan. Pasalnya, sembako merupakan kebutuhan setiap keluarga yang akan terus menerus digunakan sebagai bahan pangan.

Sembako bisa terdiri dari beras, telur, gula, minyak, kecap, susu, mi instan dan sebagainya. Kamu bisa mencari terlebih dahulu pemasok yang menjualkan barang dengan harga murah tapi tetap berkualitas dan menggunakan lahan perumahan sendiri sebagai tempat untuk berbisnis.

Tidak perlu bingung untuk mencari tempat kulakan karena Sedulur bisa melakukannya di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

7. Jualan pulsa

Di tengah banyak gempuran penjual pulsa online lewat berbagai e-commerce, Sedulur tetap bisa menjadi penjual pulsa secara konvensional yang menarik pembeli. Kuncinya adalah dengan menjual harga murah dan disertai dengan penjualan berbagai paket internet atau paket nelpon dan SMS.

Usaha modal 2 juta yang satu ini bisa dikenal dengan promosi dari mulut ke mulut saja lho.

8. Jasa les privat

Memulai usaha les privat sangat bisa untuk Sedulur lakukan di wilayah perkampungan sekalipun. Beberapa mata pelajaran seperti anak SD, SMP, SMA merupakan target pasar untuk jenis bisnis jasa les privat ini.

Sedulur juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal, karena kamu juga bisa menawarkan jasa les privat di mana guru akan mendatangi muridnya secara langsung.

9. Reseller barang hits

Saat ini banyak barang-barang hits dan kekinian yang diburu pembeli. Produk yang dipilih memang tergantung dengan tren yang ada. Misalnya saja kue artis, baju dengan model tertentu, sedotan stainless, dan lain-lain.

Berbicara mengenai bisnis yang paling menguntungkan saat ini adalah bisnis online dengan menjadi reseller yang artinya membeli barang dari supplier dan dijual kembali. 

Di sini Sedulur bisa memilih jenis produk yang ingin dijual namun hal yang paling penting adalah menemukan supplier produk yang tepat dan berkualitas sehingga konsumen puas dengan barang jualanmu. Dengan menjadi reseller, kamu juga tak perlu pusing memikirkan biaya sewa tempat atau biaya operasional lainnya.

10. Jasa ketik dan cetak

Bagi warga kampung yang tidak memiliki komputer atau gawai mumpuni, mengetik adalah kegiatan yang merepotkan. Namun, permasalahan ini menjadi peluang cuan untuk Sedulur yang punya perangkat dan keahlian mengetik, Bukalah jasa ketik dan patok tarif yang sepadan dengan usahamu.

Diskusikan permintaan pelanggan sebelum proses mengetik dimulai agar kamu tidak perlu bekerja ekstra akibat kesalahan pengetikan. Selain jasa ketik, bukalah jasa percetakan. Gunakan sebagian modal untuk membeli kertas, tinta, dan printer.

Ingat! Oleh karena modal yang minim, cukup layani pesanan cetak dokumen di kertas HVS, bukan pencetakan tingkat lanjut seperti foto dan alat periklanan.

11. Usaha sayur organik

Sayur organik adalah produk usaha yang mempunyai nilai ekonomis tinggi daripada sayur yang dikembangkan dengan obat kimia. Usaha sayur organik terbilang menjanjikan karena pesaingnya masih sedikit, tetapi jumlah permintaannya terus meningkat.

Sebagai awalan, tentukan lahan tanam yang sesuai kemampuanmu. Jika sudah memiliki lahan luas, pastinya membudidayakan sayur organik bisa dilakukan dengan leluasa. Namun, jika lahan terbatas, kamu bisa membuat lahan secara vertikal.

Selanjutnya, pilih media tanam sesuai preferensi sendiri. Sedulur dapat menggunakan pot, polybag, hidroponik, vertikultur, atau aeroponik. Tentukan jenis sayuran yang paling cepat panen dengan media tersebut dan diminati oleh masyarakat sekitar.

Misalnya, mentimun, kangkung, wortel mini, cabai, bayam, selada, daun bawang, bawang putih, dan tomat. Kemudian, jika tanaman sudah siap panen, Sedulur bisa menjualnya di rumah sendiri atau menawarkannya ke tengkulak.

12. Jasa jahit pakaian

Punya kemampuan menjahit? Manfaatkan keahlian tersebut untuk membuka usaha jasa jahit dan permak pakaian di kampung! Sampai kapan pun, pakaian sedulur tetap akan menjadi kebutuhan primer manusia, bahkan bagi warga kampung.

Jadi, ketika orang-orang hendak membuat pakaian baru maupun memperbaiki atau mengecilkan pakaian, di situlah peluang cuanmu. Sebelum membuka usaha, pastikan Sedulur sudah memiliki mesin dan alat-alat jahit. Jika belum punya, gunakan sebagian dari modal Rp2 juta untuk membeli sebuah mesin bekas dan peralatan dasar secukupnya.

Peralatan yang dimaksud, antara lain, gunting kertas, penggaris, kapur, pendedel, gunting kain, gunting benang, benang aneka warna, meteran, dan set jarum jahit. Kalau satu mesin jahit tidak cukup, belilah mesin tambahan, seperti mesin obras, ketika usaha sudah stabil.

13. Makanan beku

Makanan beku (frozen food) tak hanya populer di perkotaan, tetapi juga diminati masyarakat kampung. Namun, berbeda dengan rentang harga makanan beku di kota yang cenderung variatif, masyarakat kampung lebih memilih membeli produk berharga murah.

Jadi, jika kamu ingin usaha makanan beku laris di kampung, pilihlah produk-produk yang ramah di kantong. Varian produk yang bisa dijual, antara lain, siomai, cireng, sosis, bakso, tempura, nuget, kentang, dan donat.

14. Cuci kendaraan

Usaha cuci motor atau mobil bukan tidak mungkin Sedulur miliki. Sebagian modal akan habis oleh kompresor air sekitar Rp1 jutaan. Sisanya, kamu hanya membutuhkan sabun, sponge, dan selang air. Tapi tentu saja Sedulur bisa memulainya di rumah dulu untuk menghemat pengeluaran.

15. Budidaya lele

Bisnis ternak lele atau budidaya lele juga menjadi salah satu usaha dengan modal 2 juta yang bisa patut coba. Mengingat bahwa kampung/pedesaan merupakan kawasan yang memiliki lahan luas.

Sumber daya alam yang melimpah tentunya sangat bisa untuk Sedulur manfaatkan. Apalagi hewan lele bertumbuh dengan cepat dan berkembang biak. Sehingga Sedulur bisa menjelaskannya kepada pasar, atau para pemilik usaha kuliner pecel lele.

16. Thrift shop

Kalau di daerahmu ada pasar baju bekas, Sedulur bisa membuka thrift shop secara online. Selisih harga beli dan jual kembali cukup besar, yakni mulai dari Rp20 ribu hingga Rp100 ribu. Jadi, ini bisa menjadi ide bisnis di rumah atau tempat tinggal kamu. Apalagi jika bisa menjualnya dengan harga murah.

17. Budidaya kelapa

Kelapa dikenal sebagai komoditas dan peluang bisnis yang terbukti bisa memberikan keuntungan dengan besar. Apalagi wilayah kampung dan desa juga memiliki potensi sumber daya lokal yang dapat dimanfaatkan seperti area tanah yang luas.

Ketika melaksanakan usaha budidaya kelapa, kamu juga perlu mempertimbangkan aspek lainnya seperti legalitas usaha dan sebagainya. Dengan modal 2 juta Sedulur bisa mengelola usaha budidaya kelapa rumahan dan merekrut tenaga kerja yang berkompeten untuk mengelola kelapa untuk diolah menjadi minuman atau dijual langsung.

BACA JUGA: 10 Peluang Usaha di Bidang Tata Busana Terbaik, Berani Coba?

Tips Memulai Usaha Sampingan Bermodal 2 Juta

Toko kelontong toko ni'amah
SuperApp

Banyak orang yang bermimpi untuk memiliki usaha sendiri, tetapi terkendala oleh modal yang terbatas. Padahal, modal bukanlah segalanya dalam berbisnis. Dengan kreativitas, inovasi, dan strategi yang tepat, kita bisa memulai usaha dengan modal yang minim, bahkan hanya 2 juta rupiah saja. Berikut ini beberapa tips memulainya.

1. Pilih usaha yang bisa dilakukan di rumah

Salah satu cara untuk menghemat modal adalah dengan memanfaatkan ruang di rumah sebagai tempat usaha. Misalnya, jika Sedulur memiliki keahlian memasak, kamu bisa membuka katering makan siang atau jualan kue dan camilan. Sedulur bisa mempromosikan usaha kamu melalui media sosial atau aplikasi pesan antar.

Jika kamu tidak bisa masak, kamu bisa menjadi reseller produk makanan, baju, atau barang lainnya yang sedang tren. Kamu hanya perlu mencari supplier yang menawarkan harga murah dan berkualitas, lalu menjualnya kembali dengan menambahkan margin keuntungan.

Sedulur juga bisa memanfaatkan jasa pengiriman online untuk mengirimkan barang ke pelanggan.

2. Lakukan riset pasar

Sebelum memulai usaha, kamu perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang sedang dicari atau dibutuhkan konsumen serta melihat tren pasar. Tujuannya adalah untuk menentukan produk atau jasa yang akan kamu tawarkan serta menetapkan harga yang sesuai.

Riset pasar bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan bertanya-tanya atau membuka polling di media sosial, melihat komentar atau review di situs online, atau sekadar bertanya ke tetangga atau teman. Kamu juga bisa melihat usaha apa yang masih jarang dijual di daerahmu dan manfaatkan kesempatan itu.

3. Cari bahan baku murah tapi berkualitas baik

Untuk usaha yang berhubungan dengan makanan atau minuman, tentunya kamu butuh bahan baku untuk pembuatannya. Dengan modal 2 juta rupiah, sebaiknya cari supplier yang dapat menyediakan bahan berkualitas baik dengan harga yang sesuai.

Lakukan riset bahan-bahan baku terlebih dahulu untuk produk yang akan kamu buat. Cari tahu bahan apa yang biasanya digunakan penjual untuk membuat kue atau minuman dari internet atau tanya referensi ke teman-teman pebisnis. 

4. Manfaatkan peralatan yang sudah ada

Selain bahan baku, kamu juga perlu memperhatikan peralatan yang dibutuhkan untuk usaha kamu. Jika memungkinkan, manfaatkan peralatan yang sudah ada di rumah.

Jika tidak ada, cari peralatan bekas yang masih layak pakai dengan harga murah. Untuk usaha reseller atau kursus online, kamu hanya perlu menggunakan smartphone atau laptop yang sudah kamu miliki. 

5. Promosikan usaha secara kreatif

Promosi adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Dengan promosi yang efektif, kamu bisa menarik perhatian dan minat konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Ada banyak cara untuk melakukan promosi, baik secara offline maupun online.

Untuk promosi offline, kamu bisa membuat brosur, spanduk, poster, atau stiker dan menyebarkannya di tempat-tempat strategis seperti warung, toko, sekolah, kampus, atau perkantoran.

Sedulur juga bisa memanfaatkan mulut ke mulut dengan memberikan diskon atau bonus kepada pelanggan yang mereferensikan usaha kamu ke orang lain. Untuk promosi online, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, atau YouTube untuk memposting foto atau video produk atau jasa.

Sedulur juga bisa membuat website atau blog untuk memberikan informasi lebih lengkap tentang usaha kamu. Jangan lupa untuk selalu update konten dan berinteraksi dengan pengunjung atau follower.

Itulah tadi bisnis modal 2 juta yang bisa kamu coba. Berbisnis bisa dilakukan dimana saja, termasuk diantaranya jika Sedulur bertempat tinggal di daerah perkampungan. Bisnis kecil-kecilan bisa mendatangkan cuan bagi Sedulur. Selamat mencoba!