bisnis baju modal 1 juta

Bisnis fashion memang tidak pernah ada matinya. Hal ini tak lepas dari kebutuhan pakaian yang merupakan kebutuhan utama setiap manusia. Alasan ini pula yang membuat bisnis baju modal 1 juta memiliki potensi besar sebagai usaha rumahan mencari cuan.

Jika Sedulur sedang mencari usaha yang bisa bertahan lama dan cukup mudah dilakukan, maka usaha satu ini bisa jadi pilihan menarik. Bisnis baju modal 1 juta juga memiliki potensi pasar yang besar asal Sedulur bisa memilih target yang tepat.

Nah, agar bisa sukses dan menemukan keuntungan besar dalam bisnis fashion satu ini. Mari Sedulur simak deretan ide bisnis baju modal 1 juta paling menarik untuk pemula berikut!

BACA JUGA: Cara Menghitung Keuntungan Jualan Baju dan Strategi Usahanya!

1. Jualan baju tidur anak

Unsplash/Christian Bowen

Kualitas tidur yang baik merupakan faktor penting bagi kesehatan fisik dan mental, khususnya untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Jadi tidak heran jika para orang tua sekarang ini cukup peduli pada kebutuhan pakaian tidur yang aman untuk anak.

Menjual piyama dan pakaian tidur untuk anak dengan tinggi pun langsung menjadi salah satu bisnis potensial di tahun 2023 ini. Bahkan, yang membuat bisnis ini semakin cuan adalah modelnya yang tidak besar.

Pakaian tidur berkualitas tinggi terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman, memberikan pengalaman tidur yang lebih baik. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pada baju anak sebaiknya yang tidak mudah kusut dan tidak terlalu gerah.

2. Pakaian bayi

Bisnis baju yang terakhir adalah baju bayi. Baju bayi merupakan produk yang menarik perhatian para orang tua untuk menyiapkan beberapa baju yang diperlukan untuk persiapan melahirkan.

Selain itu, penjualan baju bayi setiap minggunya semakin meningkat. Kalian bisa memulai menjual baju bayi yang memiliki bahan aman dan berkualitas. Sebagai info lainnya, kalian bisa menjual berbagai baju bayi sesuai dengan ukuran, umur dan baju yang unik.

3. Baju olahraga

Unsplash/Graham Mansfield

Bisnis baju modal 1 juta selanjutnya adalah baju olahraga. Menjaga kesehatan menjadi hal yang penting dan wajib untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Penjualan baju olahraga masih terbilang stabil di pasar Indonesia dan kalian bisa menjadikan referensi produk satu ini ke dalam bisnis.

Selain itu, saat berolahraga membutuhkan baju dengan bahan khusus untuk mudah menyerap keringat dan tidak membuat sesak saat melakukan aktivitas. Apalagi tren gaya hidup yang aktif dan sehat telah mendorong popularitas baju olahraga menjadi fashion.

Menjual pakaian olahraga sehari-hari yang nyaman dan stylish adalah cara untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang mencari pakaian yang fleksibel untuk beraktivitas sehari-hari. Misalnya saja ada pakaian jenis athleisure atau pakaian atlet yang sering digunakan, seperti celana legging, kaos olahraga, dan jaket ringan.

Tak hanya nyaman digunakan saat berolahraga, jenis pakaian ini juga cocok dipakai saat beraktivitas sehari-hari. Apalagi dengan desain yang modis dan fungsional membuat pakaian ini menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang.

4. Pakaian casual

Baik untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa baju casual menjadi produk yang banyak diminati di pasar Indonesia baik offline maupun online. Alasannya karena tren fashion menjadikan baju casual bisa dikenakan dalam segala macam acara.

Misalnnya penggunaan pakaian casual umumnya dilakukan pada beberapa acara semi formal seperti hangout, wedding, berangkat kantor dan masih banyak lagi lainnya.

5. Baju santai

Bisnis baju modal 1 juta selanjutnya adalah baju santai. Produk satu ini sangat laris, karena baju yang paling banyak dilirik masyarakat Indonesia. Fungsinya yang akan dikenakan setiap hari, kalian bisa menjual produk ini dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Alasannya karena baju santai digunakan untuk aktivitas sehari-hari di luar rumah maupun di dalam rumah. Sedulur juga bisa menciptakan beberapa desain gambar baju santai yang tidak terlalu mencolok sehingga para pembeli tetap bisa merasa nyaman menggunakannya.

6. Pakaian muslim

bisnis baju modal 1 juta
Unsplash/Nada

Sebagai sebuah informasi, Indonesia sekarang ini menjadi salah satu negara dengan konsumsi pembelian busana muslim tertinggi di dunia setelah Turki dan Uni Emirates Arab. Melihat hal tersebut, tentu Sedulur bisa menarik kesimpulan bahwa bisnis pakaian muslim di Indonesia sangat menggiurkan.

Perubahan mode dan gaya yang cukup fluktuatif tiap tahun memang menjadi tantangan tersendiri. Namun, Sedulur bisa mencoba cara bisnis baju modal 1 juta pada kategori ini dengan mengusung konsep dropshipper. Cara ini cukup sederhana dan bisa mengatasi cepatnya perubahan gaya dan model pakaian muslim dari waktu ke waktu.

Jika Sedulur bisa menetapkan model yang menarik dan selalu mengikuti tren pasaran, maka besar kemungkinan Sedulur juga bisa untung besar dalam bisnis ini. Jadi menarik sekali untuk dicoba bukan?

7. Jualan baju bekas atau thrift shop

Usaha pakaian bekas seperti thrift shop memang sedang laris manis. Jadi tidak heran banyak orang yang mulai melirik jenis usaha semacam ini untuk mendapatkan keuntungan melimpah. Usaha ini pun tergolong cukup anak muda banget, karena tren fashion memang jadi salah satu daya tarik bagi kelompok milenial yang tidak ada habisnya.

Sedulur juga tidak butuh modal terlalu besar, karena pakaian-pakaian bekas yang dijual kembali biasanya memiliki harga yang cukup murah. Namun, salah satu kesulitan dan harus diperhatikan para pengusaha bidang ini adalah pengemasan pakaian agar bisa menarik perhatian para pembeli.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjual pakaian bekas dengan konsep yang sudah bersih dan dicuci kembali. Ini tentu bisa menjadi nilai lebih dan membuat bisnis baju modal 1 juta milik Sedulur bisa berkembang pesat.

8. Baju gaya vintage

Fashion vintage atau baju dengan sentuhan kontemporer telah menjadi tren yang sangat menarik bagi para pecinta mode di tahun ini. Salah satu alasannya adalah munculnya tren untuk bisa tampil unik dan otentik di depan publik. Jadi tidak heran jika ini memunculkan potensi bisnis baju modal 1 jutaan untuk Sedulur.

Fashion vintage bisa jadi pilihan menarik karena nilainya yang tak biasa. Sedulur bisa mengkombinasikan elemen vintage dengan desain kontemporer sehingga menghasilkan pakaian dengan ciri khas jadul tapi tetap modern.

Misalnya, Sedulur dapat mengambil pakaian vintage seperti blus dengan kerah Peter Pan dan mengkombinasikannya dengan potongan yang lebih modern seperti celana palazzo atau rok midi.

Dengan menjual fashion vintage yang direimaginasikan, Sedulur memberikan pelanggan peluang untuk tampil unik dan mendefinisikan gaya mereka sendiri dengan sentuhan masa lalu yang klasik.

BACA JUGA: 37+ Ide Jualan Reseller yang Pasti Laku dan Cuan di 2023

Tips Sukses Bisnis Baju

bisnis baju modal 1 juta
Unsplash/Becca Mchaffie

Setelah mengetahui beberapa jenis ide bisnis baju modal 1 juta, tentu Sedulur juga perlu mengetahui tips dalam bisnis fashion. Hal ini supaya bisnis bisa berkembang dan tidak mengalami kegagalan di awal buka.

Kira-kira apa saja tips sukses bisnis baju dan pakaian yang bisa jadi senjata Sedulur dalam berwirausaha? Berikut ini diantaranya:

1. Fokus pada target pasar

Siapa yang tidak menggunakan produk fashion? Dengan banyaknya kalangan yang menggunakan produk fashion, hal ini membuat Sedulur perlu untuk memfokuskan target pasar untuk bisnis fashion Sedulur karena hal ini juga akan mempengaruhi jenis produk fashion apa yang akan dijual.

Selain itu, hal ini juga akan mempermudah proses pemasaran dan persiapan produk. Sedulur juga menjadi tidak perlu repot mencari produk-produk yang jauh dari target pasar sehingga mengurangi resiko pembengkakan bujet dan pengeluaran.

2. Berikan visualisasi produk yang baik

Ikuti perkembangan digital dengan membuat toko online bagi bisnis fashion Sedulur. Konsumen akan semakin mudah untuk membeli produk Sedulur tanpa harus jauh-jauh pergi ke toko tempat Sedulur menjual produk.

Untuk lebih menarik minat konsumen, buat tampilan toko online yang menarik dan sesuai dengan target pasar agar konsumen betah walau hanya untuk sekedar stalking atau melihat-lihat produk fashion yang dijual.

3. Selalu ikuti tren

Tren fashion selalu berubah-ubah setidaknya setahun sekali. Biasanya tren fashion ini tentunya akan mempengaruhi selera pasar. Oleh karena itu penting sekali untuk mengikuti tren yang sedang berkembang.

Salah satu alasannya adalah konsumen senantiasa mengikuti tren fashion untuk menentukan produk fashion apa yang ingin mereka beli. Sedulur bisa mengikuti tren fashion yang sedang hits dengan mengikuti informasi terupdate lewat media sosial, menghadiri acara fashion show atau mengecek bisnis fashion kompetitor.

Demikian tadi deretan ide bisnis baju modal 1 juta yang bisa Sedulur coba. Tak hanya memiliki potensi besar, beberapa ide di atas juga cenderung mudah dilakukan asal Sedulur mempersiapkan semua rencana bisnis dengan matang. Jadi selamat mencoba ya!