rekomendasi hotel di malang kota

Bagi Sedulur yang memiliki rencana untuk berlibur ke wilayah Kota Batu atau Kota Malang, tentu wajib tahu rekomendasi hotel di Malang Kota!

Kota Malang dan juga Kota Batu memang menjadi kombinasi sempurna untuk destinasi liburan. Selain lokasinya yang berdekatan, kedua kota ini memang dipenuhi dengan berbagai macam tempat wisata yang seru dan juga kuliner yang sangat beragam.

Karena memang sudah terkenal sebagai tujuan wisata, kedua kota tersebut tentu saja juga menyediakan banyak sekali hotel dan resort yang akan melengkapi perjalanan Sedulur. Namun, tidak perlu kebingungan untuk menentukan tempat yang pas untuk Sedulur liburan.

Lanjut membaca artikel berikut ini, maka Sedulur akan langsung menemukan berbagai hotel yang dapat dimasukkan ke dalam itinerary perjalanan!

BACA JUGA: Coban Jahe Malang: Lokasi, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

1. Hotel Tugu Malang

rekomendasi hotel di malang kota
Unsplash/Toe Heftiba

Rekomendasi hotel di Malang Kota yang pertama adalah Hotel Tugu Malang. Lokasinya yang di pusat Kota Malang, tentu mempermudah Sedulur untuk mengakses berbagai tempat wisata yang ada di dalam kota, seperti Alun-alun, Brawijaya Edupark, Tugu Malang, bahkan hingga Pasar Senggol.

Ya, Hotel Tugu Malang menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan bakal sulit untuk Sedulur lupakan. Kalau Sedulur bepergian ke Malang dengan menaiki kereta api, maka hotel ini dapat menjadi pilihan terbaik, karena lokasinya juga tidak jauh dari stasiun.

Mengusung konsep boutique hotel, Hotel Tugu Malang akan membawa Sedulur menikmati seperti apa rasanya tinggal di Malang era dulu. Interior hotel yang didesain dengan perpaduan antara zaman kolonial dan Jawa kuno, memberi pengalaman unik tidur di ranjang bertiang empat lengkap dengan kelambu.

Faktor lain yang menjadi daya tarik Hotel Tugu Malang adalah barang-barang antik yang mengisi hampir seluruh penjuru hotel, termasuk juga dengan kamar-kamarnya. Jika tertarik, tarif menginap di Hotel tugu Malang yakni mulai dari Rp1.173.000.

2. The Shalimar Boutique Hotel

Hampir sama seperti sebelumnya, The Shalimar Boutique Hotel mengusung desain interior dan suasana yang vintage. Bukan karena tanpa alasan, hal ini karena bangunan tersebut sebenarnya sudah ada sejak tahun 1930-an silam.

Karena konsep yang diusung adalah boutique hotel, maka The Shalimar Boutique Hotel menghadirkan showroom bernama Soga Boutique, yang menjual berbagai macam kerajinan tangan dan hasil kesenian. Mulai dari manik-manik, baju batik, patung, serta hiasan rumah yang pastinya bernuansa tradisional.

Jadi jika punya banyak waktu untuk belanja oleh-oleh khas dari Malang, Sedulur dapat berbelanja langsung di Soga. Nah, spot andalan dari The Shalimar Boutique Hotel adalah perpustakaannya yang dipenuhi dengan berbagai macam buku.

Jika merasa bosan di dalam ruangan, Sedulur bisa menjajal suasana outdoor di area kolam renang hotel. Ya, menikmati golden hour di tepi kolam renang bisa menjadi opsi healing ketika menginap di The Shalimar Boutique Hotel, yang bisa disewa mulai dari Rp1.211.000.

3. Grand Mercure Malang Mirama

Grand Mercure Malang Mirama adalah sebuah hotel premium yang lokasinya berada di jalur utama Kota Malang. Hotel ini memang dekat dengan salah satu destinasi wisata favorit, yakni Hawai Waterpark Malang. Jadi Sedulur bisa menjadikannya tujuan menginap utama.

Bagi para pencinta kuliner Jepang, dijamin akan langsung menemukan surga mereka dengan menginap di hotel yang satu ini. Pasalnya Grand Mercure Malang Mirama menyediakan restoran dengan nuansa Jepang berkonsep live cooking yang bernama Ebisu Restaurant.

Dalam restoran ini, Sedulur bisa menunggu makanan sambil menyaksikan para koki beraksi memasak menu-menu yang terbaik. Kabar baiknya, Sedulur yang menggemari masakan China juga bisa menikmati pengalaman kuliner menarik dengan bersantap ria di Lanhua.

Oh iya, jangan lupa untuk berfoto di bagian depan mural raksasa yang ada di dalam restoran ini, ya! Dijamin, perjalanan dan liburan di Kota Malang akan terasa lengkap jika Sedulur menginap di hotel yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.001.000 per malam.

4. Hotel Santika Premiere Malang

Bicara tentang rencana menginap di Malang, rasanya tidak akan lengkap tanpa membicarakan Hotel Santika Premiere Malang yang ada di poros kota, tepatnya di Jl. Letjen Sutoyo No.79, Lowokwaru. Ya, menginap di Hotel Santika Premiere Malang sama halnya dengan memanjakan lidah Sedulur.

Hal ini karena lokasinya yang berdekatan dengan beberapa destinasi kuliner Malang yang menarik. Salah satu yang paling terkenal yakni Rumah Makan Kerta Sari. Di restoran yang kental akan nuansa tempo dulu ini, Sedulur bisa menikmati berbagai kuliner Indonesia, terutama tahu telur khas Malang yang terkenal.

Selain itu, ada pula Depot Gang Djangkrik yang tidak kalah legendaris. Depot ini telah berdiri sejak 1960 yang menyajikan menu andalan berupa cwi mie. Ya, pokoknya Sedulur wajib untuk mencoba setiap wisata kuliner yang ada di dekat hotel ini.

Yang lebih menarik lagi, biaya atau budget yang dibutuhkan untuk bisa menginap di Hotel Santika Premiere Malang bisa dibilang tidak terlalu mahal. Sedulur bisa menginap di hotel yang satu ini, dengan biaya mulai dari Rp732.000 untuk tiap malamnya.

5. Hotel Aria Gajayana

Mempunyai lokasi yang sama seperti Mall Olympic Garden yang disebut-sebut sebagai salah satu mall terbesar di Kota Malang, Hotel Aria Gajayana ini menawarkan pengalaman menginap yang sangat menyenangkan dengan harga terjangkau.

Bahkan untuk kamar Suite dengan luas mencapai 52 meter persegi, bisa Sedulur nikmati mulai dari harga Rp500.000, lho! Tentu saja hotel yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk bisa tetap hemat pada saat berlibur ke Malang Kota.

Nah, selain memiliki akses secara langsung ke mall yang membuat cuci mata jadi lebih mudah, Hotel Aria Gajayana juga berada di dekat Stadion Gajayana. Stadion tersebut pastinya telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga.

Mulai dari lapangan tenis, lapangan basket, sampai jogging track. Sangat cocok bagi para penggila olahraga! Oh iya, jangan lupa untuk berenang atau sekadar bersantai di kolam renang dengan view pemandangan Kota Malang yang menakjubkan, ya!

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Kedai Ketan Malang yang Harus Dicoba

6. HARRIS Hotel & Conventions Malang

rekomendasi hotel di malang kota
Unsplash/Daniel Faust

Apabila Malang menjadi destinasi jalan-jalan Sedulur bersama dengan keluarga, maka jangan ragu untuk menginap di HARRIS Hotel & Conventions Malang. Hotel yang berlamat di Jl Ahmad Yani Utara Blok C1, Malang ini memang sifatnya family friendly.

Sedulur dapat melihatnya dari ambience yang terasa asri, hingga sejumlah fasilitas yang sangat cocok untuk anak-anak. Selain itu, beberapa spot yang tidak boleh dilewatkan saat berada di sini, seperti area kolam renangnya yang dibedakan menjadi 3 jenis.

Ada kolam renang untuk dewasa, anak-anak, dan infant (anak-anak di bawah 5 tahun). Bukan hanya itu, si kecil juga dapat bermain di DINO Kids Club dengan leluasa yang lokasinya tepat di sebelah kolam renang anak-anak.

Sementara bagi Sedulur yang ingin bersantai, pesan saja layanan HARRIS Spa, perawatan tradisional Jawa yang tentu sangat ampuh untuk membuat tubuh Sedulur kembali fresh! Nah, untuk bisa menginap di hotel ini, harga yang dibanderol mulai dari Rp531.000 saja!

7. Atria Hotel Malang

Atria Hotel Malang bisa menjadi rekomendasi hotel di Malang Kota yang berikutnya. Ini adalah hotel dengan fasilitas mewah namun harganya terbilang miring, yakni mulai dari Rp456.000 saja. Destinasi Brawijaya Edu Park, dapat ditempuh dengan berkendara dari hotel ini dalam waktu lima menit saja.

Ya, letaknya yang strategis membuat Atria Hotel Malang seringkali diburu oleh para turis yang ingin menikmati serunya berjalan-jalan di area Kota Malang. Sedulur tidak perlu khawatir dengan kualitas kamar yang disediakan.

Walau tergolong murah, Atria Hotel Malang menawarkan kamar berfasilitas lengkap dengan luas mencapai 26 meter persegi. Hotel ini dapat menjadi pilihan untuk tempat istirahat Sedulur setelah bertualang di Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru.

Menariknya lagi, hotel ini menyediakan beberapa layanan dan fasilitas. Mulai dari lounge, restoran, gym, kolam renang, ruang pertemuan, perawatan pijat tubuh, hingga grand ballroom. Para pencinta kuliner juga akan dimanjakan dengan berbagai makanan-makanan lezatnya

8. Ijen Suites Hotel

Bisa dibilang jika Ijen Suites Hotel sedikit berbeda dengan kebanyakan hotel yang ada di wilayah jantung Kota Malang. Ijen Suites Hotel sendiri berlokasi di mulut perumahan besar Ijen Nirwana Residence. Kendati demikian, hotel bintang 4 ini dapat dijadikan sebagai pilihan tempat menginap yang menyenangkan.

Ya, hal ini karena konsep yang diusung eco friendly. Jadi Sedulur tidak perlu khawatir dengan kualitas pencahayaan dan juga sirkulasi udara. Semuanya telah diatur dengan begitu seksama, sehingga di setiap area kesan sejuk khas ala Kota Malang benar-benar terasa kental.

Selain itu, area kolam renangnya juga cukup teduh karena dikelilingi oleh pepohonan serta dipisahkan antara kolam untuk anak-anak dan dewasa. Dengan begitu, maka kolam ini dapat jadi spot bermain yang menyenangkan bersama si kecil.

Kemudian jika ingin mengisi perut, Ijen Suites Hotel Malang juga menyediakan banyak opsi kuliner lezat. Sedulur juga dapat dengan mudah berkendara ke pusat-pusat kuliner yang ada di sekitar hotel dengan banderol harga mulai dari Rp485.000 ini.

9. Golden Tulip Holland Resort

Jika tujuan liburan utama Sedulur adalah Kota Batu, maka bisa menjadikan Golden Tulip Holland Resort sebagai tempat untuk beristirahat dan menginap. Ya, Menginap di  Golden Tulip Holland Resort ini memang akan memberikan akses yang mudah ke berbagai objek wisata di Kota Batu.

Bayangkan saja, hanya perlu dengan berjalan kaki sekitar 800 meter dari resort, makan Sedulur sudah bisa seru-seruan di Jatim Park 2. Acara liburan Sedulur ke beberapa destinasi terkenal seperti Batu Secret Zoo, Batu Eco Green Park, dan Batu Night Spectacular juga tidak akan terasa ribet.

Ya, lokasi resort bintang 5 yang satu ini memang dekat dengan beberapa destinasi wisata populer di Kota Batu tersebut. Pilihan kamarnya juga tidak main-main, Sedulur bisa memesan Deluxe Room dengan garden view maupun Premium Room dengan mountain view.

Dijamin akan membuat Sedulur merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini. Jika ingin bersantap ria maka bisa langsung mengunjungi bagian Branche Restaurant yang menawarkan suasana hangat dan bernuansa modern.

10. Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel

Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel cocok untuk Sedulur masukkan ke dalam daftar destinasi perjalanan ke Jawa Timur. Resort yang dibanderol mulai Rp410.000 ini bukan hanya menawarkan kamar dengan fasilitas lengkap, namun juga berbagai objek wisata yang akan membuat liburan jadi super seru.

Apabila menginap di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel Batu, Sedulur bakal mendapatkan fasilitas petik buah gratis. Nah, di sini Sedulur dapat memilih untuk memetik jeruk, jambu air, apel, hingga stroberi dari kebunnya secara langsung.

Tidak hanya wisata petik buah yang refreshing banget, Sedulur dan keluarga juga bisa menghabiskan hari dengan bermain air di area waterpark yang ada di dalam kawasan Kusuma Agrowisata. Soal keamanan, tidak usah khawatir karena ada para penjaga yang siap mengawasi di sekitar area.

Bagi yang suka foto-foto, jangan lupa mampir ke De Tjangkul yang lokasinya juga masih ada dalam area Kusuma Agrowisata. De Tjangkul adalah tempat wisata Instagenic yang tentunya tetap mengusung konsep agrowisata ala Kota Batu.

BACA JUGA: Pesona Pantai Watu Leter di Malang Beserta Harga Tiketnya

11. The Singhasari Resort

rekomendasi hotel di banyuwangi
Pexels/Elina Sazonova

Bergeser sedikit dari Kota Malang, Sedulur dapat mempertimbangkan The Singhasari Resort yang ada di Kota Batu sebagai tempat untuk menginap. Cukup dengan berkendara 5 menit saja dari resort, Sedulur sudah bisa menghabiskan hari dengan bersenang-senang di Eco Green Park Batu serta Jatim Park 3.

Bahkan hanya dengan tinggal di resort yang dibanderol mulai dari Rp715.000 ini, Sedulur sudah bisa menikmati berbagai macam aktivitas seru. The Singhasari Resort memang telah dilengkapi dengan arena outbond yang luas.

Flying fox sepanjang yang menyajikan pemandangan Gunung Panderman, Gunung Semeru, dan Kota Malang dapat menjadi pilihan untuk memacu adrenaline Sedulur. Bukan hanya itu, resort ini juga menawarkan beberapa fasilitas seru seperti game center dan movie theater, lho!

Jika ingin mencicipi berbagai masakan nikmat yang disajikan para koki, Sedulur bisa memilih untuk bersantap di Dimension Rooftop Bar. Selain makanan yang lezat, Sedulur juga bisa sekaligus menikmati pemandangan lampu-lampu Kota Malang dari ketinggian.

Aktivitas kuliner lain yang dapat dicoba di resort ini, yakni dengan memesan Dining by Design. Dengan memesan layanan tersebut, Sedulur bisa menikmati makan malam romantis dengan menu serta ambience yang dirancang secara spesial untuk dua orang. Jadi tidak heran jika ini termasuk rekomendasi hotel di Malang Kota terbaik.

12. Jambuluwuk Resort

Ingin seru-seruan bermain di Jatim Park, Batu Night Spectacular dan Museum Angkut, namun malas untuk menginap jauh-jauh? Jambuluwuk Resort sepertinya dapat menjadi pilihan yang paling tepat bagi Sedulur. Bicara soal fasilitas, resort ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sedulur ingin merilekskan pikiran? Bisa langsung memanjakan diri dengan bersantai di Melah Sauna atau duduk sampai di pinggiran kolam ikan. Di resort dengan biaya mulai Rp575.000 ini, Sedulur juga dapat menangkap ikan dan membayar sesuai dengan jumlah ikan yang ditangkap.

Setelah itu, Sedulur juga bisa langsung meminta para staf untuk menggoreng atau membakarnya sesuai dengan selera. Tanpa keluar dari area resort, Sedulur sudah dapat bermain di area outbond resort. Area ini menawarkan beberapa fasilitas seperti kolam renang, gym, hingga hammam dapat diakses.

Bahkan bagi yang ingin menguji adrenalin sekaligus berkeliling area resort, bisa menyewa ATM yang telah disediakan.

Nah, kurang lebih itu tadi beberapa rekomendasi hotel di Malang Kota yang dapat dibagikan kali ini. Pastikan untuk memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan juga anggaran Sedulur selama menginap di Kota Malang. Dengan begitu, maka liburan bisa berjalan dengan lancar dan tentu saja sangat menyenangkan!