ucapan selamat hari guru

Contoh ucapan selamat hari guru banyak dicari warganet menjelang peringatan Hari Guru Nasional. Untuk diketahui, Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November di setiap tahunnya. Di sisi lain, ada pula peringatan Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Oktober.

Peringatan hari guru, baik itu di tingkat nasional maupun dunia menunjukkan betapa pentingnya profesi guru dalam membentuk generasi penerus. Peringatan tersebut juga sekaligus menjadi bentuk penghargaan dan dukungan kepada para guru. Untuk itu, tak ada salahnya Sedulur memberikan ucapan selamat kepada para guru pada momentum spesial tersebut.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari inspirasi ucapan selamat hari guru, berikut ini Super sudah merangkum beragam contoh ucapan selamat hari guru yang penuh makna dan harapan. Di samping itu, pada artikel ini juga akan dipaparkan secara singkat sejarah peringatan hari guru. Yuk, langsung disimak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: Sejarah Hari Pendidikan Nasional Beserta Ucapan & Kutipannya

Kata-kata ucapan selamat hari guru

ucapan selamat hari guru
Depositphotos
  1. Selamat Hari Guru untuk semua guru! Terima kasih atas kesabaran, kebaikan, dan dedikasi Anda yang tiada henti.
  2. Selamat Hari Guru 2022! Merupakan suatu kehormatan untuk belajar banyak hal dari Anda, terima kasih telah menginspirasi saya!
  3. Selamat Hari Guru! Terima kasih Ibu Bapak Guru atas semua jasa yang tidak ternilai selama ini.
  4. Guru harus memimpin dengan memberi contoh dan Anda selalu menjadi contoh yang sangat baik untuk diikuti. Sebagai seorang siswa, saya merasa sangat bersyukur memiliki mentor yang hebat dalam hidup saya. Selamat Hari Guru!
  5. Selamat Hari Guru! Kebijaksanaan, dedikasi, dan kebaikan Anda akan selalu membawa kami ke jalan yang benar dan menginspirasi kami untuk menjadi manusia yang lebih baik.
  6. Untuk guru-guruku tersayang, Semoga amal kalian jariah, jutaan orang kau bekali ilmu, meski tak semua bisa menggugu. Tapi, kau tetap berjuang karena itu tugasmu. Terima kasihku dari anak dan sekaligus muridmu.
  7. Tidak semua orang memiliki hati emas, dan dedikasi seperti itu, tapi Anda memilikinya. Anda adalah individu yang benar-benar menginspirasi karena telah mengajarkan lebih dari sekadar kurikulum. Selamat Hari Guru!
  8. Selamat Hari Guru. Terima kasih telah menjadi alasan bagi kami untuk berani bermimpi besar.

Ucapan selamat hari guru yang penuh makna

iStock
  1. Orang tua kami memberi kami kehidupan dan Andalah yang mengajari kami cara menjalaninya. Anda memperkenalkan kejujuran, integritas, dan semangat pada karakter kami. Selamat Hari Guru!
  2. Selamat Hari Guru! Guru seperti Anda adalah alasan mengapa siswa biasa seperti kami bermimpi melakukan hal-hal yang luar biasa.
  3. Terima kasih banyak telah mencerahkan hari kami dengan senyum indah Anda setiap hari! Energi positif Anda sangat membantu kami untuk menjadi yang terbaik! Selamat Hari Guru!
  4. Jangan pernah lelah menjadi pelita bagi negeri ini. Jadilah selalu patriot pahlawan bangsa. Terima kasih kepada seluruh guru di Indonesia atas jasamu yang mulia. Selamat Hari Guru!
  5. Saya akan selamanya berterima kasih kepada Anda karena telah membimbing kami ke jalan yang benar. Saya tidak pernah bisa cukup berterima kasih karena selalu menunjukkan jalan yang benar. Anda telah mengajari saya lebih dari buku mana pun. Terima kasih, Guru!
  6. Selamat Hari Guru, Anda adalah percikan, inspirasi, buku panduan, lilin dalam hidup saya. Saya sangat bersyukur bahwa Anda adalah guru saya.
  7. Guru yang baik bak lilin rela menghabiskan dirinya demi menerangi jalan murid-muridnya. Selamat Hari Guru!
  8. Guru adalah sosok terindah yang memberikan segala kasih sayangnya, setelah ayah dan ibu. Selamat Hari Guru

Ucapan hari guru yang menyentuh

ucapan selamat hari guru
Depositphotos
  1. Guru adalah malaikat yang menerangi hidup kita dengan cahaya pengetahuan dan kebijaksanaan. Semoga Anda mendapatkan kegembiraan, kebahagiaan, dan kemakmuran yang luar biasa karena guru seperti Anda pantas mendapatkan yang terbaik. Selamat Hari Guru untuk semua guru!
  2. Anda adalah sumber inspirasi bagi saya. Anda telah mengajari saya lebih dari buku mana pun. Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa!
  3. Terima kasih telah membuat saya jatuh cinta dengan mata pelajaran yang saya pikir saya benci! Saya berutang semuanya kepada Anda, terima kasih Bu/Pak dan Selamat Hari Guru!
  4. Anda adalah mentor kehidupan. Meskipun saya tidak menyadari hal ini sebelumnya. Sekarang rasanya luar biasa memiliki seseorang yang menuntun saya ke jalan yang benar dalam hidup. Selamat Hari Guru!
  5. Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia, yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar. Dan engkaulah guru tersebut. Selamat Hari Guru!
  6. Guru adalah pelita bagi kaki yang sedang kebingungan di persimpangan jalan yang gelap. Terima kasih Ibu/Bapak guru. Selamat Hari Guru!
  7. Guru ibarat penerang yang memberikan cahaya untuk siswa-siswinya melewati jalan menuju kesuksesan. Selamat Hari Guru!
  8. Seorang guru adalah laksana penerang bagi kami. Bukan hanya cahaya lilin, namun semua cahaya yang telah berhasil menyinari kegelapan dalam hidup kami. Cahaya itu tidak akan pernah redup, bahkan akan selalu hidup di dalam hati. Selamat Hari Guru!

BACA JUGA: 85 Quotes Hari Pahlawan yang Penuh Makna Perjuangan

Ucapan selamat hari guru dalam bahasa Inggris

ucapan selamat hari guru
iStock
  1. Thank you for being a wonderful teacher and always believing in me. Happy Teacher’s Day!
  2. Your teachings will always be etched in my mind. Happy Teachers’ Day!
  3. Dear teacher, wishing you a happy Teachers Day. Thank you for being the guiding light and for inspiring me to do well in my studies. You are the best teacher.
  4. A teacher is someone who nourishes the souls of the students for a lifetime. Happy Teachers Day to all the teachers!
  5. I feel so blessed to have a teacher like you who not only pushes me towards achieving my goal but also supports me in every step. Today I celebrate you for being selfless, devoted, hardworking, and the wisest person in the classroom. I am grateful to be your student. Happy Teacher’s Day!
  6. I was lucky to have a teacher as wonderful as you are. Wishing you a Teacher’s Day that’s full of joyous moments!
  7. Without you, I would have been lost. Thank you, my dear teachers, for guiding and inspiring me. Happy Teachers’ Day! 
  8. Happy Teacher’s Day! Thank you for your patience, putting up with me, and encouraging me in every way.
  9. Our parents gave us life and it was you who taught us how to live it. You introduced honesty, integrity, and passion to our character. Happy Teacher’s Day!
  10. Thank you for being my guide and teaching me life lessons. Happy Teachers’ Day to all my teachers!

Kutipan tentang guru

Depositphotos
  1. Guru yang baik dapat menginspirasi harapan, menyalakan imajinasi, dan menanamkan kecintaan belajar. (Brad Henry)
  2. Guru yang biasa-biasa saja menceritakan. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang unggul menunjukkan. Guru hebat menginspirasi. (William A. Ward)
  3. Aku tidak pernah mengajar murid-muridku, aku hanya berusaha menyediakan kondisi di mana mereka dapat belajar. (Albert Einstein)
  4. Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani. (Ki Hajar Dewantara)
  5. Satu anak, satu guru, satu pena, dan satu buku dapat mengubah dunia. (Malala Yousafzai).
  6. Bagi dunia, Anda mungkin hanya seorang guru. Tapi bagi murid-muridmu, Anda adalah seorang pahlawan. (Anonim)

BACA JUGA: Sejarah Hari Raya Waisak Beserta Makna dan Tujuannya

Sejarah Hari Guru Nasional

iStock

Di samping menyimak contoh-contoh ucapan selamat hari guru, ada baiknya Sedulur juga memahami sejarah penetapan Hari Guru Nasional. Seperti yang telah disinggung pada bagian pembuka artikel ini, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Adapun penetapan hari istimewa tersebut rupanya memiliki kaitan erat dengan sejarah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Mengutip dari laman PB PGRI, pembentukan PGRI dimulai dari organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada masa penjajahan Belanda. Tepatnya pada tahun 1912 dibentuk Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini memiliki anggota yang terdiri atas guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan penilik sekolah dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Selanjutnya muncul organisasi lain, di antaranya Persatuan Guru Bantu (PGB), Perserikatan Guru Desa (PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool (PGAS), Perserikatan Normaalschool (PNS), dan Hogere Kweekschool Bond (HKSB). Adapula organisasi guru dengan latar keagamaan dan kebangsaan, seperti Christelijke Onderwijs Vereniging (COV), Katholieke Onderwijsbond (KOB), Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM), dan Nederlands Indische Onderwijs Genootschap (NIOG).

Pada 1932, nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Hal itu menimbulkan reaksi dari Pemerintah Belanda yang tidak menyukai adanya semangat kebangsaan. Selanjutnya pada masa pendudukan Jepang, berbagai organisasi termasuk Persatuan Guru Indonesia (PGI) dilarang sehingga tidak dapat melakukan aktivitasnya.

Hingga pada 24-25 November 1945, diselenggarakan Kongres Guru Indonesia di Surakarta, Jawa Tengah. Penyelenggaraan kongres tersebut merupakan buntut dari semangat proklamasi 17 Agustus 1945. Melalui kongres ini, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku dihapuskan. Pada tanggal yang sama, kemudian dibentuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Barulah pada 1994, hari lahir PGRI yakni 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional. Penetapan yang dilandaskan pada Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 itu dimaksudkan sebagai penghormatan kepada seluruh guru di Indonesia.

Mengenal Hari Guru Sedunia

Depositphotos

Selain Hari Guru Nasional, juga diperingati Hari Guru Sedunia setiap tanggal 5 Oktober. Berbeda dengan Hari Guru Nasional yang berkaitan erat dengan pendirian PGRI, Hari Guru Sedunia ditetapkan pada konferensi UNESCO di Paris, Prancis pada 1994.

Dilansir Kompas.com, konferensi yang melibatkan 76 perwakilan negara dan 35 organisasi internasional itu membahas tentang Recommendations Concerning the Status of Teachers. Penetapan Hari Guru Sedunia sendiri memiliki makna sebagai bentuk pemahaman, apresiasi, kepedulian, dan dukungan kepada para guru di seluruh dunia.

Lirik lagu Hymne Guru

iStock

Pada 1980-an, diciptakan lagu Hymne Guru oleh Sartono sebagai bentuk penghargaan kepada para guru yang dinilai berjasa bagi pendidikan di Indonesia. Sartono sendiri saat itu merupakan seorang guru seni musik di sebuah yayasan swasta di Kota Madiun, Jawa Timur. Kini, lagu Hymne Guru kerap dinyanyikan di sekolah-sekolah terlebih pada momentum Hari Guru Nasional. Berikut lirik lagu Hymne Guru.

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru

Namamu akan selalu hidup

Dalam sanubariku

Semua baktimu akan kuukir

Didalam hatiku

Sebagai prasasti terima kasihku

Tuk pengabdianmu

Terpujilah wahai ibu bapak guru

Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku

Semua baktimu akan kuukir didalam hatiku

Sebagai prasasti terima kasihku

Tuk pengabdianmu

Engkau bagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

Demikian tadi contoh-contoh ucapan selamat hari guru yang bisa Sedulur jadikan referensi sekaligus inspirasi sebagai hadiah untuk guru pada peringatan Hari Guru. Selain itu juga telah dipaparkan sejarah singkat penetapan Hari Guru Nasional dan Hari Guru Sedunia. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan  menambah wawasan Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.