cara hemat listrik token

Yuk, simak cara hemat listrik token di bawah ini agar Sedulur tidak boros dalam penggunaan listrik! Cara membuat pulsa listrik menjadi irit merupakan cara yang wajib Sedulur pelajari. Mengingat bayaran listrik token saat ini sangat bergantung dengan penggunaan. Terdapat beberapa kode menghemat pulsa listrik, melalui beberapa cara hemat yang akan dijelaskan dalam kesempatan kali ini.

Sedulur bisa mempelajari cara setting meteran listrik prabayar agar irit pulsa, atau juga mempelajari cara memperlambat meteran listrik prabayar dengan menggunakan alat penghemat listrik prabayar. Atau yang paling ampuh, Sedulur juga bisa mencoba cara setting meteran listrik prabayar agar irit pulsa dengan membatasi penggunaan alias menghemat penggunaan listrik.

Dalam kesempatan kali ini, artikel akan menjelaskan beberapa cara cara menghemat pulsa listrik 900 watt atau ukuran lainnya agar tidak boros dan mudah habis. Seperti apa saja cara hemat listrik token yang dimaksud? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Mengisi Token Listrik Praktis dan Mudah, Terbaru 2023

Daftar cara hemat listrik token/pulsa, mudah dan praktis!

Cari tahu apa saja yang Sedulur bisa lakukan untuk menghemat listrik di rumah!

1. Menggunakan lampu LED

cara hemat listrik token
Depositphotos
 

Cara hemat listrik token yang pertama adalah dengan menggunakan lampu LED. Agar Sedulur bisa melakukan hemat listrik, mulai ganti semua lampu yang ada di rumah dengan menggunakan lampu LED. Walaupun memang harus diakui bahwa lampu LED memiliki harga lampu yang lebih mahal dibanding lampu biasa.

Namun harga lampu LED yang mahal tersebut akan sebanding dengan biaya hemat listrik yang digunakan. Hal tersebut akan memberikan dampak positif pada penggunaan listrik Sedulur yang hemat setiap harinya. Dan tagihan listrik setiap bulannya pun tidak akan tinggi.

Selain itu, Sedulur juga mulai untuk menggunakan barang-barang elektronik yang hemat, seperti AC, TV, dan lain sebagainya. Saat ini banyak alat elektronik yang telah canggih yang memiliki kemampuan dalam penggunaan daya listrik yang sangat hemat.

BACA JUGA: Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Sedang Aktif, Hilang & Hangus

2. Mencabut steker kabel jika tidak digunakan

cara hemat listrik token
Everypixel
 

Cara hemat listrik token selanjutnya adalah mencabut steker kabel jika tidak digunakan, walaupun terdengar sepele, namun cara ini sangat besar pengaruhnya.

Membiarkan steker kabel setelah digunakan dapat membuat listrik menjadi boros. Terutama charger handphone atau laptop. Listrik akan terus menyedot sedangkan tidak sama sekali digunakan. Wajar belaka jika tagihan listrik setiap bulannya selalu tinggi dan mahal. Dan Sedulur selalu gagal melakukan cara hemat listrik karena hal ini tidak diperhatikan.

Mencabut steker kabel adalah pekerjaan yang sangat mudah dan sekaligus berperan penting untuk menghemat listrik rumah. Menghemat energi akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Jangan sekali-kali meremehkan hal sepele, karena biasanya memiliki peran yang besar.

BACA JUGA: Cara Registrasi dan Unreg Kartu 3 untuk Pengguna Baru & Lama

3. Matikan semua benda elektronik di malam hari

cara hemat listrik token
Everypixel

Cara hemat listrik token yang ini tidak kalah sepelenya. Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghemat listrik adalah mematikan setiap penggunaan alat elektronik di malam hari. Karena malam hari adalah waktunya istirahat dan tidak ada benda elektronik yang Sedulur gunakan.

Televisi, radio, lampu dalam rumah, magicom dan benda elektronik lainnya sudah seharusnya dimatikan untuk dapat menghemat listrik setiap bulannya. Agar Sedulur tidak kaget saat akan membayar listrik setiap bulannya. Sedulur juga boleh mulai menggunakan TV dan Monitor LED yang lebih hemat dan tidak menyedot banyak listrik banyak. Salah satu cara untuk menghemat listrik adalah dengan mulai menggunakan TV dan monitor LED.

Lagi pula di era internet saat ini, sudah jarang masyarakat yang menonton TV, banyak yang mengakses tontonan dan hiburan langsung di handphon atau tablet. Jangan terlalu sering menonton TV, dan bisakan mematikan TV ketika selesai ditonton, karena hal tersebut dapat menghemat listrik rumah.

BACA JUGA: Cara Cek Kuota Indosat dengan Mudah Secara Online dan SMS

4. Mulai gunakan alat elektronik sesuai kebutuhan

Depositphotos

Cara hemat listrik token terakhir yang tidak kalah penting adalah mulai menggunakan alat elektronik sesuai kebutuhan. Salah satu alasan mengapa kita selalu gagal menghemat listrik adalah karena penggunaan alat elektronik yang tidak sesuai kebutuhan.

Pasti selalu boros dan selalu dibiarkan setelah digunakan. Hal ini akan sangat membuat tagihan listrik menjadi lebih boros lagi. Dan setiap bulannya kita akan membayar listrik dengan harga yang semakin tinggi. Membiasakan penggunaan alat elektronik sesuai kebutuhan dan kapasitas adalah sebuah kebaikan yang juga sangat patut untuk dicoba.cara hemat listrik token.

Atau juga Sedulur bisa menggunakan cara ampuh lainnya yaitu mulai membuat cadangan listrik dari sinar matahari. Memiliki alat untuk menyerap panas matahari sebagai cadangan listrik adalah usaha yang tepat untuk menghemat listrik. Bahkan dengan memiliki alat tersebut, Sedulur bisa mengandalkan listrik dari cadangan listrik yang kita miliki. Tidak lagi mengandalkan listrik pemerintah. Selain itu juga, kita bisa melakukan pemanfaatan potensi alam dengan sempurna.

BACA JUGA: QRIS adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Memakainya

Tips lain agar listrik prabayar tidak boros, bisa Sedulur coba dengan mudah!

Likein

Siapa bilang listrik prabayar bikin boros? Sedulur bisa tetap hemat dengan tujuh cara ini, loh!

1. Biasakan melepas colokan yang tidak dipakai

Secara sederhana, kabel yang masih tertaut dengan colokan listrik tetap akan terus mengalirkan listrik ke alat elektronik. Dari situ, sudah dapat dilihat bahwa sebenarnya colokan yang tertancap akan menjadi sumber pemborosan listrik. Yuk, biasakan melepas setiap kabel dari colokan yang tidak dipakai!

2. Kalau menyetrika baju jangan suka nyicil

Salah satu kebiasaan boros listrik yang terkadang kita lakukan tanpa sadar adalah menyetrika baju sedikit-sedikit. Tahukah Sedulur bahwa setrika termasuk ke dalam salah satu perabotan elektronik yang memakan daya listrik cukup besar? Ya, rata-rata setrika dapat memakan daya listrik hingga 300 watt, itupun dapat bertambah sesuai dengan level panas yang Sedulur atur.

Bayangkan apabila Sedulur menyetrika pakaian secara nyicil, alias satu per satu ketika hendak dipakai saja. Tidak heran apabila nominal token listrik prabayar akan membengkak dari waktu ke waktu. Maka dari itu, Sedulur perlu membiasakan menyetrika baju sekaligus banyak. Selain untuk menghemat listrik, menyetrika baju sekaligus banyak dapat menghemat waktu mempersiapkan pakaian ketika hendak pergi.

3. Kurangi penggunaan AC yang berlebihan

Indonesia memang termasuk ke dalam salah satu negara tropis. Per tahun 2022 lalu, rata-rata suhu di Indonesia tercatat sebesar 27 derajat Celcius. Hal tersebut membuat hampir setiap rumah tangga setidaknya memiliki lebih dari satu kipas angin atau bahkan AC.

AC memang menjadi solusi jitu mengatasi cuaca dan hawa yang gerah. Tidak heran apabila sebagian dari kita hampir tidak bisa tinggal di rumah tanpa menghidupkan AC. Sama halnya dengan setrika, AC menjadi salah satu peralatan listrik yang memakan daya cukup besar. Untuk AC dengan ukuran 1 PK, kisaran watt yang mampu ia konsumsi berada pada 400-700 watt.

Nah, tidak ada salahnya Sedulur untuk mengurangi penggunaan AC yang berlebihan. Jika cuaca memang sedang tidak terlalu panas, coba beralih menggunakan kipas angin saja yang notabene memiliki daya listrik lebih rendah.

4. Charge laptop seperlunya saja

Saat ini, laptop sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang tidak bisa dilepaskan dari keseharian. Untuk bekerja, untuk belajar, atau sekedar sarana hiburan, penggunaan laptop biasanya tidak akan cukup satu atau dua jam saja. Ketika baterai laptop habis, lazimnya Sedulur akan menge-charge laptop tersebut. Terkadang kita lupa untuk mencabut charger ketika baterai sudah penuh.

Alangkah baiknya Sedulur mengurangi kebiasaan buruk tersebut, ya. Charger laptop memang cukup memakan daya listrik yang besar. Semakin Sedulur sering menge-charge laptop, maka semakin banyak juga listrik yang akan dipakai. Kalau sekiranya baterai sudah penuh, segera cabut charger dari laptop dan juga dari colokan listrik.

5. Ganti lampu rumah dengan jenis LED

Lampu LED memang telah terbukti mampu menghemat listrik jauh lebih banyak ketimbang lampu bohlam biasa. Lampu bohlam membutuhkan gas tertentu agar bisa menyala dalam waktu lama.

Nah, kenapa lampu LED lebih hemat listrik adalah karena untuk menyala, pencahayaan lampu LED ini sudah tidak membutuhkan gas tersebut untuk digunakan saat memberikan penerangan pada sebuah ruangan.

6. Gunakan TV LED dengan fitur hemat energi

Sama halnya dengan lampu LED, TV LED biasanya sudah memiliki fitur hemat energi ketimbang TV tabung biasa. Jadi, Sedulur tidak perlu khawatir lagi ketika menonton TV berjam-jam karena tagihan listrik akan tetap aman.

Semoga cara hemat listrik token yang dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur dalam menghemat penggunaan listrik. Sedulur juga bisa membayar listrik menggunakan Aplikasi Super. Tidak hanya melayani kebutuhan sembako sehari-hari, Aplikasi Super juga bisa digunakan untuk melayani kebutuhan transaksi digital seperti membeli token listrik. Langsung unduh Aplikasi Super melalui Google Play Store, ya!