incantation movie

Incantation movie adalah series asal Taiwan yang diproduksi oleh Netflix. Dalam beberapa bulan terakhir ini, series Incantation sedang ramai dibicarakan, terutama di kalangan para pecinta horor. Salah satu alasannya adalah film ini diklaim sebagai sebuah tayangan paling seram yang pernah diproduksi di Taiwan dalam era modern.

Jika Sedulur tertarik menonton Incantation movie ini, tapi perlu mengetahui seperti apa plot ceritanya agar tidak bingung saat menonton. Maka bisa simak sinopsis Incantation dan beberapa fakta seputar film seram ini di bawah.

BACA JUGA: Film Detektif Terbaik, Seru, Menegangkan & Penuh Teka-teki

Sinopsis Incantation

Incantation Movie
Indowarta

Sinopsis atau review Incantation bisa Sedulur jadikan landasan awal sebelum memutuskan untuk menonton series ini. Kevin Ko, sutradara series ini menyampaikan bahwa dia terinspirasi dari salah satu cerita nyata yang beredar di Taiwan. Kisah nyata terkait sebuah keluarga yang menjadi anggota sekte sesat di salah satu daerah pedalaman Taiwan.

Kisah nyata tersebut terjadi di Kaohsiung, pada tahun 2005 yang lalu. Karena minimnya fakta terkait kejadian tersebut, sehingga kisahnya menjadi mitos urban yang disebarkan dari mulut ke mulut. Lalu seorang wanita bernama Li Ronan (Hsuan-yen Tsai) memutuskan untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman kekasihnya dalam keadaan hamil.

Tujuannya, adalah merekam konten seram untuk diunggah ke internet. Namun, di sana ia melakukan hal yang tabu, sehingga memancing munculnya sebuah kutukan dari makhluk yang tidak diketahui wujudnya. Akibat peristiwa tersebut, Li Ronan mengalami gangguan mental dan harus melepaskan bayinya untuk diasuh oleh panti.

Enam tahun kemudian, ia berusaha untuk hidup kembali bersama putrinya. Namun ketika mereka kembali bersama, sejumlah kejanggalan terjadi. Hal ini lantaran putrinya menjadi incaran kutukan mengerikan yang terbawa dari kejadian 6 tahun silam.

Dalam film ini banyak sekali fakta menarik yang terungkap. Fakta Incantation movie ini banyak menceritakan tentang kepercayaan di Taiwan serta kutukan jahat yang masih dipercaya sampai sekarang, agar Sedulr bisa lebih paham lagi. Berikut ini beberapa faktanya:

1. Terinspirasi dari kisah nyata

Incantation movie
Bacaterus

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa Incantation movie terinspirasi darii kisah nyata. Hal ini yang terjadi di Kaohsiung, Distrik Gushan di tahun 2005 yang lalu. Kejadian yang terjadi pada sebuah keluarga yang dirasuki oleh sosok dewa masyarakat Tiongkok. Enam anggota keluarga tersebut saling membunuh.

Dari kejadian tersebut, menyebabkan salah satu putri tertua dari keluarga tersebut meninggal. Namun kabar ini sangat minim fakta yang diungkap sehingga menjadi sebuah mitos urban yang menyebar dari mulut ke mulut.

2. Menggunakan gaya mockumentary

incantation movie
Jatim Network

Dengan cerita yang seram, suasana yang diciptakan dalam series ini juga tidak kalah mencekam. Hal tersebut disebabkan series ini menggunakan gaya mockumentary. Sebuah fiksi yang disajikan dalam format dokumentar. Banyak adegan yang diambil dari rekaman langsung para pemain. Sehingga memunculkan kesan series ini sebagai kejadian nyata.

Gaya mockumentary memang cukup populer di kalangan film horor. Beberapa film horor terkenal yang menggunakan format ini adalah seri Paranormal Activity serta The Medium.

3. Kental dengan unsur Buddha

Watchinnz

Series ini juga sangat kental dengan unsur agama Buddha, yang menjadi agama mayoritas di Taiwan. Li Ronan (Tsai Hsuan Yen) melanggar tabu agama 6 tahun lalu dan membuat orang-orang di sekitarnya meninggal secara tidak wajar.

Konfirmasi dari Kevin Ko selaku sutradara, unsur agama Buddha seperti gerakan tangan, nyanyian dan simbol lain dapat ditemukan di series ini untuk mempertebal nilai sakral dalam film.

4. Film horor terlaris di Taiwan

No Man Is An Island

Entah itu Incantation movie akhir cerita atau Incantation movie pemeran yang sukses memainkan series ini, setiap aspeknya menghasilkan kesuksesan untuk film ini. Hal tersebut membuat Incantation menjadi film terlaris di Taiwan. Film ini meraup lebih dari USD 5,7 juta atau setara Rp85,5 miliar per Juni 2022 sejak ditayangkan pada Maret lalu.

BACA JUGA: 15 Film Horor Korea Terbaik, Layak Ditonton Saat Akhir Pekan

5. Masuk nominasi penghargaan

5 spine-chilling horror movies that will blow away the sweltering summer  heat

Dirilis pada 12 Maret 2022 yang lalu, series ini masuk dalam tujuh nominasi Penghargaan Film Taipei. Mulai dari penghargaan narasi terbaik, sutradara terbaik, hingga aktris terbaik. Selain itu, series ini juga sempat dipamerkan dalam Network of Asian Fantastic Films (NAFF) selama Festival Film Fantastis Internasional Bucheon 2019 sebelum memasuki produksi dan menjadi film horor Taiwan terlaris hingga saat ini.

Nah itulah tadi sinopsis dan beberapa fakta seputar Incantation movie yang merupakan salah satu tontonan viral dari Netflix saat ini. Bagi Sedulur yang belum nonton dan tidak ingin ketinggalan, Sedulur bisa langsung menonton filmnya sekarang juga!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.