doa hujan

Doa hujan di tengah musim yang tak tentu seperti saat ini adalah wujud dan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT sebagai Sang Pemilik Alam Semesta. Membaca doa merupakan bagian dari sebentuk syukur karena merupakan rezeki bukan musibah yang harus dihindari atau ditakuti.

Berikut ini adalah dua hujan yang bisa dibaca dan diamalkan. Tujuanny adalah sesederhana agar Allah SWT memberikan kita rezeki dalam bentuk hujan yang lebat dan melimpah.

BACA JUGA: Doa Seribu Dinar Beserta Latin, Terjemahan & Keutamaannya

Tentang doa ketika hujan

doa hujan
Darra.id

Melafalkan doa hujan allahumma shoyyiban tidak bisa sembarangan dilakukan. Dalam Islam, setiap doa dan amalan lain diatur secara rinci. Jika tidak merujuk pada Alquran pasti merujuk pada hadist yang berdasarkan pada sabda Rasulullah SAW. Berawal dari masyarakat pada zaman Rasulullah SAW yang khawatir dengan hujan dan angin sangat lebat.

Masyarakat dan sahabat Rasul pun mengadu kepada Rasulullah SAW dan menanyakan doa yang bisa dibaca. Dalam hadist disampaikan yang artinya:

Sesungguhnya Nabi SAW ketika melihat hujan berdoa: Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.

Hadits ini menunjukan bahwa ketika hujan turun Rasulullah SAW senantiasa meminta agar hujan yang diturunkan Allah SWT menjadi hujan rahmat, hujan yang membawa berkah,  bukan hujan musibah. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang membacakan doa yang sama dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Melafalkan doa saat hujan

doa hujan arab
Fimela

Dari penjelasan di atas, kita bisa paham bawah melafalkan doa hujan allahumma shoyyiban arab merupakan hal yang wajib dilakukan. Terutama hal tersebut merupakan anjuran dari Rasulullah SAW. Hadist dari Abu Hurairah RA menyampaikan bahwa:

“Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka saat perang fi sabilillah berkecamuk, turunnya hujan, ketika salat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu tersebut.”

Lantas seperti apa saja doa hujan arab yang bisa kita panjatkan sebagai bentuk dari kepatuhan dan ketaatan kita kepada Allah SWT? Berikut ini beberapa doa-doa hujan turun dan artinya yang bisa Sedulur baca:

1. Doa ketika hujan turun

doa hujan turun dan artinya
Darra.id

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi’an

Artinya: “Yaa Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Doa hujan di atas merupakan doa yang paling umum dilafalkan dan diajarkan kepada setiap anak-anak sejak dari taman kanak-kanak hingga dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di setiap sekolah.

Selain doa di atas, terdapat juga doa lain yang bisa Sedulur baca ketika turun hujan. Berikut salah satunya:

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi’a.

Artinya: “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat”.

2. Doa ketika hujan lebat disertai angin dan petir

doa rasul ketika hujan turun
Urbanasia

Kadang terdapat hujan angin yang lebat dan disertai dengan petir. Sedulur bisa membaca doa hujan petir dan doa hujan angin di bawah ini:

اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

3. Doa ketika hujan selesai

doa setelah reda
Parboaboa

Bukan hanya membaca doa ketika saat hujan turun, ketika hujan reda pun Sedulur wajib membaca doa sebagai bagian dari keimanan kita sebagai seorang muslim. Bacaan doa rasul ketika hujan turun dan telah reda adalah sebagai berikut:

ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﺳﺄﻟﻚ ﺧﻴﺮﻫﺎ ﻭﺧﻴﺮ ﻣﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﻭﺧﻴﺮ ﻣﺎ ﺃﺭﺳﻠﺖ ﺑﻪ ﻭﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﺷﺮﻫﺎ ﻭﺷﺮ ﻣﺎ ﻓﻴﻬﺎ ﻭﺷﺮ ﻣﺎ ﺃﺭﺳﻠﺖ ﺑﻪ

Allahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

Selain itu, terdapat juga penjelasan lain yang menyampaikan terkait sabda Rasulullah SAW, dikutip dari Hadist Riwayat Abu Huraira RA, yaitu:

‘Aku mendengar Nabi SAW bersabda: “Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya.”’.

BACA JUGA: 10 Kumpulan Doa untuk Anak Sholeh yang Penuh Makna

Itulah doa hujan yang bisa Sedulur bacakan ketika hujan turun. Selain bentuk syukur, kadang hujan juga membuat hati gelisah. Dengan membaca doa, kita bisa mendapatkan ketenangan hati untuk ketika hujan lebat, disertai angin atau petir. Jika hati tidak kunjung tenang, dan telah membaca doa hujan. Sedulur bisa membaca doa berikut ini:

huwallażī anzalas-sakīnata fī qulụbil-mu’minīna liyazdādū īmānam ma’a īmānihim, wa lillāhi junụdus-samāwāti wal-arḍ, wa kānallāhu ‘alīman ḥakīmā

Artinya: “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Rekomendasi bacaan doa agar hati tenang lainnya yang bisa Sedulur panjatkan adalah:

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya: “Demi waktu dhuha (ketika matahari sepenggalah). Dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan, Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.

Segala sesuatu di muka bumi ini adalah milik Allah SWT, termasuk ketenangan hati yang didapatkan setiap umat manusia. Untuk mendapatkannya, Sedulur bisa meminta kepada Allah SWT, bukan hanya ketakutan saat hujan. Namun juga saat kondisi gundah gulanda lainnya.

Dari beberapa doa hujan di atas, Sedulur bisa mengamalkannya ketika hujan turun. Membaca doa merupakan bagian penting bagi umat muslim, dan terutama jika diajarkan oleh Rasulullah SAW yang memang memikirkan dan menyayangi umatnya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.