telinga berdenging sebelah kanan

Apakah Sedulur pernah mengalami sakit pada telinga sebelah kanan? Jika iya, informasi berikut ini mungkin dapat menjawab rasa keingintahuan Sedulur. Telinga berdenging sebelah kanan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari hal kecil hingga penyakit yang membutuhkan penanganan dokter.

Istilah telinga berdenging sering dikaitkan dengan tinnitus. Tinnitus merupakan kondisi ketika seseorang mendengar suara dari dalam telinganya sendiri yang biasanya juga disertai suara-suara lain. Seperti bersiul, berkicau, berbisik, bergumam, atau bahkan berdecit.

Suara yang dirasakan pada telinga yang berdenging dapat terjadi secara terputus ataupun terus-menerus. Bahkan, suara tersebut  juga dapat terdengar sangat jelas jika sedang tidak ada suara lainnya di sekitar. Dalam beberapa kasus, suara tersebut juga dapat terdengar seperti mengikuti irama jantung.

Tinnitus sebenarnya bukanlah penyakit serius, tetapi kondisi ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan lainnya. Tinnitus ini tidak hanya menyebabkan telinga berdenging sebelah kanan atau sebelah kiri, namun juga bisa pada keduanya.

Pada sebagian besar kasus, suara pada telinga yang berdenging hanya dapat didengar oleh penderitanya saja. Namun, suara tersebut juga dapat didengar melalui alat stetoskop di sekitar telinga. Oleh karena itu, gejala tinnitus yang disertai dengan rasa sakit, keluar cairan dari telinga, dan pusing yang parah perlu diwaspadai.

BACA JUGA: Kadar Kolesterol Normal dan Penyakit yang Bisa Ditimbulkan

Berikut adalah beberapa artinya menurut medis. Bukan telinga berdenging sebelah kanan menurut primbon.

1. Kerusakan di telinga tengah atau telinga dalam

telinga berdenging sebelah kanan
iStock

Penyebab telinga berdenging sebelah kanan dalam Islam atau tinnitus yang paling umum adalah terjadinya kerusakan pada telinga tengah maupun dalam. Hal ini disebabkan karena pada bagian tersebutlah telinga dapat menangkap gelombang suara dan mentransmisikan sinyalnya ke otak. Ketika otak tidak lagi menangkap sinyal tersebut, maka bisa jadi otak akan ‘mengarang’ suaranya sendiri.

2. Adanya tumor pada otak 

telinga berdenging sebelah kanan
iStock

Arti kedua saat telinga berdenging sebelah kanan adalah adanya tumor di otak. Tumor otak dapat menyumbat saraf pada otak dan dapat memengaruhi keseimbangan serta pendengaran, sehingga menyebabkan salah satu telinga berdenging. Meski demikian, penyebab telinga berdenging yang satu ini cukup jarang ditemui.

BACA JUGA: Sistem Ekskresi: Pengertian, Organ, Fungsi & Penyakitnya

3. Pernah mengalami cedera

telinga berdenging sebelah kanan
iStock

Apabila seseorang pernah mengalami cedera pada kepala, maka bisa jadi otak akan mengalami trauma. Kondisi ini dapat mempengaruhi saraf atau fungsi otak yang berkaitan dengan pendengaran sehingga bisa menjadi salah satu penyebab telinga berdenging sebelah kanan atau kiri.

4. Suara terlalu keras

telinga berdenging sebelah kanan
iStock

Telinga kanan berdenging malam juga dapat disebabkan jika seseorang pernah mendengar suara keras, seperti musik dengan suara tinggi maupun bom pada pagi harinya. Jika dalam waktu lama dan intensitas yang tinggi, telinga yang awalnya hanya berdenging dapat berlanjut hingga kehilangan pendengaran secara perlahan. Hal ini karena suara yang terlalu keras dapat merusak sel koklea pada telinga bagian dalam.

BACA JUGA: Penyakit Muntaber: Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya

5. Pengaruh obat tertentu

telinga berdenging sebelah kanan
iStock

Ketika seseorang mengonsumsi obat-obatan tertentu, maka ia juga bisa mengalami telinga berdenging. Sejumlah penggunaan obat-obatan ini dapat menyebabkan atau memperburuk gejala tinnitus. Semakin tinggi dosis obat-obatan, maka akan semakin buruk gejala yang dialami.

Obat-obatan tersebut contohnya adalah obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), obat kanker, overdosis aspirin, antibiotik dosis tinggi, obat diuretik, obat antimalaria, dan antidepresan.

6. Penyakit meniere

telinga berdenging
iStock

Penyakit meniere merupakan kelainan pada telinga dalam yang disebabkan oleh adanya tekanan pada cairan ataupun adanya komposisi telinga dalam yang tidak normal. Kondisi ini dapat menyebabkan telinga berdenging sebelah kanan dan sakit kepala, telinga terasa berat, dan hilang pendengaran selama berjam-jam, namun kemudian hilang sendiri dan bisa kambuh kembali di kemudian hari.

BACA JUGA: 12 Ciri-ciri Penyakit Maag Kambuh & Pertolongan Pertamanya

7. Tinnitus pulsatile

telinga berdenging
iStock

Merupakan kondisi yang terjadi ketika aliran darah di sekitar telinga mengalami abnormalitas. Selain menyebabkan telinga berdenging sebelah kanan, kondisi ini juga dapat menyebabkan telinga berdenging pada keduanya. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh kehamilan, anemia, hipertiroid, atau adanya tumor pada pembuluh darah di sekitar telinga.

8. Stress dan depresi

telinga berdenging
iStock

Saat seseorang melakukan tes pendengaran dan menunjukkan hasil normal atau penyebab dari tinnitus tidak teridentifikasi, maka bisa jadi seseorang mengalami telinga berdenging sebelah kanan jam 12 siang karena disebabkan oleh adanya stres atau depresi.

BACA JUGA: 18 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh & Atasi Penyakit

9. Gangguan pada rahang

telinga berdenging
iStock

Arti lain dari telinga yang berdenging adalah adanya masalah pada rahang atau sendi temporomandibular (TMJ). Kondisi ini biasanya akan disertai nyeri pada persendian saat mengunyah dan berbicara. Jika hal ini terjadi, Sedulur disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT dan rutin melakukan olahraga untuk memperlancar sirkulasi darah.

10. Pertumbuhan tulang tidak normal

telinga berdenging
iStock

Otosklerosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang rawan pada bagian tengah telinga menjadi kaku. Hal ini dapat menimbulkan gangguan pendengaran sehingga telinga berdenging juga bisa terjadi. Bila dalam keluarga terdapat riwayat otosklerosis, maka kemungkinan besar anggota keluarga lain juga memiliki risiko mengalami lebih tinggi.

BACA JUGA: Penyakit Milia: Gejala, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya

11. Kejang otot pada telinga bagian dalam

telinga berdenging
iStock

Arti lain dari telinga berdenging sebelah kanan adalah adanya otot-otot di telinga bagian dalam yang mengalami tegang atau kejang. Kondisi ini juga dapat menimbulkan gangguan pendengaran dan sensasi penuh di telinga. Kondisi ini kadang terjadi tanpa alasan, namun juga bisa disebabkan oleh penyakit neurologis seperti multiple sclerosis.

12. Penyumbatan pada telinga

telinga berdenging
iStock

Adanya penyumbatan saluran telinga oleh penumpukan cairan akibat infeksi telinga, kotoran telinga atau benda asing juga dapat menyebabkan tinnitus. Hal ini disebabkan karena penyumbatan akan mengubah tekanan normal yang ada pada telinga.

BACA JUGA: Penyakit Liver: 10 Gejala, Penyebab & Cara Mengobati, Waspada!

13. Faktor usia

telinga berdenging
iStock

Arti telinga berdenging sebelah kanan menurut waktu dapat disebabkan oleh faktor usia. Faktor penuaan juga dapat menyebabkan kerusakan koklea dan bagian dalam telinga lainnya seperti gendang telinga. Hal ini juga bisa memicu telinga yang berdenging di sebelah kanan atau kiri yang berbeda-beda pada setiap orang. 

14. Neuroma akustik

telinga berdenging
iStock

Terakhir adalah adanya kemungkinan mengalami neuroma akustik. Jika seseorang merasakan telinga berdenging sebelah kanan atau kiri maka tidak menutup kemungkinan dengingan tersebut disebabkan oleh neuroma akustik. Pada kondisi ini, dokter biasanya akan melakukan tes MRI untuk menentukan obat telinga berdenging sebelah kanan yang tepat.

Itulah informasi mengenai arti telinga berdenging sebelah kanan menurut medis. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur untuk lebih peka dengan kondisi kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika keadaan semakin memburuk, ya, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.